GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Sebaiknya, punya kendaraan dalam hal ini sepeda motor ya sepatutnya dirawat, kecuali duitnya sudah kebanyakan, pake saja sampe rusak terus buang wkkwkw.. Tapi bagi mereka yang merasa mencari uang untuk beli motor itu susah, pasti dirawat lah ya, apalagi skutik yang penggeraknya mengandalkan CVT. Nah hasil dyno test All New NMax yang KBY lakukan berikut ini menjadi bukti pentingnya merawat CVT!

Gak pakai basa basi, langsung saja yes.. Jadi saat All New NMax lansiran 2020 milik babang Ikhsan berada di tangan KBY beberapa waktu lalu, sudah ada agenda untuk melakukan dyno test seperti yang dilakukan dengan All New PCX 160 juga.

baca dulu: Review All New NMax 2020 Yang Terbukti Lebih Nyaman

So jadilah si skutik ini KBY gelandang ke Petukangan, bengkel Alfa Jaya Motor tempat KBY melakukan dyno test All New PCX tempo hari. Tentunya setelah janjian dulu dengan operatornya, Ombro Imam..

NMax milik YIMM

Dua hari sebelumnya, ada yang menarik, Nugie TMC ngontak dan kirim foto dirinya lagi ada di Alfa Jaya Motor juga, nge-dyno NMax punya Yamaha (YIMM) yang lagi dipinjamkan ke tim TMC Blog. Nah cocok kan? Bisa tau dan dibandingkan hasilnya nanti, meski pas KBY tanya gimana, Nugie jawab nanti aja liat sendiri ama Mas Imam..

jangan ketinggalan: Point Kekurangan All New NMax

HASIL DYNO TEST ALL NEW NMAX

Singkat cerita, sampailah KBY ke AJM, sudah disambut oleh Mas Imam dan Om Adrian selaku juragan AJM. Setelah NMax naik dan persiapan, KBY nanya, katanya ada NMax punya Yamaha dyno kemarin om? Ada, bentar gw liatin hasilnya ya, kacau deh, lanjutnya.. Loh kacau gimana bikin penasaran..

Ternyata setelah dilihat hasil dyno-nya, wow itu kurva acak kadut lads.. garis yang mulus cuma sampai kecepatan 70-an kilometer per jam doang.. sisanya ripple semua kaya kurva orang marah-marah wkwkwk..

Penyebab kurva All New NMax milik YIMM kacau tersebut menurut mas Imam karena CVT-nya tidak sehat, memang tidak sampai dibongkar, tapi sudah jelas dalam 17 kali run, tidak didapatkan kurva yang mulus.. Nugie pun komentar ini motor gak enak banget, gredek dan kasar..

dyno test nmax YIMM

Kesimpulannya, namanya unit pinjaman lads, biasanya pindah tangan langsung gak pakai dicek dan ricek dulu, alias gak diservis dulu. Tentu ada plus minus, plusnya misalnya, ceritanya menggambarkan apa adanya sang unit, gak dienak enakin dulu, pokoknya pake aja.

Iya sih, tapi minusnya, yang dapat tangan 1 s/d 4 mungkin motor masih enak, namanya juga dari baru, tapi yang dapat giliran berikutnya? Yang ada kesel dan aneh, harusnya motor enak jadi gak enak, trus apa yang mau direview? Motor gak enak tapi dibilang enak? Wkwkkw..

Hasil dyno test NMax milik YIMM tersebut juga bisa menjadi indikator bahwa sepatutnya motor itu dipelihara, dirawat biar tetap enak, nyaman, ga was was saat digunakan. Contohnya ya NMax punyanya Ikhsan yang KBY pegang ini, 1075km langsung ganti oli sebelum KBY pake, bensin diisi Pertamax Turbo oleh KBY.. biar adil di atas mesin dyno.

Sebagai tambahan informasi, NMax milik YIMM kilometernya 3000-an menurut info dari mas Imam, sementara NMax Ikhsan sekitar 1200km.. 3000km itu hitungannya masih baru, belum jauh. Tapi karena gak dicek sebelum pindah tangan ya hasilnya begitu.

Kembali ke NMax milik Ikhsan, setelah naik dan dilakukan 6 kali run (PCX membutuhkan 7x run) hasil kurva dari mulai run 4 sudah padat semua.. Sehingga bisa dihentikan dan dilihat kurvanya di bawah ini:

hasil dyno test NMax KBY, silakan bandingkan dengan foto atas

Hasil dyno test All New NMax sbb:

  • Tenaga on wheel (melawan roller mesin dyno): 10,6hp (run 6)
  • Torsi on wheel (melawan roller mesin dyno): 17,1Nm (run 5)

HASIL DYNO TEST ALL NEW NMAX VS PCX 160

Terlihat kurvanya mulus ya, tanpa lembah, kalaupun ada minim banget lah, itulah efek VVA (Variable Valve Actuation) Yamaha. Silakan dibandingkan dengan foto di bawah ini yang sudah digabungkan dengan milik PCX.. (PCX warna oren, NMax warna kuning).

Foto dibawah jika ingin melihat torsi yang dihasilkan jika disesuaikan dengan spesifikasi resmi yaitu sama sama di 6500 RPM, Nmax garis warna biru menghasilkan 1.0 kg/m atau sekitar 9,8Nm dalam upayanya menggerakkan roller di mesin dyno.

torsi NMax pada 6500 rpm di atas mesin dyno

Foto di bawah adalah milik PCX, torsi yang diraih kalau berada di 6500 RPM sesuai brosur, juga sama sama dalam menggerakkan roller dyno. Angkanya 1.3kg/m atau sekitar 12,7Nm.

torsi PCX 160 pada 6500 rpm di atas mesin dyno

KBY sangat menyarankan untuk menonton videonya karena disitu dijelaskan dengan sangat gamblang oleh Mas Imam dari Alfa Jaya Motor, jadi gada salah persepsi. Lumayan banget lads untuk menambah wawasan kita semua. Semoga hasil dyno test All New NMax ini bermanfaat yes..

 

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing πŸ™‚

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

101 KOMENTAR

  1. Dimana mana mesin dynonya rusak , yang benerrr itu Nyemex yang tinggi.
    Apakah ini diset secara terbalik ?
    Ay ah πŸ˜‚

  2. Dari pertama serah terima unit test emang udah kagak enak. Karena unit tsb udah dipake muter test sama temen2 media lain itu NMax sejak awal tahun 2020.
    Ibarat kata udah digilir ke segala karakter orang (para wartawan otomotif). Dengan odometer di atas 2900 Km dan umur oli mesin sudah 1500-an Km.

    Walhasil, karena perintah mas Taufik TMC untuk dyno di mas Imam, ya ogut jalan aja deh ke bengkel AJM di daerah Petukangan.
    Dan ternyata grafik mesin dynamometer itu gak boong. Keriting seada-adanya itu kan di Rpm atas.
    Jadi besaran tenaga mesin gak bisa ditransfer secara maksimal ke roda.

  3. ================
    Motornya cuma jagoan di Dyno.
    Saat di dunia nyata dibabat oleh lawan.

    Wkekwk….
    Makin hari makin banyak
    yg dikentutin di jalanan.
    ===============

      • Lha motor sport yg DOHC aj jg dikentutin oleh sport SOHC je.
        Bahkan dohc helo kity kalah telak.

        • Lah saya juga gak bahas motornya yg mana tapi kok malah bawaΒ² sohc dohc ya 🀣 kalau ngomongin dohc mesin dohc overbore gsx yg cuman 147cc juga termasuk dong, mesin sohc boreup 155cc juga dikentutin yg ada wkwkwk. JanganΒ² ini bunshin ke sekiannya om soundsystem lagi πŸ€”

    • Motor cuma jagoan di dyno sama aja dengan smartphone yg cuma jagoan di AnTuTu 🀣🀣

  4. dgn ini saya nyatakan klo pcx bisa ngentutin nmax jika ganti kirian demikian dan terima kasih ….
    silahkan di reply

    – saya akan baca sambil ketawa wkwkwk

    • Gua gak baca komen aja dah ngakak….ngebayangin bro Nugi dapet unit tes dengan keadaan begitu…trus yang mau dites atau direview apanya coba .
      Sampe di Ajm habis teh Zoro 5 botol ….dan gak tau juga tuh , sampe Ajm baut2 di nmax tsb masih lengkap apa kagak .
      Dan sukurnya…si bro masih bisa komen ( atau ngomel ga tau deh ) berarti dah aman sampe rumah πŸ˜‚

      Jika yang numpak ntuh motor si SonWet …gua yakin , dia masih Therapy gagap gegara ” Keritingnya mesin Nmax tsb 🀣🀣

  5. Jadi ….sesuai keterangan dan info yang bisa disimpulkan diatas adalah
    Nmax yang kaga terawat ataupun nmax yang terawat hasilnya sama2 bisa dilihat dari Spion PCX ?? πŸ˜‚

    • Honhon yang terjual pada saat MS berimbang sama YaMaap saja masih berkeliaran dan makin keren dipiara komunitas πŸ˜€ lirik C70 sampai Tiger😁..Yiahihuy sang legenda road race nasional dah jadi besi loakan atau merayap ngebul2 di jalanan..ironis memangπŸ€•πŸ€•πŸ€•

  6. Di tmc yg ditunggu berita motogp,
    Di iwb yg ditunggu bocoran motor,
    Klo disini yg ditunggu debat komentar, wkwkwkwk kabuuuuuuur

  7. Artikel ginian bikin kedjang sebagian kaum ajaπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€..ntar lagi MotoGP 2021 molayyy…ayo pasukan 1000 bayangan serta kumendannya jangan lupa nyetok Paracetamol yooo..dunia memang gak adil..blogger jugak…wakakak🀣🀣

  8. sekali kali bikin artikel tentang komunitas mang……mobil retro 90s lg ngetrend,komunitas2 yang lain jg sepertinya seru…..lebih edukatif……dan pastinya lain dari yang lain

    • Pastinya semua ada dalam genggaman mang kobay , hanya saja… Kalau ada yang belum dituntaskan pasti akan janggal.
      Tar klok Nyemex naik dyno gak diartikelkan…keluar pulak statement ah , mang kobay berat sebelah….ah mang kobay Fbh dll πŸ˜‚

      • Kalau secara spesifik by brand dibuat artikel komunitas motor 70-90an lebih kedjang lagi kaum smart😁. Ngondah mulai C70 sampai Tiger komunitasnya tetep hot dan rameee….bukti nyata barang awetπŸ‘πŸ‘πŸ‘

    • Wah om joki mainnya kurang jauh nih, itu ada banyak di speedhunter om, mana galerinya suka bikin ngiler lagi. Jangan bilang nggak ngerti bahasa inggres

    • Gak dong, kan hitungannya torsi yang gerakin roller mesin dyno, bukan crank… Jadi realtime kondisinya..

      Tapi kalau iseng mau nyamain dengan rpm sesuai pabrikan, tuh ada kan fotonya di bawahΒ²…

      Dihitung @6500.. jatuhnya lebih kecil..

      • Daftar motor yang menjadi legenda roadrace nasional indoprix di indonesia….
        1. F1zr
        2. Satria 2 tak
        3. Jupiter 110
        4. Shogun 110
        5. Mx king
        6. Satria fu

        7. Supra bapak : buat ngangkut rumput kambing

        • Wah mantap ya, Yamaha dan suzuki masing2 punya motor 2 tak dan 4 tak yang punya nama besar di kancah roadrace, dan model nya juga keren…

        • Secara nggak langsung om sonwef ini memuji supra bapacc dengan bilang kalau supra dibeli buat ngaride ngangkut rumput makan kambing, berarti sesuai peruntukannya dong, karena emang tujuan dibuatnya motor bebek ini ya buat mempermudah pekerjaan penggunannya karena nggak perlu ngopling dan daya akomodasi lebih banyak karena nggak pake tanki di depan.

  9. Lho lho lho, kok ciri khas gredeg jadi ada di Nmax ? sedangkan PCX jadi bebas gredeg? ada apakah gerangan ?
    Apa engineer Yamaha pada pindah ke Honda nih ? Vario 2021 siap siap anti gredeg nih.

    atau ini trik penurunan kualitas supaya dapat untung lagi ? supaya bengkel jadi ramai lagi ?
    –
    –
    –
    Salam Gredeg.

    • Itu cuman hoaks sih… Gredek kan emang penyakit bawaan nya pcx… Lah masa mau di tuduhkan ke Nmax? Gorengan mah itu…

      • Mau tahu seberapa gredeknya aerox ketika kondisi cvt standar+kotor?

        Fix no hoax2, no goreng2 kalau ini mah, wkwkwkwk. Kalau mau monggo ke daerah saya, saya standarin dulu cvtnya terus saya pinjamin. Biar situ tahu gimana rasanya, dan bisa sekalian bikin review impresi awal kek yamaha gear kemaren. Wwkwk

  10. Nge BC itu tujuannya kan supaya mempengaruhi penjualan…membuat citra Pabrikan jadi jelek πŸ˜„ , Di bc atau ngga…bagi Hnd gak ada ngaruhnya.
    Sebelah kaga di Bc udah nyungsep2. , Ditambah bc an ?
    Makin sempurna Keritingnya πŸ˜‚

    • Contohnya yang ini ( boleh jadi masukan atau abaikan )
      Saat gua ambil ADV akhir 2019..selang 4 hari temen seperguruan ambil aerox yang diklaim dengan PW- R terbaik .pemakaian kedua motor lebih kurang sama… Turing pun barengan , kecuali nanjak2 kerikil aerox jadi penonton yang baik πŸ˜„πŸ‘
      Memasuki bulan ke 5 :
      ADV Tak ada yang berubah
      Aerox , udah mengeluarkan suara klotok2 mesin jahit .
      Lewat 6 bulan :
      ADV masih belum ada perubahan
      Aerox servis besar ganti noken dan rantai keteng.
      Plus ban yang cepet botak diganti baru…sekalian pasang knalpot berisik πŸ˜„
      Sekarang sudah lebih 1 tahun…
      ADV 1x ganti busi 1 kali ganti kanvas rem
      Aerox 1x ganti busi 2x ganti kanvas rem dan 2 x ganti roller .
      Masalah suara mesin jahit kayaknya umum , karena….saat ngumpul di lampu merah , Rerata kita bisa mendengarkan Merdunya Bonus suara Mesin Jahit sebelah tsb πŸ˜‚

      Owh ya lupa..nyinggung2 mengenai shock…itu dudukan ( arm ) shock kanan bawah ( aerox n Nyemex ) keluar +- 2 cm ….( Diukur dari centre ) alias shock kanan bagian bawah itu miring – terselamatkan oleh SpakbordπŸ˜‚ Masih gak percaya ? Ukur sendiri.

      Begitulah salah 1 contoh BC an πŸ‘πŸ˜‚

  11. Jadi.,kalau mencari BC tentu mudah…selain dicari secara langsung dilapangan…dari web / medsos komunitas2 kedua Produk pun mudah didapat…
    Kembali ke hasil finalnya….yaitu seberapa besar pengaruhnya terhadap penjualan πŸ˜‚

    • Udah bingung bc nya ? , penyakit sendiri dilemparin ke tetangga πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Masa Nmax dibilang klotok dan gredek πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      • Hahah… udah mentok kali… klotok dan gredek kan ciri khas junjungan nya πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

        sekarang malah tambah lagi, baru keluar dealer jalan sepuluh menit piston macet πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

        • Kan udah gua bilang…tinggal buka saja komunitas junjungan lu , begitu mudah πŸ‘πŸ˜‚

  12. Yang paling lucu disini sih, keknya saking desperatenya si sonwep hingga dia harus summon si alter-egonya biar kelihatan ada temen yang belain, wkwkwk. Ada2 saja.

  13. Fbh ngeBC cuma buat serangan balik πŸ˜‚ , karena kebanyakan gak begitu membesar besarkan kekurangan lawan . Berhubung Fby kek SonWet nantang , ya dijabani .
    Weeet πŸ˜‚

  14. Coba balik k artikel Wet…. πŸ˜„

    Kan diatas lu komen…gak mempan BCan gredek , ya udah gak usah dibahas .
    Trus yang perlu dibahas dengan isi artikel baiknya apaan ?
    Horse power ?
    Torsi ?
    Mesin dynonya mungkin rusak ? Atau
    Ngedynonya gak fair ?

    Kesampingkan dulu deh data ” Keritingnya mas Nugi πŸ˜‚

    Mumpung ini artikel nyemax ….
    Buruan Wet , sebelum merinding Series πŸ˜‚

  15. Saya termasuk yang tergabung dalam grup di sosial media untuk beberapa produk motor Y . dan beberapa mulai ada keluhan gejala gredeg di km 3000-4000 ke atas. Padahal sudah servis rutin di BeRes setiap 1000 km dan ganti oli rajin.
    untuk nmax 2020 seperti diartikel,gejala gredeg pasti selalu timbul saat masuk 3200 km. entah apa yang dipikirkan oleh Y,kualitas CVT dan mangkok nya masih bagus nmax old / nmax 2019. Aerox2020 pun bernasib sama, karena mesin sama dengan nmax 2020

Yuk Tinggalin Jejak Lads..