GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Honda PCX 160 saga masih berlanjut wkwkw.. Bukan karena ingin ngimbangin sebelah yang katanya dibuat sampai berjilid jilid, tapi karena materi seputar skutik terbaru Honda di kelas 150cc ini memang masih cukup banyak. Seperti kali ini, hasil berkunjung ke bengkel Alfa Jaya Motor Petukangan minggu lalu memberikan fakta baru, yaitu top speed Honda PCX 160 di atas mesin dyno! Hasilnya pun mengejutkan!

Saat KBY menerbitkan artikel dyno test Honda PCX 160 part 1 yang dilakukan oleh sang pemilik yakni juragan asal Citayam Ikhsan Jumaris di BMS dan dyno test PCX 160 Part 2 yang langsung KBY saksikan sendiri bersama sang pemilik di TDR, ada respon dari Mas Imam yang bisa disebut sebagai teknisi mesin dyno merek Axis.

Video dyno test PCX 160 part 1 BMS

Video Dyno Test PCX 160 Part 2 (TDR)

Beliau merespon terutama untuk dyno test kedua yang dilakukan di TDR, mengingat mesin dyno-nya sama dengan yang dimiliki oleh bengkel Alfa Jaya Motor (AJM) daerah Petukangan Joglo tempat beliau menghabiskan waktu sehari hari.

Responnya adalah ajakan berkunjung ke AJM dan mencoba melakukan dyno test Honda PCX 160 sekali lagi di bengkel tersebut dengan dikawal dan dibantu oleh Mas Imam. FYI, mas Imam ini mantan blogger jamannya Mbah Sattar dan Kanzeng masih berdamai wkwkkw.. dulu blognya Bengkel Sepeda Motor namanya.

Secara teknis tentu pemahaman dan pengalaman beliau sangat jauh melampaui KBY mengingat dirinya selain mantan mekanik Triumph (motor ye bukan yang laen wkwkwk) juga mantan orang teknis Yamaha seangkatan dengan Pak Bidin bahkan sempat menimba ilmu di Jepang bersama.. πŸ˜€

baca juga: Penasaran, Ternyata Segini Top Speed Honda PCX 160 Kalau Standar Tengah

Intinya, di AJM itu gak cuma si PCX 160 naik mesin dyno, geber dan dapat hasil.. tapi lebih dari itu, banyak juga ilmu yang KBY dapat dari mas Imam. Misal, kenapa bagi para tuner angka angka Tenaga (Horse Power) dan Torsi yang tertera itu bukan menjadi hal utama.. Bagi mereka kurva pada grapik dyno lah yang jauh lebih penting. Makanya, beliau tidak mempermasalahkan perbedaan angka angka yang dihasilkan antara mesin dyno satu dengan yang lainnya.

KBY juga diajak untuk ngetes langsung gaspol Honda PCX standar tersebut di atas mesin dyno untuk mendapatkan top speed Honda PCX 160 di atas mesin dyno axis di bengkel AJM. Nah menarik kan? (baca juga: Honda PCX 160 Terungkap Sudah VTEC Ready! Ini Buktinya).

Perjalanan sejauh kurang lebih 50km pulang pergi pun terbayar lunas, banyak materi yang didapat. Meskipun di awal agak malas soalnya jaraknya lumayan lads wkwkw.. Dipikir pikir sekalian nyobain kedua kalinya jarak jauh setelah si PCX dibawa ke Sentul untuk drag test tempo hari yekaaann..

Setelah selesai melakukan dyno test (hasil versi AJM ini akan dishare kemudian), sekarang giliran KBY naik ke atas PCX dan menggeber 4 kali sang personal comfort saloon tersebut untuk mendapatkan hasil yang bisa jadi berbeda. Unit milik Ikhsan Jumaris ini KBY isi Pertamax Turbo dengan menyisakan 1 bar sisa Pertamax sebelumnya. Kondisinya full standar, kilometer 500-an.

Hasilnya? Mengejutkan dan bikin merinding! Ternyata top speed Honda PCX 160 cuma 110km/jam di atas mesin dyno axis AJM!! Tepatnya 110km/jam di speedometer dan 104,5km/jam pada layar dynometer. Kok bisa? Bukannya harusnya lebih tinggi dari Sentul yang hanya dapat 117km/jam? Tunggu jawabannya di artikel berikutnya yesss..

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing πŸ™‚

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

49 KOMENTAR

  1. Ay dah paham dikit πŸ˜€ dah tonton 2 vidiohnya .
    Secara garis besar bagi Ay udah gak ngaruh sih … Karena ada hasil nyata diSentul , nah Vidio dyno mang kobay yang ini bolehlah buat nambah ilmu kita2 πŸ‘πŸ˜€

      • Tapi Ay masih sangat butuh untuk lebih mengerti mang kobay , berikut tujuan dari cara mas imam ( yang berbeda ) mengoperasikan mesin dyno tsb , karena gak sekedar cari tampilan angka atau grafik yang dihasilkan dari komputer. Apakah lebih kepada mengetahui tenaga / kemampuan dari Kinerja mesin motor ?

        Soalnya ..dimanapun yang saya lihat dalam penggunaan mesin dyno , kesimpulannya lebih pada angka2 dan grafik yang ditampilkan di monitor . Misal 12 hp …. Di grafik tarikan awal njengat…tengah2 landai , kemudian menanjak dsb , maka itulah hasilnya.

        Nah cara mas imam ini bener2 hal baru bagi saya yang awam.
        Bagi bro om Tante komentator yang bisa ikut menjelaskan , tentu Ay sangat menghargainya . Karena berbagai pandangan akan lebih cepat membuat Ay mengerti .
        Son Wet juga boleh ngasih saya pencerahan. πŸ‘πŸ˜€

        • Dyno itu kan sebenarnya alat timbang..

          Yang pertama memang rata rata buat tau output suatu kendaraan.. mau dyno dimanapun kalau tujuannya ini pasti yang diliat adalah hasil akhir.. yaitu tenaga dan torsi..

          Sampe sini sbenernya juga gak disalahin, bebas aja..

          Yang kedua untuk mengetahui seefektif apa suatu modifikasi yang dilakukan, bisa kirian, knalpot sampe bore up…

          Kalau bagus hasilnya, kurvanya naik dari kurva standar dan mulus garisnya..

          Kalau kurang mantap bakal keliatan juga di kurva meskipun hasil akhir ada kenaikan tenaga atau torsi..

          Nanti deh di video terakhir ada kok dijelasin secara sederhana membaca kurva.. dan mengapa udah dua bengkel bilang mesin (tepatnya CVT) di PCX 160 ini mengalami perbaikan yang signifikan..

          Kurvanya kaya CVT Yamaha … πŸƒβ˜οΈβ˜οΈβ˜οΈβ˜οΈ

          • Siap keren πŸ‘πŸ˜‚
            Wuih …naik signifikan , pantesan 117 kmh ada didepan 122 kmh πŸ˜‚

          • owh nyontek yamaha ya mang kwkwkwkwkwk
            untuk menghilangkan gredek harus nyontek yamaha nmax di maxi canggih keren dan kencang

  2. Artikel panjang….jawab nya di alenia terakhir..dan masih ga jelas knapa….πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

  3. mang … brp biji lagi artikel ttg pcx
    ga kasian sm haters sayap mereka mesti kejar tayang siapin amunisi denying statement …

  4. Gw ngarepnya top speed pcx ini tembus 180kpj mang kan mesinnya operbor plus pengecrotan oli ke belakang seher πŸ˜‚

  5. Masak hang nguji belum sa.pe hasil yang nonton videonya sudah bisa bikin bahkan membanding-bandingkan dengan motor lain mang

  6. Gabener ni peceka lagi….

    Eh eh Cuma 110??? Ayo2 FBY waktu nya bully, motor cemen ini mah…

    β€”-
    Note: ada yang inget ga penyebab perang barata blogger dulu kenapa???

    Salah satunya sih gara2 er6n, yang 1 bilang β€œelo beli trs mau main sama siapa?”, yang 1 bilang β€œemang paling value ni!”
    Jaman2 masih anget2nya kata2 β€œpembodohan otomotip”

    Lucu nya pasukan yang katanya punya passion buat nulis demi kemajuan otomotip kebanyakan udah gak nulis lagi….

    • ane ngikutin babak akhir doang, jaman street fire mau keluar.. gila frontal banget..sejak jaman itu ane makin demen ma wak haji, kontrol emosinya paten…..

    • Gara2 amplop… Ada katanya kubu penerima amplop dan penolak amplop. Ujung2nya bikin grup masing2 dan di akhir cerita grup yang dibilang penerima amplop survive.

      Kalo soal er6n emang si S waktu itu masih idealis soal moge (sekalian pertahanin jualannya) Sedang si T emang terkenal suka yang bekas2. Tapi yang bikin pecah itu soal amplop… Sampe si beruang bikin istilah A*Mplop… Padahal dulu si beruang sama si S itu satu pemikiran… Blogger banyakan bahas produk mocil baru sedang dia tetep bahas moge suka2nya dia..

      • Dan…. Yg anti a*mplop pun sekarang kepengen 🀣🀣

        Itulah manusia…

        Selama gw diundang rilis produk baru atau test ride dari ngahaem, gak pernah tuh ada a*mplop…

        Gw mikir darimana kata itu hadir kalau faktanya gw sendiri gak nemuin? 🀣🀣

        Yg gw terima selama ini malah dari yang Laen selaen sayap.. jadi yg a*mplop yg mana sebenarnya πŸ˜‚πŸ˜‚

        • Amplop itu menurut ai ga cuman yamg berbentuk kasat mata sih. bisa juga berbentuk previlege2 tertentu. Kalo diliat2 sekarang bukankan semua sudah menjadi blogger amplop 😚

          • 🀣🀣 yang dimaksud amvlup kan literally.. dalam amvlup..

            Kalau goodie bag ya bukan amvlup, kecuali mau diluasin definisinya πŸ˜‚πŸ˜‚

        • emang paling enak itu playing victim yah Mang … xixixixi pihak yg kalah jualan terus pake jargon pembodohan otomotif lah, korban merk lah, bukan konsumen smart dll dkk sdsb porkas etc

          padahal mah gak useh pake bujer lah … survey konsumen aja pake kuesioner komparasi produk dia vs produk kompetitor … biar bisa ngaca tuh dimana kekurangan dan kelebihan masing2 produk

  7. Jangan2 pernah d suruh beli BH tp gak d kasitau ukurannya.. cuma inget size nya pas lg megang malemnya..
    πŸ˜’πŸ™

Yuk Tinggalin Jejak Lads..