GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Moge idaman banyak orang yang selalu dipertanyakan terutama oleh para pemakai moge fairing – kapan hadir di Indonesia? Kenapa gak ada di Indonesia? akhirnya terjawab sudah keinginan mereka. PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan All New CBR600RR Indonesia sebagai jawaban bagi mimpi pecinta motor super sport berperforma tinggi. Kehadirannya dilengkapi dengan peluncuran serentak pilihan warna Tricolor pada seluruh model CBR series yang dipasarkan di Indonesia.

All New CBR600RR sendiri sebenarnya sudah resmi rilis tahun 2020 di Jepang (baca: Ini Dia Sosok dan Spesifikasi All New CBR600RR 2021). Mengusung konsep Awaken The Race, CBR600RR dilengkapi dengan kontrol elektronik terbaru dan teknologi aerodinamis untuk mewujudkan peningkatan kinerja secara keseluruhan. Motor super sport ini memiliki karakteristik performa tinggi yang mudah dikontrol dan pengendalian yang lincah, sekaligus mampu menaklukkan lintasan sirkuit dengan performa terbaik dan tetap menyenangkan dikendarai di jalan umum, termasuk jalan berliku pada kecepatan tinggi.

President Director AHM Keiichi Yasuda mengatakan berbagai inovasi desain, teknologi, dan fitur yang dikembangkan dari konsep Awaken The Race menjadikan CBR600RR sebagai motor impian dari para pecinta big bike yang menginginkan sepeda motor berperforma tinggi.

Sementara itu, Executive Vice President Director AHM Johannes Loman mengatakan selain menyuguhkan performa produk yang mumpuni, pecinta CBR600RR juga dimanjakan dengan perasaan bangga terhadap produk dan layanan yang didesain khusus bagi mereka.

Desain

Konsep super sport CBR600RR sangat kuat ditampilkan melalui desain keseluruhan yang aerodinamis. Desain fairing dengan headlight baru yang lebih agresif dengan minim area frontal untuk menghadirkan koefisien drag yang lebih kecil terhadap angin. Penyematan winglet dengan teknologi aerodonamis yang terinspirasi dari RC213V di MotoGP, secara efektif memberikan down force saat berakselerasi. Bagian ini juga berguna untuk memberikan stabilitas lebih saat melakukan pengereman dan tikungan. Pada tengah lampu, terdapat lubang udara yang langsung terhubung dengan air intake guna memaksimalkan performa.

Posisi dan desain tangki bahan bakar dibuat lebih rendah untuk memberikan area yang makin luas bagi pengendara saat menunduk guna meningkatkan aerodinamika, menghadirkan stabilitas dalam penanganan, dan mendapatkan down force maksimum saat akselerasi, pengereman, dan menikung. Posisi berkendara ini tetap nyaman dan fleksibel untuk penggunaan di trek balap ataupun berkendara di jalanan kota.

Di area belakang, model ini memiliki desain knalpot yang compact dengan posisi lubang knalpot yang terletak di tengah untuk memberikan kesan ramping sekaligus menjadi ciri khas CBR600RR.

Performa dan Fitur

Mesin baru DOHC 599cc 4-silinder tercatat mempunyai tenaga maksimal 89 kW (121 PS)/14.000 rpm. Model ini memiliki torsi puncak yang sangat besar mencapai 64 Nm (6.5 kgf.m)/11.500 rpm. Beberapa perubahan pada komponen mesin termasuk di antaranya mengubah desain camshaft dan crankshaft guna meningkatkan percepatan putaran, bentuk inlet port, memperbesar diameter throttle bore, optimalisasi ukuran berbagai bagian pipa knalpot hingga ubahan pada pengaturan waktu bukaan katup (valve timing) menjadikan CBR600RR semakin bertenaga di sepanjang sejarahnya.

Lampu menggunakan teknologi LED dengan panel meter besar layar TFT full digital menjanjikan visibilitas yang semakin mudah berkat tingkat penerangan layar yang otomatis menyesuaikan kondisi cuaca sekitar. Layar penunjuk informasi ini mampu menampilkan 2 mode yang bisa dipilih, yakni Street dan Circuit.

Dilengkapi assist/ slipper clutch, yang membuat pengoperasian tuas kopling semakin ringan, sekaligus mengurangi efek engine brake saat pengendara menurunkan gigi transmisi. Throttle by wire menjadi peranti wajib sepeda motor sport premium Honda, guna mendapatkan bukaan gas yang makin presisi.

CBR600RR juga sudah dibekali sensor Inertial Measurment Unit (IMU) untuk mendeteksi posisi angle sepeda motor. Komponen ini bekerja bersama Honda Selectabe Torque Control (HSTC) dan Engine Control Unit (ECU), menjaga ban belakang tidak selip ketika berakselerasi dan menikung. Perangkat tersebut juga meminimalisasi ban depan terangkat saat akselerasi berlebihan.

Terdapat tiga mode berkendara yang memberikan kenyamanan dan sensasi berkendara yang tinggi, yakni Fast Riding, Fun Riding, dan Comfortable Riding. CBR600RR juga memberi opsi bagi pengendara untuk membuat mode berkendara sendiri sesuai karakter berkendaranya melalui dua slot yang dapat mengatur tenaga (5 level), HSTC (9 level+off), wheelie control (3 level+off), dan engine brake (3 level).

Penyematan fitur Emergency Stop Signal (ESS) pada CBR600RR menunjang keselamatan pada saat pengereman mendadak, dimana ESS secara otomatis akan mengaktifkan lampu hazard saat rem dioperasikan sehingga dapat memberikan peringatan ke pengendara di sekitarnya terutama pada posisi di belakang kendaraan untuk menghindari kemungkinan kecelakaan.

Pada peranti rem naik kelas dari generasi sebelumnya dilengkapi double disc brake diameter 310mm plus Antilock-Braking System (ABS), dengan kaliper 4 piston. Sedangkan pada posisi belakang juga dilengkapi rem cakram diameter 220 mm berkaliper piston tungal, plus ABS.

CBR600RR juga dilengkapi Honda Electronic Steering Damper (HESD) dengan tiga mode penyetelan (hard, medium, soft). Komponen ini bekerja bersama IMU dan sensor kecepatan untuk menambah kestabilan saat melaju pada kecepatan tinggi dan menikung.

Kekayaan fitur lainnya pada lengan ayun (swing arm) terbuat dari bahan aluminium yang memberikan bobot ringan dan rigid sehingga memberikan kenyamanan handling dalam melakukan manuver berkendara. Kestabilan juga didukung suspensi depan Showa Inverted Telescopic dan suspensi belakang Showa Pro-Link with Gas-Chamber. Semua suspensi dapat disesuaikan kompresi dan rebound-nya.

HARGA CBR600RR INDONESIA

CBR600RR hadir dengan satu warna saja, yaitu warna legendaris Tricolor RWB. Super sport 600cc ini dipasarkan dengan harga Rp 550.000.000,- On the Road Jakarta. Jelas mahal bagi yang gak punya duit seperti KBY ini.. maaakkk, makin gak kebeli aja daaaahh moge idaman..

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

77 KOMENTAR

  1. Uang Rp 550juta bagi saya mendingan beli mobil yg kelas Rp150Jutaan seperti Calya tipe G atau Sigra tipe R aja ketahuanan, terus sisanya buat keperluan lain. Honda CBR 600RR mah emang motornya Sultan pengoleksi motor yg duitnya gak berseri karena saking banyaknya itu duit (IMHO)

      • Loh…kok ngetex Kaoskaki ? Kata mang kobay noh 🤣

        betul mang , tar ay gak ada lawan …dah angkat bendera putih siUyup Suara bergetar 🤣

    • ah …. saya ngarepinnya bukan ini kata2 yg keluar
      harusnya …. ga laku ga pernah liat di jalan ….. gtu bang sonwep

    • Tumben gak dibandingin sama Y, eh bang wep?

      Oh ya sih, dia kan doyan ngetek… atoyoT aja dibilang identik Y, wkwkwk

      • New R6 dan newR1 ga dijual resmi oleh ymh indo, tapi unitnya udah lumayan banyak via importir umum,, jadi soal harga ga bisa buat acuan…
        Masih value tinggi ntuk moge dengan desain terbaik didunia saat ini dgn gaya lampu projectornya yang sangat eksklusif dan out of the box

          • Masih ada yang baru kek 600RR gini artinya masih laku lowh 😂
            kalau disuntik mati ?

        • Yang R6 udah DarMoDar…
          Gak ada dana untuk Pabrikan sultan(abal2) “Y” udah gak sanggup buat pengembangan mesin ngikutin aturan Euro terbaru, jangankan pengembangan mesin buat moge, mesin nge Espeh vino aja beli jadi ke ngOndah biar gak ada ongkos rasat riset kaya mesin blu crutz yg gagal total,
          dan akhirnya di umumin di Towa2 R6 DarMoDar..

          Turut BersukaCita…

    • R1 model 2015 bentuk speedometernya di ekor cbr1000rr model 2017, sekarang cbr600 ikutan ngekor bentuk speedometer R1 juga….

  2. Saran ane..itu santunan paket data dimaksimalkan buat BC nyelamatin Eneghmakk aja..secara Yoimah yang head to head sama CBR600 sudah wassalam🤣😁😁

  3. Teori konstipasi:
    Apakah vision = sonwep = m*jon?

    Tapi iya sih, saya penasaran kenapa harga cbr600rr lebih mahal dari zx10r. Apakah dari sononya udah mahalan cbr600rr, atau karena apa gitu. Bisa dibikinin artikelnya tuh bang, wkwk

    • Kalau dijadiin artikel bahaya ah..

      Cuma intinya kalau ngahaem gak Pake trik .. ikutin rule.. juga termasuk biaya komunitas/Service first class dll…

      Itu yg ay tau ya…

      • Oke bang, makasih banyak. Ane gak mau forum ini mati gara2 artikel berbahaya, wkwk. Lebih seru soalnya ada sonwep sama tak ada yg bisa

  4. Kok kalo ahaem jualan moge, harganya ga kaya kawasaki yg heboh2 ya? (Walaupun katanya yg harga heboh itu juga ghoib sih)

  5. Ketahuan sekarang mang…
    Pemilik burhan jadul.sudah dibanned diblog TMC..
    Sekarang ganti nickmame menjadi vision..
    Coba liat aja diartikel CBR600RR, ada komen nickname vision yang sama persis membandingkan harga CBR600RR dengan ZX10R dan bilang mirip gsx150r…
    Segitunya nyari duit dimasa pandemi sekarang…
    Tolong mang jangan dibanned ya, itung2 sedekah buat dia….

    • Zx10r 1000cc flagship superbike : 492 juta
      Cbr600cc (mirip gsx150r) : 550 juta 🤣🤣🤣

      Harga nya dungu pisan mang 🤣🤣🤣

      • Harga Indonesia memang unik , operPret kuadrat mungkin ya , betul gak Sonwep? 😂 wong di eropah yg 1000RRR gak sampe 500 jt rupiah .
        Artinya bisa buka dealer dengan Jupiter ribuan unit didalamnya…masalahnya ada yang mau beli Jupiter ga? 🤣

      • 550jt dapat 121hp 2roda..
        mending tambah dikit dapat HINO RANGER 240HP 7684cc 6roda.
        #ikutankaummending🤣🤣🤣🤣🤣🤣

  6. Ketika saya mengatakan bahwa motor ini harus menjadi milik saya, maka semesta akan bersinergi untuk membantu saya mendapatkannya dengan mudah. Tapi saya tidak mau melakukannya

  7. Fby dibiarin aja ngetix sendiri tetap jualannya gak laku 😂 apalagi di counter kek ginian …makin jadi besi karatan 🤣

  8. Selama burhan jadul masih mengaspal…
    Maka MS akan selalu stabil.dan konsisten…
    Bodo amat dengan produk baru mang….

    • lumayan, motor 600 cc masuk kategori sangat mewah, ppnbmnya 125 %, ppn 10 % pph22 5 %.. jadi klo totalnya 550 juta brarti nilai sudah 100 % +125 % +5 % +10 % =235 %

      tanpa pajak ni motor 234 jutaan..klo tanpa ppnbm ya sekitar 316 juta

    • Zx10r 1000cc flagship superbike : 492 juta
      Cbr600cc (mirip gsx150r) : 550 juta 🤣🤣🤣

      Mirip gsx150 🤣🤣🤣
      Tongos 🤣🤣🤣

      • Mang sonwep..jawab jujur mang :
        Motor apa yg ente pernah punya & ente masih pake sampe sekarang.

        Beneran gue kepo..jangan² lu kolektor motor² eksotis ya !

        Sebab tiap H & S ngeluarin motor dr 110 cc sampai ribuan cc..selalu salah dimata elo ?!
        Berarti elo punya standar lebih tinggi dr 2 merk itu kan ?

        Jangan² juga elo temenan sama semisal mbah dukun satar atau ridwan hanif

        Jawab jujur ya mang sonwep anu kasep

        • Soalnya mbah dukun satar motor² nya eksotis & ridwan hanif mobil² nya bejibun..pasti punya standar tinggi untuk memilih sebuah kendaraan

  9. Jupi sejak yang Gen1 jadi jupiZ lanjut jupi Burhan yang super legend dimatiin sendiri sejak jupi robot gedek😁. Crypton lanjut Vega berakhir Dorce yang mesti colok ekor buat buka jok🤣. Vixion berakhir di rancangan Kang SPBU👏👏👏..Honhon itu dimudahkan oleh YiaMaap sebenarnya. So biar BangBuzz kerja keras pun, majikannya emang psycho😂😂😂😂 #RIPscorpiobysonmeongxride

  10. Pasar digempur habis2an oleh produk2 hnd , tiada lagi mikirin kasihan….hajarrrr terussssss 😂

  11. Jepang : Ndo ! Ente jualain CBR 600/ 1000 sebanyak 5 – 6 biji deh ya… sekalian noh Forza kalau bise

    Indo : yow wezzz Pang.. tapi ADV150 gue to tolong jualin sampe 100 ribu unit ye…
    Jepang : deal !!
    Indo : kipas2 Yen 🤣🤣🤣

    Indo : Pang…kite kaga mikirin nasib sebelah ?
    Jepang : Biarin aje Ndo….Uyup paksin aje mereka 🤣🤣🤣🤣

  12. Dah dibilang…Sultan hnd jualan diIndo narok harga terserah dia . Wong di ngeropah sana triple R dijual gak sampe 500 jt rupiah 😂 mau dibeli atau kaga 😂 tabungannya gak kurang2 .

    kalau Yahaha mau jualan dah pusing duluan mikirin harga 🤣

Yuk Tinggalin Jejak Lads..