GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Di Indonesia, mungkin nama Suzuki Hayabusa tidak terlalu familiar dan hanya segelintir saja yang mengetahuinya. Namun di negeri Biden US, moge 1300cc berkode GSX-1300R tersebut sangat digemari karena brutalnya tenaga yang dikeluarkannya, dan sering digunakan sebagai kendaraan andalan di ajang drag race. Kini setelah 13 tahun berlalu, generasi ketiga hadir dalam bentuk All New Hayabusa 2021 dengan tagline Redefined Beast.. Apa saja yang berubah? Benarkah tenaga sama saja?

Moge Hayabusa 1300cc ini sudah pernah KBY tes harian selama kurang lebih dua minggu berada di Kobayogas Manor, generasi kedua yang lahir 2008 – 2020 adalah yang berada di tangan. Bentuknya masif, berat jika kudu memindahkan dari parkiran tapi anteng dan tenang kalau sudah jalan, serta super stabil di kecepatan tinggi! (baca: Konsumsi BBM Harian Suzuki Hayabusa Indonesia).

Dan ternyata setelah dicek artikel review hariannya malah belum jadi huhuhu.. masih di draft.. sedih.. Kelarin gak yah artikel Moge Dinasaurus ini?

Okey kembali ke Suzuki All New Hayabusa 2021 terbaru yang baru saja rilis hari ini, barengan dengan All New PCX 160 2021..

Mengemban predikat superior yaitu sebagai flagship produk Suzuki sekaligus legenda sepeda motor terkencang di Dunia, Suzuki menghadirkan generasi terbaru hyperbike fenomenalnya yaitu Suzuki All New Hayabusa 2021, secara virtual pada 5 Februari 2021.

Kemunculan Suzuki All New Hayabusa 2021 yang lebih eksotis dan wallpaper-able menandai pencapaian tingkat atas produk Suzuki. Suzuki Motor Corporation telah melakukan ubahan full-model dari motor andalannya, Hayabusa. All-New Hayabusa akan dijual di seluruh dunia, mulai dari Eropa hingga akhir Februari, kemudian diikuti oleh pasar termasuk Amerika Utara dan Jepang.

Hayabusa yang serba baru adalah model generasi ketiga yang telah mengalami perubahan model penuh untuk pertama kalinya dalam 13 tahun. Di bawah konsep produk “Ultimate Sport”, yang diwarisi dari generasi pertama, ia telah mengembangkan lebih jauh desain gaya unik dengan performa aerodinamis yang luar biasa dan performa berkendara yang superior.

Desain gaya baru dan ikonik, yang langsung dikenali sebagai Hayabusa, memiliki siluet mengalir, miring ke depan, dan agresif yang dicirikan oleh permukaannya yang berani dengan garis-garis tajam dan edgy. Bodi hadir dengan warna two-tone dengan mengadopsi warna berbeda untuk bodi utama dan bagian kecil di sekitar intake udara depan, di penutup mesin samping, dan di bagian belakang.

Sinyal belok alias sein dengan lampu posisi built-in yang ditempatkan di tepi luar intake udara diadopsi oleh sepeda motor Suzuki untuk pertama kalinya. Coba tengok bagian lampu belakang yang jauhhh lebih ganteng dan nyaman dilihat dibandingkan versi generasi kedua yang diadopsi juga oleh skutik Suzuki Lets wkkwkw..

Mesin empat silinder segaris 1.340cc kini dilengkapi sistem throttle elektronik ride-by-wire dan mekanisme intake dan exhaust yang direvisi untuk meningkatkan output dan torsi dalam kisaran kecepatan rendah hingga menengah. Ini memenuhi standar emisi Euro5 (untuk spesifikasi Eropa) yang diperkenalkan pada sepeda motor baru yang dijual di Eropa mulai tahun 2020 sambil mempertahankan kinerja terbaiknya dalam kisaran kecepatan tinggi dengan mengejar kinerja aerodinamis tingkat atas.

Fitur Suzuki Intelligent Ride System (S.I.R.S.) yang baru dipasang memiliki fitur SDMS-α, yang membantu pengendara memilih pola yang telah diatur sebelumnya pada 5 sistem kontrol elektronik yang berbeda termasuk Power Mode Selector, Traction Control, Engine Brake Control, dan 2 kontrol lainnya. S.I.R.S.

All New Hayabusa 2021 juga dilengkapi dengan Active Speed ​​Limiter, yang merupakan adaptasi pertama untuk model produksi di industri sepeda motor*, yang memungkinkan pengendara untuk menetapkan batas kecepatan yang tidak boleh dilampaui sepeda dalam keadaan tertentu. Lebih cocok di Indonesia nih biar pada patuh wkwkw..

Berbagai pilihan mode ditawarkan untuk setiap sistem kontrol elektronik agar lebih sesuai dengan berbagai adegan berkendara dari city riding hingga touring, balapan, dan lebih baik dalam melayani preferensi dan tingkat keahlian pengendara.

Secara singkat, All New Suzuki Hayabusa 2021 ini jauh lebih menarik dilihat dari sisi manapun, dibandingkan generasi pertama dan kedua. Lebih moge lah sosoknya, fitur juga modern, sudah gak bisa dianggap sebagai moge dinasaurus lagi karena sudah kekinian. Speedometer dan dashboardnya pun lebih eye catching dan futuristis meski masih bergaya analog tapi keren!

ALL NEW HAYABUSA 2021 SPECS – POWER DROP!

Sekarang kita menuju ke spesifikasinya lads, agak lucu di website global Suzuki malah gada informasi yang terkait power atau torsi.. So KBY mencoba mencari dulu di blog langganan, nemu di blog Ipan Pertamax7.

  • Isi Silinder: 1340cc versi lama (tidak berubah)
  • Tenaga dan Torsi: 197bhp@9.500 dan 155Nm@7.200 drop menjadi 140kW alias 187,7439 HP pada 9700rpm dengan torsi 150Nm@7000
  • Ratio Kompresi: 12.5 :1 (tidak berubah) 
  • Bore x Stroke: 81 x 65 (tidak berubah)

Melihat spesifikasi tenaga di atas, sudah kelas berkurangnyanya lumayan. Apa pasalnya? Nah kalau ini KBY dapat dari blog profesor Sucahyo kupas motor.

Ternyata ada “protes” dari Eropa – yang intinya gak boleh lebih kencang dari 299km/jam (186mph), gentlemen agreement gitu lah antara Eropa dengan Jepang. Tapi jadi bikin KBY penasaran, apa Kawasaki H2 kena juga? kan sempat ngalahin busa tuh, cmiiw dia yang pegang rekor, meski kurang apple to apple sih, wong dia supercharger.

Jadi pengen nyobaaiinnn.. semoga bermanfaat lads..

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

35 KOMENTAR

    • Motor kedodoran baju mirip piscox dan adeprek 😂🤣, disalip R6 juara wss ga bisa ngejar 🤣😂

    • Sedangkan rivalnya di 2021 masih Maksimum Power : 192 HP (1544,5 kW) / 10000 rpm.
      Torsi Maksimum : 162,5 Nm (16,6 kgf.m) / 7500 rpm.

  1. Kebenaran ada produk all newnya , artikel lawas boleh dilanjutin mang , jarang ada yang punya kesempatan numpak dinosaurus sept mang kobay 😂

  2. Kalau dikasi ke si Mamang nyobain pasti tangan kanannya yang gak sekolah itu kegirangan🤣🤣🤣 tapi jantung masih kuat gak??? 💪💪💪

  3. Buruan mang, pdhl.kmrn pas test ride gen1 ,sy pngn msin buat ikut rasain naikin.doang..hahaha

  4. Tread Selingan dan hiburan , sebelum kembali ke tread yang bikin Semaput Series FBY 🤣

    • Suzi memaksimalkan momentum WorldGP Champion untuk reborn HyperBike yang memang larinya sinting ini..bravo!!!

  5. Tp tetep torsinya gede itu mang, 150NM, GSX 1000 aja cm 117NM. Lg pula big cc gitu maenin dikit udh diatas 220hp. Apalg ksh turbo bisa 600hp.

  6. Sebenernya kurang pas juga kalo ngebandingin ‘busa sama h2/h2r, karena lebih pas disandingkan sama zx14.

    Tapi kalo zx14 dirasa masih kurang pas, mungkin zx130 bisa lah bejaban.. sama kasur busa 😌

Yuk Tinggalin Jejak Lads..