banner

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Mumpung masih di Januari 2021, belum lama dari Desember 2020, sampai lupa kalau ada beberapa draft yang belum kelar diketik hehe. Setelah tau US Motorcycles market dan juga European Motorcycles market di tahun 2020, bagaimana dengan kondisi Japanese motorcycles market di era pandemi? Rata rata sama, ancur di awal hingga tengah tahun, namun kembali naik di triwulan ke tiga. Bahkan Suzuki mampu menyalip Yamaha! Nomor satunya siapa? Ya dia lagi, Honda..

Market sepeda motor di Jepang dalam kondisi baik, pada triwulan keempat bahkan terjadi kenaikan tepatnya di bulan Oktober sebesar 33.1% dan di Nopember 2020 naik 24.7% dengan total penjualan sebanyak 24.978 unit. Secara total dalam 11 bulan, penjualan meningkat sebesar 0.6% meski sempat terseok akibat pandemi Covid19.

SUZUKI REBUT POSISI KEDUA DARI YAMAHA

Selama hampir setahun di 2020, penjualan meningkat meski minim yaitu hanya sebesar 0.6% dengan total penjualan sebanyak 336.687 unit. Yang menjadi kejutan disebutkan oleh motorcyclesdata, Suzuki mampu meraih posisi kedua menggeser Yamaha dari posisi tahun sebelumnya. Wow!

Di 6 bulan pertama 2020, pasar kehilangan volumenya dibandingkan dengan tahun 2019 – akibat pandemi covid19, tapi gap tersebut mampu dipenuhi dan diisi kembali di akhir September.

Bagaimana dengan para pabrikan? Jepang sendiri diisi oleh produsen yang sudah dikenal seantero dunia. Di era pandemi, secara mengejutkan Suzuki mampu menyalip Yamaha dan bertengger di posisi kedua dengan menjual sebanyak 67.340 unit (naik 9.0%), pabrikan asal Hamamatsu tersebut menyusul garputala yang hanya mampu mengantongi 65.524 unit dan secara keseluruhan turun 8.2% dari 2019.

Honda masih menjadi yang pertama dengan angka 163.670 atau naik 1,0%, Suzuki yang terbaik dari sisi persentase kenaikan yaitu 9.0%. Wow andai di Indonesia nih, bakal seru pasar.. hiks.. Meski demikian motorcyclesdata tidak menyebutkan posisi Kawasaki serta jumlah penjualannya.

Sebagai tambahan untuk wawasan kita semua, Japanese membagi klasifikasi kelas atau model dalam beberapa tipe:

  • moped, di bawah 50 cc atau diantara 51-125cc.
  • mini bike dengan mesin 125-250cc
  • small bike untuk mesin 250-400 cc
  • dan big bike dengan kapasitas lebih dari 400 cc

Sayangnya, tidak seperti ciri khas data Aisi, data tersebut di atas tidaklah detail dan hanya menyebutkan besaran angka serta persentase saja tanpa menyebutkan jenis motornya. Well apapun, namanya jualan ya yang penting keseluruhan market naek dan laris, apapun tipe yang paling laris.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
Youtube: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSL-TV]

 

134 KOMENTAR

  1. Org jepang tau juga barang yang berkualitas.

    Lebih memilih motor yg gunakan part original brand manufacture, jelas pertanggungjawabannya.

  2. Ngga kredibel sekali, palingan unggul berkat skuter 50cc ?….
    kalau kelasnya dipisah hanya 250cc ke atas sudah saya baca dan juaranya adalah master Yamaha ???

  3. Kobay dah ketularan cari perkara kayaknya?..aseekkk kami suka keramaian..wakakak. ..nyatalah memang jualan seret bikin riset jadi mampet akhirnya pengembangan cuman bisa di sektor plastik dan stiker sazaaaa. Pelek aja gak bisa cetak baru. Wahai kaum smart kalau beli unit yang baru ya biar MS nambah????

    • Mesin klotok crit …17ps, swiang arm kotak, fairing bekas cbr250rr, tetap minus engine cut, dll…

      Riset ? riset congor ?

      • Salah 1 fungsi engine cut buat siJamet Fby adalah untuk berhenti dilampu merah , kalah dong sama engine cut Honda di metik entry level …letaknya dibagian kaki dan fungsinya bisa untuk berhenti dimana saja ?

    • Sport dohc opertruk hello kity klotok – klotok, Maxi 2 klep gredek-gredek katanya riset, ???? lucu banget…

      Diketawain mio J ?

    • Karena 150 kayaknya gak perlu , yang penting jualan tetangga di Cut ? dan septnya kedepan hnd akan sematkan ISS diSport150 hingga bigbikenya ??

  4. Disini MS 17% sales drop 55%..artinya pemasukan kiamat. Buzzer nyinyir dah gajian belom?????? Mana blogger dah gak berpihak lagi…bwrrrrr hihihi

    • Pagi2 Mang Kobay dikatain gak kredibel gegara bikin artikel begini???? Yang kuat ya Mang. Ane tetep dukung blogger tangan kanan gak sekolahan kayak ente???

  5. Produk YaMaap yang berdebu buluk dalam 3 tahun terakhir Miong J(lebb) Z(lubbb) S(ekarat)…Pegar Dorce..Jupete..Xcrettt..Peno ..Bysong..Piksong..Sabrong..eMpTy..yang baru langsung pingsan Prengok..GeaRott malah gak mau disebut meong..dah trauma kali ya??? oiya WeReng juga..awokkkkk #banyakamatyakkk

  6. Yahaha mesinnya unik2
    Kalau Sportnya bisa berubah jadi suara Genset
    Kalau metiknya bisa berubah jadi suara Mesin Jahit , lebih canggih lagi jika disematkan engine Cut ??

  7. Kecerdasan riset mutakhir dari enjiner YaMaap terhadap GeaRott adalah inovasi footstep sepeda onthel di tebeng depan??? dijual terpisah pula ituhhhh hahaha #laskarcongorlansungtakjub.

    • Begitulah tulul, tidak bisa membedakan mana riset nyata dan mana riset congor ?, bagi yang sering bawa barang banyak tentu sangat berguna…

      Nah kalau yg mesin nya tetap klotok 17, depan usd belakang arm kotak, pake fairing bekas 250rr katanya Riset ???,
      Riset apaan?

      • Riset nyata riset Congor ? Mesin 50 CC buat Yahaha aja dibikinin oleh hnd .
        Yahaha cuman modalin biji Limbah plastik ?
        Bawa barang banyak ? Dipasar tradisional Vario bejibun tuh bawa 3 karung kol tambah sekarung cabe keriting ?

    • Dunia semua lagi krisis , yang paling kena adalah negara yang pemasukannya dari ekspor2an . Tapi jika dilihat dari ekspor indo atas roda 2 yang gak terlalu terdampak…diyakini krisisnya masih taraf normal untuk ukuran krisis dunia ?

      Jangan lirik Yahaha…dunia lagi sehat2 saja dia sendiri selalu dalam keadaan Kritissss ?

  8. Riset cerdas enjiner YaMaap sebelumnya adalah pada kunci jok Pegar Jet er yang ditenpatkan ke bokong. Entah unik apa tulul.menurut ane ya tolol.????

  9. Dan Jepangnya ketularan tulul waktu launching produk maunya dikadalin/ disuruh cuap2 dan gotong galon air isi ulang???..hahaha. #arigatopekok-san

  10. Puncak kejeniusan riset YaMaap ditampilkan pada kualitas klep Mak One yang memupus mimpi dan halu penggemar cintamati.di MotoGP 2020?. . Analoginya kalau untuk produk super prestise aja sudah gagal QC, berani percaya sama produk massalnya?? #gituaja

    • Riset paling mutahir yahama adalah lubang untuk klason, Dan itu diamini oleh fbnya. Oh iya jari mang kobay pernah masuk lubang itu kalo gak salah, bener gak mang hahahhaha….

  11. Skandal2 klep Protol ?
    Yang diatas sana aj pekioknya ga ketulungan….gak k bayang deh Pekoknya Jamet2 Fby ?
    Yahaha…..

  12. Ahpreet kan ANTI RECAAAAL Konsumen yg di suruh bayar ??????…. beda dg
    Honda Jepang!!
    Recall Honda CBR1000RR Fireblade SP ini berawal dari kekhawatiran Honda Jepang terhadap Stang Piston aka batang piston aka Conrod Honda CBR1000RR Fireblade SP yang terbuat dari titanium ini mungkin memiliki cacat secara metalurgi dan bisa mengalami kegagalan fungsi yang berarti bisa menyebabkan kecelakaan bahkan korban jiwa sehingga perlu dicegah.

    • Percuma….bece murahan dah ga ngaruh bagi Sultan Honda ..
      Pastinya ada recall , cuman diIndo Jamet2 Fby gak rela pabrikan lain sebut Recall…karena Recall udah jadi hak Paten mereka
      Yahaha…. ?

  13. ada apa ini … ada apa ini kok ramey

    (langsung gelar tiker seraya berkata : LANJUTKAN KERAMAIAN KALIAN wkwkwkwk)

  14. Gue heran sama fansboy garis keras yg demen bakar²an..segitunya belain merk idola nya.

    Apakah laris/tidak nya jualan motor..berpengaruh pada income mereka ?

    Hmmm..berpikiran positif saja mungkin mereka itu aslinya para pemegang saham yg menyamar jadi netizen dimarihh

  15. Bosan aja dengan buzzer nyinyir yang menjelek2kan dan merendahkan pilihan orang yang berbeda dengan merek sesembahannya. Sampai2 blogger pun difitnah amplopan lah gak kredibel lah??..Data, Berita, Fakta Visual..ya itu..YaMaap gak laris…???

  16. sales sweaty nyamar jadi Netizen ???? Sok2an ngomong bosen nyinyirin …. blogger amplopan yg membela Pabrikan yg membayar blogger tersebut….Di black list itu wajarlah

  17. Ya tetep aja YaMaap di kompetisi kelas dunia gak juara dan di market gak yang paling laris juga (termasuk di Jepun?)..silakan bantah pake data. BC silakan lanjutkan.

  18. Aahh…good old days…seperti melihat generasi baru dari qwerty, jaos, hondabebek, tiger2000

    Warung mang kobay seperti triatmono 2.0

  19. kalau menurut saya, suatu barang itu baik atau tidak, tanyalah ke konsumen. Sederhananya, kalau lebih banyak terjual, maka barang itu menurut konsumen lebih baik (dengan asumsi setipe dan range harga sama / beda tipis). Contoh nmax dan pcx, harga mirip, sama2 motor matic, dgn kubikasi mesin yang bisa dianggap sama, ternyata penjualan nmax lebih bagus (kalau gak salah), berarti menurut konsumen, nmax lebih bagus. Kemudian beat vs mio, scoopy vs fino, sama2 matic, harga mirip, meskipun kubikasi mesin beda, ternyata beta dan scoopy lebih laris, berarti menurut konsumen beat dan scoopy lebih bagus.

    • Nah simple ??
      Disalip Suzi kok meradang Jamet2 FBY
      Yahaha…..?

      Jualan TOTAL/KESELURUHAN Yahaha itu cuma setara dengan jualan Mbeat doang !!! Sekalipun 2020 yang didera Pandemi . Tapi Kok Jamet2 FBy meradang ? ?

      Hnd itu baru selebrasi 400 juta Unit lowh Desember kemaren ..itu nyata , dan .fakta…akuntable !
      Yahaha …??? .

  20. Istilah blogger amplop dolariyah muncul pertama kali
    Diwarung sebelah blogger pujaan beye???nuduh blogger bayaran yg dituduhmalah pernah touring bareng sama zuragan wkwkkk

  21. Meskipun rada kasar tapi bener juga sih ada yg komen diatas riset paling tolol amh itu carger didalem bagasi. Gw yakin sebenernya para blogger juga kagak setuju, tapi ya udah terlanjur pasang iklan mau ga mau harus bilang aman rame rame

    • Charger dalam bagasi sudah terbukti aman bertahun tahun di Kymco salah satunya, SYM juga ..

      Selama unit hp dan kabelnya sehat seharusnya sih aman ??

    • Lah kalau bukan dalam bagasi trus taro dimana ? Di laci gitu biar gampang kena jambret ? Seenaknya ngatain orang tolol dan ngejudge blogger. Tipikal FBY banget.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini