Honda ATV
GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Saat di belahan dunia lain sepeda motor itu benar benar dikenal sebagai kendaraan beroda dua, tapi tidak di USA atau Amerika Serikat. Memang di Indonesia cukup banyak juga trike atau quadbike yang dijual, tapi masyarakat lebih kenal dua roda. Di USA sepanjang tahun 2020, justru kendaraan jenis ATV/RUV yang paling laris dan menggeliat, tercatat dua nama yang menguasai pasar sepeda motor di sana, Honda dan Polaris.

Di sini kalau kita melihat kendaraan roda empat jenis ATV (all terrain vehicle) atau RUV (recreational utility vehicle) biasanya dianggap sebuah mobil, meskipun sebenarnya dia masuk ke jenis sepeda motor. Begitu juga di Amerika/ USA yang sepanjang tahun 2020 justru pasarnya menggeliat.

Sebenarnya agak rancu ya lads kalau meyebut RUV dalam bahasan ini, soalnya di google kalau kita ketik RUV, yang nongol adalah kendaraan sebesar bus berjenis van. Yang umum disebut RUV ya jenis seperti itu sih, tapi gakan kita bahas mobil RUV yes wkkww..

Menurut situs motorcyclesdata, industri sepeda motor di United States terangkat sepanjang tahun 2020 oleh segmen ATV/RUV, bahkan peningkatannya dikatakan sangat pesat – di saat segment dua roda menurun akibat covid 19. Nama Polaris dan Honda menjadi market leader.

Honda ATV

 

Awal tahun 2020 disebut awal yang optimis dibanding 2019, pasar sepeda motor di US terlihat berkembang di dua bulan pertama, bahkan Harley Davidson pun dikabarkan ikut menanjak – setelah hampir satu dekade.

Sayangnya, skenario berubah sangat cepat di bulan Maret saat Covid19 menyerang seluruh negeri, secara progresif memblok permintaan akan sepeda motor dan tidak pernah membaik hingga tutup tahun.

Kenyataannya, data penjualan untuk sepeda motor jenis ATV/RUV justru hampir positif dan menguntungkan, kebanyakan permintaan dari daerah pedesaan. Area dimana kebanyakan sepeda motor roda dua kehilangan performa akibat jalanan yang buruk.

Polaris ATV

Secara total, industri sepeda motor di US meraih 4.8% hingga Nopember 2020, dibanding tahun 2019. Pun demikian, sepeda motor roda dua menurun sebanyak 9.1% dan ATV/RUV menanjak dengan raihan 26.2%.

Di segment sepeda motor roda 4, dua nama saling bertarung menjadi pemimpin, yaitu Polaris (kaya nama mie ayam deket rumah nih wkwkw) dan penguasa Eropa serta Asia, yaitu Honda. Sayang motorcylesdata tidak menyebutkan secara jumlah atau persentase dari keduanya.

Unik juga ya ATV/RUV di US laris manis.. sebenarnya di pedesaan kita juga cocok tuh kendaraan jenis gitu. Di Indonesia juga ada sih, ATPM yang jual resmi ATV ini ada Kymco, sementara skutik roda empat ada Qooder Quadro. Sedangkan brand established macam Honda, Kawasaki, Suzuki dan Yamaha mereka juga punya produk ATV/RUV ini.

ATV Kymco

Dari warnanya sudah tau dong ATV dari mana ini – Kawasaki RUV

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
Youtube: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSL-TV]

33 KOMENTAR

    • Tidak kredibel sekali infonya 😂, dibenua australia, benua eropa dan amerika padahal Yamaha nomor 1, Honda hanya unggul di asia dan afrika 😂
      itu juga karena ketolong motor murah meriah setara mocin 😂

    • Contoh kecil aja nih, new R1M 2020 saat lounching langsung sold out dan sudah bnyak beredar di indonesia, nah kalau cbr1000rrrsp yg mukanya mirip gsx150 apakah ada disini? 😂😂😂

  1. SxS ,UTV…keren om…bisa untuk light offroad atau cruising…bisa buat angkut kayu atau pupuk…hasil kebon
    Desainnya cakep cakep….ga masalah meski pake CVT..bbrp brand caina ga kalah bersaing..ada cf moto n TGB selaon kymco
    Seringkali ngimpi pingin punya…rumah ortu d desa dekat dg hutan n tegal(sawah tadah hujan)
    Seringkali saya cruising hutan n kebon hamparan pedesaan dg pake motor metik dg angan2 saya naik honda thalon atau polaris RZR 😭😂

  2. Waktu tahun 90-an saya kerja di Texas, saya bilang ama teman2, di mana bisa liat cowboy asli yg pake kuda.

    Kata mereka: “Nowadays it is hard to find cowboys with horses. They are now using ATVs and offroad motorcycles”.

  3. bener kang itu penguasa eropah? lha sebelah ‘katanya’ larees manees d eropa, itu kejual semua ato di balikin lage d mari kang?

  4. di Indonesia kayaknya ATV baru rame di lokasi wisata … ketimbang mobil desa yg ada aroma politis, mendingan ATV Kymco di promosikan buat pemakaian di area pedesaan dan perkebunan

  5. Sebetule inyong ora terlalu tertarik dengan pembahasan RUV/ATV ini,
    tapi entah kenapa saat mau sampai di ujung artikel menjadi sedikit bergairah,
    Eh ternyata setelah melihat Mba Qooder dengan celana jeans, singlet (bahasa kampung saya,hehe) singlet warna item, dan senyum tipis mengembang.
    Emmmm,,, maniz
    (tapi lebih maniz bojoku dewek, hehe)
    -Edisi pas nulis komen ini, ada nyonyah di samping,hehe

  6. Hmmm rupanya Honda itu penguasa Indonesiah Asiah eropah dan hampir menguasai amerikah 👏😄

  7. Di indonesia, atv boleh jalan legal di jalan raya enggak? Secara atv lebih aman karena punya empat roda. Kayaknya menarik bila roda 2 dihapus dan diganti atv

  8. Lucu ya Indonesia, atv ga bisa jadi road legal, sedangkan forklift harus pake plat nomer 🤣🤣🤣

  9. Ini mah terang benderang diopinikan oleh pemberita yang berat sebelah, ujarnya. Sedangkan Paris Dakkar aja kami barusan menang kok..tapi kucing kawin di sebelah jendela membangunkanku dari mimpi indah ini..dasar somprettt…wakakak😂😂😂

  10. Mesinnya yg Honda tipe OHV, persis mesin2 general purpose alias Honda GX series. Wajar sih karena yg dikejar torsi

  11. VIAR jg pny model ATV loh mang namanya Viar Razor 100,150,250….
    andai ATV ini bida legal road,pasti ane melihara,secara ane tinggal dipegunungan

Yuk Tinggalin Jejak Lads..