GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Bocoran yang sukses kembali hehe.. Belum lama kita bahas seputar Honda All New PCX 160 2021 yang rilis duluan di eropa berbarengan dengan beberapa produk terbaru Honda lainnya, kini giliran Jepang yang merilis skutik elegan tersebut. Yang menjadikan pembeda adalah angka di belakang nama PCX, sudah confirm menggunakan angka 160, bukan 150 atau 157, ini karena kapasitas mesinnya yang membengkak menjadi 157cc dan untuk penamaan dibulatkan menjadi 160cc. Mengapa skutik yang nanti akan hadir secara lokal di Indonesia ini disebut sebut lebih berbahaya bagi Yamaha NMax?

Soal desain ya sudahlah, selera itu mah, gakan bisa dipaksakan, ada yang lebih suka bentuk NMax ada juga yang lebih senang bentuk PCX dan kini All New PCX 160. Jadi silakan ditatap saja foto foto yang ada karena KBY gakan bahas lebih lanjut dan tidak akan diulang karena di artikel lain seputar All New PCX 160 ini juga ada kok pembahasan seputar desain.

baca: Mengupas Desain All New PCX 160 4 Klep 2021

Juga gak usah bahas penjualan, Setuju ya? Karena data saat ini sangat sangat minim, para pihak bebas mengklaim bahwa jualannya lebih laris dari sebelah wkkww.. wong datanya gada, paling juga secara whole alias keseluruhan market share yang gakan bisa dibohongi..

baca juga: BOCORAN HARGA ALL NEW PCX 160 4 KATUP 2021 DI INDONESIA

ALL NEW PCX 160 LAWAN YANG LEBIH BERBAHAYA BAGI YAMAHA NMAX

Mengapa KBY sebut lebih berbahaya? Yang lawas aja sudah bahaya, mampu menarik porsi kue yang selama ini dimiliki NMax, meski saat ini kita tidak mengetahui jumlah pasti penjualannya karena pelarangan publish data Aisi, namun terakhir itu kalau tidak salah di tahun 2018, Pak Thomas Wijaya dari AHM pernah mengatakan jumlah produksi per bulannya Honda PCX ada di angka 22rb..

Jika tidak salah juga, pada periode yang sama saat itu, Yamaha NMax berada di angka 23-24rb produksinya. Jadi dari dulu pun PCX (versi lokal) itu memang mepet penjualan/produksinya dengan sang pemimpin pasar.. sayang saat di angka tersebut, data Aisi sudah stop lagi hingga kita tidak pernah tau jumlah penjualan wholesale tiap pabrikan.

Nah kembali lagi, kalau dulu sudah berbahaya bagi NMax, kini lebih lagi karena secara spesifikasi di atas kertas, All New PCX 160 berada di atas sang rival! Terutama tenaga, kalau fitur KBY yakin akan 11-12 dengan keunggulan NMax karena memiliki fitur Y-Connect.

Soal TCS (HTSC) kita reserve dulu, karena meski versi di luar sudah ada, namun belum tentu versi Indonesia akan hadir juga – jika harga jual menjadi kendala. Satu yang pasti, rem cakram di belakang akan hadir seperti generasi sebelumnya..

Fitur power outlet dengan USB tipe C kemungkinan di Indonesia akan berubah menjadi USB biasa karena belum familiarnya kabel charger model C di Indonesia.

VERSI JEPANG LEBIH LEMAH TENAGANYA BESAR TORSINYA

Mesin All New PCX ini – KBY ulang lagi – serupa dengan yang digunakan pada Honda SH150 versi 2019, eSP+ (eSP Plus) 157cc 4 klep atau katup yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 12,4kW atau setara 16,6 Hp (16,8PS) pada putaran 8.500 rpm, sedangkan untuk torsinya mencapai angka 14,8N.m pada 6.500 rpm. Kenaikannya sebesar 2,1PS dari 14,7PS dengan torsi naik 1.6Nm dari 13,2Nm.

Tapi itu versi Asia (Vietnam), untuk Eropa no contest karena 125cc, nah di Jepang mengingat euro nya sudah tinggi dibandingkan dengan negara Asia Tenggara, ternyata tenaganya lumayan terkebiri menjadi 11.6kw atau 15.8PS alias turun 1PS. Namun ternyata sektor torsi malah meningkat, versi Honda SH160 itu 14.8Nm sementara PCX 160 Jepang 15Nm! Naik 0,2Nm dengan putaran RPM persis sama.

Bagaimana untuk versi Indonesia? Kalau resminya belum dapat, bisa jadi ikut Jepang atau Vietnam, well mana pun yang digunakan, di atas kertas masih di atas NMax lads. All New NMax sendiri yang mesinnya kalah 2cc namun sudah menggunakan VVA, mampu menghasilkan tenaga yaitu 15,36PS dan 13,9Nm. Silakan dihitung sendiri perbedaan tenaganya jika diambil dari Vietnam atau Jepang.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
Youtube: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSL-TV]

46 KOMENTAR

  1. Sales pekok Y hadir dimana2 demi jualannya…

    Tatkala H sadar masukkan User dgn mendesign ulang Depan dan Belakang,…jd MANTAPP CAKEPPP…

    Ada yg ga sadar diri malah bantet ( blakang )ama Nongthod ( depan )..

    Sebut saja namanya SULINGX..

    Awoakwooaaak …🤭🤣

  2. Yg bahaya mesin 157cc dibikin dohc ditaro dinew cbr…bisa 21hp mang…tambah vtec jadi 24hp….emezing kali

  3. Ternyata jualan wholesale sudah mepet😂😂😂 ditunggu episode lanjutan. Disini inovasi mesin baru, nyang disono jualan fitur henpon..

  4. Trus nasib sebelah yang terlanjur bikin iklan “PWR terbesar” gimana? Apakah iklannya bakal di recall?

    • Kalau pahrio ikutan 4 klep yaaa gimana.. wkwkwk

      Tapi gak juga, PWTR terbesar masih bisa kalau bicara di kelasnya, Vario sama Aerox kan sejatinya beda kelas… Wkkwk

  5. akhirnya tu bagasi muat helm full face beneran juga… jangan sampe mounting shock belakangnya mereng2 lagi aja nih, cakep udah.

  6. Trus yg mesin 2 klep jadul apakah akan langsung di disuntik mati mang? Waduh kasian sekali yg udah beli picek 2 klep jadul gredek muka njebeber shock ambles miring haha …

  7. Lhoo nggak jadi offside karena dibulatkan jadi 160… Nah kalo yang edisi Jepang udah cakram belakang, baru saya percaya kualitasnya.
    Kayaknya tahun depan bakal ambil satu karena butuh bagasi yang lebih luas (dulu nggak jadi beli all new Nmax karena kapasitas bagasinya nggak nambah)

  8. Seandainya pcx 4 klep versi lokal ada tambahan vtec kebayang respon tetangga ky apa… *Bayangin aja cm andai

  9. Design plek nya itu wak…
    Amajing banget…
    Design pelk tahun 2021, bukan pelk jaman baheula

  10. Bakal beneran kalah sih. Siapa suruh nanggung tiap update… Benernya dari awal ngegas ngasi fitur bukan keluarin dikit2…

  11. Gw tanya teman2 kantor, masalah terbesar new NMAX adalah bentuknya yang tidak proporsional sehingga terlihat ganjil dan cheap. Ini masalah klasik yamaha

  12. PCX itu dah mirip varioh dijalanan , ditiap gang tiap warkop tiap parkiran tiap pojokan tiap turunan dan tanjakan ada , baik d Indonesiah Asiah eropah atau amerikah 😂
    All New PCX itu kaga bohong…bukan mesin jadul hasil daurUlang yang disebut All New .
    PCX aka Honda itu bukan Yahaha yang alakadarnya … Yahaha yang 2 3 bulan menjelma menjadi mesin Jahit berjalan atau bahkan mesin genset berjalan 😂
    Kalau sudah ada All new PCX , pasti ya yang lama bakal disuntik mati … Semua produk dipastikan begitu . tinggal ngabisin stock yang ada sampe kosong.
    Beda dengan Yahaha..facelift nongol ( mereka sebut all new Suntik Silikon ) … Yang lama masih numpuk dan obral dibelahan dunia ketiga .
    Ini Honda.. tech dan fitur yang selalu dibikin advance…bukan sept Yahaha yang cuma memberikan istilah bagus dengan part dan fitur Grade C nya 😂 .
    Yang perlu digaris bawahi ..
    All New G dari Honda…All new PCX dengan Esp plusnya…adalah pilihan yang semakin menjadi primadona Dunia .

    Ditunggu All New G dari Honda berikutnya !

    Gak sabar lihat Yahaha semakin diGosongin 😂

  13. saya mo tanya nih mang …
    emg vario sm aeriox beda kelas ?
    vario kelas brp jurusan apa ?
    aeriox kelas brp jurusan apa ?
    klo nti vario udh pake disk brake belakang … apakah nti akan lebih tinggi derajatnya (baca kelasnya) ?

    • Dari awal Vario n Aerox itu bermain di kelas yang berbeda.. keduanya juga asik berjualan masing masing..

      Ga tau kenapa tiba tiba Aerox dibentur benturin sebagai lawan Vario, sebagai Vario killer juga malah..
      Vario yang gak tau apa apa ya cuma bisa liat sambil ngupil… Mendekati aja gak pernah apalagi melampaui penjualan dia.. wkwkkw

      Kalau pake disc brake? Kelasnya meningkat untuk kelasnya sendiri wkwkkw

  14. Dgn bertambahnya power pcx saya yakin dijln penggunanya akan semakin kebut”@n dgn pengendara nmax, saat ini pcx yg 2klep aja klo dijln gak mau kalah sama nmax kalau saya buntutin rata” penggunanya pcx cruising dispeed 80km/jam itupun jln rame lancar!

  15. Bagus ini sih dari nmax baru yg kebanyakan gimmick, klo desain tetep vespa gak ada lawan wkwkwk…

  16. Wah rame ni…

    @ammar12, definisi sporty tuh gimana ya? Kok dari dulu saya ga liat di nmax, kalo aerox sih iya menurut saya.

    @hanif, emang nmax baru gimmick nya apa? Itu berguna semua lho, apa lg Y-connect, coba ada yg bisa list kegunaannya?

  17. Nmax menurut ai sih engga sporty tapi robotic kek trend desain yamaha eropa saat ini. Tapi ya buat disini kurang disukai. Cepet bikin boring kek pcx odong2 skr. Kalo pcx yang 2021 kek ada aura pcx mang kobay yang menurut ai desain pcx paling bagus s/d sekarang

  18. Menurutku NMax ga ada nilai sporty nya, maksa baget jika di lihat sporty, kalau aerox itu baru sporty, nmax malah lebih ke macho, nah kalau PCX yg baru lebih ke Elegan yg maskulin menurutsaya.

  19. wait wait wait
    tunggu sebentar mang

    “namun terakhir itu kalau tidak salah di tahun 2018, Pak Thomas Wijaya dari AHM pernah mengatakan jumlah produksi per bulannya Honda PCX ada di angka 22rb..”

    “Jika tidak salah juga, pada periode yang sama saat itu, Yamaha NMax berada di angka 23-24rb produksinya. ”

    ini cuma untuk lokal atau lokal + ekspor mang???

    secara ekspor

    AHM selalu meningkat 3 tahun belakangan ini hampir di semua lini, apalagi maticnya
    khusus PCX , ekspornya juga naik dh kl g salah mang walau g signifikan tapi lumayan sih

    YIMM ekspornya seingat saya mengalami penurunan
    khusus nmax juga ada penurunan walaupun g banyak

    tapi dari dulu ekspor PCX vs nmax selalu menang nmax seingat saya

    jadi misalnya PCX 22rb dan nmax 24rb
    kira kira begini
    PCX 22 –> 22 – 6* = 16**
    nmax 24 —> 24 – 10* = 14**

    *ekspor
    **lokal

    jadi menurut saya untuk lokal y pasti banyak PCX dari pada nmax
    tapi itu dulu y kl sama old nmax

    sekarang PCX vs new nmax pasti lebih seimbang dan malah nmax saya rasa menang tipis karena pembaharuannya

    nah sekarang kan all new vs all new
    jadi g salah mang kobay beropini seperti itu
    malah saya rasa akan menjadi kenyataan opini mang kobay

    just my two cent
    cmiiw

  20. Nmax sedikit lebih unggul, ergonomi nmax lebih enak dprd pcx, selonjoran kakinya lebih comfort. Posisi handling jg lebih enak nmax. CMIIW

  21. Emang masih ada aerox? Blm lama lewat dealer yamama yg di pajang di luar vario lama yg gemukin 😁😜 (sumpah mirip banget soalnya)

  22. Apa ini???vario gatau apa² cuman bisa liatin smbil ngupil??? Epic sekali bahasanya kang, 😆😆

Yuk Tinggalin Jejak Lads..