Matte Red S Version
GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Akhir tahun 2020, ditutup manis dengan rangkaian produk teranyar dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (PT YIMM). Setelah peluncuran All New Aerox 155 Connected, dilanjutkan All New Nmax 155 Connected Standard Upgrade, dan pada hari ini (25/11) Yamaha secara resmi meluncurkan konsep baru Yamaha GEAR 125 sebagai motor “Matic Multiguna” yang sangat cocok untuk anak muda dengan gaya hidup aktif (active lifestyle) dan ingin tampil beda.

“Melalui konsep produk terbaru Yamaha GEAR 125, kami ingin Anda semua GEAR UP pada keseharian Anda dengan #NaikYamahaAja. GEAR sebagai tools yang bisa menjadi partner handal dalam mendukung aktivitas sehari-hari, dengan kelengkapan fitur, desain, dan teknologi baru yang menunjang gaya hidup aktif. Mari kita semua GEAR UP dan sampai jumpa di atas sepeda motor Yamaha selanjutnya!” tutur Minoru Morimoto, selaku Presiden Direktur dan CEO PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

Yamaha yang mendominasi pasar motor skutik kelas 125 cc menghadirkan Yamaha GEAR 125 untuk melengkapi varian produk Yamaha Blue Core 125cc. Yamaha GEAR 125 mengusung konsep “Matic Multiguna” dengan desain baru yang tangguh dan mengutamakan fungsionalitas (utility) untuk pengendaranya.

GEAR secara harafiah dapat diartikan sebagai tools atau alat, yang bermakna sebagai alat transportasi andalan yang bisa menjadi partner handal dalam mendukung aktivitas sehari-hari, dengan kelengkapan fitur, desain dan teknologi baru yang menunjang active lifestyle. Yamaha GEAR 125 hadir dengan 3 konsep dasar, sebagai berikut:

FITUR YAMAHA GEAR 125

Pertama, “GENERASI DESAIN BARU”. Desain terbaru dengan tampilan baru yang tangguh dan sporty. Dibalut dengan aksen pelindung (side protector) serta desain lampu LED yang membuat tampilan semakin tangguh dan sporty.

Kedua, “ATUR SENDIRI BAWAANMU”;. Inovasi baru aksesoris* rak depan berkapasitas besar yang adjustable dengan tambahan double hook (gantungan barang ganda) membuat pengguna bebas mengatur kapasitas rak depan sesuai kebutuhan terutama saat membawa banyak barang. Selain itu, dengan inovasi pijakan kaki anak dan aksesoris* pijakan kaki (foot peg) yang fleksibel membuat posisi kaki pengendara lebih nyaman dan leluasa saat berkendara bahkan ketika membawa banyak muatan.

Ketiga, “RASAKAN GAYA HIDUP AKTIF”. Lakukan lebih banyak hal dengan kecanggihan teknologi dan kelengkapan fitur GEAR 125. Selain performa mesin Blue Core 125cc yang membuat pengendara Menang Banyak karena Pasti Kuat, Pasti Nanjak, Pasti Irit & Pasti Keren, Yamaha GEAR 125 juga telah dilengkapi dengan teknologi Smart Motor Generator (SMG) yang membuat suara starter halus saat motor dinyalakan dan Stop & Start System (SSS)**, memberikan performa berkendara yang bertenaga dan tetap irit.

Semakin praktis dengan adanya Electric Power Socket untuk mengisi daya baterai ponsel saat berkendara sehingga Yamaha GEAR 125 menjadi pilihan yang siap diandalkan untuk menemani rutinitas harian anak muda yang aktif dan padat.

Kelengkapan fitur lainnya yaitu Yamaha GEAR 125 telah menggunakan Ban Belakang Tubeless dengan tapak lebar serta memiliki fitur unggulan layaknya skutik premium, seperti adanya fitur Answer Back System** untuk menemukan motor saat di parkiran, lampu depan LED dan lampu hazard.

VARIAN YAMAHA GEAR 125

Dalam mendukung rutinitas harian yang lebih semangat, Yamaha GEAR 125 tersedia dengan dua varian tipe, yaitu S-Version and Standard Version. Untuk tipe S-Version hadir dalam dua pilihan warna spesial, yaitu Prestige Silver and Matte Red. Sedangkan tipe standard hadir dalam 5 pilihan warna menarik, yaitu Matte Silver, Metallic Grey, Metallic Red, Metallic White, and Matte Greenish.

Prestige Silver S Version
Matte Red S Version

HARGA YAMAHA GEAR 125

Konsep baru Yamaha GEAR 125 dijual dengan harga yang terjangkau untuk semua kalangan, untuk tipe S-version dijual seharga Rp 17.350.000 sedangkan tipe Standard dijual seharga Rp 16.750.000, seluruhnya untuk OTR Jakarta.

Mendukung pengendara Yamaha GEAR 125 yang aktif serta memiliki rutinitas harian padat, Yamaha juga menyediakan fasilitas servis reminder, lokasi dan fasilitas dealer, informasi produk, aktifitas, dan promosi melalui aplikasi My Yamaha App.

PENDAPAT NETIZEN

Namanya netizen, pendapatnya ya berbeda beda, terutama soal desain, dan rata rata sih tidak terlalu mempermasalahkan, karena itu kembali ke selera masing masing. Hanya saja jika dilihat dari kolom komen yang ada, kebanyakan sih satu suara terhadap.. velgnya!

Netizen mempertanyakan kenapa velgnya tidak kena upgrade? Setidaknya perubahan desain sejak 2007 ya? CMIIW. Generasi Mio lah, uniknya mau Mio tipe apapun sporty, Z, Teen, S dll, velgnya selalu itu lagi.. sampe di facebook juga ada yang komen velg prasejarah saking lamanya.

Pendapat KBY pribadi dari sisi desain, Yamaha terlihat ingin menempelkan DNA line up skutik kebanggaan mereka yakni Maxi Series. Lihat dari sisi depan persis, kepalanya dan headlamp seperti X-Max, triple light, posisi lampu seinnya pun ciri khas NMax dan Aerox. Kalau dari samping headlamp nya jadi inget GSX-R150 hehe..

Skutik yang sebenarnya punya nama Mio di depan Gear ini juga mengedepankan fitur fitur yang akomodatif bisa disebut sebagai SUG (smart utility gear), tujuannya jelas sih, lebih ke ojek online, dari double hook, charger, dek luas dengan pijakan kaki fleksibel.

Well kita lihat saja penerimaan pasar terhadap Yamaha Gear 125 yang punya mesin serupa dengan 125cc Yamaha lainnya ini, filosofi bluecore. Yang jelas, Yamaha berusaha ingin menggencet ala sandwich produk kompetitor dengan memberikan pilihan luas di kelas ini.

Spesifikasi Yamaha Mio Gear 125

Mesin Yamaha Mio Gear 125
Tipe Mesin 4-stroke, SOHC
Susunan Silinder Single Cylinder
Diameter x Langkah 52,4 x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi 9,5 : 1
Volume Silinder 124.96 cc
Daya Maksimum 7,0 kW sama dengan 9,38715HP pada 8000 rpm
Torsi Maksimum 9,5 Nm pada 5500 rpm
Sistem Starter Electric Starter
Sistem Pelumasan Wet Sump
Kapasitas Oli Mesin Total = 0,84 L ; Berkala = 0,80 L
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Tipe Kopling Single dry clutch
Tipe Transmisi Full Automatic
Spesifikasi Yamaha Mio Gear 125
Yamaha Mio Gear 125 Engine

Dimensi Yamaha Mio Gear 125

P x L x T 1870mm X 685mm X 1060mm
Jarak Sumbu Roda 11260mm
Tinggi Tempat Duduk 750mm
Berat Isi 95 Kg
Kapasitas Tangki Bensin 4,2 L
JARAK TERENDAH KE TANAH 160mm
Rangka Yamaha Mio Gear 125
Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Telescopic
Suspensi Belakang Unit Swing
Ban Depan 80/80-14M/C (43P)
Ban Belakang 100/70-14M/C (51P)
Rem Depan Disc Brake
Rem Belakang Drum Brake
Tipe Ban Tubeless
Kelistrikan Yamaha Mio Gear 125

57 KOMENTAR

  1. Ini kok nggak ada yg memberikan informasi kapasitas bagasi ya? Paling ya so-so saja sama Mio lainnya kah
    Dari banyak berita blogger, komen nya mayoritas kurang antusias ya

  2. jilatin trus bang sonwep …..
    siapa tau bonus bulan ini naek …. ya ga …. ya ga … ya ga
    mang ijin ketawa boleh ….
    BUAHAHAHAHAHAHAHAHA ….

  3. Yamaha kehabisan ide buat Entry level kayaknya. Dikasih kepanjangan pula nama produknya.
    GEndeng Ancur Ruwet Untune Pikolo.
    Nama yang keren. Piss FBY. Cuma bercanda. Hehehehe

  4. Ga perlu punya ide bagus2 lah, toh cuma buat syarat aja kan.
    Ngapain bayar desainer produk beneran buat produk yg pasti kalah di pasar?

  5. Heran aja gw mang sama yamaha ko budek banget ya, itu desain velg dari jaman batu masih dipiara

  6. kenapa footstep depan pas dilipat gak menyatu sma body kan bisa lebih ciamik… kalau begitu mah ya wagu atuhhh… sma ja kaya pasang acesorissss tambahan dan kesannya aneh… lampu depannya juga aneh… heran deh kenapa pabrikan kalau desaign motor suka pada nanggung…

    sy pengguna ojmx mau upgrade ke matik entry level baru dari yamaha tapi gak ada yg sreg… nungguin aerox baru malah belum cakram rem belakang nya…

    lama-lama terpaksa pindah haluan ambil beat atau genio aja nih…

  7. Disain “bingung” berikutnya pun dihadirkan 😂
    Dari depan kebelakang gak nyatu disainnya , asal nemplok …asal cetak…asal jadi…asal dipajang…asal bisa didaurulang lagi .
    Selagi part2 jadul digudang bisa dimanfaatkan….kenapa tidak?
    Mesin Batu akik dah ga zaman 😂

  8. “Yamaha yang MENDOMINASI pasar skutik 125cc’???😀😀😀 serius ente Mang?? BTW dari 2 foto terakhir, Beat masih lebih proporsional..menurut saia.

  9. Desainnya ga mengalir
    Depan udah sip
    Liat buntutnya, ah sudah lah
    Mungkin mata saya saja yg salah

  10. Kalo ada orang desain dari Yamaha yg baca ini
    Silahkan bikin beberapa desain digitalnya
    Trus kirim ke saya
    Nanti saya pilihkan mana yang bagus

  11. Desain lumayan bagus tapi tdak mudah “dicerna”. Pdhl menurut gw inilah yg terpenting bwt entry level.

  12. Tebakan gw bagasi gak lebih luas dari beat, soalnya aki keqnya gak ditaro dibawah dek kayak matic honda dan posisi tangki jg masih di ujung belakang, mungkin sama lah keq nex II

  13. Untuk kelas entry level kayaknya Y ada masalah kehilangan arah atau kehabisan budget. Yang lain sudah masa pro dengan sasis dan mesin terkini, lhaaa ini cuman “ganti baju” doang. Even bikin cetakan/moulding pelek aja gak niat? Atau gak kuat (duitnya)??

  14. Opini pribadi saya mengenai desain velg yang tidak diganti dikarenakan kesuksesan miong pada jaman dulu..
    Pabrikan yamlehoy kemudian memesan banyak sekali velg karena yakin miong akan menjadi motor sekutik entri level terlaris..
    Namun setelah kenyataan tidak sesuai expectasi dan velg2 tersebut sudah terlanjur dibuat dan disimpan digudang, maka dengan terpaksa semua motor miong terbaru pasti menggunakan velg yang sama dengan velg miong jadul..
    Lebih parahnya penjualan miong ternyata terpuruk sehingga velg2 tersebut menunggu giliran untuk dipasangkan..
    Mungkin butuh 10 tahun lagi kedepan untuk menghabiskan sisa stok velg jadul dan selanjutnya kita bisa melihat velg baru dimotor miong atau sekutik entri level yamlehoy lainnya…
    Sekian…

  15. “Yamaha yang mendominasi pasar motor skutik kelas 125 cc…”
    Ya iyaaa laaah…
    Motor sekutik yamlehoy mana ada yang dibawah 125cc…
    Banyak varian dan nama yang bermain dikelas 125cc dari yamlehoy hanya untuk menjegal Vario 125, yang sampai sekarang ga tahu data penjualannya…
    Jadi miong pun dimasukan kedalam segmen sekutik 125 sebagai kompetitor Vario 125 karena kubikasinya sama….
    Makanya dengan pedenya yamlehoy menulis kalimat sepetti diatas, apalagi sekarang data aisi sudah ga bisa diiposting…
    Suka2 yamlehoy aja sih bilang mendominasi…

  16. Bentuknya sih ga jelek, menurut saya sebenernya bagus… Cuma ya itu, kurang natural & kaya udah kehilangan arah, ga kaya beat yg tiap facelift/ganti model masih bisa mempertahankan desain yg mirip tapi masih kelihatan fresh waktu pertama kali keluar. Fitur footpeg depan menurut saya agak bahaya ya, apalagi kalau yg bw orang yg suka selap selip mepet takutnya mentok ke kendaraan lain.

    Yang saya sayangkan selain velg, speedometernya khas matic entry yamaha… Agak norak wkwk. Kenapa ga pakai jarum biasa aja ya malah lebih bagus & kalem. Bagasi juga saya yakin 11-12 sama mio S.. sayang bgt inovasinya kesannya setengah-setengah.. kenapa ga ambil basis dari freego terus dikasih desain yg lebih masuk ke selera Indonesia ya, mungkin lebih bisa laris.

  17. Ternyata udah generasi ke-7 ya
    1. Mio Karbu
    2. Mio J
    3. Mio GT
    4. Mio M3
    5. Mio Z —-> yg paling keren menurutku
    6. Mio S
    7. Gear

    Yamaha pelan2 mulai melepas brand Mio. Mungkin mereka merasa nama Mio sudah terlanjur cacat di benak konsumen

  18. sebenarnya desainya bagus kok… kalau menurut desainernya pasti bagus itu..

    apalagi mesinya bluecore yang terkenal irit , oleh yamah sendiri..

    dan juga terkenal powerfull, oleh yamaha sendiri tentunya..

    kalo velg jadul dipakainsampe sekarang pun juga masih bisa di pake kok, gak masalah.. kalo ban udah muter d jalan juga ga kliatan… ga masalah kan?

    harga jual kembali juga masuk akal kok,

    aku yakin akan banyak yg beli mio gear ini..(kalo beat ga ada)

  19. 😂😂

    Barang baru stok lama .
    Murah(an) nya gak mampu ngalahin yang fby bilang sebelah operpret 😂

  20. pas rame-rame ada teaser Yamaha mo rilis matic entry level baru … ane langsung “promosi” ke bokin ane yang FBY – kali aja mo gantiin si Mio Smile taon depan

    ehhhh … bgitu brojol ini produk, trus bokin liat desain nya dannn … gak usah ganti lah, masak desain produk barunya malah lebih jelek bgitu

    gmana kalau ganti beli Beat aja Beib ? …. weggahhh, emmohh aku

    #kumenangissss

  21. Sebenarnya, untuk bikin Yamaha Mio/Gear ini bagus Uamaha udah punya basis desain Cygnus. Dari depan ke belakang tu motor cucok banget buat evolusi New Mio/Gear. Tapi lucunya, Yamaha anggap motornya sendiri jelek. Dia milih mepet ke desain Beat dan Suzuki. Kan ngaco.

    Kedua, Yamaha Mio itu sdh habis. Tinggal sejarah. Harusnya Yamaha buat motor semisal Mio awal dulu. Yg imut, lucu dan cocok buat para rider pemula Matic yg mau tampil beda. Beat itu udah pasaran banged. Dulu di Thsiland ada Yamaha Fiore yg lucu dan imut. Mestinya motor matic entry level Yamaha ke sana arahnya. Bukan malah larut ikut desain kompetitor.

    Payah RnD nya.
    Udah ngaco di Aerox minus RDB.
    Makin ngaco di All New Mio/Gear.

  22. OOT : Mang … pan VR46 sang Kakek Legend udeh pindah tim dari Yamaha Racing ke Petronas Sepang, walo sama-sama pake Yamaha tapi Yamaha Indonesia gak bisa lagi pake VR46 buat ngiklanin produk nya per 1 Januari 2021

    kira-kira nih Mang … seandainya bila mana jikalau Mang Kobay diminta jadi Brand Ambassador produk Yamaha, mau nya duet sama siapa pas di iklan :
    1. Komeng
    2. Tessa Kaunang
    3. BCL
    4. JKT 48
    5. Lucinta Luna / Millen Cyrus

    • Wah gw baru tau nih be soal endorse VR46, mungkin karena ga di factory lagi ya…

      Hmmm sebagai BA Yamaha, gw pilih Ayana Moon sebagai partner …

  23. yoi Mang … tadi baca artikel di detik soal VR46 pindah tim dan posisi BA Yamaha Indonesia

    Ayana Moon gak masuk pilihan … mending LL ato MC, buat BA produk Suling wkwkwkwkwkwkw

  24. Klo ga salah mang Kobay pernah kritik velg nya aerox 125 yg emang masih pake model palang jadul dan ditanggapi serius oleh pihak YIMM ya

  25. Footpeg depan yg multi fungsi.. tuk ngangkat (wheelie) + downforce ban depan..
    Semoga laku, Mang..

  26. Bahaya tuhhh jalu footstep depan. Bisa bikin baret bumper depan mobil kalo kondisi macet kalo motornya selap selip.

  27. Lah kayaknya bener deh. Honda Beat yg populer kan 110cc. Kalo yg 125cc kurang laris deh, malah varian 150cc yg laris macam vario dan pcx.

    • Bener kalau dilihat dari banyaknya produk.. betul menguasai.. semua produk Yamaha gada yang 110 lagi, minimal 125.. Honda sejauh ini cuma Vario.

      Kalau menguasai penjualan? Wallahualam .. dulu sih ketauan Vario 125 paling laris, sekarang data Aisi digembok, ga tau jumlahnya wkwkwkw…

Yuk Tinggalin Jejak Lads..