Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Artikel review product lagi nih lads, kali ini seputar pencahayaan alias lampu. Produk yang KBY tes dan pasang ada beberapa macam dan semuanya merek Philips, dari lampu halogen M5 standar, halogen Xenon M5, dan lampu LED Philips HL M5 yang dipasang pada skutik perang milik Nyonya, si Raras Suzuki Nex II. Penasaran gak? Penasaran dong ya? Wkwkw.. Okey KBY akan membahas dan sharing keunggulan yang dimiliki oleh ketiga lampu tersebut yes..

Mendengar nama Philips, pikiran kita langsung melayang dan membayangkan produsen lampu terkenal di dunia. Yoi, nama Philips Lightning memang sudah melegenda puluhan tahun lads bahkan mereka merupakan pelopor untuk lampu pada kendaraan bermotor loh.

Nah Philips juga main lampu otomotif lads, dan sudah cukup lama lah, produknya juga beragam, lampu sein, lampu tancap hingga lampu utama. Hanya saja untuk sepeda motor memang belum banyak yang tahu terutama produk produk unggulan dari Philips Automotive. Setidaknya mereka memiliki 3 produk andalan untuk lampu utama di roda dua, ada Premiumvision Moto, Blue Vision Moto hingga yang kekinian, lampu LED HL M5.

Sebelum menuju ke review dan testimoni yang sudah terpasang, kita kupas dulu kuy secara singkat dan (mudah mudahan) padat, keunggulan dari masing masing produk tersebut yes..

LAMPU PHILIPS M5 HALOGEN PREMIUMVISION MOTO

Lampu ini merupakan tipe replacement OEM alias lampu pengganti dari model standar yang non halogen alias lampu bohlam pijar yang biasa disebut T19. Di beberapa produk Sepeda motor saat ini memang sudah LED, tapi masih ada juga yang menggunakan lampu bohlam pijar.

pijar vs halogen

Kekurangan bohlam pijar alias T19 adalah:

a. Usia pakai lebih pendek
b. Cahaya lebih cepat redup.
c. Lebih cepat menimbulkan panas.

Nah seiring berkembangnya jaman dan teknologi, hadirlah teknologi lampu halogen dimana Philips juga memilikinya yaitu Philips M5 PremiumVision Moto yang bisa menjadi lampu pengganti bohlam pijar standar atau bawaan motor dengan keunggulan teknologi gas halogen. Keunggulannya adalah sbb:

a. Bohlam halogen Philips merupakan bohlam yang berkualitas.
b. Menghasilkan cahaya lampu yang lebih terang.
c. Pemakaian daya yang lebih efisien.
d. Usia pakai yang lebih panjang hingga 4x dari bohlam pijar
e. Dilengkapi dengan teknologi untuk mengontrol temperatur dibandingkan lampu halogen merk lain.

Lampu halogen ini sudah memenuhi standarisasi OEM dan sudah sesuai dengan specs
motor dari pabrik – jangan terkecoh banyak yang bilang bahwa lampu halogen atau M5 itu tidak bisa dipakai di motor bebek yang aslinya pakai bohlam pijar ya lads. Justru Halogen M5 bisa digunakan sebagai pengganti/upgrade bohlam standar untuk performa yang lebih baik lagi.

M5 Halogen TIDAK AKAN merusak rumah lampu asli bawaan motor, TIDAK AKAN panas
selama penggunaan watt tidak berlebihan – catat tuh. Ketika halogen M5 mati, bisa dilihat pada kaca, tidak akan menimbulkan noda/ jelaga berwarna hitam – jika sampai ada pertanda kalau sirkulasi gas di dalam bohlam tidak baik, kasusu ini rata rata ditemukan pada bohlam pijar. 

JENIS DAN TIPE LAMPU PHILIPS UNTUK MOTOR

PHILIPS lampu motor memiliki macam-macam tipe untuk menyesuaikan lifestyle atau kebutuhan pengendara motor, yaitu:

  • M5 Halogen Premium Standar untuk produk standar yang Berkualitas
  • Halogen Upgrade (Xenon): seperti blue vision – lampu halogen yang output cahaya nya menyerupai LED. Dengan harga yang lebih murah tapi pemotor sudah bisa “gaya” dengan menggunakan blue vision ini.
  • LED HL M5 LED; memiliki teknologi mutakhir dan system pencahayaan nya bercermin dari standarisasi lampu halogen;

Sekarang kita bahas produk unggulannya Philips, yaitu LED HL M5, simak di bawah ini yes.

KEUNGGULAN LAMPU LED HL M5 PHILIPS

  • Output cahaya sesuai pada tempatnya, tidak menyilaukan lawan arah, dan lebih fokus
  • Cahaya terang merata sesuai pada tempat yang dibutuhkan (di jalan)
  • Sudah ditest, bisa tembus jika dipakai dalam keadaan hujan/ aspal basah
  • Isu-isu bahwa LED tidak tembus hujan, semua tergantung pada intensitas cahaya led itu sendiri, jika intensitasnya kuat, maka kondisi hujan pun tidak masalah.
  • LED Philips mengikuti standarisasi ECE (Standar keselamatan yang diprakarsai oleh Economic Commission for Europe, Seperti SNI).
  • LED Philips tidak menyilaukan karena penyinarannya mereplikasi/mimicking pola cahaya/light beam dari lampu halogen, hanya sumber cahaya nya saja dari LED sehingga outputnya putih – stylish – lebih terang, tetapi tetap SAFETY.

Nah itu adalah info dari Philipsnya sendiri lads, bagaimana setelah terpasang di Suzuki Nex II? Kuy kita bahas langsung lampu LED Philips M5!

TES LAMPU LED PHILIPS DI SUZUKI NEX II & HONDA BEAT

KBY melakukan pengetesan pemasangan pada dua skutik, yaitu si Raras Nex II dan Honda Beat milik mang Wisnu, dulur blogger d’Gujubar. Pada kondisi standar, suzuki Nex II sudah menggunakan halogen OEM pabrik dengan arus DC, sementara Honda Beat efi generasi kedua masih menggunakan lampu/ bohlam pijar dengan arus AC.

Untuk lampu LED Philips HL M5, Nex II lebih cocok karena arus kelistrikannya sudah DC. Jadi untuk Nex II KBY tes semua lampu Philips, dari premiumvision halogen, blue vision xenon halogen hingga LED. Untuk Beat, hanya premiumvision dan blue vision saja.

Setelah pembongkaran selesai dilakukan dimana kedua skutik tersebut perlu membuka dudukan plat nomor depan dan bodi bagian muka, maka testing pun dilakukan.

  • Philips M5 Premium Vision 25/25 watt

Lampu halogen ini memiliki sinar yang lebih terang (bukan putih) dan jelas dibandingkan standarnya Nex II apalagi Beat, dengan arus DC pada Nex, membuat sinarnya konsisten tidak tergantung besarnya bukaan gas seperti pada Beat. Dari sisi ini, M5 premium vision jelas sesuai klaim Philips, cocok untuk replacement ataupun upgrade penerangan lampu standar, terutama bagi lads yang gak suka macam macam, pokoknya mirip standar.

  • Philips M5 Blue Vixion 25/25 watt

Blue vision Xenon memiliki coating biru pada bagian permukaan kaca lampu, efeknya memang akan mengeluarkan warna lebih putih dibandingkan lampu standar – dalam hal ini Philips Premiumvision.

Sinar atau cahayanya sebesar 3700 kelvin, secara teori sangat aman untuk menembus hujan, aspal basah atau kabut tipis. Sisi stylish-nya, dengan coating biru, akan terlihat efek kebiruan pada reflektor lampu. Keren sih.

LED vs Bluevision
  • Philips LED HL M5 6 watt

Keunggulan mutlak dari teknologi LED adalah konsumsi daya-nya, Philips LED ini hanya memiliki daya sebesar 6 watt saja, tapi begitu dites, langsung jadi juara hehe. Ini lah keunggulan sinar LED berikutnya, cahaya yang dihasilkan bisa 2-3 kali lipat dari standar halogen yang 25 watt misalnya. Jadi, secara teori, lebih terang, lebih hemat konsumsi listrik sehingga lebih tahan lama/ awet.

Sinarnya sendiri cukup fokus dan sebarannya merata di Suzuki Nex II, masih ada garis sinar warna kuning di atas dan bawah yang secara teori juga masih bisa menembus hujan dan aspal basah. Warna cahayanya putih tapi bening, tidak putih berkabut. Cahayanya sendiri bisa mencapai 6500 kelvin dengan jumlah total titik LED ada 8.

Saat berdiri di depannya dan juga jongkok, sinar lampunya tidak menyilaukan, artinya aman untuk pedestrian maupun pengendara dari lawan arah sesuai klaim Philips yang memang mengembangkan lampu ini sesuai standar keselamatan.

Sejauh ini sih puas banget ya sama performa Philips LED HL M5 ini. Harganya juga masih sangat masuk akal dan bersahabat dengan dompet.

Hati hati dalam memilih atau membeli lampu Halogen / Xenon / LED, jangan sampe yang palsu! Selain itu kenali kualitas pembuatannya, jangan sampai sinarnya menyebar kemana mana, bikin silau meeenn.. juga pahami besaran watt lampu, jangan berlebih karena bisa panas dan dapat merusak plastik pada lampu dan elektronik kendaraan lads. 

Naaah biar aman sih, KBY menyarankan kepada lads untuk membeli lampu Philips tipe apapun termasuk yang LED di marketplace yang ada official store nya Philips, seperti LAZADA dan SHOPEE, nih KBY kasih alamatnya, www.lazada.co.id/shop/philips-moto dan
https://shopee.co.id/shop/287526309/search. Biasanya juga suka ada diskon harga sih, lumayan kan? Untuk informasi lainnya jangan lupa follow IG account @philipsautomotive.id yes..

Untuk lebih detail, lads bisa tonton videonya sampai habis, beneran dikupas tuntas soalnya.. Oceeyyy

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
Youtube: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSL-TV]

15 KOMENTAR

  1. Dari panjangnya artikel, bahasa yg alus dan informatif.
    Hhmm sepertinya endorsan nya mayan tebel nih wkwkwk
    *kaboorr

  2. cukup hid projie alias bi- xenon di satria badai ane mang… Bohlam 55 Watt 6000k tipe straight shape di kawinkan dengan ballast aozom 55 Watt .. udah dua tahun aman jaya dan jos tentunya.. bi- LED Fortuner sama Pajero lewat mah, padahal ane cuma singel projie. Gak kebayang kalau pasang dua projie, satunya pasang di jidat…😂😂

  3. Utk hi beamnya dia gantian gk mang dgn low beamnya? Apa kaya osram gitu, kalo hi beam low beamnya tetep nyala

  4. sayang rata2 lampu LED M5 yg beredar dipasaran semua pasti M5 kaki 1, belum pernah nemu sampe sekarang LED M5 kaki 3

Yuk Tinggalin Jejak Lads..