Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. kalau menyebut atau membaca nama motor GPX pastinya gak banyak yang tau, wajar sih namanya baru ada setidaknya di level Asia Tenggara. GPX sendiri merupakan merek dagang motor buatan lokal Thailand lads, dan belakangan ini namanya melambung ramai dibicarakan gara gara skutik terbaru mereka yaitu GPX Drone 150 yang bahkan disebut sebut sebagai penantang serius Honda PCX dan Yamaha NMax! Seperti apa sih spesifikasinya? Harganya? Kuy kepoin dulu..

Awalnya sih KBY kurang tertarik bahas motor GPX Drone ini, tapi ada pembaca yang ingin kobayogas.com membahasnya, dipikir pikir oke lah, buat nambah wawasan KBY sendiri juga wkwkwk.. Sooo.. ini dia sang skutik local pride Thailand penantang maxi skutik PCX dan NMax!

Oia motor ini pernah kena spy shot loh, baca deh Spy Shot Skutik Misterius Di Thailand

GPX DRONE 150

Nama GPX sendiri mulai dikenal sekitar 3 sampai 4 tahun lalu di Indonesia, dan KBY juga sudah melihat sendiri motor ini di Thailand 2 tahun lalu, saat menuju Buriram, MotoGP Thailand. Tipe yang KBY lihat saat itu adalah GPX Demon 150GN, silakan dibaca..

Nah makin ke sini makin mentereng aja nih motor lokal Thailand tersebut, terlebih saat mereka mulai bekerja sama dengan pabrikan motor asal Taiwan saingan terkuat Kymco, yaitu SYM.. Salah satu produknya ya ini dia, GPX Drone 150 yang punya desain cukup angker dan futuristis

DESAIN

Menurut beberapa sumber, salah satunya adalah mang Asep dari warungasep.net, GPX Drone 150 adalah skutik premium pertama GPX yang bekerja sama dengan SYM lads, dimana GPX bikin desain dan SYM sektor dapur pacu dkk-nya. Jika kita perhatikan lebih lanjut, pantas saja skutik tersebut dilabeli kelas premium.. wong keren pisan euy!

 

And I meant it! Sekilas dari foto yang ada sosoknya enak dilihat dan percayalah, konsumen Indonesia sangat suka desain seperti itu! Tajam, agresif serta sporty – meski menurut KBY pribadi lekukan tajamnya terlalu banyak, kalau kata kaum anu seperti karton dilipet lipet, awookk 😀

Dan yang namanya terlalu banyak juga gak baek, lebay bisa membuat penampilannya jadi kurang menarik.. GPX Drone ini nyaris sampai ke level itu, bagusnya sih masih bisa diterima lah.. setidaknya bagi KBY.. coba perhatikan dari samping.. garis-garisnya seakan bertabrakan, gak luwes kaya PCX atau NMax.. meskipun keduanya masih memiliki garis dan sudut tajam..

Serta satu lagi, terlalu banyak lekukan tajam itu nyusahin tukang decal! Tepatnya sih bagian tukang masangnya, bukan tukang desainnya wkwkwk.. Contohnya si Zeref, pasang decal Petronas SRT aja sampe 2 hari awok awok awok.. Kalau gak percaya tanyain lek Joe juragan decal Motoblast..

Kalau lads teringat produk produk skutik maxi asal Taiwan seperti Kymco CT125/250 atau SYM, ya jangan heran, karakter dan DNA skutik Taiwan tersebut memang sangat kental. Sosoknya ada Kymco, ada SYM ada juga sentuhan PCX, Forza dan XMax terutama di tengah dan belakang.

Sebagai penutup di sektor desain ini, KBY kasih nilai 8 deh.. masih oke banget kok..

FITUR GPX DRONE 150

Sekarang kita menuju ke fitur.. apa modal si Drone 150cc ini sehingga berani menantang merek merek yang sudah settled di Thailand? Honda PCX dan Yamaha NMax itu punya kuku yang sudah menancap cukup jauh loh di negeri Nong Poy tersebut.. Jadi, apa yang dijual?

Pertama tentu local pride-nya, ini buatan asli Thailand loh (setidaknya mereknya), dan sejauh ini yang KBY tahu tidak ada usaha “pencegahan” dari merek merek Jepang untuk menumbangkan produk lokal tersebut, gak kaya di sini.. 😀

Fitur fitur terkini seperti laiknya skutik level PCX dan NMax juga ikutan hadir di GPX Drone 150 ini, sebut saja lampu lampu All LED hingga sein. Speedometer full digital in color tapi belum TFT.

Remnya dual cakram dengan posisi disc brake unik khas skutik Taiwan yaitu di kiri dekat CVT, biasanya kan sebelah kanan dekat knalpot ya. Sistem rem-nya ngambil ala ala Honda, yaitu CBS. Sudah ada pilihan keyless alias smart key juga. Fitur penunjang lainnya adalah socket charger dua buah di kiri dan kanan laci depan.

Sayangnya bagasi cukup sempit, diisi helm full face sudah nyaris gada tambahan lagi. Ini gara gara tangki bensinnya ada di bawah jok! Lucu ya.. modelnya back bone tapi tangki ada di belakang wkwkwk.. kopong dong itu di bawah kaki ya?

SPESIFIKASI DAN HARGA GPX DRONE 150

Sayang spesifikasi lengkap terkait tenaga dan torsi belum ada lads. Bobot motor ini mencapai 150 kg, tinggi jok 780 mm, kapasitas tanki 7,5 liter dan tak lupa ukuran kaki-kakinya tidak jauh beda dengan PCX yakni menggunakan velg 14 inch dengan ukuran 110/90 untuk depan dan 110/80 untuk belakang.

Terakhir, meski berstatus lokal, tapi harga GPX Drone 150 ini dibandrol ternyata gak murah juga ya, yaitu sekitar 65,900 Baht atau setara Rp. 30,6 jutaan. Itu untuk versi termurah alias versi standar, sementara versi keyless dibandrol 69.800 Baht. Selain dua itu ada ada juga versi special edition dengan warna matte blue yang dibandrol 70.800 Baht.

Tersedia dalam 5 pilihan warna antara lain matte blue, hitam, silver, merah dan yang unik adalah warna kuning. Berikut penampakan foto studionya, gimana menurut lads nih?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
Youtube: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSL-TV]

15 KOMENTAR

  1. Makasih Kang dah kasih link CBR150RR yang mirip 250RR,
    Ternyata sebelum Webeh, Kang K0bay dah kirim dulu.
    Ada info terbaru gak Kang? semacam progress info.
    Yang bisa digoreng,ehehe.
    Misal seberapa mirip dengan 250RR, dan harga mungkin.
    Kalau USD, gak terlalu wow,hehehe
    Suwun Kang.

    • Makanya aneh, seneng komen kok kelewat artikel itu wkwkwk…

      Ada, tar ay update cuma masih bingung nih PCX dulu apa CBR dulu, ada kabar CBR akhir taun ini..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..