Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Selain Suzuki Cappuccino, pabrikan otomotif asal Hamamatsu Jepang ini juga memiliki atau memproduksi mobil yang punya nama sejenis minuman, yaitu Suzuki S Presso. Nah terkait mobil yang punya genre unik ini, sebenarnya sudah duluan meluncur di India. Bukan hal yang aneh mengingat basis fashion mobil Suzuki belakangan ini mengacu dari sana.. Terus yang menarik, dari kurang tertarik, Suzuki Indonesia sekarang malah ngebet buat masukkin ke Indonesia! Cari tau yuk fitur dan spesfikasi S Presso ini..

Suzuki Cappucino, nyebut namanya berasa seger hehe

Suzuki S Presso sudah hadir di India sekitar pertengahan tahun 2020 ini lads, bentuk alias desainnya mungkin love or hate it, yang jelas gayanya memang ke-SUV SUV-an hanya memiliki dimensi yang kompak jika tidak ingin disebut mini atau kecil..

SEMPAT TIDAK DILIRIK SIS

Menurut informan KBY ada kisah uniK seputar Spresso ini terutama pada keputusan Suzuki Indonesia (SIS). Awalnya SIS memang akan menghadirkan mobil kecil ini di ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia yakni GIIAS yang sedianya bakal digelar Oktober lalu namun batal.

Namun kehadiran Suzuki S Presso lebih kepada “melakukan kewajiban” saja di pameran tersebut, yakni menampilkan mobil mobil baru yang ada di Indonesia maupun sekedar show off. Jadi belum ada niatan untuk memasukkan apalagi menjualnya di sini.

Namun kondisi berbalik 360 derajat, eh 180 dong, masak 360 awookk.. Setelah adanya liputan media nasional saat Suzuki S Presso rilis di India beberapa waktu lalu dan ternyata respon netizen sangat baik, singkatnya, pada kepengen itu mobil hadir di Indonesia.

Sebelum menuju ke informasi selanjutnya, kita kepoin dulu mobilnya kuy, KBY juga penasaran, apa sih andalannya? Setidaknya ada 5 fakta seputar small SUV Suzuki S-Presso ini yang KBY dapatkan dari berbagai sumber salah satunya Mobil 123.

  1. Dimensi Kompak
    Dari sisi dimensi, S-Presso sejatinya tidak jauh berbeda dengan saudara tuanya yakni Suzuki Karimun Wagon R. Mobil ini punya spesifikasi panjang 3.565 mm, lebar 1.520 mm dan tinggi 1.565 mm. Tak ketinggalan, S-Presso punya wheelbase 2.380 mm. Secara proporsi tentu tergolong cukup panjang dan berpengaruh menjadi salah satu keunggulan karena membuat ruang kabin bisa lebih lapang.
  2. Tampilan/Desain Yang Unik
    Dari sisi desain, secara umum S-Presso coba menggoda perhatian dengan gaya yang cukup atraktif dan agresif. First impression yang unik dan segar dihadirkan melalui tampilan depan dan juga belakangnya. Desain bonnetnya memiliki jejeran 4 kotak besar plus logo S besar pada grille. Gak salah kalau lads bilang sepintas auranya mirip Suzuki Ignis. Dari gaya, mobil ini memang sengaja membuat kaum muda first buyer kepincut salah satunya berkat hero color orange.
  3. SUV/ CROSSOVER Wannabe
    Seperti halnya Ignis, S Presso juga menganut gaya crossover hatchback dengan bergaya SUV atau Suzuki menyebutnya urban SUV. Bahkan berkat badan yang terlihat tinggi berkat ground clearancenya yang sebenarnya sama sama 180mm, mobil ini malah lebih kental nuansa SUV atau Crossover-nya dibandingkan saudaranya tersebut.
  4. Interior Atraktif
    SPresso punya desain interior yang cukup atraktif laiknya Ignis. Selain itu tampak dikemas dalam ukuran kompak, ergonomis dan user friendly alias mudah untuk dioperasikan. S-Presso menganut gaya center facia alias alias cluster meter ditanam tepat di tengah dasbor. Ditampilkan lewat  bulatan besar berwarna orange atau selaras dengan body dan terbagi atas cluster meter digital di bagian atas serta layar sentuh 7 inci di bagian bawahnya.
  5. Mesin dan Fitur Menarik
    Menurut nara sumber KBY, untuk versi Indonesia Suzuki S Presso akan memiliki satu pilihan mesin saja, yaitu 1.0-liter berkode K-10B. Mesin yang sama dengan Karimun Wagon R bertenaga 67 hp dan torsi 90 Nm. Untuk fitur versi India, S-Presso dilengkapi beberapa fitur keselamatan. Mulai dari dual-front airbags, ABS with EBD, rear parking sensors, front SBR juga high-speed warning system. Nah soal fitur ini akan KBY bahas lebih lanjut di bawah.

POSITIONING DI ATAS ATAU BAWAH IGNIS?

Yang menarik, konon di India Suzuki Espresso ini sebenarnya dibuat sebagai pengganti Suzuki Alto, oleh karena itu, secara kasta sebenarnya dia ada di bawah Ignis. Tapi untuk pasar Indonesia tergantung SIS, mau dimana ditempatkannya ini mobil?

Kalau di bawah Ignis, sudah pasti fitur bakal banyak yang disunat dan akan setara dengan Karimun Wagon R. Tapi kalau sama atau di atas Ignis, maka fiturnya akan 11-12 dengan saudaranya tersebut lads.. Tapi melihat ada yang ada di foto foto, KBY yakin posisinya akan berada di bawah Ignis.

Kapan Suzuki S Presso hadir di Indonesia?

Kepastian kapan tepatnya masih belum ada lads, tapi nara sumber KBY mengatakan sudah 85% pasti Suzuki S-Presso ini akan hadir di Indonesia dengan sosok atau bentuk yang sama dengan versi India. Sooo, geber aja dulu info pembuka ini ya lads, semoga berguna.

Spesifikasi Suzuki S-Presso

  • Dimensi pxlxt 3565 x 1520 x 1549 mm
  • Wheelbase 2380 mm
  • Suspensi depan MacPherson Strut with Coil Spring and Stabilizer Bar
  • Suspensi belakang Torsion Beam with Coil Spring
  • Rem depan cakram
  • Rem belakang tromol
  • Transmisi Manual 5-speed
  • Sistem penggerak 2WD

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
Youtube: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSL-TV]

28 KOMENTAR

  1. mang oot …. td liat mobil Hyundai ioniq di parkiran … model mirip focusnya ford … di bahas dong klo ga keberatan … full ev atau hybrid

  2. Espresso is a coffee-making method of Italian origin, in which a small amount of nearly boiling water is forced under pressure through finely-ground coffee beans. Espresso coffee can be made with a wide variety of coffee beans and roast levels

  3. Kang, kalau inyong nunggu motor GSX R150RR dengan body lebih gede.

    Untuk Espresso ini, inyong hate it, Kang,hehe
    Maap ya Kang

  4. “…beberapa waktu lalu dan ternyata respon netizen sangat baik, singkatnya, pada kepengen itu mobil hadir di Indonesia.”

    Kasian suzuki kadang suka dikasih angin seger sama netizen. Giliran udah di launching ehh pada ga beli. Haha

  5. Suzuki kl bkin model knp ada aja yg ga enak dliat nya yah,
    Soal fitur, mesin, kenyamanan sih oke,
    Cm desain nya itu lho, ga mobil ga motor, selera india bner soalnya,
    Contoh si ignis dr depan OK, dr blkg kaya mobil kancil, wkwkkwkk, pkoknya rata2 fail kl dliat dr blkg,
    Nah mirip2 sama si S Presso ini lah,

  6. ga akan laku kalau import dari India dgn kualitas rendah harga murah lalu dijual di Indo dgn harga tinggi. harga suzuki s-presso di India plg murah 76 juta rupiah dan plg mahal 106juta rupiah. riwayatnya paling bagus akan senasib dgn ignis.

    • Biasanya pertama emang import dulu tapi dengan harga subsidi sambil bikin line production di sini…

      Atau gakan impor dulu sampe line production nya jadi.. prediksi paling cepat tengah tahun depan kok hadirnya..

  7. harganya di India itu setara dgn suzuki ignis. lihat saja harga jual suzuki ignis di indo itu berapa duit.

  8. udah ambil Almaz gw mang… ambil yg Luxury 7 seater. Cm nyesek jg pas di pake kemaren velg sebelah kanan belakang baret kena separator di loket tol.

    hikz…

  9. sukup ignis saja yg di mari , selebihnya ‘coba itu di genjot jimny nya’ masa antre 20TH?? duitnya sedeng karatan ituu…

  10. Ya elah suzuki, ga bakalan laku kaliiii

    Noh jual jimny aja, jelas2 laku, eh yang ngambil cuan dealer mobil seken….

    Bikin jimny semua tipe, 3door, 5door biar pajaknya turun, 4wd, 2wd (namain katana yg ini) biar pajak turun.

  11. Daripada ambil ini,,mending ambil KIA sonet aja sekalian…
    Udah lah,,di segmen Ignis gak usah dkasih lg,,biar fokus jualannya…
    Punya uang 300an mau beli suzuki kok malah bingung banyak amat pilihan mobil nya…itu belum dr beli merk lain

  12. buat yg penggen Jimmin tapi ngga kesampean,
    kayanya bakal di atas ignis sih…
    btw kapan wagon R dibuat ala2 JDM ya…tapi harganya jangan gilani

Yuk Tinggalin Jejak Lads..