Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Ternyata project mesin 150cc series yang lebih powerful yet efficient dari pabrikan sayap kepak alias Honda, merambat ke banyak produk mereka yang tentunya memiliki mesin berkapasitas serupa. Setelah info hot gosip terbaru dari Honda PCX dan Vario, kini mesin terbaru dengan kapasitas naik 157cc dikabarkan akan merambah untuk skutik advance mereka, Honda ADV 150 4 katup 2021! Ah yang bener? Makanya tarik sis semongko dulu yu, scroll ke bawah..

bukan SH150 yang ini tapi loh ya

Honda SH150 terbaru bisa disebut sebagai biang keladinya wkwkw.. Skutik elegan yang laris manis di eropa tersebut memiliki spesifikasi mesin terbaru dengan nama eSP+ (eSP Plus) yang sudah sesuai dengan peraturan euro V ke depannya.

Mesinnya masih gak keluar jalur terlalu jauh, bermain di angka 150cc tapi ke atas, kalau sebelumnya sih ke bawah alias gak sampai 150cc, tepatnya kali ini kapasitasnya adalah 157cc dengan tambahan katup dua buah menjadi total 4 katup. Mesin 4 katup yang sebenarnya sudah pernah wara wiri digunakan pada Forza 125cc.

MESIN ESP+

Dari sisi mesin yang akan diambil dari basis mesin SH 150 (157) 2020 yang memiliki spesifikasi bore x stroke yang dirubah menjadi berukuran 60,0mm x 55,5mm dan rasio kompresi 12,0:1 berpendingin cairan. Honda menyebut mesin Gen baru ini dengan nama mesin Honda eSP+ yang memiliki tenaga sebesar 12,4kW atau setara 16,6 Hp pada putaran 8.500 rpm, sedangkan untuk torsinya mencapai angka 14,8N.m pada 6.500 rpm.

Dan entah apa yang membuat PCX, Vario serta belakangan ini hot gosipnya, Honda ADV 150 4 katup baru menyusul menggunakan mesin yang lebih advance tersebut setahun setelah mengaspalnya SH157 di Vietnam 2019 lalu.

Better late than never, kini informan KBY memberitahukan bahwa sebagai skutik yang memiliki platform mesin yang sama dengan dua saudaranya yang lain, Honda ADV150 pun sudah pasti kebagian jatahnya. Artinya, nanti si ADV 150 tersebut akan memiliki performa yang lebih pantas! Bukan begitu?

Untuk desain tidak ada atau belum ada info apapun, lagi pula ADV masih bisa tergolong baru untuk desain, jadi asumsinya tidak akan perubahan dari bentuk. Berbeda dengan PCX atau Vario nantinya. Kapan hadir? Nah ini yang menarik, awalnya info yang didapat adalah PCX dulu, lalu Vario, tapi ternyata setelah PCX, ADV 2021 menyusul, artinya Vario justru belakangan.. Stay tune ya lads…

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
Youtube: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSL-TV]

25 KOMENTAR

  1. btw nanti jg ada vario 125cc 4 klep kok
    yg nyisain 2 klep tetep yg 110 cc 😁

    bener pcx sama adv duluan (krn bnyk yg common part) klo vario 150/125 menyusul krn ada beberapa “downgrade”.
    sotoy mode on

  2. Begitulaghh….
    Hnd bakal All New G pada nantinya.
    Proyek tsb akan dipiloti oleh All New Scoopy sebentar lagi….kemudian All New Pcx , kemudian….dan kemudian.
    Adv memang unik , mengemudikannya serasa membawa jet tempur
    Wuzzzzzz wuzzzzzz wuzzzzzz 😂

  3. Kenapa cuma ngikut merk lain ??? kan jadi imejnya pasaran😁 gak prestige😆😆😆Coba bikin yang beda, misalnya 6 valve 🤣🤣🤣

  4. mesinnya sudah ready jualan karena sh150 2020 sudah terjual untuk umum, honda cuma undur waktu biar bisa downgrade tuk kejar untung besar seperti mesin pcx thai n vietnam didowngrade jadi mesin vario150.

  5. waahh padahal vario yang ditunggu malah ditaruh paling belakang, atau mungkin pcx sama adv bersamaan mang kobay?

  6. Hmmm… pake mesin baru namanya jadi X-Adv kah? Adv 150 ttp pake mesin yg lama? Ikutan sotoy juga dah wkwkwk

  7. bener makanya yg ready di pasaran kan mesin sh150i v2020,itu tinggal dicangkokin ke pcx ama adv baru cm masih mikir desain,fitur apa yg dikasih kesitu

    trs vario 150/125 jelas didowngrade donk klo mau pake mesin sh entah puli primer dll, dan kykny momen kebangkitan vario sport dimulai dari sini, matic overbore bro!

    • antara ya dan tidak untuk Vario, kalau dilihat dari sisi penjualan, Honda gak pernah kawatir sama sekali..

      Tapi dari sisi improvement teknologi mesin, betul, bisa dibilang bangkit..

      Cuma nanti, tetangga gimana? Kalau sudah sampai menguasai kayaknya gak asik juga.. takut kembali ke jaman dinaosaurus wkwkwk…

Yuk Tinggalin Jejak Lads..