Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Rossi merupakan pembalap legendaris yang pantang pensiun meski sudah sangat berumur untuk versi pembalap di era modern. Selama masih bisa kompetitif, masih bisa ngasepin rider muda, dan masih semangat, VR masih ingin berlaga di pentas tertinggi balap roda dua, MotoGP! Nah karena kontraknya dengan Yamaha Factory Racing berakhir di 2020 ini, sang legenda hidup ini melabuhkan dirinya ke tim satelit Yamaha, Petronas Yamaha SRT, akankah jadi episode terakhir selama karirnya?

Secara official kepindahan Valentino Rossi ke Petronas Yamaha untuk motogp 2021 RESMI diumumkan. Ini artinya musim depan Rossi akan menjadi pendamping Franco Morbidelli di Petronas Yamaha, sementara itu sudah diketahui bersama bahwa Fabio Quartararo akan naik ke tim utama Yamaha untuk duet bersama Maverick Vinales.

Bukanlah perkara enteng dan mudah untuk kedua belah pihak dalam mendapatkan kata sepakat, lika-liku masa depan Valentino Rossi di musim 2020 ini bisa dibilang sangat panjang. Keputusannya terkait lanjut atau berhenti balapan memang berada di musim ini. Awalnya Rossi ingin melihat enam atau tujuh balapan pertama MotoGP 2020 sebelum menentukan apakah dirinya cukup kompetitif untuk melanjutkan karier di 2021, namun definisi kompetitif tersebut belum dapat dikatakan valid akibat pandemi korona yang membuat jumlah seri dan lokasi disunat.

Kemudian pada awal musim di Jerez Rossi menginformasikan bahwa dia “99%” akan bergabung dengan Petronas, namun negosiasi berlangsung alot selama berbulan-bulan bro. Titik temu dan sepakat antara Petronas dan Rossi berjalan cukup liat, kabarnya masalah kru yang menjadi kendala antara kedua belah pihak.

26 TAHUN KARIR BALAP ROSSI

Pada hari Kami lalu Rossi mengatakan kesepakatan kontraknya akan ditandatangai pada akhir pekan ini di Barcelona. Sementara kru yang akan dibawa Rossi yakni David Munoz, insinyur data Matteo Flamigni dan pelatih pembalap Idalio Gavira.

Dan akhirnya Sabtu 26 September 2020, Petronas dan Yamaha mengonfirmasi Rossi telah menandatangani kontrak selama satu tahun untuk MotoGP 2021. Ini merupakan tahun ke-26 sepanjang karier balap Rossi di ajang Grad Prix….. warbyasah…

Karir Rossi di MotoGP/GP500 sendiri di awali bersama Nastro Azzuro Honda tahun 2000-2001, kemudian tahun berikutnya bergabung bersama tim pabrikan Honda – Repsol Honda Team tahun 2002-2003. Musim 2004 pecah kongsi karena Rossi menganggap Honda terlalu arogan dengan mengesampingkan faktor pembalap dibandingkan motornya.

VR46 pindah ke nemesis Honda, yaitu Yamaha Factory Racing dan tinggal selama 7 tahun sejak 2004-2010. Di Yamaha, Rossi mempersembahkan banyak gelar untuk pabrikan logo garputala tersebut, hingga terjadi konflik di penghujung 2010 yang membuat Rossi mutung dan hijrah ke Ducati.

Di sini dapat dikatakan kesalahan terbesar sang Doctor, dua musim di Ducati dirinya malah menjadi pesakitan, tidak ada prestasi yang diukir!! Ya mungkin juga terlalu singkat waktunya ya. Misal 3-4 musim mungkin Ducati dan dirinya bisa meraih prestasi.

2013 Vale backs home! Kembali ke Yamaha, tempat dimana dia merasa nyaman. Sayangnya gelar juara dunia masih menjauh dari dirinya. Lorenzo dan Marc Marquez adalah menjadi pesaing terkuatnya di era ini.. Rossi bertahan hingga 2020 dan, ini dia pelabuhan terakhirnya di 2021?

The Doctor bergabung bersama tim satelit setelah memutuskan untuk menunda masa pensiunnya. Adalah Petronas SRT Yamaha yang menjadi pelabuhan dan rumah terakhir bagi sang legenda hidup.

“Saya sangat senang bisa terus membalap pada 2021 dan melakukannya bersama Tim Balap Petronas Yamaha. Saya banyak berpikir sebelum mengambil keputusan ini, karena tantangannya semakin panas. Untuk menjadi yang teratas di MotoGP, Anda harus bekerja keras dan keras, berlatih setiap hari dan menjalani ‘kehidupan atlet’, tetapi saya tetap menyukai dan saya masih ingin naik podium” ucap Rossi

“Pada paruh pertama tahun ini saya membuat pilihan dan saya berbicara dengan Yamaha, yang setuju dengan saya. Mereka mengatakan kepada saya meskipun tidak ada tempat bagi saya di Tim pabrikan, mereka menjamin saya mendapatkan dukungan dan motor pabrikan”

“Saya sangat senang pindah ke PETRONAS Yamaha SRT. Mereka masih muda, tetapi mereka telah membuktikan sebagai tim papan atas. Mereka sangat serius dan terorganisir dengan sangat baik. Untuk tahun ini saya juga mengganti kepala kru saya. Saya sangat senang dengan David, dan saya pikir kami belum mencapai hasil yang terbaik. Ini adalah salah satu alasan mengapa saya memilih untuk melanjutkan, karena atmosfer di tim adalah sesuatu yang sangat saya sukai.”

“Akan menyenangkan memiliki Franco sebagai rekan satu tim saya, karena dia seorang pembalap Akademi (VR46), itu akan keren. Saya pikir kita bisa bekerja sama untuk mewujudkan hal-hal baik.”

Rossi sendiri talah menandatangani kesepakatan 1+1, artinya Rossi mendapatkan opsi perpanjangan kontrak setelah 2021 jika semua pihak sepakat untuk melanjutkan kerjasama. Valentino Rossi 46 secara keseluruhan memang menjadi yang terbaik!

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog

8 KOMENTAR

  1. Harusnya gitu biar indah lagi jurdun di petronas jadi awal karir di motogp jurdun di satelit dan sebrm pensiun jurdun di satelit juga

  2. Kiye: Valentino Rossi 46 secara keseluruhan memang menjadi yang terbaik! maksude apa ya Kang?
    Utek’e inyong ora nyandak

  3. Btw 26 tahun termasuk di GP250 juga? soalny kalo start di nastro berarti baru 20 tahun. Tetep lama juga ya. karyawan biasa 25 taun dah pensiun

  4. ic2. setuju scr overall kakek lijen ini memang paket lengkap. balap bisa, menang bisa(dimasanya), jualan bisa banget) nah sekarang ngajar juga muridnya udah keliatan hasilnya(vr46 academy)

Yuk Tinggalin Jejak Lads..