Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Kalau sudah demen alias suka, apapun biasanya dilakuin meski harus sabar menunggu.. Ini adalah kisah seorang dulur dari Kopo Bandung yang senang merestorasi atau membangun kembali sebuah produk dari nol! Nol di sini maksudnya adalah benar benar dari modal rangka kosong! Proyeknya adalah restorasi Suzuki Crystal 1991, secara kelahiran motor bebek 2 tak tersebut memang buatan tahun 1991, simak lebih lanjut kuy..

Adalah kerjaan dulur Rizki Kurniawan (instagram: @rizki_kurniawan999) yang ngetag KBY di IG-nya.. sebenarnya sudah beberapa kali mang Rizki ini ngetag, salah satunya Honda NSR150R SP Repsol, tapi baru kali ini KBY tertarik banget, soalnya saat melihat fotonya, yang hadir adalah sosok Suzuki Crystal buatan tahun 1991 yang super duper mulus laiknya BNIB alias Brand New In Box!! Pastinya bikin penasaran kan?

baca juga: Restorasi Kawasaki Binter AR125

Akhirnya KBY mencoba mengontak beliau, dan ternyata dibalas hehe.. Yang bikin penasaran di awal adalah, apakah Suzuki Crystal tersebut beneran BNIB, alias unit lawas yang dikeep sekian puluh tahun (tepatnya 29 tahun), atau dibeli dari seseorang, ataukah ada hal lain? Jawabannya mengejutkan, Mang Rizki ternyata merakitnya dari awal alias benar benar dari modal rangka dan mesin doang!

Betul lads, silakan lihat foto di bawah, pada bulan Mei – tepatnya 26 Mei 2020, dirinya memposting foto sudah mengumpulkan secara lengkap part dari Suzuki Crystal 2 tak tersebut, tinggal dirakit.

baca juga: Blast From The Past, Suzuki Tornado!

Sebelum menuju ke paragrap berikut, tertariknya KBY membahas Suzuki Crytal ini adalah karena teringat jaman kuliah dulu. Sebelum dibelikan sama ortu Honda Tiger 2000, KBY menggunakan Yamaha Alfa IIR yang sudah dipakai sejak SMA. Nah jaman pakai si Alfa itu lah KBY bergaul dengan teman-teman kuliah, ada yang pakai Astrea Grand, RX King, RGR150 dan ini salah satunya, Suzuki Crystal!

SERBA SERBI SUZUKI CRYSTAL 110

Bebek ini salah satu yang disegani di kelasnya, kencang lah khas Suzuki, andalan road race juga di era-nya. Motor ini ditelurkan Indomobil Group ke Indonesia pertama kali pada tahun 1990. Crystal masuk ke Tanah Air sebagai penerus kejayaan Suzuki RC100 dan RC80, sekaligus sebagai generasi terakhir Suzuki RC Series. Suzuki Crystal juga menjadi pioner bagi kelahiran motor bebek berkapasitas 110cc di keluarga Suzuki.

Selain dari sektor mesin, Crystal juga memelopori penggunaan footstep belakang terpisah pada motor bebek produksi Suzuki. Jadi foot peg nya terpisah dengan swing arm, kaki gak ikut ngayun kalau swing arm bergerak.. lebih nyaman pastinya

Selama masa edar hingga tahun 1995, Suzuki Crystal mengalami perubahan sebanyak dua kali. Pada tahun 1992, sempat hadir versi Suzuki Crystal Tune yang merupakan model spesial dengan beberapa perubahan agar tampak lebih sporty, yang terlihat pada sektor knalpot dengan model racing dan penggunaan penutup rantai dengan model terbuka.

Untuk sektor jantung pacu, Suzuki Crystal menggendong mesin tipe 2-stroke, berpendingin udara, teknologi Jet Cooled, berkapasitas 109cc. Dengan bekal tersebut, motor ini diklaim mampu menghasilkan daya maksimum 12 PS pada putaran 7.500 rpm serta bisa dipacu hingga kecepatan 120 km/jam. Bahkan, versi Crystal Tune disebut bisa menumpahkan tenaga 12,5 PS pada putaran 7.500 rpm dan mampu meraih kecepatan maksimum 130 km/jam.

Berbekal performa yang maksimal, pada saat itu Suzuki Crystal menjadi idaman bagi para biker yang doyan kebut-kebutan. Tercatat, pada event balap Tanah Air, motor ini pernah digunakan oleh pembalap 1990-an, seperti Rafid Poppy, Dadan Nugraha, hingga Asep Hendro.

Berikut spesifikasi teknis Suzuki Crystal.

Dimensi1.860 x 1.030 x 650 mm
Berat82 kg (Standar), 84 kg (Tune)
 Bahan Bakar4,5 liter
Suspensi DepanTeleskopik
Suspensi BelakangRectangular Swing Arm
Rem DepanTromol
Rem BelakangTromol
Ban Depan17- 4PR
Ban Belakang17-275 4PR
Tipe Mesin2-stroke, Jet Cooled, pendingin udara, 109cc
Diameter x Langkah54 x 48 mm
Daya Maksimum12 PS @ 7.500 rpm (Standar), 12,5 PS @ 7.500 rpm (Tune)
Torsi Maksimum12,0 kg.m @ 7.000 rpm (Standar), 12,5 kg.m @ 7.000 rpm (Tune)
 TransmisiManual, 4-speed

sumber: sepedamotor.info

RESTORASI SUZUKI CRYSTAL 1991

Nah sekarang kembali ke restorasi bebek kencang ini.. Jadi mang Rizki itu membeli motor Suzuki Crystal bekas judulnya lads, buatan tahun 1991 warnanya persis seperti pada foto, putih hijau tosca. Sebenarnya melihat foto motor aslinya sih gak buluk buluk amat. Tapi namanya orang demennya kondisi standar, ya gatel untuk mengembalikannya ke kondisi asli.

ini kondisi motor yang asli lads…

Jadi motor aslinya dirombak, pretelin, hanya menyisakan rangka dan mesin saja yang dipertahankan. Part sisa lainnya dibeli secara pelan pelan, dari mulai kelengkapan bodi, kaki kaki, kelistrikan dan beberapa parts mesin yang memang diniatkan untuk kembali ke kondisi standar. Rangka dikerok dan dicat ulang.

Mang Rizki mengerjakannya sendiri bersama teman sekolahnya dahulu, kalau ada waktu, rekannya dipanggil ke rumah.. ngareuyeuh kalau bahasa Namec nya mah alias pelan pelan tapi jadi.. dan hasilnya.. taraaaa.. beuhhh..

Dengan kondisi seperti baru ini, konon motor Suzuki Crystal miliknya sudah ada yang nawar 40 juta.. tapi mang Rizki sebagai sang pemilik masih enggan untuk melepasnya.. kekekke.. duh jadi inget si Caltie F1ZR Caltex euy.. hiks.. Nanti KBY post galerinya di artikel berikutnya ya

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog

23 KOMENTAR

  1. Bisa lari 120 km perjam tapi rem masih tromol,ngeri mang,terus satria hiu bisa lari berapa mang kecepatan maksimal nya

  2. Eh kirain ini yang dijual kemaren di olx puluhan juta (kalo ga salah belasan juta deh) ternyata beda to… Kemaren org antapani yg jual kalo ga salah.

    Kebetulan awal tahun kemaren sempet ngincer crystal yang warna ini/ yamaha alfa tahun 89… sayang udah dapet yg kondisi bagus & harga pas malah ada pandemi, jadi gaberani deh keluar kota.

    Sebetulnya dari sisi bentuk, kalau menurut selera saya, crystal ini bisa dibilang paling jelek dibanding rc 80/100 dan tornado wkwkwk (kecuali yang kaya di artikel emang cakep sih, soalnya decal & warnanya bagus).

    Motor 2t angkatan segini yang the best tetap yamaha alfa kalau urusan desain mah.

  3. Motor kenangan bersama orang tua dan adik jalan jalan ke parang tritis. Motor suzuki no 2 dr 5 di hidup setelah RC100,cryatal , new shogun,spin & skydrive

  4. Mang coba sekalian situ restorasi si caltie, tu kan masuk special edition waktu dia pertama keluar dulu

  5. Pernah punya alfa,sigma,force one gen 1,rc 100,crystal..semua rem depan nya masih tromol.

    Berdasar pengalaman :
    Buat jarak jauh,mesin “jet cooled” rc & crystal relatif lebih adem dibanding alfa & sigma yg cuma “power scoop”

    Tapi soal kepakeman rem..suzuki kalah sama yamaha.
    Rc & crystal ampun dah rem nya..

  6. Dulu waktu didesa si mbah abis jualan sawah landasan kakak dibelikan suzuki crystal dan kakak yg satunya lagi dibelikan yamaha alfa dua”nya baru gress dari dealer, pernah merasakan kedua” nya juga cuman soal kenceng dan tarikan njengat yamaha alfa gak ada apa” nya sama nih motor suzi kristal yg mirip ikan peda.. cz teknologi jaman segitu udah pake jet cooled udara paksa masuk buat mendinginkan blok mesin anti ngejam nih mesin 2stroke!
    Sedangkan yamaha baru pake YPCS yg fungsinya sama dgn jet cooled mulai era force 1, o iya waktu itu alfa teknologinya masih power scoop yaitu ada semacam bentuk sekop diujung blok kop gunanya untuk mengumpulkan udara masuk agar didistribusikan kemesin sbg pendingin sepoi” begitulah kura”!😂

  7. Hadduuuuuuuuuhh cantik sekaliiiii. Dulu gw sempet miara Yamaha Champ berdua abang gw. The 1st ayam jago yg pake cakram depan + setang jepit (soalnya RC belum cakram dan belom setang jepit).

  8. Si rizky mah sultan, banyak barang doi yg bagus2 dan semua restore dari 0. Terkenal dia di bdg mah sampe ke ciwidey2 juga pada tau ama c rizky

  9. Wow… sih ini. Kalau dilihat dari modelnya, velgnya merk Daytona tu.
    Jd inget dulu waktu dandanin sepatu buat Shogun kebo di Kebon Jeruk, pilihan velgnya Daytona, Mitsuyo sama Morodadi. Karna dulu jalanan masih banyak yg jelek, yg awalnya pingin Daytona akhirnya pilihan jatuh ke Mitsuyo karna palang 5.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..