Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Tau arti dan makna huruf “M” di BMW? Mungkin sudah ada yang tau, mungkin juga belum. Singkatnya, huruf sakral tersebut merupakan spesies paling spesial di jajaran produk BMW, dan biasanya hanya ada di kelas mobil, tapi kini, sambut.. BMW M1000RR, sejauh ini pertama dan satu satunya moge BMW yang diberikan kode M! Sudah seharusnya jika spesifikasi dan tenaganya edan seperti pada keluarga M series lainnya, kuy simak!!

BMW Motorrad memulai langkah strategisnya dalam memperkenalkan lini model terbaru di bawah ‘bendera’ M, yang merupakan produk berperforma tinggi di jajaran BMW Global.
Wujudnya adalah BMW M 1000 RR, yang memulai debutnya hari ini. Model M RR ini dapat dikatakan sebagai interprestasi BMW dalam menghadirkan model terkuat di jajaran BMW Motorrad yang telah dihadirkan kepada publik dunia.

BASISNYA DARI S 1000RR

BMW M 1000 RR merupakan model M perdana dari BMW Motorrad yang berbasiskan S1000RR lansiran 2020. Pengembangan M RR sendiri mengikuti kesuksesan M Series yang telah dimulai sejak akhir 2018 silam. BMW M 1000 RR menjadi jawaban atas tuntutan publik dunia akan performa tinggi dan balutan layaknya motor balap, yang dipadukan dengan eksklusifitas serta individualitas sang pemiliknya kelak.

Mahakarya terbaik para insinyur BMW ini menonjolkan sektor performa yang menjadi fokus utamanya, dengan tenaga serta torsi lebih besar dibandingkan S 1000 RR. Material karbon disematkan di beberapa komponen plus dipasangkannya sayap (winglet) di bagian depan, turut menyumbangkan aksen balap ke dalam tubuh BMW M 1000 RR.

TEKNOLOGI SHIFTCAM BMW M1000RR

BMW M 1000 RR dibekali mesin berbasiskan versi RR yakni 4 silinder segaris berpendingin cairan, dipadukan dengan teknologi BMW ShiftCam dan berbobot kotor hanya 192 kg – enteng untuk ukuran moge!

Konfigurasi ShiftCam tersebut untuk memvariasikan waktu buka dan tutup katup yang telah dimodifikasi sedemikian rupa secara komprehensif ke arah mesin sport balap. 
Hasilnya, output yang mencapai 212 hp pada 14.500 rpm dengan torsi puncak diangka 113 Nm di putaran mesin 11.000 rpm, plus kecepatan maksimal hingga 15.100 rpm.

Pistonnya baru dengan 2-ring baru lansiran Mahle, ruang bakar kompresinya ditingkatkan menjadi 13,5, dan connecting rods berbahan titanium yang lebih panjang dan ringan. Rocker arm lebih ramping dan ringan, port intake yang sepenuhnya dirancang dengan geometri saluran baru, serta optimalisasi pada camshaft dan area intake. Sistem knalpot yang ringan juga terbuat dari titanium.

Secara keseluruhan, mesin M 1000 RR baru lebih bertenaga dibandingkan power train RR di rentang 6.000 rpm – 15.100 rpm. Rentang putaran mesin tersebut sangat relevan untuk dinamika berkendara di trek balap, namun tetap layak digunakan di area perkotaan tanpa kehilangan sisi sportynya.

Winglet-nya, dikembangkan di lintasan balap dan juga terowongan angin (wind tunnel) milik BMW. Terbuat dari serat karbon, komponen ini jelas menghasilkan aerodinamika yang mumpuni guna memperoleh waktu putaran lebih cepat.

BMW M 1000 RR telah dipasangkan sasis baru berbasiskan model RR, dengan rangka ‘jembatan’ di bagian tengahnya terbuat dari aluminium. Sementara di belakang disematkan suspensi berkelir biru serta kinematika Full Floater Pro yang difokuskan untuk mencapai waktu putaran terbaik di trek balap.

Dipasangkannya rem rancangan divisi M didasari pengalaman di ajang World Superbike Championship, yang memberikan stabilitas pengereman serta kemampuan kontrol yang maksimum.

Dashboard Nan Informatif

Panel isntrumen pada M 1000 RR secara keseluruhan memiliki basis desain yang serupa dengan RR dengan animasi M saat kunci dinyalakan. Tersedia paket opsional berupa kode aktivasi (konten paket kompetisi M), dan jika kurang puas, BMW menyediakan paket M (M Competition) yang tentunya lebih mumpuni.

Highlights dari BMW M 1000 RR baru.

• Kecepatan maksimum 500 rpm lebih tinggi dari RR.
• 156 kW (212HP) output pada 14.500 rpm dan dengan demikian 4 kW (5.36hp) lebih banyak dari RR. Torsi maksimum 113 Nm pada 11.000 rpm.
• Teknologi BMW ShiftCam untuk memvariasikan waktu kontrol katup dan pengangkatan katup.
• Katup titanium, rocker arm yang lebih ramping dan 6% lebih ringan, serta camshaft yang dioptimalkan.
• Blok engine yang sangat ringan dan ringkas dengan batang penghubung titanium yang lebih panjang dan 85 g lebih ringan dari Pankl untuk mengurangi daya gesekan dan mengurangi bobot.
• Kopling anti-hopping 
• Sistem knalpot baru yang lebih ringan 3.657 g dengan manifold buang, peredam suara depan, dan peredam suara belakang yang terbuat dari titanium.
• M winglet dan high windscreen: Pengereman lebih lambat dan akselerasi lebih awal serta stabilitas lebih saat menikung berkat downforce aerodinamis tanpa pengurangan kecepatan maksimum.
• Mode berkendara “Rain”, “Road”, “Dynamic”, “Race” “dan“ Race Pro1-3 ”dan generasi terbaru dari Dynamic Traction Control (DTC) dan fungsi wheelie DTC dengan boks sensor 6-axle.
• Dua kurva throttle karakteristik yang dapat disesuaikan untuk karakteristik respons yang optimal. Rem mesin dengan torsi tarikan mesin tiga kali lipat yang dapat disesuaikan dalam mode “Race Pro”.
• Quick shifter
• Kontrol Peluncuran untuk start balapan yang sempurna dan Pit-Lane-Limiter untuk kecepatan presisi di jalur pit.
• Hill Start Control Pro untuk kemudahan start di lereng.
• Upside-down yang dioptimalkan
• Rem M untuk pertama kalinya di BMW Motorrad: M RR dengan performa pengereman maksimal untuk trek balap.
• Roda karbon M: Komponen berteknologi tinggi berkelas untuk performa maksimum di trek balap dan jalan raya.
• Instrumen cluster dengan layar TFT 6,5 inci yang besar dan dapat dibaca dengan
• Baterai M yang ringan, soket pengisi daya USB di belakang, unit lampu interior LED yang bertenaga, cruise control adaptif elektronik, dan pegangan berpemanas.
• Desain M dan bahasa bentuk dinamis menunjukkan performa trek balap terbaik.
• Paket M kompetisi dengan M GPS laptrigger dan kode aktivasi, paket suku cadang Milled, paket karbon M, perak, lengan ayun pemantik 220 g, rantai ketahanan M berlapis DLC, dan paket penumpang termasuk penutup tail-hump.
• Aksesori dan perlengkapan opsional yang komprehensif.

Sayang tidak disebutkan dijual berapa BMW M1000RR tersebut, apa memang belum rilis harganya ya.. beli aaahhh… posternya ngah ngah.. 

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog

39 KOMENTAR

  1. Saat kita sebut huruf “M” tentu sangat akrab dengan “M1” / Maxi / MT / = Money
    Ya huruf M memang punya daya Magic

    Tentu BMW sangatlah terinspirasi dengan legenda “Masterpiece” yzr M1 (Missione One) dan yzf R1M
    Literatur R1M menjadi M1000RR

  2. Maxi yang parkirannya generik..hehehe berdampingan dengan skutik angkut galon ngah..ngah..ngaaahhh

  3. Di warung kobay .. tulisan lu maen aman…
    Warung Lesehan sebelah ,, Penjilat Honda nya ngeri sekale

  4. Kang pagi,
    1. jujur bae, inyong urung ngerti arti makna M-nya, apakah “Motorrad”?
    2. Mobil BMW M, itu yang seperti dipunyai Marc saat dia menang balapan ya Kang? (BMW M3 CS 2018).
    3. Kang, di atas itu tulisan Kang K0bay? Kok kaku kaku gimana gitu, wakaka ahaaii, kaya bahasa PR.

  5. ABcdefgHijKLMnoPqrstuvwxYz
    A prillia
    B ajaj 😂
    H onda / H ero
    K awasaki / K tm
    L eoncin
    M egelli / M inerva
    P iaggio
    Y amaha
    😂

  6. Apakah kelahiran motor Bmw dengan seri M ini juga terinspirasi atau mungkin sebagai bentuk Apresiasi untuk M arc ?
    Entahlah…
    Yang jelas seri M bmw tsb banyak sekali digarasi M arc 😂

  7. Kalau cari suara … Mending zx
    Kalau cari 90-200an kmh … Mending Cbr
    Kalau cari nyaman doang… Mending R😂😂

  8. Power udah main diatas 210hp…kasian beye motornya terlemot 200hp ga sampe…pdhl udah canggih,crosplen lah….nyatanya paling letoy

  9. Sayang banget buat cornering miring” klo ndlosor winglet carbon yg indah akan hilang sia”, seandainya bisa beli hanya kupakai jln sore” sambil ngopi” pulang langsung di elus” dilap pakai kit sampai bersih, nguahahaha..!😂😂

Yuk Tinggalin Jejak Lads..