Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Pecinta MotoGP, pada hari Selasa 15 September 2020 kemarin, para pembalap di kelas MotoGP melakukan uji coba dan test part menjelang balapan di San Marino Misano Italia minggu besok. Tes resmi atau official test tersebut dilakukan dan diperbolehkan hanya sehari penuh saja, tidak seperti tes pra musim. Sang legenda hidup MotoGP Valentino Rossi juga terlihat sedang menjajal knalpot anyar pada Yamaha M1 besutannya, konon untuk mengejar akselerasi tim Ducati..

Yamaha M1 besutan Maverick Vinales dan Valentino Rossi memperoleh Update baru yaitu pada jalur exhaust Knalpot Akrapovic dengan bentuk yang aneh – tentu jika dilihat dari sisi estetika, don’t give a damn lah kalau buat balapan mah, tampang nomor sekian yang penting performa yang diinginkan bisa didapatkan hehe..

Bentuknya boleh dibilang sangat berbeda dengan Knalpot yang pernah digunakan M1 di 7 Seri pertama 2020. Desainnya tetap merupakan 1 end Muffler, namun secara dimensi dan bentuk kini jadi lebih panjang ke belakang (ya masa ke depan wkwkwk). Konon bentuk ini adalah merupakan kompensasi dari hasil analisa untuk mengejar akselerasi dari Ducati.

Seperti yang sudah diketahui, trek Marco Simoncelli merupakan sirkuit lambat, jika dilihat dari minimnya straight yang panjang, tapi sirkuit ini juga merupakan bertipe cepat, kalau dilihat dari perspektif butuhnya akselerasi yang kuat dan cepat saat keluar tikungan.

Kekurangan Yamaha adalah top speed, masih kalah dibandingkan tim MotoGP lainnya (lihat foto), tapi kekuatannya ada pada setiap tikungan, baik masuk maupun keluar, secara teori sangat cocok dengan trek di San Marino tersebut.. Nah hal ini yang ternyata masih dimiliki dan dikuasai oleh Ducati, setidaknya pada motor milik Franco Bagnia di race minggu lalu. Kuat dalam berakselerasi keluar tikungan, ini lah yang diincar oleh Monster Energy Yamaha Factory Racing.

Dengan desain terbaru, diyakini kebutuhan tenaga pada mid to high akan terpenuhi, tanpa harus mengorbankan banyak top speed yang pastinya akan tereduksi dari desain knalpot Akropovic terbaru ini. Tercatat 3 pembalap mengetes knalpot baru Akrapovic ini, Rossi, Vinales dan Quartararo. Vinales – seperti biasa – jadi yang tercepat di sesi test.. 😀

Untuk tim pabrikan tanpa kosesi seperti Yamaha ini, masih bisa otak atik sektor lain seperti throttle system, sistem injeksi atau jalur gas pembuangan (exhaust/ knalpot) karena hanya bagian mesin saja yang disegel. Seluruh tim termasuk pembalap masih bisa diskusi memodifikasi sektor yang tidak disegel untuk mencapai tujuan, misal RPM maksimum yang sedikit lebih rendah, tenaga di Mid-range tetap tinggi, dan Suhu mesin yang lebih rendah agar mesin tidak terlalu tersiksa.

Balapan di berbagai sirkuit dengan tantangan yang berbeda memang membuat otak mekanik dipaksa berputar cepat, ini adalah bentuk respon tercepat yang dilakukan oleh Yamaha di bawah pimpinan project Takahiro Sumi untuk balapan di San Marini Misano. Nanti ganti sirkuit, ya puter otak lagi dah..

Btw Marc Marquez kayaknya kudu makan odading mang Oleh deh, biar seperti Iron man dan cepat balik balapan…

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog

19 KOMENTAR

  1. Mantab, prediksi besok tetap Y juaranya.
    Demi kebaikan marc dengan kondisi seperti itu lebih baik pensiun dan jadi mentor adiknya agar minimal bisa masuk 15 besar saat race

  2. Kang K0bay selamat pagi,
    Kang, apakah ada info juga tentang mobil “full cover” yang ada di kota Bandung?
    Mobil apa gerangan Kang?
    Eh ini lagi bahas Yamaha ya? Waduh sorry sorry,
    Tapi gak papa kan Kang tanya mobil full cover itu? heehee

    Kalau ada info kabari ya Kang, suwun.

  3. Palentinoh Rosi jajal Toa anyar untuk kejar mimpi juara dunia 😂

    Prediksi balapan esok 2 atau 3 ymh bakal 1 grup dengan Am ….dan 1 mesin Meleduk . 😂

  4. coba manfaatin keadaan saat marc cidera … karna klo smpe marc pulih kembali … Y dgn aki2 akan sulit bersaing jgn kan untuk titel jurdun … juara seri pun akan shilidt ….

  5. Buntut yang bisa naik turun rupanya ga ngaruh 😂
    Kalau model knalpot ini gak manjur juga , sudah harus dicoba dengan mulut knalpot yang diameternya kek T0a 😂 setidaknya ymh sudah berusaha menularkan Virus T0a ke Rider ymh lainnya 😂

  6. Dengan keterbatasan Mesin saat ini , ymh lagi melakukan berbagai ikhtiar .
    bentuk Knalpot baru ini memungkinkan untuk dilakukannya setut , setidaknya saat nikung ke kanan kebantu dengan dorongan lutut lawan 😂

Yuk Tinggalin Jejak Lads..