Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Tahun 2020 sudah mulai memasuki kuartal ketiga yang bisa dibilang menuju penghujung. Biasanya para pabrikan sepeda motor sudah mempersiapkan produk barunya menuju ke tahap akhir, tak terkecuali Honda. Setelah hadirnya berita Honda PCX yang kapasitas mesinnya naik menjadi 157cc dengan 4 katup, serupa dengan skutik SH 150 yang sudah lebih dulu hadir, kini menyusul saudara lainnya yaitu Honda Vario 2021 157cc 4 katup! Wah yang benerrr…

Sebenarnya sama sekali tidak aneh jika PCX dan kemudian disusul Vario menggunakan mesin yang sama dengan Honda SH 150 2020, namanya juga saudaraan, common part dan common technology juga sudah sangat umum dilakukan oleh banyak pabrikan otomotif di dunia lads. Bahkan sebenarnya ketiga tipe di atas ketinggalan dibandingkan mesin Forza 125 yang sudah berkatup 4 sejak awal lahir.

Kembali ke Honda Vario 157 cc 4 katup. skutik dek rata tersebut konon sudah memiliki kode produk meskipun hingga artikel ini tayang belum didapatkan kode yang akurat. Malah Honda PCX 157 4 valve yang bocor duluan, katanya sih kodenya adalah K1ZG. Agak membingungkan kode mereka belakangan ini, jika PCX tidak lagi menggunakan angka K97-98 atau 99, maka K1ZG bakal merombak total desainnya. Eh kok malah bahas PCX sih wkwkw..

SASIS UNIVERSAL BARU HONDA

Pada artikel sebelah sini (bocoran Honda PCX 2021) Honda PCX akan memiliki sasis baru, artinya sangat besar kemungkinan Vario 2021 pun akan memiliki sasis perkembangan baru yang dipionirkan oleh Honda Genio 110. Sasis bernama e-SAF tersebut memang dikatakan akan menjadi sasis universal untuk produk skutik Honda ke depannya, tidak disebutkan secara rinci, tapi kemungkinan hanya untuk kelas 100-150cc saja..

baca juga: Honda Scoopy 2021 Mesin Membengkak?

Dari sisi desain masih belum bocor akan seperti apa Honda Vario 2021 157cc 4 katup ini, hanya saja menurut perkiraan KBY pribadi, gakan terlalu jauh mengingat model saat ini pun sudah enak dilihat, merombak total belum tentu jadi lebih baik.

REM BELAKANG DISC BRAKE PLUS KONTROL TRAKSI?

Terkait fitur, pastinya yang sudah ada saat ini akan dipertahankan, misal lampu akan tetap All LED, speedometer full digital, keyless alias smart key juga pasti ada. Kemungkinan terbesar tambahan fiturnya justru ada di rem, bagian belakang sudah layak mendapatkan disc brake untuk mengganti teromol, bagaimana dengan ABS? Bisa jadi ada jika AHM tidak merasa fitur tersebut overkill untuk Vario.

Bahkan great biker, portal otomotif asal Thailand menyebutkan, Vario 2021 nantinya akan mendapatkan HTSC yaitu Kontrol Traksi khas Honda! Nah justru fitur ini menurut KBY yang overkill, masih cocok untuk disematkan pada PCX tapi berlebihan jika diberikan pada Vario – meski apapun bisa terjadi sih. Tapi harganya, apa masuk?

Kalau begitu ceritanya kang, secara teori Vario akan naik kelas dong? Betul sih.. Nah ini mah opini pribadi, untuk mengisi level yang setingkat di bawah PCX, AHM atau Honda akan mengisinya dengan Honda Vario 157 4 katup, sementara level bawahnya Vario 125 akan tetap dipertahankan.

MESIN ESP+

Dari sisi mesin yang akan diambil dari basis mesin SH 150 (157) 2020 yang memiliki spesifikasi bore x stroke yang dirubah menjadi berukuran 60,0mm x 55,5mm dan rasio kompresi 12,0:1 berpendingin cairan. Honda menyebut mesin Gen baru ini dengan nama mesin Honda eSP+ yang memiliki tenaga sebesar 12,4kW atau setara 16,6 Hp pada putaran 8.500 rpm, sedangkan untuk torsinya mencapai angka 14,8N.m pada 6.500 rpm.

Seperti biasanya, akan ada penyesuaian sesuai dengan “kasta” masing masing, jadi untuk Vario kemungkinan kompresinya akan lebih rendah dan membuat tenaganya juga ikut terpangkas, meski bisa saja diatur agar torsinya tetap sama.

Well, time will tell laaaghhh.. kita tunggu saja bocoran berikutnya ya lads dari Honda Vario 2021 157 cc 4 katup ini, stay tune!!

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog

37 KOMENTAR

  1. gua yg punya New Cb150r, Vario sama supra 125x di rumah biasa aja :v
    karena se 150ccnya matic ttp lebih nampol motor kopling buat tarikan atas.

  2. berharap bentuknya berubah dan lebih ringan… krna beli vario 125 yg skrng bobotnya berat sumpah.. di parkiran geser motor aja Berat, dan efek Pegangan Besi yg bentuknya aneh , biikin sait tangan ( ga berguna itu pegangan besi, mindahin motor megang itu sakit yg ada, udh mah berat ). masa lebih gampang geser new cb150r.

  3. Vario 125 apa ikut ganti desain ya mang?
    Vario 150 kira kira kapan launching nya mang, awal tahun sudah belum mang?

  4. Hnd bakal All new secara bertahap 👍😂
    Setelah All New Pcx….bakal nongol All New Scoopy yang naik kelas.

    Ini bukan bicara mesin atau All new atau apalah….tapi bicara tentang tempat.
    Ya , dimana nanti tempat buat sebelah untuk jualan olinya agar bisa bertahan di angka 15-17 Persen 😂
    mungkinkah ada terobosan baru dengan melakukan penjualan bareng penjual ikan dan keranh dari jam 3 sore sampe subuh kek pasar tumpah kramat jati? 😂

  5. Gua ga muluk2….cuma nunggu Adv250 brojol .
    tapi sept nya akan tergoda tambahan juga dengan si All New Scoopy 👏😂

  6. kok saya ga yakin ya bakalan pake si 157cc

    soalnya si 157 kan pengembangan dari 153cc nya pcx mang kobay yang ga dipake di pcx sekarang.

  7. sejak varina 110 keluar genk ge el, cabe2an sudah kegusur bwang.
    Soal tenaga walau mepet tetep minggir ketika genk en emak lewat.
    Jangankan varina sekelas y 1 rim 2 rim, paningale, kepik turbo, golep kti, lamergini dadario ngletak ngletak lawan en emak

  8. Semoga saja motor all new Vario 150 2021 menggunakan double disc brake, bahan jok pakai yang terbaik ternyaman milik Genio 110cc rasanya seperti bangku kalau kita jajan di warung mie ayam & bakso

  9. Itu memang sudah ciri khas Honda yaitu jok batu, pernah saya jalan jauh sby – semarang pakai bebek absolute revo, pantat saya berasa ditusuk – tusuk ga nyaman banget. Akhirnya saya jual dan ganti pakai jupiter z burhan dan ajib emang nyaman banget dan kencang juga jupiter. Lucunya saat saya pp lagi sby-semarang bareng teman yg pakai absoulute revo saya lihat seringkali bokong teman saya di geser2 dari kanan ke kiri 😂, jadi posisi ridingnya miring pakai paha buat duduk, sedangkan bokong nya ngambang disamping hahahaha….

    ini kejadian nyata bukan fiktif ALLAH SWT yang jadu saksi.

  10. Memang Honda rajanya jok nyaman entah itu busa atau apa kwkwkw,,,touring Cipedak jaksel–jogja PP pakai beat-cbr150 lokal overbore VS Nmax, jarak 571 KM jauh lebih nyaman Nmax heheee

  11. Apalo tega.. punya sport 150cc mesin tegak spek in crank nya dipepetin ama mesin rebahan, matic pulak.. mana udah jauh uh uh kalah praktis pulak hahah

Yuk Tinggalin Jejak Lads..