Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Si Gendis, Yamaha Aerox R di rumah meski usianya sudah dua tahun lebih tapi jarak kilometernya belum mencapai 9000. Harap maklum, makenya gak pernah jauh, skutik sporty ini yang memakainya adalah si sulung, dipakai paling ke sekolah atau les maupun main ke rumah temannya. Karena kanvas rem depan sudah minta diganti, KBY coba pakai merek aftermarket, ini dia review kanvas rem elig NRS di Aerox tipe R..

Meski belum 10 ribu km tapi ternyata kanvas rem depannya sudah minta ganti, sebenarnya agak bertanya tanya, apakah hal ini wajar? Soalnya motor yang lain ada yang lebih dari 15K belum ada tanda tanda minta ganti, dicek masih baik kondisi kanvasnya.

baca juga: Nyobain Kanvas Rem Elig

Tapi setelah diskusi dengan beberapa pemilik motor Yamaha, termasuk Aerox user, karakternya memang begitu, tipe kanvasnya termasuk soft, jadi akan cepat habis dibanding lainnya, malah ada yang bilang 8000km baru abis udah bagus, laah. Tapi sangat masuk akal mengingat tipikal rem-nya memang termasuk pakem sih..

KANVAS REM ELIG NRS

Kebetulan KBY ada stok beberapa kanvas rem Elig untuk Aerox yang warna besinya hijau, sebelum memutuskan untuk memasangnya, KBY tanya dulu kepada teman dari Elig Indonesia. Jawabannya cukup mengejutkan dan fair loh..

Ternyata untuk rem elig dengan logam warna hijau tidak direkomendasikan untuk dipasang, karena ada beberapa kasus dan komplen kalau tipe ini mengalami defect. Bagusnya KBY stok juga Elig NRS, ketika disodorkan foto itu, teman di perusahaan kanvas rem asal Taiwan tersebut merekomendasikannya. Pasang yang NRS aja kang, rekomen banget, jawabnya.

Jadi stok Elig warna hijau KBY simpan saja dan rencana tuker guling sama Elig NRS lainnya, awalnya sempat mau dijadiin giveaway, tapi karena ada isu defect kaga berani dah tar para subscriber dan followers kenapa kenapa, KBY yang kena wkwkwk..

REVIEW

Okey lads, langsung saja.. Singkatnya si kanvas Elig NRS seharga Rp. 150 ribu (harga diskon) sudah terpasang di si Gendis berkat bantuan temen yang dateng ke rumah, jadi gak kudu ke bengkel dah wkwkkw..

Aerox R tersebut langsung dipakai sama si Sulung karena mau les ujarnya, KBY wanti wanti rem baru diganti, jangan asal gas pol tau tau remnya ngeloyor, masih proses bedding in..

Dua hari kemudian KBY bawa ke kantor sekalian ngetes mic GoPro yang baru (gagal total suaranya wkwkwk – kalau kemarin yang ada di IG naik X-Town itu sudah bener, jos kan?). Diperkirakan sudah dipakai lebih dari 30km sama si sulung wara wiri seharusnya gigitan si ELig NRS tersebut sudah lumayan.

Hasilnya? Ternyata belum gigit banget juga, butuh beberapa kali tarik biar menggigit alias pakem, efeknya jadi kaya karakter motor dengan rem ABS, agak ngeloyor di awal sebelum ditarik lebih keras.

Tiga hari berturut turut dibawa ngantor kok masih belum puas juga gigitannya. Selidik punya selidik ternyata cakram si Gendis juga sudah gak rata sempurna akibat tergerus kanvas yang habis sebelumnya wkwkw.. Yah pastinya ada pengaruhnya lads, permukaan yang menempel jadi tidak sempurna.

Artinya Pe Er berikutnya kudu ganti disc brake nya deh, soalnya sepengetahuan KBY kanvas rem elig gak butuh waktu lama untuk bedding in dan lebih pakem dari standar, contohnya di si Sniego PCX. APalagi ini Elig NRS. So nanti kalau sudah ganti cakram, KBY update lagi yes.

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing ๐Ÿ™‚

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog

42 KOMENTAR

  1. Lha, cepet amet habisnya itu kampas rem ?
    motor skywave jadul ane baru ganti kampas rem depan di km 70an rb ditahun ke 8, itupun masih ada sisa padnya kalau dipaksakan bisa tahan sekitar 1-2 tahunan lagi
    Motor beat fi tahun 2013 yg biasa dipakai istri dimana odometernya sudah sekitar 60rb an km nya malah sampai sekarang masih bagus brakepadnya

  2. Pertamax nih?
    BTW serius bang Elig ada tipenya? saya pernah beli yang warna besinyanya gold bungkusnya item sih, bedanya apa ya? kirain elig cuma ada satu tipe. Mungkin tipe kampas elig bisa dibahas di artikel berikutnya bang, hehe
    terima kasih

  3. njir ….. ganti kampas rem sekalian ganti disc nya …. dasar sultoonn ….

    *gagal faham kalo pad nya beneran lembut knp discnya ikut kemakan … Y pinter bener mungkin mo saingan sm kampas rem beat

  4. Boros amat mang cakram km 9000 udah ganti, dipertanyakan dong kualitas materialnya, hehe. Kalo cuma gelombang dikit selama belum sampe ada “Lips” nya di lingkar luar cakram, masih aman laah. Tapi emang saya sering liat dijalan sih motor2 yamaha suka pada gelombang cakramnya, padahal diliat dari plat masih cukup baru.
    Saran aja, setiap ganti kampas rem cakram, usahakan sekalian di cuci mang kalipernya, lebih maksimal daripada cuma di lap, disemprot cleaner juga bisa, karena pasti debu jalan & brake dust pada nempel, bikin piston/ pot sered gerakannya, dan di gemuk ulang bagian slider kaliper, itu yang suka bikin kampas ngegigit terus/ kemakan sebelah.

  5. Ayy pernah mang pake kanvas rem 20rban puluhan ribu KM ga abis”,, ehh pas di cek ternyata malah disk nya yg abis. Niat hemat malah keluar duit banyak buat beli cakramnya..

  6. Banyak orang bilang kalau rem yamaha itu berasa manual abs…. dibejek bejek saat mau berhenti sampai shock depan mentul mentul, kalau motor sebelah tahu sendiri lah biarpun neken tuas rem kaya mau putus masih nyelonong aja itu motor ๐Ÿ˜‚

  7. pariyem saya 25ribuan masih baek” saja kang. RX-K malah udah 5 taon blom ganti (kampas belakang malahan yg duluan habis).

  8. 8 rbu km udah ganti kanvas rem dan disc ymh, wajar…gak heran sih , wong motor baru nongol aj langsung error…gak pake nunggu sekian puluh ribu km ๐Ÿ˜‚
    Disini bukan mang kobay yang gak telaten.. tapi kecolongan sama kualitas , mungkin kanvas remnya ymh ada campuran biji plastik.
    pada umumnya minimal diatas 12 ribu baru ganti kanvas rem…eh taunya 8 ribuan udah tinggal besi nya yang nggeruss disc ๐Ÿ˜‚

  9. Rem blakang Ngaeroks krg pakem jd boros rem depan. Metik ngondah sebaliknya. Selebihnya tinggal amal & ibadah masing2 rider. He he

  10. pengalaman dulu rtr ane pake kampas jupi-mx setaon bisa 2-3x ganti (pemakaian sebulan sekitar 800-900km. sekarang absolute revo pakai kampas rem belakang f1zr (uda beberapa tahun belakangan sih) setahun bisa 2-3x ganti juga, pemakaian sebulan skitar 500-600km. pernah ane bawa ke karawaci, setiap pp 2-3 hari sekali uda harus disetel ulang.

    meanwhile kampas rem r25 selama 6rb km masih kayak baru, dan cakram jadi bergelombang

  11. btw ane beli elig yang warna platnya coklat buat revo, itu bagus ga ya? lom dipasang, lagi nungguin daytona lapinusnya abis dulu

  12. Cakram yamaha itu soft.. Pakem..dan sebaliknya rem belakangnya ampas.. Makanya ridernya jarang bgt make rem belakang. Saya make 5000km aja kadang abis.
    Rem belakang dah 5 tahun blm ganti.
    Bahayanya itu usernya ngerasa baru ganti kampas kemarin, ternyata dah habis.. Tahu2 bunyi logam ciet,,discnya kena. Pemiliknya harus aware. Saranku jangan ganti discnya dulu,,pake aja. Pake kampas aslinya,,pasti pakem karena soft

  13. yang r25 bukan hanya bergelombang, tapi keras dan ga pakem. gampang fading, klo masih dingin awal2 jalan motor sih oke.. pencet rem berapa kali uda deh kacau.

    sekarang depan pake vesrah, kebalik klo dingin nyelonong. belakang pake bendix metal king, kacau juga ini. sebelumnya pake rcb, depan lumayan, belakang ga separah bendix

  14. Tapi kalo mau ganti disc,,kalo bisa jangan pake kampas bekas..kampas elignya kan dah mulai bedding di disc yg ga rata..elignya juga pasti ga rata..ntar disc baru ngegaris, ga rata.

  15. Fu badai ane mang dari sejak 0 km sampai 170ribu km!!! Padahal Speedo sempat mati hampir 2 tahun. dari kelas 3 SMP sampai punya anak dua !!! Dari 2008 sampai sampai sekarang !!! Dari berat badan 43 kg sampai 98 kg !!!! Dari tinggi badan 156cm sampai 170cm !!! Dari pakaian ujaran S sampai ukuran XXL….. Baru ganti kampas rem depan dua kali. Kampas rem belakang 5 kali dan ganti piringan cakram depan sekali karena lupa lepas gembok langsung di gas pol !! Ya jumpalitan !!… Cakram depan bengkok langsung ganti baru. Langsung trauma sampai sekarang pasang gembok depan๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ Sedang kan Cakram belakang masih bawaan pabrik yg kejadian mirip mang punya, kemakan plat besi kampas rem.. cuma ganti kampas rem doang Asp*ra punya… Awal2 memang rada blong dan baru beberapa ribu km kampas cepat tipis, sampai keajaiban pun terjadi di pergantian kampas rem berikut nya…. ๐Ÿค”๐Ÿค” Piringan cakram halus sendiri mang…wkwk๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ dan normal sampai sekarang….

  16. norox sya mah ganti kampas bendix (turunan rekomen anak2 cbr zaman dulu) lumayan lebih pakem, sih tapi msh kurang trs ganti selang rem tdr + ganti piringan cakram lebar, baru sesuai tuh pakemnya (efek belakang tromolnya useless, standar rem depannya ya begitulah)

Yuk Tinggalin Jejak Lads..