Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Pecinta balapan, jarang jarang kan KBY bahas WSBK? Kecuali dianggap menarik, seperti kali ini ada yang sangat menarik yaitu hasil WSBK Aragon 2020 Race 2.. Akhirnya Honda meraih prestasi perdananya di ajang balapan ini sejak tahun 2016! Puasa podium selama 4 tahun untuk sebuah pabrikan raksasa yang kental dan sarat gelar juara ya pasti bikin gatel. Telur podium tersebut akhirnya pecah juga oleh Alvaro Bautista dan pastinya berkat sang CBR1000RR-R juga!

We Did It…..!! Yesss!!! Bisa jadi itu yang diteriakkan Alvaro Bautista dari balik helmnya saat meraih podium pertama kali bagi Honda di atas motor baru bernama CBR1000RR-R serta baru tahun 2020 ini ikut World SBK. Sudah sejak dua tahun lalu sebenarnya Honda (HRC) sudah mulai gatel untuk kembali bertarung sengit di barisan depan dengan moge andalannya, CBR1000 series..

Dan sejak keseriusan mereka merekayasa CBR1000RR-R dengan perbaikan sana sini akhirnya keringat dan kerja keras HRC mulai menunjukkan hasilnya. FYI saja, HRC puasa podium setelah hampir empat tahun sejak seri Magny Cours 2016, zonk…. ga pernah podium dengan CBR1000RR versi lawas!! Alih alih podium, bertarung di barisan depan aja sulit lads..

baca juga: CBR1000RR-R Harapan Baru Honda Di WSBK?

Di ajang World Superbike ini rajanya adalah Kawasaki bersama Jonathan Rea, laiknya Marc Marquez di MotoGP, sepak terjang Rea nyaris tak terbendung setiap musimnya. Ini salah satunya tentu berkat fokus Kawasaki di ajang WSBK – karena tidak ikutan MotoGP – ditambah memiliki pembalap yang tepat.

Hasil race 1 Sabtu kemarin dimenangkan oleh Scott Redding dari Ducati, di posisi kedua ada Chaz Davies juga dari Ducati dan Jonathan Rea udah tau dong bersama Kawasaki tentunya, di podium ketiga.

Race kedua dimenangkan oleh Jonathan Rea dengan Kawasaki ZX-10R, dominasinya selama 5 tahun tampaknya masih terlalu tangguh untuk dikalahkan rider dan pabrikan lain, sementara itu posisi kedua direbut oleh Chaz Davies (ARUBA Racing – Ducati) dengan susah payah dan bahkan melihat bokong ZX10R Rea pun kesulitan sampai akhir race.

ALVARO BAUTISTA DAN PODIUM PERDANA HONDA CBR1000RR-R

Alvaro Bautista dan Honda adalah yang paling berbahagia pada race tersebut karena sukses memecahkan telur raihan podium setelah menunggu hampir empat tahun, meski gagal juara tapi prestasi anyar ini pastinya membuat mereka berasa jadi pemenang!! CBR1000RR-R besutannya mulai menuai hasil, dan HRC sejauh ini memang cukup tepat menggandeng mantap pembalap MotoGP tersebut setelah sepak terjangnya yang lumayan dahsyat musim 2019 lalu bersama Ducati.

Saat ini Bautista ada di posisi ke 8 pada klasemen sementara dengan poin 77. Pertanyaanya, akankah Honda dan Bautista konsisten musim ini? Apakah mereka bisa menjadi penantang serius Kawasaki, Ducati dan Yamaha yang lebih sering meraih podium?? . Time will tell laaghhh.. Yang jelas sang CBR1000RR-R sudah mulai menunjukkan potensinya..

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog

 

32 KOMENTAR

  1. Buset dah , kesalip juga.

    Hebat…untuk mesin baru yang kata si bautista kayak 2 tak NSr njengatnya…beberapa podium udah cukup bagus didapat musim ini , karena tim Hnd masih berfokus dengan mengumpulkan data dan risetnya .
    πŸ˜‚
    Namun minggu ini adalah kegembiraan Hnd , karena dikejuaraan lain juga meraih podium.
    Kita harapkan kedepan Tropy2 juara dunia Hnd akan bertambah..πŸ˜‚

  2. betul.. krna di 24Hours aja Mesin Honda memang Juara sih, Kawasaki aja Kualahan. liat data Top Speed Honda pling tinggi 323 kpj menyalip ducati di 322 kpj. Laptime untuk endurance race jg Paling Stabil. sudah cukup menjadi tanda bahwa sebenarnya Mesin CBR tripple R memang tangguh. Cuma masih Adaptasi pembalap dan Mungkin Handling sesuai gaya balap mereka.. wktu race 2 kemarin rea baa menang pdahal Top speed rendah, itu mungkin faktor rea yg lebih pengalaman dalam settingan motor dia dan Handling sudah tepat.

  3. …..ya wajar menang power n rpm (ter) gede gila aja ngk bisa menang……ngk sebombastis kemenangan katem ….. superstock motor standarnya pagimane .ya ……$@yang kage ada gratisan

  4. Tapi memang ada progress CiBeRuk ini, kalo dilihat setelah ada embel2 r3x lebih sering di 5 besar walau tidak juara/podium, sebelum nya biasa nya di luar 10 besar

  5. Mang..inikan motor dari basis produksi massal. artinya setelah menuhi homologasi, semua sesuai ya silakan turun balap kan. Kalau emang spek dasarnya rpm bisa berkitir tinggi kenapa lantas dibatasi ya? Kalau berturut2 menang siap2 kena sunatlah..apalah..gelaran yang aneh. Ganjil aja performa Alvaro di Ducati kandas dihajar regulasi. Sama kayak ARRC.

  6. Fbh emang jago banget bikin alasan (ngibul) salah satunya bilang sunat rpm….
    Padahal rpm nya paling tinggi loh diwsbk

  7. List Rev Limit WSBK 2020 :

    BMW S1000RR: 14.950
    Ducati Panigale V4R: 16.100
    Honda Fireblade: 15.600 + 250 sejak seri aragon
    Kawasaki ZX-10RR: 14.600
    Yamaha R1: 14.950
    Aprilia RSV4: 14.700
    Ducati Panigale V2: 12.400
    Honda Fireblade (alt): 15.050
    MV Agusta F4: 14.950
    Suzuki GSX-R1000: 14.950

    iya tuh lihat cbr nya udah paling tinggi eh ditambah lagi biar bisa kompetitif jadi jangan bilang sunat rpm lah kan dari awal itu cbr udah dikasih rev limit tertinggi jadi jangan ngibul deh…

  8. udh lah mang … ga usah bahas CBR bikin die hard Y pada meringis aja … ga ada yg special dr CBR kecuali loyo H dgn sayap nya … saya yakin klo tu CBR merknya KTM ga ada yg komen …

  9. Hellow sumbu separoπŸ˜€..gua bukan FB manapun ya.. kompetisi itu kombinasi man & machine. Baca baek2..yg aneh itu adalah regulasi balapan berbasis produk massal yg menyunat potensi pemenang..itu yang dipertanyakanπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ kalau spek asal sudah segitu ya knp dipangkas? Ntar tersinggung pula kalau dikatakan kompetisi kelas 2 karena hasil riset jadi tak berguna disini..atau faktanya mmg begitu. #jangankejang2

  10. Masa sih ni orang ngeyel terus padahal udah ada yang ngasih data limiter rpm dan terlihat CBR dan DUCATI itu rpm nya paling tinggi dibanding yamaha dan kawasaki,

    Mustinya mikir oh iya yah ducati dan cbr itu rpm nya paling tinggi, karna dalam balapan itu ada regulasi nya bro.. ga bisa bebas se enak udel semaunya jadi lu musti mikir kesitu. Wong sekelas road race alun2 aja ada regulasinya πŸ˜‚, kalo lu mau yang bebas mending lu nonton balap liar aja πŸ˜‚

  11. Hahaha..pertamyaanya adalah mengapa ada regulasi menyunat rpm pemenang? Jelas? Percuma aja kalian playing victim seolah2 hanya H dan D yg diberi kelonggaran. Di ARRC pemenang ketambahan beban karung goni. Itu intinya..pun kalian koar2 juga yamaha bukan pemenang disiniπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ karena reaktif gelap matalah maka fby jadi barbeque di semua warung…hehehe

  12. @okelah dalam kompetisi apalagi balapan itu ada aturan nya, balapan tamiya aja ada regulasinnya dan klo lu baca bakalan pusing sendiri liat aturan nya, apalagi balap motor sekelas wsbk? Nah kalo lu mau balapan bebas tnpa aturan mending nonton balap liar aja, atau balap superstock / motor standard keluaran pabrik πŸ˜‚

  13. Mesin yang di bawa hnd dg cbrnya mesin baru. Mendapatkan Rpm tambahan itu langsung diberlakukan/ diberikan… Juga buat merk apapun jika ikut balapan wsbk saat ini. 1 alasannya adalah..mesin baru , mereka memulai dari Nol…data dan Riset belum ada . Balapan adalah bagian dari mengumpulkan banyak data tsb dari Berapa seri yang dilalui..berapa sirkuit yang digunakan.
    Penambahan limit tsb bukan karena nggak kencang…tapi itu kompensasi untuk mesin baru yang Nol data.
    Udah bisa kompetitif dibarisan depan..artinya kerja keras itu udah membuahkan hasil , namun tidak sampai disitu..masih banyak race kedepan dari aneka sirkuit yang perlu didapatkan datanya.
    Kesimpulannya…dikondisi ini , pabrikan manapun tidak menempatkan ambisi jadi juara dunia di urutan pertama , jika itupun bisa diraih…maka merupakan bonus dari kerja keras.
    Penambahan rev limit diawal musim 2020 tetap kesinambungan dari musim sebelumnya…contoh dekat ada di ymh , naik 500 rpm dari tahun sebelumnya.
    misal cbr sekarang podium hingga 2 seri berikut ( total 3 seri ) , maka seri setelahnya akan mendapatkan Sunat , sesuai dengan konsesi yang didapat.
    Jadi…tentang konsesi rev limiter dan penambahan Part dsb pasti semua dah punya info dari banyak sumber. Artinya, sebenarnya udah paham lah πŸ˜‚

    Saat ini….sebagai mesin baru dengan segala riset dan data yang masih minim , Hnd boleh berbangga dengan Podiumnya πŸ˜‚ .

    Alangkah baiknya kita menikmati wsbk sesungguhnya…dimana kita menikmati balapan mesin2 stock / masspro murni , silahkan disana bereksperimen menelurkan mesin2 tandingan.
    Balapan motor Standar Pabrik ! Nah πŸ˜‚πŸ‘

  14. Peraih Juara dunia itu cuma 1 …kalau gak elu …dia …dia nya lagi atau gue πŸ˜‚

    Kalau masih sama2 berkeinginan untuk juara dunia ya buat apa sampe sok kepinteran πŸ˜‚ alurnya mudah … Lakukan , usaha dan raih… Maka dunia akan langsung mencatat Raihanmu dalam wikiped .
    Biasanya di tempat tukang Cukur rambut ada tuh tulisan : Sudah nyisirkah anda hari ini ? Nah …. Arti sebenarnya itu bukan sisir atau Nyisirnya , tapi Ngaca doooong πŸ˜‚

  15. Congrat buat Hnd dengan 2 Podium di 2 Pertempuran kemaren….
    Fbh bersukaria πŸ‘πŸ˜‚

    Ngaca dulu aaaah….

  16. Mungkin itulah yg menyebabkan HRC hadir belakangan krn bagi mrk gak prioritas utama menyabet gelar disini. Toh stlh dominan di kelas proto..maka timbul nafsu merebut semua lini yg belum diambil..

  17. Dan ingat…balapan Dagelan wsbk sudah menular juga ke Ap250 . Artinya…standaran Pabrikan udah dioprek2..bagaimana dg Ymh ? Diakhir musim hnd n kawak sudah dipapas masing2 1000 rpm ???

    Mau ngelawan cbr 1000 stock / standaran pabrikan? Coba lawan tuh cbr si althea .

    eeiiitttt , sama2 standar Pabrikan yak πŸ‘πŸ˜‚

  18. Latest news August 31th 2020

    Namun, belasan ribu unit CBR250 harus ditarik dari pasaran.

    Diduga ada masalah pada bagian bak oli yang menyebabkan kebocoran dan punya potensi bahaya saat motor sedang dikendarai di jalanan.

    Motor yang ditengarai bermasalah merupakan unit yang diproduksi 2017 – 2020, tepatnya pada 22 Maret 2017 hingga 18 Juni 2020.

    Hasil investigasi yang dilakukan menemukan fakta baut di bak tersebut berpotensi kendur seiring dengan suhu panas dari mesin. Akibatnya, oli merembes atau bocor.

    β€œDalam kasus terburuk, oli yang keluar dari bak yang bocor dapat tercecer dan menempel di ban sehingga berpotensi menimbulkan kecelakaan,” bunyi pengumuman itu.

    Sudah ada laporan 14 kasus yang diterima Honda mengenai kebocoran oli

  19. Latest news August 31th 2020

    Namun, belasan ribu unit CBR250 harus ditarik dari pasaran.

    Diduga ada masalah pada bagian bak oli yang menyebabkan kebocoran dan punya potensi bahaya saat motor sedang dikendarai di jalanan.

    Motor yang ditengarai bermasalah merupakan unit yang diproduksi 2017 – 2020, tepatnya pada 22 Maret 2017 hingga 18 Juni 2020.

    Hasil investigasi yang dilakukan menemukan fakta baut di bak tersebut berpotensi kendur seiring dengan suhu panas dari mesin. Akibatnya, oli merembes atau bocor.

    β€œDalam kasus terburuk, oli yang keluar dari bak yang bocor dapat tercecer dan menempel di ban sehingga berpotensi menimbulkan kecelakaan,” bunyi pengumuman itu.

    Sudah ada laporan 14 kasus yang diterima Honda mengenai kebocoran oli

  20. alhamdulillah, akhirnya masuk podium juga ni sibieer ererer, saya sebagai epbeha jadi bangga lhuar biasa.

    trs beli motornya? enggak lah, beli rumah harga setengahnya aja nyicilnya megap2 . . .

  21. Ya udah , coba naikkan R1 500 lg rpm nya..
    Situ yakin GAK JEBOL KLEP nya..?🀭

    Motogp aja prothol, apalagi yg produksi massal..

    Le mans tuh lihat, di geber 24 jam nonstop, anteng aja Triple R..lah Yamoho..? Sukur ga jebol kek duc duc 🀣

  22. ente bodoh ato gmn bikin data sendiri tpi gak paham.
    yg gua lihat panigale yg paling tinggi.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..