Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Suzuki Nex II si Neng Raras sudah hampir berusia dua tahun bulan Oktober mendatang dan sama sekali tidak ada keluhan sepanjang pemakaian tersebut. Kali ini KBY hanya ingin berbagi cara mengganti shock breaker Suzuki Nex II, meski tidak ada masalah sama sekali dengan shock-nya tapi KBY hanya ingin menggantinya dengan suspensi aftermarket. Ternyata mudah banget lads, beneran, bisa dikerjain sendiri kok.. cekidot.

Suspensi alias shock breaker yang terpilih adalah merek KBY eh KYB tipe Zeto model sub-tank alias tabung berkode KY0S ZT1110W dengan panjang keseluruhan 305mm. Menurut Astra Oto Parts selaku ATPM KYB, tipe ini untuk all matik. Tidak disebutkan secara detail all matik ini apakah berlaku termasuk matik yang double shock.

Meski demikian, menurut KBY, karena hanya ada 1 shock, artinya hanya berlaku untuk motor matik alias skutik dengan monoshock alias satu shock aka suspensi tunggal di belakang. Sebenarnya secara teori bisa saja digunakan untuk skutik dual shock, tapi berarti harus beli 2 buah yang bisa saja harganya malah lebih mahal dibandingkan membeli yang khusus double suspension.

Secara detail shock KYB Zeto Tabung ini akan dibahas terpisah ya, di artikel ini KBY akan bahas cara mengganti shock breaker Suzuki Nex II, alias melepas dan memasangnya kembali. Oia jarak tempuh si Raras belum genap 5000km, maklum sering dipakai dekat dekat aja kaya ke pasar atau antar jemput si bungsu.

CARA MENGGANTI SHOCK BREAKER SUZUKI NEX II

Sebelum melakukan pembongkaran atau pelepasan, KBY cek dulu apakah ada ruang untuk kunci masuk dan bergerak. Ternyata setelah dicoba bisa lads, asalkan menggunakan kunci pas atau model ring, kalau model sok gak muat untuk posisi atas, sementara untuk yang bawah sih jelas bisa.

So yang harus disiapkan untuk melepas suspensi Nex II adalah sbb:

  1. Kunci pas atau ring dan sok berukuran 14 dan 12.
  2. Kopi murni tanpa gula
  3. udud
  4. tempat duduk
  5. saputangan atau handuk kecil

Abaikan poin 2 dan 3 kalau gak ngopi alih alih ngudud alias ngerokok, poin 5 juga bisa diabaikan jika lads bukan yang tipe gampang keringatan wkwkkw..

Pasang standar tengah Suzuki Nex II, kalau standar samping bukannya gak bisa, tapi riskan lah, lagian jauh lebih baik pada posisi standar tengah.

Gunakan kunci 14 untuk melonggarkan (atau sampai melepas juga boleh) baut bagian atas, sementara kunci 12 untuk baut bawah. Ya mana duluan boleh sih bebas aja. Ini benar benar mudah karena ruang di Nex II itu lega untuk kunci, gada yang harus dibuka dari sisi bodi sama sekali.

Setelah lepas, tinggal pasang deh shock breaker after marketnya, mau bawah atau atas dulu bebas. Pastikan bagian yang rata (jika ada – tergantung tipe dan merek) pada sisi bawah suspensi aftermarketnya menghadap ke sisi luar, kalau terbalik bisa dipastikan gakan pernah kencang itu baut, trust me I’ve been there done that wkwkkw..

posisinya harus begini yes

Lah kalau pas dikeluarin dari dus posisinya menghadap ke dalam gimana kang? Putar aja sebelum terpasang, bisa kok, gampang, okey??

Pastikan semuanya termasuk baut atas bawah sudah terikat atau terpasang dengan kuat, awas jangan terbalik yang atas 14 dan bawah 12 okey. Sudah deh selesai kelar.. Lah gitu doang kang? Lah iya gitu doang, gampang banget kan? WKwkwkw..

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog

31 KOMENTAR

  1. mang mau nanya….kalau mau beli shock breaker kby…ehh…kyb yang asli didaerah jabodetabek,belinya dimana mang kobay,thanks…

    • Imo Dan afaik, showa sejauh ini belum bikin aftermarket nya mang… cmiiw

      Kalau ga KYB, RCB, YSS.. dan yang murah murah gak inget mereknya..

  2. Kyb jualan ngastra 😂
    1 dari sekian part yang dipasok ke tetangga .

    Otak Makelarnya emang jalan. 😂

    Sebegitu mudah jugakah kira2…jika maling mau nyomot shock motor yang baru mang kobay pasang? 😂 Tuh maling bisa mengabaikan syarat no 2 3 4 5

  3. Absen sora Kang Kobay,
    Tapi sorry banget, inyong ora maca artikel e
    Mungkin ngesuk apa kapan, tek waca artikel e.
    Suwun

  4. “awas jangan terbalik yang atas 14 dan bawah 12 okey”

    Wakakakaka,
    Bahagianya jeneng-ku (nama ku) nang artikel, okey Kang. Wakakaka

    Suwun Kang,
    Sebagai hadiah, karena nama ku ada di artikel,
    malam ini aku meh nraktir bojo lan anak ku,hehe
    Asiiik

  5. waktu ganti shock belakang Address … wihhh ampe keringetan tuh – mekanik nya wkwkwkwk ampe bongkar2 body

    ane mah nonton doang sembari minum es teh dua gelas

  6. Kalo di motor yamaha, namanya kayaba..
    Kalo astra jualan part namanya kyb..
    Napa astra ga minta lisensi jualan showa ya?
    Itu showa yg ada dimotor honda, bikinan astra juga?
    Atau ada pabrik showa sendiri di indonesia?

  7. mengutip komen mang kobay, kalo showa belum bikin aftermarket , sering liat di olshop ada showa avatage apa advantage gitu, itu kw apa gmn tuh ?
    kalo liat dr stiker showa nya si meragukan…

  8. untuk model yg 2 shock bisa2 aja mang harga juga biasanya wlpn udah sepaket juga sama. sama mahalnya wkwkw. pertimbangannya cuma sub tanknya aja tuh. mentok di box filter atau ngga. ada yg model filternya badag soalnya

  9. iya Mang Kobay … tapi bisa juga penyebab nya si mekanik bengkel umum tadi belom mengenal sambungan body nya Address, maklum motor ekslusif alias jarang

    ane sampe abis es teh dua gelas nungguin kelar bongkar pasang nya hahahahaha

  10. Ditunggu review nya mang!!klw oke punya boleh lh buat gantiin di address saya.tapi itu tabungnya kira2 mentok di box filter address gk y?

  11. Address bisa aja pake shock tabung,, tp mentok box filter pas ngayun,, akhirnya tabung pd lecet.. udah coba pake eks lexi S.. klu mau tabung kudu ganti filter udara pake model nex..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..