Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Honda PCX lokal, coba kita ingat ingat lagi kapan skutik maxi 150cc dari Honda itu rilis? Setelah diubek ubek ternyata di tahun 2018 tepatnya Februari awal lads.. Usianya baru 2 tahun lebih, tumben sudah mau bikin All New? Honda PCX 150 2021 dikabarkan akan menggunakan sasis dan mesin baru lads. Seperti dan sejauh apa keakuratan prediksinya? Coba kita telaah lebih lanjut..

Yang unik kabar ini datangnya bukan dari negara sendiri, melainkan negara tetangga yaitu Thailand. Memang selain AHM, Honda PCX juga dibuat di beberapa negara tetangga seperti Thailand dan Vietnam, kebijakannya ada perubahan, kalau dulu Thailand menjadi basis produksi PCX 125 dan 150, kemudian 2014 sudah dimulai Vietnam menjadi pilihan – seperti si Frozen PCX KBY itu AHM mengambilnya dari negeri Nguyen.

Lantas di tahun 2018 lah keran produksi dibuka untuk ketiga negara, Indonesia, Thailand dan Vietnam dengan masing masing negara memiliki jatah ekspor. Makanya di sebut PCX 150 lokal karena AHM tidak lagi impor, hargapun bisa ditekan agar lebih terjangkau untuk konsumen Indonesia.

Di tahun 2021 mendatang, dimana untuk PCX seri terbaru sudah berusia 3 tahun masa edarnya, gosip dari Thailand mengatakan akan ada perubahan yang masif terhadap skutik maxi andalan Honda tersebut lads. Perubahan tersebut melingkupi sasis baru dan juga mesin baru yang lebih powerful.

Sebagai informasi, mesin dan sasis generasi terbaru ciptaan Honda sudah dimulai pada Honda Genio 110, skutik stylish tersebut menjadi yang pertama mengadopsi sasis eSAF (Enhance Smart Architecture Frame) dan mesin compact dengan penggunaan oli gak sampai 700ml yang kemudian diikuti oleh All New Beat.

Nah terkait sasis eSAF tersebut, ke depannya skutik Honda akan menggunakan platform yang sama lads, tak terkecuali PCX, generasi mesin eSP terbaru pun sudah disiapkan, dari mulai 110cc hingga 150cc. Dan kabarnya, mesin generasi terbaru ini lebih powerful!

Hal ini sebenarnya sejalan dengan info Honda PCX 150 Facelift sebelumnya yang mundur salah satunya gara gara adanya pandemi Covid19 (baca: Jadwal Honda PCX 150 Facelift Mundur).

KAPASITAS MESIN MEMBENGKAK

Sebenarnya tidak aneh kalau lebih berperforma karena mesinnya sudah tidak menggunakan dua klep lagi tapi menjadi 4 klep! Teknologi yang sama yang digunakan pada generasi mesin Forza 125 serta skutik European style SH125 dan SH150. Cuma KBY pribadi heran aja, kenapa baru sekarang sekarang ini wkwkwk…

Ternyata Honda Thailand sendiri sudah mulai gerah melihat sepak terjang Yamaha NMax di sana lads wkwkw.. New NMax memang bebenah cukup banyak disertai berbagai fitur hingga adanya TCS (Traction Control System), meski sebenarnya redundant di mesin 150, tapi adanya fitur tersebut jelas menambah value lah.. sekalian show off teknologi dong.

Nah untuk mengimbangi NMax, Greatbiker asal Thailand membocorkan bahwa AP Honda siap memproduksi Honda PCX terbaru yang mesinnya pun sudah membengkak naik dari 149cc menjadi 157cc.. serupa dengan mesin SH150 yang Nopember 2019 lalu rilis di Vietnam.

Mesin tersebut memiliki spesifikasi bore x stroke yang dirubah menjadi berukuran 60,0mm x 55,5mm dan rasio kompresi 12,0:1 sehingga membuat kapasitas mesinnya membengkak menjadi 156,9cc 1 silinder berpendingin cairan. Honda menyebut mesin Gen baru ini dengan nama mesin Honda eSP+ yang memiliki tenaga sebesar 12,4kW atau setara 16,6 Hp pada putaran 8.500 rpm, sedangkan untuk torsinya mencapai angka 14,8N.m pada 6.500 rpm.

Fitur Honda PCX 150 2021 juga ketambahan yang baru, jika melihat Honda SH150 2020 sudah memiliki HSTC (Honda Selectable Torque System) konon, si PCX terbaru juga akan menerapkannya. Yang heboh lagi, gosipnya bakal tersemat pula teknologi pengaturan katup variable VTEC khas Honda.. (baca: Terciduk! Teknologi VTEC Untuk Skutik?).

Kita lihat saja perkembangan selanjutnya lads, stay tune di Kobayogas.com yes..

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog

38 KOMENTAR

  1. …ya namanya jg angan angan ya terserah, kabar burung , burungnya dah tahu kemana ….masih bisa diterima asal jgn terpasang turbo intercooler commonrail lha jd diesel …..atau fitur ngambang di kali setinggi 3meter …..

  2. Vtech gk ada deh kayaknya, Over banget klo di masukin buat 150cc doang wkwkwk matic lgi..

    mesin SH150 terbaru honda aja udah gampang bolak balik spek Nmax dan 155cc vva nya yamaha secara performa di atas kertas.

    157cc tnpa embel” teknologi vtech aja performanya udh bisa bikin 155ccVVA yamaha bertekuk lutut, ngapain jg pake Vtech.. mungkin KLo Yamaha mau kabur lgi dari persaingan dgn nambah CC lgi mungkin wkwkwk baru deh VTECH masuk.

    berharap semua series matic honda tahun depan sudah pake mesin baru semua, makin irit dan makin kencang jg..

    ga kebayang nanti Yamaha mau jualan apa lagi..
    Nmax laku kan krna embel” performa doang, masalah kenyamanan dan getaran orang sebenarnya kgk suka,, tp krna performa memang di atas Honda makanya mereka laris..

    gmna klo Honda yg sudah memegang faktor nyaman ,irit, dan minim getaran mendapatkan semprotan performa?? Ya orng yg tadinya antipati sama performa matic honda ya akan berpindah membeli produk honda ( sudah jelas )..

    • VTEC tanpa H di belakang.. kekeke…

      Btw kalau tujuannya show off bisa aja sih pake vtec kan udah dikasih link tuh bocoran mesin VTEC buat skutik Honda ke depannya…

  3. Vario tuh yg seharusnya ganti sasis esaf,,biar handlingnya ga kaya celeng lagi..
    Kalo mesin sih ga urgent,,walaupun kalah performa..
    Tapi ga vampir,,alus, itu keunggulan yg ga dimiliki yamaha.
    Coba nmax generasi baru di manual booknya, berani make oli buntut 30 atau 20, pasti mantep banget

  4. Nabung ahh…mudah2an bisa punya all new PCX. Makasih bocorannya ..
    Sukses selalu dlm segala hal..mang Kobay🙏🙏

  5. Kalu vtech kayanya ngak dech,

    mungkin utk forza 150 iya.

    Liat langsung forza 250 vs xmax 250, di parkiran,

    Beda kelas emang secara view, design lebih berkelas forza, xmax menang lebar saja dari tengah ke buntut.

    Forza liat di parkiran masjid, kebetulan yg punya baru beli, xmax di tukang stiker lagi pasang stiker

    • Dari awal pas bikin komparasi Forza Ama X-Max juga gitu..

      Meskipun dua duanya sama kerennya tapi somehow Forza aura mahal dan exclusive nya lebih keliatan..

      Menurut gw efek dari panel bodi yang kena cat lebih banyak.. kalau X-Max bagian plastik hitamnya yang banyak…

  6. Buntut oli berbeda yg jelas clearence keseluruhan mesinnya, makin rapet ya makek yg encer. Dan jg pendinginan mesin udah advanced (dlm perhitungan insinyurnya ya, baik itu pndingin angin sawah, air ledeng maupun oli meler alias oil cooler). Ujung2nya jg jd entengan pergerakannya dan makin irit akhirnya. Makanya motor jadul gk cocok dikasi oli encer (user mengeluh jd kasar suaranya dan cepet panas). Just share aja, cmiiw

    • Padahal ralliart .. kekekeke

      Banyak yang gak tau soal VTEC.. disangkany TECH itu kepanjangan technologi, makanya pada pake VTECH atau V-TEC atau V-TECH.. hadeuh

  7. seru nih, semoga seperti info di atas, nggak VTEC nggak apa2 yang penting mesin baru kayak di SH150

  8. Marketing yang sukses itu adalah yang berhasil menanamkan pride MAXI untuk barang yang cuman 155cc. Padahal kan cuman beda 5cc alias satu sendok ama tunggangan Mak Judes pegi belanja ari2…hehehe

    • Makanya, sebagai Yamaha Darling sudah sewajarnya dipagerin habis habisan

      Jangan kaya Piksen, duh kasian itu produk…

      Udah dua contoh, Mio sama Piksen, masa mau terulang lagi?

  9. sebagai FBH saya malu kalau ada FBH (amatir) yang nulis VTECH . . .

    andai kau tahu apa itu VTECH . . .

  10. mas yoga, sdh ada info lebih lanjut dr AHM terkait pcx 2021 ini apakah akan terbit di indonesia ?

Yuk Tinggalin Jejak Lads..