banner

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Udah lama kayaknya ya gak bikin artikel hot gosip seputar motor, dalam hal ini gosip motor baru Honda hehe.. Nah kebetulan nih dapet bisikan wangsit dari mang Saka yang udah lama banget gak nongol nongol. Gosipnya adalah AHM sudah mempersiapkan Honda PCX Electric Vehicle – EV untuk hadir di Indonesia dalam waktu dekat! Udah gitu disebut sebut juga konon harganya lumayan kenceng. Lumayan disini maksudnya mahal atau justru masuk akal? Ah geber aja dulu yuk gosip digosok makin sip hehe.

HONDA PCX EV FULL LISTRIK INDONESIA

Tentu lads masih ingat saat Honda Jepang sempat memperkenalkan Honda PCX Hybrid dan PCX EV di Tokyo Motor Show 2017 silam. Saat itu belum banyak yang tahu kalau Hybrid juga akan dibuat lokal oleh Honda Indonesia alias AHM, ternyata sang PCX hybrid lokal hadir juga. Nah ternyata PCX Listrik Electric Vehicle bakal hadir dalam produksi lokal!

intip euy: Test Ride Honda PCX 150 Hybrid!

Honda PCX electric EV pastinya tanpa knalpot dong hehe

Yah bukan gosip terbaru sih karena para awak media juga sudah mengendusnya dua bulan ke belakang, bahkan sumbernya pun langsung dari petinggi AHM, yaitu Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor tersebut menyebutkan bahwa sudah ada rencana dari pihaknya untuk memproduksi motor listrik yang merujuk pada Honda PCX EV. Thomas menambahkan bahwa versi produksi dari Honda PCX EV sendiri akan mulai dirakit lokal di Indonesia pada penghujung tahun 2018 ini.

HONDA SUDAH SIAP, YAMAHA MENYUSUL?

Apa Artinya? Artinya AHM diperkirakan bakal meluncurkan sang skutik listrik tersebut paling cepat pada akhir tahun 2018 ataupun bisa saja di awal tahun 2019 mendatang. Yang unik, dengan ikut sertanya pihak AHM di segmen motor listrik, maka terungkaplah bahwa pabrikan Jepang ternyata serius menggarap motor zero emission tanpa bahan bakar fosil tersebut.

Sejauh ini, motor listrik yang duluan hadir dan cukup dikenal di pasaran adalah Viar Q1 dan Zero yang harganya bisa bikin stress calon pembelinya hehe. Ada juga Gesits yang merupakan proyek kerjasama Garansindo dengan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Terjunnya Honda di segmen ini pastinya akan membuat beberapa pabrikan Jepang lain ikutan di segmen motor listrik, bahkan Yamaha sudah sempat memperkenalkan Yamaha e-Vino yang diberinama Yamaha EV. Kalau PCX EV hadir, sangat besar kemungkinan Yamaha EV juga akan nongol.

HONDA PCX EV CKD THAILAND?

Thomas juga menambahkan bahwa persiapan produksi dari Honda PCX EV sendiri kini sudah sampai di tahap line perakitan, bahkan sumber KBY bilang sudah PP2 lads. Untuk urusan kandungan lokal, Honda PCX EV sendiri dipastikan akan menggunakan kandungan lokal yang lebih sedikit dibandingkan versi standar yang mencapai 98% dan versi Hybrid yang mencapai 95%, sumber yang sama mengatakan sejumlah partnya adalah CKD dari Thailand. Harga bisa ditekan dong?

Begini lah isi bagasi Honda PCX electric full hybrid

HARGA HONDA PCX EV

Kalau melihat harga Honda PCX 150 hybrid yang tembus Rp. 40jutaan, maka dengan teknologi full hybrid yang disupport oleh listrik dengan full baterai, kayaknya sih harga Honda PCX EV Listrik gakan bisa lebih murah dari Hybrid, prediksi KBY ada di 50jutaan. Atau mungkin gak sih 45jutaan?

Dengan makin dekatnya kehadiran Honda PCX EV maka kita sepertinya akan dapat melihat era roda dua yang baru dengan teknologi full elektrik bin listrik. Dengan masuknya pemain besar seperti AHM di segmen ini, belum lagi YIMM, ditambah produk lokal macam Gesits dan Viar Q1, maka bisa jadi dalam dua atau tiga tahun kedepan motor listrik menjadi motor yang umum terlihat di jalanan. Tapi tanpa adanya dukungan regulasi dan dukungan pemerintah, bisa jadi era motor listrik hanya sekedar kasus decak kekaguman saja.

begini bentuk speedometer Honda PCX electric lads
dari sini colokan isi ulang listrik Honda PCX electric

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: [email protected]
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

16 KOMENTAR

  1. Ralat Mang, ngga ada itu istilah full hybrid, adanya full BBM, dan full elektrik. Merujuk ke kamus bahasa, hybrid dalam dunia otomotif itu campuran penggunaan energi minyak dan energi listrik. Nah kalo full hybrid, maksudnya full minyak dan full listrik gitu? Xixixi…. punten mang…

  2. lah gila aja AHM yang PCX hybrid aja harga 40 jutaan.. lah kalo full elektrik mau di jual 50 jutaan ane yakin ga bakal laku… daripada gitu mendingan perbaiki dulu lah qualitas produknya

    • laku gak laku biarlah pasar yg menjawab, lagian juga baterai masih mahal karena masspronya belum besar dan teknologinya masih dikembangin lagi biar lebih padat kandungan energinya
      so, kalo cuma sekedar penggembira (sekalian pamer teknologi) aja kaya yg hybrid sah2 aja kalo gak kejual banyak

  3. kudunya sih pemerintah memberikan insentif buat electric vehicle (EV) sebagai bentuk nyata tindakan / upaya menurunkan tingkat polusi

    jadi harga full motor elektrik seharusnya bisa sama ato lebih murah dari motor bensin … tentunya seiring dengan hitungan mass pro sang produk

  4. Ahh eluu ntar dibilang bahas motor ghoib lo sama si madev .. soalnya gak keliatan ujudnya!!!

    Kemarin kayaew ada yg ngomel.in yg punya warung dikolom komentar ehh sama yg punya warung di delete …wkkkk

      • Diartikel lexri abs.. aq tuh yg komen .. lha wongbcounter komen sales yamaha ehh yg ngegas yg punya warung .. ngegas tp gak baca isi komen jadi nya doi salah nanggepin komen giliran ditegur klo yg punya warung salah komen ehh ngegas main banned. .apaaan tuh mentalnya kalah debat main banned…wkkkkk yg dibanned cuma email doanx sih kloning juga gampang . Nguik nguikkk

  5. “Tapi tanpa adanya dukungan regulasi dan dukungan pemerintah, bisa jadi era motor listrik hanya sekedar kasus decak kekaguman saja” nah jangan sampai kayak gitu tuh… Apa mau ketinggalan dengan negara lain, baru deh ada regulasi.. Polusi udah merajalela nih apalagi di kota besar, perlu banget adanya kendaraan ramah lingkungan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini