iklan gma

sebelumnya: Ninja 250 Dari Generasi ke Generasi

KAWASAKI NINJA 250 GPX250R-II (EX250G) – 1988

Secara desain jika dilihat sekilas, enggak kelihatan adanya perbedaan antara Ninja GPX250R-II dengan pendahulunya. Tapi lihat deh bagian knalpotnya, ketemu? Yoi warnanya hitam lads hehe.. Versi ini diluncurkan pada tahun 1988 dan hanya dijual di Jepang saja.

Yang mantap, lihat bagian roda depan, Ninja GPX250R-II EX250G ini ternyata sudah pakai dual disc brake di depan! Ih ajib bener ya, selain itu ukuran peleknya dan bannya lebih lebar, sisanya ya sama saja dengan GPX250R.

ninja gpx250r-ii ex250g

KAWASAKI NINJA ZZR-250 (EX250H) – 1991

Di generasi ini, garis desainnya mengikuti kakaknya yaitu Kawasaki ZZR-1100 atau yang dikenal juga sebagai Kawasaki Ninja ZX-11. Kawasaki ZZR-250 punya power maksimal 37,4 dk dengan torsi 24 Nm. Sama dengan versi Ninja GPX250R EX250F. Artinya untuk versi ini Kawasaki hanya bermain di desain saja tanpa menyentuh sektor mesin.

Ciri khas lain adalah adanya tulisan besar ‘twin cam’ di fairing depan dan buntut belakang untuk menunjukkan motor ini sudah dibekali dua noken as alias double overhead camshaft (DOHC). Lah dari dulu juga kan udah begitu, wong mesinnya sama dengan EX250E keluaran tahun 1986, biar menegaskan aja kali ya hehe..

kawasaki ninja zzr-250 ex250h

KAWASAKI NINJA 250R (EX250J) – 2008

Ini dia generasi Ninja 250 yang paling membenak di masyarakat Indonesia yang seringkali disebut sebagai Ninja 250 karbu. Tipe EX250J inilah yang jadi pionir motor 250cc dua silinder di Indonesia. Kawasaki berani menjualnya setelah yakin kalau nama Ninja sangat membekas di konsumen berkat Ninja 150 2 tak. Dan terbukti sukses..!!

Di era 2008 ini publik pencinta motor sport dibuat terpukau, dengan harga yang gak murah yaitu nyaris 40jutaan (cmiiw) Kawasaki Ninja 250R Karbu terlihat begitu eklusif! Hanya yang berduit saja lah yang memilikinya, saat itu KBY pun cuma bisa nelan ludah melihatnya hehe. Desain moge banget, trus suara khas dua silindernya yang zwing zwing dan wrrrr kalau pake knalpot racing sudah pasti berbeda dengan motor lain yang masih satu silinder.

Ninja karbu seakan menjadi icon sebuah batu loncatan bagi mereka yang ingin naik kelas ke jenjang moge! Bahkan tak sering disebut sebagai moge entry level, maklum saat itu kapasitas mesin paling besar untuk motor umum adalah 225 milik Yamaha Scorpio, berikutnya ada CBR250R itupun 1 silinder. Suara ya sama kaya pekgow wkwkw..

Hanya saja bicara mesin, sebenarnya mulai generasi ini ada penurunan performa dibandingkan generasi-generasi sebelumnya. Lihat saja speknya, power maksimalnya turun jadi 30 dk dan torsinya hanya 20 Nm. Pun begitu bukan berarti pelan, tetap saja jadi raja terkuat di kelas 250cc saat itu lads.

Ninja 250R karbu Biru EX250J

KAWASAKI NINJA 250 FI (EX250L – EX250M) 2013

Pada tahun 2013, generasi Ninja 250 mulai dibekali dengan sistem pengabutan injeksi. Desainnya sendiri dirombak mengikuti garis desain ZX series, moge “Ninja Tulen” milik Kawasaki. Ninja 250 Fi sendiri mengikuti garis desain yang sangat mirip dengan ZX-6R atau Ninja ZX636. Model inilah yang semakin memantapkan nama Ninja 250 series di Indonesia.

Selain juga terbantu akan nama Ninja 150 2 tak yang masih beriringan dijual, penjualan Ninja 250 FI EX250M juga terbantu juga oleh salah satu film ABG di sebuah televisi nasional. Berkatnya, Ninja 250 semakin digandrungi oleh anak muda. Bahkan sering disebut sebagai motor si Boy hehe.. .

sumpah yang naek ini mbah mbah..

KAWASAKI NEW NINJA 250 (EX250?) 2017 – 2018

Kawasaki Ninja 250 generasi terbaru ini diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2017 dan resmi diluncurkan oleh PT Kawasaki Motor Indonesia  pada 18 November 2017 lalu meskipun penjualannya dimulai pada awal tahun 2018. Desainnya totally fresh namun cukup banyak yang kecewa karena tidak lebih baik dari Ninja 250 Fi.

Cukup banyak fitur dan kelengkapan yang baru seperti Lampu depan kini mengadopsi lampu LED. Performa mesinnya sendiri mengalami peningkatan menjadi 38,4 dk untuk menggebuk rival terkuatnya Honda CBR250RR yang punya power sama namun Ninja 250 2018 punya keunggulan di torsi sebesar 23.5Nm (baca: Adu spek CBR250RR vs All New Ninja 250 2018)

Mesinnya 100% baru, kini pakai throttle body down draft yang diameternya 32 mm, juga air box yang lebih besar. Kopling assist dan slipper clutch menjadi fitur standar di semua varian. Perubahan lain adalah sasis yang di desain menyerupai H2 dan swing-arm yang lebih ringan.

KESIMPULAN

Kalau lads merasa artikel ini ada hubungannya dengan artikel sebelumnya yaitu data aisi penjualan sport fairing 250 2 silinder di bulan Februari 2018, lads betul banget, KBY merasa terpanggil (ejiyeee) dan takjub akan nama Kawasaki Ninja yang begitu kuat di Indonesia yang bahkan sulit digeser oleh produk yang punya fitur bejibun sekalipun!

Setelah tau sejarah Kawasaki Ninja 250 dari generasi ke generasi kini lads makin mahfum kan mengapa nama Ninja begitu kuat menancap di konsumen motor sport di Indonesia? Belum lagi kelas 150cc 2 tak-nya yang sudah wara wiri belasan tahun sebelum era 250cc 2 silinder.

Sang adik wajib berterima kasih kepada era 2 tak karena saat nama nama beken seperti Honda NSR, Suzuki RGR dan Yamaha TZM “mengundurkan diri” dari penjualan, Kawasaki tetap keukeuh mempertahankan penjualan Ninja 150 2 tak sehingga hanya menjadi satu satunya pemain di kelas ini. Berkat itu, konsumen pencinta kecepatan hanya tahu satu nama untuk motor keren, gagah dan kencang, NINJA! Sungguh bukan hasil kerja setahun dua tahun lads..

sumber: gridoto

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

60 KOMENTAR

  1. Ninja 250 ya zx250r titik..!! Lainnya Turing ?
    Historical bike dr Emon sekarang pindah ke kobayogas ya????

  2. Ninja 250 ya zx250r titik..!! Yg lain turing ?
    Historical bike dr Emon sekarang pindah ke kobayogas ya ???

  3. Meskipun bukan motor Kawasaki pertama yang menggunakan nama Ninja – yaitu Kawasaki Ninja GPZ900R di tahun 1984 – namun untuk mesin 250cc bolehlah Ninja GPZ250 yang lahir tahun 1983 ini disebut sebagai Ninja 250 generasi yang pertama.

    Jadi nama ninja generasi awal tahun berapa mang, 1984 atau 1983

  4. tapi menurut info di luar sana meskipun seri2 generasi awal powernya besar2, responnya lelet banget.. mungkin klo diadu ma yg model J juga masih kalah tuh 1 kelurahan

  5. Mungkin org indonesia rata2 pd suka yg namanya easy listening dan easy spelling 2 suku kata, makanya secara tidak langsung “terdoktrin” dan “terngiang2” bahwa motor yg enak diingat dan diucapkan ya salahsahijinya ninja, contoh Gl cb tiger vikson dll

  6. apakah teori sebelumnya yg mengatakan

    bahwa konsumen kelas 250cc adalah konsumen smart msh berlaku?

    dimana konsumen 250 cc tdk tergantung brand , fublic figur,

    karena buktinya r25 dan cbr 250 rr saja blm bisa kalahkan ninin yg msh pake mesin jadul?

      • oke,

        artinya teory jaman jaos dah ngak berlaku utk kelas 250 cc sport.

        tapi msh berlaku buat moge diatas 400 cc

    • maksud lu konsumen dibawah 250cc itu merek minded kan? betul kan? jadi MS terbesar itu karena merek kan bukan fitur semata? betul ka?

      • Betul, yg harus digarisbawahi kenapa merek tsbt bisa begitu kuat? Faktor kepercayaan konsumen atau konsumen dibeliin pabrikan? Itu pabrikan atau perusahaan nirlaba? Wkwk

      • roy fakta itu ada benarnya ada ngaknya.

        beat jadi besar karena merk?

        ingat mio itu sang ratu,

        dikalahkan oleh kadal buntung yg kurus kerempeng tapi fitur banyak.

        jadi gimana?

        jadi dulu mio ms terbesar karena brand apa bukan?

        ingat ms 2010, cuma beda 0,5 persen.

        perbedaaan plg keciil selama kita hidup.

        merk ngak berlaku kala itu

    • Wakaka jaos pelopor fby smart, dan turunannya si jimoo wakaka, btw konsumen pasar 300/400cc itu udh gk ad merek minded lg, krn pasar n product nya kecil, beda sama dibawahnya yg notabene sempit dan mw gk mw harus banyak2 variasi produk, dan saling memakan ?

      • jaos emang smart dalam berkomen, ngak pernah nyerang personal.

        ngak pernah bilang konsumen anu banyak yg ber IQ jongkok kaya fb smart sekarang.

        plg banter bilang konsumen nya mudah dibohongi.

        dan om jaois dia punya prinsip ; boleh caci maki produk, tapi jgn caci maki personal

      • Makanya dlu BC komentator FB nya emg seru, gk monoton n menghibur, lah skrgg, yg dibc itu2 aja wakaka, apalagi blognya webeh ?

  7. Yg jls si desainnya mang .. liat tuh ninbu msh keliatan ganteng bgt pke warna blue candy..gak kyk motor jmn sekarang yg desainya terlalu menyudut dan ngebosenin

  8. Sasis makin keatas makin downgrade ngoahahaha, next ninja sasis cma segede knalpot :v, trus make alasan turunan superbike lah, wakaka

  9. ‘Kayaknya motor ini pasti ada di museum Kawasaki di Jepang ya..’

    Saya pernah ke Kawasaki World Museum di Japan. Dan motor ini tidak ada.
    Justru malah Kawasaki Kaze made in Indonesia nangkring dengan cantiknya. Bersanding dengan motor legendaris kawasaki lainnya hehe

  10. ‘Kayaknya motor ini pasti ada di museum Kawasaki di Jepang ya..’

    Saya pernah ke Kawasaki World Museum di Japan.
    Motor ini gak ada disana.
    Justru malah kawasaki Kaze 1996 made in Indonesia yang nangkring dengan cantiknya disana, bersanding dengan motor-motor legendaris kawasaki lainnya.

  11. jadi 2010, ibaratnya ymh ina spt pasukan tartar yg mabok kemenangan saat itu.

    lalu lambat laut dikalahkan oleh pasukan kerajaan kediri ( eh bener ngak yach)

  12. jika boleh berandai andai kaya FB sebelah, ( lawan old r25 aja bejaban, palagi lawan new r25 kalu keluar nanti)

    kalu ymh saat itu tdk mabok kemenangan, niscaya sekarang dia spt samsung ,

    brand yg kuat dgn produk yg bagus.

    sayangnya, pasukan ymh mayoritas di isi generasi muda yg msh labil,

    dan AHM di isi oleh sebagian besar orang tua,

    yg akhirnya bisa berpikir tenang dan menyusun rencana membalikkan keadaan

  13. Naha alusan sasis ex250 nu jadul nyak, lebih kekar gtu euy ningali na teh. Ah bae, da saya mah masih setia sama tzm dan rxz mang, ti tanaga sareung jambakan setan na eweuh kitu euy dina 4tak. Terkecuali nu 4silinder nyak. Hahaha, 2t never die mang

  14. ninja top nomer satu karena bengkel resminya nggak dicampur sama bebek atau matik. jadi terlihat ekslusif. coba bayangkan sampeyan bawa motor 250cc terus mekaniknya abis nanganin matik terus pindah ke motor sampeyan. gengsi bro! orang yg beli motor 250cc ini orang yg baru bisa beli motor gedhe. gengsi tinggi. beda sama orang yang sudah punya moge banyak. biasa aja..

    • Pengalaman saya dulu servis athlete di bengkel resmi kawasaki Kediri malah pitnya sebelahan ama ninja 250 & z800, ngga ada pemisahan

  15. kontiunitas brand di kawak jln bgt ya. honda aja ga segitunya.

  16. Artikel of d Day…. Ini membuktikan kalo pelanggan warung mang Kobay itu ternyata banyak (geuningan)…. #salam sukses…. keep writing mang…?

  17. Liat sasis KAWASAKI NINJA ZZR-250 (EX250H) – 1991 kemudian liat sasis ninja sekarang

    Pengen nangis rasanya

Yuk Tinggalin Jejak Lads..