iklan gma

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geberrr… Onespeed Shop selaku produsen knalpot racing merek RX8, merilis racikan piping baru untuk CBR250RR.. Ini dia hasil dyno test Honda CBR250RR menggunakan knalpot racing RX8 Trigallnt piping baru.. Berapa kenaikannya?


Sebagai produsen knalpot racing yang selalu melakukan riset untuk mendapatkan hasil terbaik terutama di lapangan (baca: arena balap), Onespeed Shop yang membuat knalpot RX8 dan juga WRX menciptakan racikan piping baru atau header untuk Honda CBR250RR.. Hasilnya sudah dicoba langsung di si Zeref, CBR250RR abu abu metalik milik KBY.. Digelandang langsung ke sportisi untuk dilakukan dyno test ulang setelah dyno test awal beberapa waktu lalu.. Racikan terbaru ini menghasilkan power sebesar 33,31HP dan torsi 19.47! Mantap!!

Racikan terbaru Onespeed Shop ini bisa dikatakan hasil feedback antara Kang Indra selaku produsen knalpot racing RX8 dengan KBY.. Pada header yang lama KBY katakan kalau bawahnya masih kurang padat sementara atasnya sih gada komplain, jengat jengat aja.. Juragan Onespeed Shop MotobikeParts ini ternyata terus menerus melakukan pengembangan, maklum dirinya juga turun di kancah balap lads seperti IRS.. Bahkan salah satu timnya dengan Yamaha R25 bisa podium satu..

Nah belum lama ini beliau mengatakan sudah memiliki piping header racikan terbaru untuk Honda CBR250RR, dikatakan ini lebih baik dan lebih padat juga atasnya lebih jengat, tidak landai ketika mencapai redline seperti header sebelumnya.. Well, testing is believing no? Kembali si Zeref KBY bawa menuju sportisi motorsport untuk melakukan dyno test, ini lebih karena rasa penasaran seberapa sih “lebih baik”nya header racikan terbaru RX8 ini? Meskipun tanpa dyno test juga gak masalah hehe..

Sebagai info, pipa yang diganti adalah mulai dari header hingga tengah, sementara muffler alias exhaust nya tetap mengandalkan tabung lawas, RX8 Trigallnt Sand Blast Carbon.. Bagaimana hasilnya? Beuhhh seperti yang KBY sebutkan di atas, ternyata hasilnya memang sangat baik! Hasil dyno test sebelumnya (baca: Dyno Test Honda CBR250RR Pakai Knalpot Racing RX8) hanya menghasilkan tenaga sebesar 32.25Hp dan torsi 19.27.. kini ada kenaikan sebesar 1.06Hp dan 0.2Nm menjadi 33.31HP dan 19.47Nm! Angka keramat 33HP pun pecah lads…

Dibandingkan pipa header yang lama, pipa header RX8 yang baru ini karakter terlihat seperti perpaduan antara kondisi standar dengan pipa lawas, pipa lawas dari 5000 RPM sudah jengat terus hingga 10400 RPM, dan kenaikannya mulai pelan pelan dan menukik di sekitar 13000. Sementara pipa yang baru sudah naik di 5000 namun kenaikannya cenderung perlahan mirip dengan standar.. tapi kemudian di 10400 saat pipa lawas sudah mulai stagnan, pipa baru ini terus naik hingga batas redline.. beuhh.. Kalau torsinya cenderung mirip mirip..

Menurut Om Bram dari Sportisi hasil ini bisa dikatakan sangat baik, namun ada input dari beliau, dari data dyno jet terlihat di tenaga atasnya terlalu miskin (lean), angkanya di bawah 14, kalau untuk harian sih aman, tapi kalau untuk terjun track day disarankan menggunakan lambda fooler atau semacam piggy back yang bisa enrich di putaran atasnya.. Tenaga pun bisa terdongkrak juga lads..

Pemasangan pipa baru header RX8 ini bukan tanpa kendala, dengan baut fairing yang standar ternyata pipa tengahnya terlalu mepet dengan fairing, ngakalinnya sih gampang, tinggal ganti baut yang panjangan, selesai deh..

Tentu kenaikan tersebut hanya sebatas angka angka di atas mesin dyno dynojet yang meskipun terkenal keakuratannya tetap saja kudu dibuktikan di jalanan kan hehehe.. Tunggu yah artikel lengkap review piping baru RX8 Trigallnt ini digunakan harian pada Zeref CBR250RR..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

34 KOMENTAR

  1. Velg motif bosok, disc belakang 1 piston palababi, kerangaka penyempurnaan cb150, ban oem road losser

    • Rangka pengembangan cb? Lu gk liat beda rangkanya ya, cb tu diamond, cbr250 tu twinspar tipe pipa

  2. mang gmana selama ini pernah pake rx8 sm gpr sportisi ada gejala nembak2 ga? apa mmg cbr ini ga terlalu butuh piggyback spt 250 yg lain ya mang?

    • Up this. Anak2 cbr bekasi sih belum ada yg kena gejala nembak. Padahl yg kustom banyak. Malahan yg gejala ngempot sama nembak gegara pake leovince cobra yg header slipon nya gede banget. Itupun kalau udah anget mesinya, mulai ilang. Oh, btw kata mekanik hondanya, setingan bensin bisa dibikin boros. Istilah bengkel nya sih naik mode. Belum nanya ke mekaniknya langsung sih. Banyaknya yg kustom pada naik mode.

      • emang kenapa? mending tornado beli cash dulu dari pada vario 150 beli kredit, kencengan ge motor buosok gw dari pada teknologi canggih 150cc SOHC

        wekekekeke

        :v

        • tantangan lu diterima tu sama bung kobay.
          kpn ke sentul roy…? kikiki…..
          makanya punya mulut disekolahin. biar gak asal njelplak.
          mimpi pake ninja, kenyataan cuma tornado bosok. divoor 5 kecamatan tornado lo juga keok. tragis nih hater honda

  3. bukannya kalau AFR di bawah 14 itu justru rich ya? di atas 14 itu yg lean
    coba search stoichiometric deh

  4. jgn lupa kalo dyno itu fungsi intake ramjet TAK berfungsi karena tak ada tekanan udara dari depan seperti di jalanan. secara AFR ideal pas dyno seharusnya malah di bawah 12,8 tuk rpm atas biar pas di jalanan itu AFR idealnya naik ke 12,8 tuk power terbesar.

    • Perasaan pernah diulas deh metode naek dyno nya
      Didepan motor ada kipas guede.
      Ngga masuk angin bediri didepan kipas itu angkat jempol 4-4 nya deh @_@

Yuk Tinggalin Jejak Lads..