GSX

kecelakaan di zona merah tegal 1Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Biasanya pada satu daerah ada satu area yang terkenal rawan, rawan disini definisinya adalah rentan mengalami kecelakaan lalu lintas, seperti di daerah Tegal ada yang namanya zona merah.. Apa sih itu?

Artikel ini sebenarnya masih ada kaitannya dengan artikel sebelumnya tentang kecelakaan truk pengangkut motor suzuki gsx-r150 dengan truk pengangkut cabe cabean.. Benang merah dari kecelakaan tabrakan kedua kendaraan besar tersebut dengan artikel ini adalah areanya.. Yaitu di zona merah tegal.. Zona merah ini terkenal sebagai area yang sering terjadi kecelakaan lalu lintas lads..

Dapet info dari grup nih mang…

Ampuunn… Dalam satu hari, 2 kecelakaan di tempat yg kurang lebihnya sama!

Kronologinya sendiri kurang jelas… Menurut  sampean sendiri, benar apa gx sh ? Zona Merah Selamat Sekolah suka licin setelah hujan dan berpontensi terjadi kecelakaan ?

kecelakaan bus di zona merah tegal 1

Kembali mangbro Thamrin sharing kecelakaan di tempat yang tak jauh atau bisa dikatakan sama dan berdekatan, zona merah Tegal, artinya dalam satu hari sudah terjadi dua kali kecelakaan.. Beberapa komentar di grup fb yang KBY share tentang lakalantas truk sebelumnya juga banyak yang mengiyakan daerah itu rawan sekali kecelakaan.. Ada pula yang berkomentar kalau zona merah itu merupakan zona sekolah sehingga aspalnya dicat berwarna merah..

kecelakaan di zona merah tegal 1

Seberapa lebar area yang dilabur cat KBY sendiri persisnya kurang tahu, dan memang benar sih kalau aspal kena labur cat biasanya lebih licin dan membuat grip ban kendaraan ke aspal menjadi jauh berkurang.. Jangankan seluruh permukaan kena cat, garis marka jalan yang berwarna putih saja licin loh kalau dilindas ban, apalagi kalau bannya sudah mulai menipis.. wehhh bisa kaya ice skating!

kecelakaan bus di zona merah tegal

Sejatinya cat merah di atas aspal itu dibuat agar pengendara kendaraan bermotor dapat waspada dan harus berhati hati karena banyak anak sekolah baik yang menyebrang maupun berjalan di pinggir… Disini kadang kita suka mengabaikan warning atau peringatan yang biasanya sudah ada beberapa meter sebelumnya… Bagaimana menurut pendapat lads semua? Baiknya apakah jalan tersebut jangan dicat atau sudah seharusnya pengendara yang waspada?

kecelakaan bus di zona merah tegal 1

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube Channel: Yogas Erlangga
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

25 KOMENTAR

  1. Mang Kobay, menurut ane sih sah2 saja dibuat zona selamat sekolah dengan tanda/cat warna merah. Tapi yang perlu diperhatikan adalah spesifikasi material yang harus tetap menjaga koefisien kekasaran permukaan aspal sehingga aspal tidak terasa licin dan grip ban tetap terjaga di segala kondisi, khususnya hujan. Apalagi kalo kondisi hujan di malam hari, jalan basah dan pencahayaan kurang. Jangan sampe zona selamat sekolah menjadi zona tidak selamat bagi pengemudi & pengguna jalan lainnya.

  2. Oom, masalahnya cat yang dipakai itu bukan type road paint yang sesungguhnya sehingga licin. Road paint itu mahal sekali dan tidak umum di produksi di dalam negei. Dari pengalaman saya; spesifikasi cat yang ditetapkan oleh PU untuk jalur jalan zona (mus bus way, sekolah dsb) dibuat dari bahan epoxy; inilah penyebabnya; sifat epoxy ini sangat lentur tapi mudah terkikis. Agar tahan; pabrik cat menambahkan bahan umumnya silikon dan bahan ini sangat sangat licin. Mestinya pu bikin spek yang benar. Road paint yang baik menggunakan bahan polyester bukan epoxy.

  3. Sebenernya gpapa sih dicat gitu tuh, ini sih lbh ke pengendaranya sendiri sih mang.
    Saya tau kok daerah itu, disitu kendaraan tuh kenceng kenceng mang gatau kenapa padahal udh ada rambu jelass zona merah mbok ya harusnya dipelanin toh tetep aja mang kalo pengendaranya bandel bin bego sih mau se kaya gimana pasti ada aja kecelakaan.

    Tapi kusus dipanturan sendiri skrng sih yg lagi rawan alias stadium akut soal jalan berlubang mang, ampunn dah kaga bisa dipilih jalanan pantura sekarang, bukan apa apa lubangnya boleh kecil tapi dalemnya itu loh 30cm lebih apa kaga bahaya ?? Kususnya buat kita para pengguna motor ?? Mana penerangan minim apalagi kalo malem ujan aduhh udh gitu bus bus edan edan , jujur mang ngeri asli sekarang pantura.. Yg jd pertanyaan knp pemerintah seakan diam nunggu brpa ratusan korban dulu, sekalinya di aspal masya allah aspal level kroco yg semingguan jg paling ngelotok lagi. Kaya ogah ogahan tuh .

    Saya pernah liat sendiri biker mio ato apalah itu yg jelas anak klub motor penuh stiker , percaya mang kobay, doi itu ngindar lubang persis depan pom bensin cuaca hujan waktu itu yaa grimis manjah gitu lah.
    Nah pom bensin kan biasanya si tugu pertamina yg harga2 gituan dipinggir jalan gitu yaak nah disamping tugu itu tuh ada selokan yaa kecil lahh trus kaya ada rante2 gitu yang ngitari si selokan, gatau apa saking kenceng nya itu biker jatuh apagimana motor ama ridernya masuk ke selokan mang nyemplung cobaa gilaa , padahal lumayan jarak tugu ke jalan raya loh sekitar 5 sekian meterlah. Tuh gara2 jalan berlubang udh kaya kubangan kebo .

    • Perhaikan jalan ga mungkin pas musim ujan gini, sama aja buang duit. Aspal sebagus apa, kalo direndem ujan tiap hari, pasti abis.

      Ane di bali, juga banyak bgt nemui jalan berlubang.. apalagi pantura.. pasti tambah parah..ekekekekeke..

  4. skolah kan ada jamnya ya mang kobay… muungkin dari jam efektif d pakai zona merah pas berangkat skolah ma pulang skolah.. selepas itu jarang ada siswa lalu lalang d jalan…
    kalau di liat foto di atas kejadian malam.. ga ada siswa lewat … jadi sah saja kendaraan berjalan normal

    mungkin zona merah itu perlu jadi perhatian kalau sudah memakan korban…

  5. Waduh bahas pantura… kapan benernya tuh proyek abadi bangsa… ?? tiap taun dibenerin mulu… kapan jalan daerah ciraos ama cibarengkok kecipratan pembangunan kalo gitu….

  6. Iya perasaan juga licin mas …
    bahan baku marka sama cat Zona Merah mungkin sama kali ya …
    ban masih baguspun kalo lewat marka .. pasti geal-geol …

  7. Wah zona selamat sekolah itu memang licin pas ujan Kang, ban ane aja pas lagi jalan lurus pernah slip, memang pas lagi akeselerasi sih, tapi posisi tegak kog, apalagi klo lagi miring coba,,, nah skrg bukan rahasia lagi, ban2 truk dan bus itu biasa nya ga semua sehat, ada yang vulaknisir lah, botak2 lah, mau gimana safety klo bgtu.. belum lagi sopir yang suka ugal2an nyetir nya.. jadi bukan hanya kesalahan satu pihak saja..
    tapi memang mgkn seharusnya zona selamat sekolah itu gag di cat merah seekstrim itu ya, cukup dibuat bentuk border luar nya saja, toh jam anak sekolah hanya sampai siang, sedang kan 3/4 hari tidak diperlukan… IMHO

  8. bener bngt jalan yg di cat kaya marka jalan, karpet merah busway dll itu licin apalagi kalo ujan,,

  9. di lampu lalulintas jg biasanya di cat merah sering ada yg jatuh kalau yang ngedadak berhenti/ngerem karena keburu merah langsung slonjoran karena licin

  10. emang licin pake banget om. ane pernah jalan di daerah itu kira2 kec 100km/jam, kebetulan jln merahnya pas deket tikungan, beghh slide om, untung ane niru gaya power slide casey stoner, jdi selamat sampe tujuan..

    *cerita ini sedikit mengandung humor, apa lagi di power slide, kejadian sebenernya kaki ane nahan bobot motor biar gak jatoh dan terkilir,

  11. Infrastruktur kita disini memang banyak yg bermasalah, namun lebih penting dari itu adalah masalah mental pengendara, driving/riding skill

  12. Ternyata ga cuma saya yg merasa cat zona merah dan cat garis putih di aspal itu bikin licin.. terlebih saat hujan.

  13. Menurut saya, kurangnya edukasi tentang rambu lalu lintas/marka/signs. Maka dari itu, perlunya sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya safety riding yang salah satunya mengenai rambu yang ada di jalan.

  14. Kalau itu memang zona penyebrangan anak sekolah, kenapa gak dibikin penyebrangan bawah tanah aja? kayak di stasiun kota?

  15. Wuihhhh mang kobay jalan2 ke tmat ane gak ijin dulu nih…
    Bener mang di situ rawan bgt pjg zona merah itu sndri ± = pjg bus, hati2, aplg klo grimis, rawan motor puter arah krn mmg seb seltannya kampung. Jmlh kjadian udah bnyak

  16. ganti saja dengan speed trap, material cat licin tuh
    di jawa timur malah saya lihat cat merah zona sekolah itu sudah di kerok, mungkin kasusnya sama,banyak yang kepleset

Yuk Tinggalin Jejak Lads..