Kobayogas.com – Hola lads, salam geber.. Tentu kita akan merasa aman dan nyaman dan juga merasa sebagai warga negara yang baik dan taat membayar pajak, ketika membeli motor baru lengkap dengan STNK dan juga pelat nomor kendaraan. Kalau sudah dua tahun pelat nomor kendaraan belum dapat juga gimana ceritanya tuh??

Aneh tapi nyata, di sisi lain biaya pembuatan STNK dan BPKB sesuai PP60 2016 ditagihkan dengan nilai dua hingga tiga kali lipat kepada pemilik kendaraan oleh pemerintah..  (baca juga: Tarif Baru Biaya Pembuatan STNK dan BPKB). Ironisnya, di salah satu kota di Indonesia, yaitu kota yang terkenal dengan Mpek Mpeknya, Kota Palembang, masih saja masyarakat dirugikan.. sudah dua tahun lebih mereka tidak mendapatkan pelat nomor resmi kepolisian daerah!

Adalah sobat di klub Honda Jazz dulu yang sudah lebih dari 5 tahun kini menetap di kota Mpek Mpek Palembang sharing akan pengalamannya melalui BBM. Awalnya dia melemparkan pertanyaan yang membuat KBY terheran heran, yakni seputar pelat nomor kendaraan. Awalnya KBY pikir dudukan pelat nomor, ternyata si pelat nomor polisinya itu yang dimaksud oleh Adolf..

 “Kang apa kalau beli motor baru di Jakarta dapat pelat nomor ga ya? Kok di Palembang gak ya? Dua tahun lalu beli Honda Revo fit gak dapat pelat nomor, sekarang beli Honda Beat juga sama, cuma dikasih STNK aja.. “

“Pas tanya ke dealer suruh bikin sendiri katanya, akhirnya dulu Revo ay bikin di pinggir jalan.. Berlaku semua motor kang, kemarin anak buah beli motor Yamaha gak dapat pelat,  STNK only.  Kalaupun ada kudu nunggu 4-5 bulanan..

“Kata dealer sih dari Polda nya begitu, ini terjadi sejak pernah ramai bahan pelat nomor kosong… jadi gak aneh kalau banyak motor gak pake plat nomor di Palembang, tapi disuruh tunjukkin STNK ya mereka punya.. Bingung saya kang mau komplain kemana..

Nah ironis banget kan? Biaya pembuatan STNK dan BPKB baru saja dinaikkan, lah ini ada daerah yang hingga kini kendaraannya masih saja belum dapat pelat nomor resmi dari Polda dengan alasan materialnya sulit.. Semua jenis dan tipe motor loh.. Di tweet ke RTMC dan NTMC sulses pun gada jawaban.. Lantas kemarin kemarin uang pajaknya dikemanain ya?

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube Channel: Yogas Erlangga
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

50 KOMENTAR

  1. Jadi ingat jeleknya pelayanan honda(npm kep…….) Motor dah setahun stn belum dikirim begitu mau perpanjangan harus repot bolak balik dealer ambil stn

    • Lah tuh anak buahnya pengirim berita beli merk yamaho sama jg…cieee efek benci merk sampe tulisan lainya dianggep typo…ketauan dar kapasitas lo.

  2. kalo tau caranya ngurus plat ranmor baru, mending beli Off the road dah, daripada birokrasi Dealer ribet, kemaren pas ane ke Dealer kawasaki malang (surapita unitrans), bareng sama bapak bapak beli Ninja 250 Cash, dia tanya “berapa lama mbak plat nomernya?” si sales bilang “2 bulanan pak, jadi nunggu faktur dulu kurang lebih sebulan jadi, trus diserahkan ke pusat (Surabaya) diurus ke samsat Pasuruan (alamat bapaknya Pasuruan), trus setelah selesai dikirim ke malang, untuk bpkb 4 bulan”
    kalo beli Off the road, kita ngantongin surat surat dari Dealer, trus langsung urus deh, nggak ribet (tergantung samsat nya sih) , tapi ya nggak semua orang punya waktu untuk itu…

  3. Lah bukannya dari 2013 juga yg saya alami utk daerah jawabarat sama ko sampai sekarng ga pernah dapat Plat Asli nya, 2 thn lalu setelah lunas saya coba tanya jawabannya tetap sama bahwa plat belum ada susah dari sanahnya bikin ajah untuk sementara mah di jalan.
    Pernah ketilang di klender gegara plat ga asli saya sampaikan apa adanya dan tetnyata pulisi nya juga memaklumi sodara spt nya mereka tau juga masalag ini. Sekian laporannya #tengkiujreng

  4. Lah si hitler eh si adolf beli revo fit sekian belas juta kan berikut biaya pengurusan plat dll? Kl dealer suruh bikin sendiri, balikin dulu selisih duitnya. Revo sama beat njop barunya cuma 7jutaan koq.

  5. Ak dulu pas beli old cb150r di kulon progo yogyakarta. Plat baru selesai setelah 18 bulan. Hadeuhhh ngiluuu, pdhal motor dibuat kerja di jkt. Ada razia, pelanggaran TNKB karna ga pakai plat asli dri samsat..
    Biaya naik, pelayanan juga harus lebih baik donKK…

  6. lebih enak plat nomer cukup di spatbor belakang aja selain faktor safety sisanya bisa ke daerah yang susah dapetin bahan material bikin plat nomer.
    kalo bagian depan cukup stiker resmi dari kepolisian bisa pake hologram, ayolah pajak udah naik masa ga bisa bikin kayak gitu.

  7. Kalo sekarang sehari jadi ya mang (pajak 5thn) tapi ya kualitas cat amburadul wkwk kyak bocah mainan cat, mblobor kabeh ekekekek

  8. Baru dapet STNK doang ato udah sama BPKB juga kang? Sodara saya pernah cuma dapet STNK sama BPKB doang n untuk plat nomer sama dealer suruh nunggu. Ahirnya datang sendiri ke samsat tempat penerbitan surat”, lapor loket pembuatan plat nomor sambil tunjukin STNK + BPKB asli. Ga nyampe 5 menit plat nomer udah jadi n gratis.

  9. Nahh…bokap ane di malang, sampe motor lunas 3taon itu plat nomor juga belum jadi. Setiap membayar pajak tahunan juga disempatkan bertanya kr bagian bpkb juga jawab nya sama. Trus duit segitu lari nya kemana?

  10. Gak usah kaget lah bro, Indonesia banget gitu lho! Pengen enak ke ostrali saja sama om Leo wkwkwkwk

  11. Lama jg ya. Pernah ngalami jg mang sy di lamongan jatim tp cuma setahun, pajak 5 tahunan pas ganti plat malah kosong bulan 10/2013 lalu dijanjiin 3 bulan ambil plat ternyata gak ada trs dijanjiin agustus 2014 sampe malah dikasi kertas potongan isinya plat nomor dalam proses ada stempel samsat yg bunder itu sama stempel bulan agustus ternyata masih gak ada juga dijanjiin nanti aja pas bayar pajak tahunan akhirnya pas di bulan 10/2014 pas bayar pajak tahunan dapet itu plat jd genap 1 tahun

  12. Lah di Bandung jg sama kang
    Kmrn saya beli motor 2015 sampe skrg juga ga nongol2 kang platnya
    Bikin pinggir jalan tp polisi ga pernah ngerecokin
    Aman2 aja

  13. Nggak plat no nggak e ktp…th 2012 bikin e ktp kaga jadi2…bln agustus2016 bikin lg ampe skrg blm jadi jadi juga….segitu parahnya kah negri ini…hal sepele aza sulitnya minta ampun…negara lain udah bisa bikin mobil…prgi ke bulan ….la kita bikin plat no sm e ktp aza susahnya mnt ampun…tender inilah …tender itu lah…sm ke jln aspal yg ancur minah…udh bnyk korban berjatuhan kg ditmbal2..krn musti ditender dulu…lsm pd ikut2an mnta jatah…bgtu mnang tender dikerjain asal asalan…bru 2 bln dtmbal ancur lg…..hadeuuuuh

  14. hmmm. . .smoga kasus ini bs jd trigger & pilot project plat nomor pake stiker yg d tempel di body. . .
    selain murah jg ga brbahaya jk crash, mari qt bwt petisi d change.org agar dpat di realisasi keun. . .

  15. Saya orang palembang. Benar sekali masalah tersebut. Saat saya beli motor dealer berkata plat paling cepat 7 bulan dan sampai sekarang belum ada tanda2. Namun wajawr pertumbuhan jumlah kendaraan roda 2 dan 4 di kota saya sangat cepat. Macet dimana mana sekarang

  16. Hahaha…bukan kisah yg aneh Bro..saya juga from Sumatera Selatan..begitulah Busukkk nya Birokrasi Negeri ini..Saya juga alami..begitu saya Ngamuk2 sama orang Dealer..2 hari setelahnya di tlp suruh ambil Nopol nya…Ehh ga tau nya Nopol bekas yg diketok ulang sama orang Samsat,trs dikasihkan sama saya oleh orang dealer…apalagi waktu itu saya beli motor cash, jadi agak dianak tirikan..begitulah Birokrasi Busukk negeri ini..giliran yg namanya pajak or pendapatan dikejar2 giliran pelayanan….Bosokkkkkkkkkk”k

  17. Saya ktp jakbar, beli motor baru akhir 2016 dapet plat nomor gak sampe 14 hari kerja…
    Boleh diusut tuh kalo sampee berbulan-bulan gak jadi, jangan masyarakat disuruh bayar pajaknya aja rajin..

  18. Nah loh, ini kn kampung halamanx Pak Tito yg mgusulkan kenaikan harga di Samsat shingga lahir lh PP NO 60 TH 2016, Tpi koq gini ya kinerja Oknum anak buah’y, Tlog di tindak pak biar ga maluin institusi, Setuju KPK harus turun tngan nih .

  19. emang feler, masyarakan diminta wajib pajak, uang pajak di telen..kalo gw dikecewain kayak diatas males bayar pajak, mau tilang ajak ribut,,

  20. yang lucu lagi ada, dari saya lahir belum sekalipun jalan utama diperbaiki..
    ancur parah, sedan masuk situ bisa rontok..
    lokasi padangratu,, desa suroboyo arah poncowarno lampung tengah

  21. … ‘ iki seng di sebut ? Sang fenomenaaalll … sejati bin sejati plus sejatiii … 690 X ! He he …

  22. lah ninja mono ane udah 15 bulan itu plat belum ada kabar. Posisi di cimahi. Kirain disini doang yang gajelas tuh

  23. 2015 lalu bulan sept beli vario 125 di semarang kota, pake ktp semarang kota, proses stnk sih normal, tapi plat nomer baru terima bulan februari 2016.

  24. Gtr saya ngambil agustus 2016 sampe sekarang juga belum ada kabar platnya udah jadi apa belum.. ya pakai plat palsu aja deh

  25. Di samsat kab bandung barat juga motor saya dari 2013 nympe sekarang gk ada plat nopol bang kobay

  26. Ada bagusnya juga motor ga dapet plat nomer.
    Itu motor masih keliatan baru dan kecehhhh gara2 gaada plat melintang besar berwarna hitam

    Btw Adolf ada keturunan jerman yah? Keturunan ke berapa Hitler nih? ???

  27. Di Padang (Sumatera Barat) Juga Kaya gini mang
    Bokap Beli Beat, Nopol nya keluar nunggu kurang 2 tahun dulu,
    Ane beli motor udah mau setahun juga belum keluar Nopol nya.
    kata dealer nya, Samsat kehabisan bahan baku buat bikit Nopol.

  28. Alhamdulillah kmaren bulan 11 pajak 5 tahunan ganti plat skalian balik nama mang, brangkat pagi jam 11 udah beres termasuk plat nomor langsung jadi, Cilacap mang. . .

Yuk Tinggalin Jejak Lads..