tebeng depan New Soul GT

Kobayogas.com – Hola lads.. bete gak sih kalau motor kesayangan yang relatif baru tapi bodinya sudah bolong karena pecah?

Nah ini ada sharing dari Bro Bobby, pemilik skutik Yamaha berlampu LED yang share akan keluhan dirinya dan teman-temannya yang mengalami kejadian mudah pecahnya plastik bodi depan New Soul GT. Sebelah mana sih bodi depan mudah pecah yang dimaksud?

Jadi di bagian depan itu kan ada dudukan plat nomor ya? (lihat foto), nah kata bro Bobby dan teman-teman pengguna New Soul GT, getaran si SGT ini lumanyun (lumayan bikin manyun).. So, akibat getaran yang berlebih itu, somehow, dudukan plat nomor yang menyatu dengan bodi depan jadi rentan pecah lads…

Duh jadi bolong gini :(
Duh jadi bolong gini 🙁

Atas investigasi bro Bobby dan teman-teman pengguna New Soul GT Bluecore, penyebab mudah pecahnya tebeng alias dudukan plat nomor yang ada di bodi depan itu adalah karena dudukannya langsung nempel ke bodi motor. Seharusnya dudukan tersebut nempel ke bodi besi/ sasis sehingga aman dari getaran, atau bisa sih ke bodi asal tebal aja plastiknya.

Namun sayangnya bodi plastiknya New Soul GT di bagian itu kurang tebal sehingga jika terkena vibrasi yang kuat secara konsisten dan ditambah misalnya jalanan harian yang tak bersahabat ya sudah, tamat riwayatnya tebeng plat nomor tersebut, ambrol alias pecah..

Belum lagi kalau sejak awal si empunya mengencangkan baut plat nomornya terlalu kuat yang bisa jadi bikin retak halus si bodi. Solusi sementara? Plat nomor dipakaikan lakban/ solatip (lihat foto) agar tetap menempel pada bodi.. Bro Bobby juga mengatakan part body New Soul GT ini inden, jadi lumayan lama nunggunya…

Semoga YIMM dapat menemukan solusi jitu akan masukkan dari mudah pecahnya plastik tebeng plat nomor dari para pengguna Yamaha New Soul GT bluecore ini.. Solusi lainnya apa om Bobby? Ada kang, berdoa semoga gak pecah.. jare.. laaahhh

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: [email protected]
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
Tweet me: @kobayogasblog

75 KOMENTAR

  1. Plat nmr belakang jg dudukannya pada langsung ke plastik, tp pada aman2 aja tuh kang… apa vibrasinya beda antara dpn blkg? atau….. jangan2 ?

      • si akang yg di ayas ini ada² aja.. plastik spakbor blakang di samain ma plastik body tebeng depan.. plastik belakang di tekuk aja gak pecah.. emg elastis masa di samain ma depan.. pegang dulu gih motor sampean terus bedainn… yang belakang kaya onde-onde yg depan kayak rempeyek

    • Ngoahahaaa… Komen terngeles dr org yg gatau motor. Plastik spakbor blakang disamain sma cover body. Ngoahahahahhaa..

  2. biasanya tebeng metic yg rada bagol suka manggut2 (geter) mungkin struktrunya kurang rigid. coba pake bracket platno yg afftermarket. cari yg aga maju jd si plat posisinya menjauh sedikit dari bodi

    • Komen ini nih yang bikin tululnya makin keliatan. Kalau dibikin makin maju alias makin menjauh dari bodi malah makin cepet ambyar tho dom… Tau gaya moment nggak? Kalau lengannya makin panjang torsinya juga jadi makin besar tau nggak? Dasar tulul…

  3. kata fby plastik honda icikiwir tipis mudah pecah kwalitas ember bekas batargebang.. tapi teryata ini juga sama.. sebenernya kwalitas ni 2, pabrikan kyaknya sama ajaa..gak ada bedanya.. sma² bengek penyakitan smua..

  4. Ane pernah bongkar soul gt lama sama Mio Soul krn masalah geter itu kang.
    Seinget ane
    “Geter body depannya emg penyakit bawaan krn besi breket plat nomor emg cuma nyangkut di body, ngga nyambung ke frame/sasis” tujuannya sih supaya memudahkan buat bongkar pasang body depan, tapi resikonya ya gitu, geter maknyus”
    Kesimpulannya. Sejak Mio soul emg breket plat nomor ngga nyambung ke frame.

    • Biasanya krn geter2 itu, makanya orang pada ngencengin baut2 body di sekitar breket plat nomor. Tapi krn ngencenginnya agak maksa (krn kesel geter2) akhirnya pecah deh tuh.
      Solusinya cuman 1, YIMM harus bikin breket yg nyambung ke frame.

      • Masalah body getar selalu hadir di motor yg sering di bongkar pasang bodynya untuk keperluan servis/ganti lampu dll. Selain itu diperlukan juga mekanik yg “sekolah” beneran. Bukan cm pengalaman aja. Soalnya tenaga dan gaya yg diperlukan untuk ngencengin tiap baut beda mas. Kebanyakan mekanik old school pake tenaga yg sama buat ngencengin baut body dan baut as roda. Sementara di buku panduannya sbnrnya ada anjurannya. Jujur saya juga ngga sekolah Mekanik beneran. Tapi belakangan baru baca buku soal ngencengin baut2 itu.

        Dan satu lagi, sebenarnya kdng sering kali kita mendeteksi bunyi dan getaran dr sumber yg salah. Istilahnya ngencengin baut yg salah. Krn sumber getarannya mngkn bukan disitu. Krn part yg memerlukan baut yg kencang biasanya memang akan lbh tebal materialnya.
        Jadi saran saya buat owner soul gt, coba di deteksi dulu sumbernya dgn melihat kemungkinan sumber getaran berada di tempat lain yg memicu getaran di sekitar plat nomor.

  5. bagusan honda beat lama ya dudukan plat nopol nya langsung ke rangka pake besi, inimah asal saja, solusinya di LEM BIRU (lempar yg lama ganti yg baru) motornya, body ok tapi ringkih, hadeeuueh..

  6. kata ngef beyek plastik yamaha tebel? katanya gak getar……katanya paling bagus…..
    blegedes….. yg jelas KUALITAS AMPASS….
    Matik bogel model aneh

  7. xeon dan soul lama jg nempel kaya gitu supaya mudah saat servis. Mungkin platnya kena hantaman kali ato plat nomornya dikasih asesoris bingkai yg bikin berat plat nomornya, kalo cuma getaran saya rasa aman2 saja.

  8. Kyknya hampir semua metik tipe baru cuma nempel d plastik deh, terutama yg bagian depannya tebel, sama ajasih klo penempatannya baik merek y atau h, pengalaman d vario yg geter tu bukan plat nomernya, tp plastik tempatnya tu yg keder, jd bagian itu yg d atasi

  9. wah ini pasti oknum nih, sengaja di patahin, dan di sebar photonya, yamaha itu motor kualitas dewa, super nyaman, pinggang pegel dikit wajar biar bisa melek.

  10. Ngakalin kaya gt gampang

    Beli body yg baru

    Bagian belakang kasih RING selebar koin 100rupiah ,koin nya dilapisin karet ban dalam….ntar lg klo ngencengin bagian itu jgn pake otot tp pake jidat…..

    Ngoahahahahahahahaaaaa

  11. Material apa tuh yg dipake. Tu**erwar* beli di pasar Rawalumbu beda sama yg reseller asli. Pertanyaannya Ymh gak punya vendor management yg ciamik apaa ?

  12. Komen ini nih yang bikin tululnya makin keliatan. Kalau dibikin makin maju alias makin menjauh dari bodi malah makin cepet ambyar tho dom… Tau gaya moment nggak? Kalau lengannya makin panjang torsinya juga jadi makin besar tau nggak? Dasar tulul…

  13. besi vs plastik tau lah siapa yg kalah.
    kalo beginian amana ada recall.
    maklum motor buatan indonesia terlalu sempurna sampe gk ada recall. sekalinya ada recall malah di caci maki.

  14. saya juga pengguna all new soul gt alhamdulillah sampe sekarang masih sehat bracketnya.. tapi emang kadang kalo lagi akselerasi geter parah di bagian plat depan..

  15. Sama senasib kaya punya Ane, baru 3 bulan sdh jebol, arternatifnya Ane iket pake kabel ties ( kaya di jahit ) sambil nunggu inden barangnya, tapi ane puas make soul GT All New

  16. Baru bgt motor ane begitu pdhl masih baru :(( pas bgt ternyata ada trit beginian ? mau gamau solatip dulu sampe keganti dasi bodi nya :((

    • pengalaman karna pakai variasi plat nomor, jadi tambah berat & detaran di plat nomot lebih besar,,

      punya ane udah retak2, di lem p**er g**e + plastik masih kurang kuat,,,

      akhirnya variasi plat di lepas, plat nomor langsung nempel di dudukan plat,,
      getaran jadi minim,

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini