banner

Yamaha MT25 16

Kobayogas.com – Satu kesempatan melakukan first ride Yamaha MT25 250 2 silinder datang saat KBY dan D’Gujubar melakukan turing bareng ke Puncak II, Bogor..

Ya, setelah hanya bisa melihat dari foto-foto saja, dan juga belum pernah melihat langsung sosok Yamaha MT25 di jalan, akhirnya bisa juga nih mendapatkan impresi berkendaranya meski singkat… Siapin cemilan karena rada panjang nih lads, dan KBY sarankan, jangan membaca setengah-setengah agar tidak ada kesalahpahaman 😀 wokeh? Geber lads…

DESAIN

Gagah.. seeing is believing.. Melihat langsung Yamaha MT25 ini di dealer Putera Buaran Duren Sawit ternyata lebih cakep dibanding melihat via foto. Memang pada beberapa bagian seperti buritan, tidak ada yang terlalu spesial karena sang kakak Yamaha R25 pun memiliki desain yang sama. Namun hal tersebut juga dialami oleh Kawasaki dengan Ninja dan Z250-nya kok.

Headlamp MT25, mungkin ini subyektif, tapi menurut KBY seharusnya Yamaha dapat berekperimen di sisi ini, wajahnya tidak buruk namun tidak meninggalkan kesan wow, alias wow effect nya kurang. Padahal sebagian besar pembeli itu tertarik karena pandangan pertama loh.. Yamaha seperti kebingungan mendapatkan wajah yang tepat untuk si MT25 2 silinder ini. Andai dibuat dual headlamp baik horisontal seperti milik Kawasaki Z250 atau bertingkat seperti New CB150 pasti wajahnya bisa lebih ganteng.

Sementara dari sisi kualitas material plastiknya, sebenarnya Yamaha MT25 ini cukup, hanya jika ditanyakan dengan milik Z250 FI ya masih kalah, sepertinya pemilihan warna warna ‘mati’ pada beberapa bagian membuat kesan mewahnya berkurang, membuat kesan plastiknya malah menjadi lebih mencuat. Kerapihan sektor dashboard patut diapresiasi, kabel-kabel tersembunyi dan tersusun rapi.

Terdapat beberapa bagian yang didesain sedemikian rupa oleh Yamaha agar kesan berotot muncul pada sosok Yamaha MT25 dan usahanya sukses, seperti shroud yang memanjang serta sisi kiri dan kanan radiator yang didesain seperti menangkap udara untuk memaksimalkan pendinginan mesin. Lalu under cowl yang terpisah dengan shroud membuat kesan kokoh mesinnya terangkat.

Pun begitu, kesan bongsornya agak sedikit tersamar jika dibandingkan kompetitor, MT25 suka tidak suka jika dilihat sekilas, lebih mirip Yamaha Byson yang dimodif.. Jangan sakit hati, toh Z250 FI dulu juga dapat kesan yang sama hehe…

Yamaha MT25 11

ERGONOMI

KBY merasa Yamaha MT25 ini lebih baik dari Kawasaki Z250 FI yang pernah dimiliki dulu, posisi duduknya lebih in bike alias rider terasa lebih menyatu dengan motor. Mungkin juga akibat tangki dengan kondom yang besar dan naik ke atas, membuat posisi duduk menjadi lebih rendah dan mampu memeluk tangki lebih luwes.

Bahkan dibandingkan saudaranya, Yamaha R25 yang berfairing, KBY merasakan MT25 masih lebih baik dari sisi feeling dan ergonomi. Posisi setangnya hanya sedikit lebih tinggi dari Kawasaki Z250 FI, hingga bisa dikatakan mirip.

Posisi kaki ketika menapak juga relatif aman bagi rider yang memiliki tinggi tubuh 160 cm, ingat, asalkan menggunakan alas kaki yang memadai ya

Yamaha MT25 17

HANDLING

Bobot Yamaha MT25 250 2 silinder ini terasa ringan, bahkan di saat diam. Diet tanpa fairing adalah salah satu penyebabnya. Buktinya, memindahkan si MT25 berkelir kuning menyala ini bukanlah perkara yang sulit untuk dilakukan tuh lads..

Jalanan yang tidak mulus di lokasi pengetesan sedikit mengacaukan impresi berkendara si MT25, jadi konsentrasi KBY hanya pada kelincahan ketika menghindari jalanan berlubang serta ayunan suspensinya non link-nya ketika melewati jalanan yang kurang bersahabat.

Memang tidak seperti Kawasaki yang sasisnya terlalu kaku, Yamaha membuat MT25 dengan pendekatan khas ala Yamaha, lincah lads.. Menghindari lubang dengan kecepatan 60-70 km/jam bukan hal yang sulit, bobot setangnya juga pas. Ayunan suspensinya cukup, tidak membuai tapi tidak juga membuat pinggang terhempas, singkatnya, kenyamanan di jalan buruk masuk kategori baik.

PERFORMA

Tidak ada perbedaan performa antara Yamaha MT25 dengan sang kakak, R25.. Torsi lumayan sudah di dapatkan pada rentang RPM rendah, dan lebih terisi lagi ketika jarum melewati 6000 RPM. Hanya karena trek pengetesan di dominasi tanjakan, tenaganya tidak terasa terlalu keluar.. mungkin mesin 1 silinder dengan torsi badak seperti mesin Honda Tiger yang digunakan mang Prasetyo676 atau TVS RTR 180 milik om Yoshi indomoto justru akan lebih terasa efek tenaganya.

Tuas koplingnya empuk dan ringan apalagi jika dibandingkan rivalnya, perpindahan gigi per gigi juga cukup luwes meski masih lebih smooth milik New Honda CB150R. Untuk handling dan performa MT25 lebih lanjut, KBY sudah mendapatkan lampu hijau dari om Novan untuk membawa pulang si koneng dalam tajuk test ride harian, tinggal timingnya aja nih hehe..

MODIFIKASI RINGAN

Bro Novan sang pemilik Yamaha MT25 ini hanya sekedar melapis tubuh motornya dengan stiker kuning dan dudukan plat di depan, lain lainnya standar. Namun efeknya dahsyat, eye catching dan justru memperlihatkan kalau MT25 250 ini berbeda.. Wow effectnya dapet binggo…

Yamaha MT25

THE VERDICT

KBY berpendapat, seharusnya Yamaha dapat menuai hasil yang memuaskan dari penjualan Yamaha MT25 ini, desain eye catching dan berotot meski headlampnya seakan kurang harmonis dengan desain secara keseluruhan namun pointnya bisa mendapatkan nilai 8,5. Begitu pula dengan keunggulan bobot yang ringan, handling yang lincah dan tenaga yang sudah terisi sejak putaran awal.

Ditambah lagi value alias harga jual yang positif karena berstatus lokal dibandingkan sang rival Kawasaki Z250 FI yang CBU dapat membuat Yamaha MT25 menjadi pilihan utama.Nih ada gubahan lagu buat si jigo..

Ayo goyang jigo, enggak pake koplo..Kita beli dua lima, dua lima..Kita numpak dua lima, dua lima..Dua Lima memang istimewa.. 😀


Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: [email protected]
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

66 KOMENTAR

  1. Ciri motor sportnya difoto semua (termasuk passbeam dan killswitch)

    Mang di artikel mt25 berikutnya titip satu, itu konde kalo dilepas gimana penampakannya. Mau beli tapi asli galau tampak depannya.

  2. udah lihat aslinya, bagus kok…headlamp juga bagus…ga sejelk seperti terlihat difoto-foto..yg pasti pas pertama lihat…gede!..he..he..dibandingin vixy gw

  3. Wah mantap reviewnya kang
    Kesak gaharnya emg dpt bgt

    Tp ane rasa penjualannya msh kalah sama si fairing
    Kbnykn selera org indonesia skrg beralih ke motor fairing heheh

  4. yg penting lg suaranya yg strereo
    enak jg didenger fighter tp suaranya bgs
    drpd yg byk dijalan keren” suara mono

  5. Bahhh…tempat ane ambil Byson Fi jg dipuetra buaran duren sawit tuh ma SPV. nya Pa Edy. Mayan dikasih diskon 300 rb. Hal yg cukup langka krn motor baru produksi ga ad sama skali diskon tp ane bruntung krn pmbelian dr PRJ. Overall ane jg sempet cicip2 MT 25 disitu dan posisi riding lbh mengintimidasi dibanding Byson FI yg lbh rileks. Stang MT25 pun lebuh pendek ga slebar byson & ;bh merunduk. Behelnya MT25 lucu yak ky mo copot klo dipegang?!

  6. mending ini apa benelli tnt 250 yang punya suara mirip 4silinder, soalnya pake system pembakaran mesin 1ledakan power untuk 2langkah ato 1 power per 1 siklus putaran ato tiap 360 derajat, mirip motor 2tk 1 silinder loh….

  7. Motor ganteng. Pengen tapi tidak mungkin terbeli kecuali mau digantung bini. 😀
    Untuk motorsport, saya percaya Yamaha. Untuk bebek, saya percaya Honda. Untuk blogger ter-charming, saya percaya om Kobay.

  8. Kalau menurut saya MT25 bukan sekedar R25 ditelanjangi karena Dari Bodi Bodi tangi dan Bodi Buritan belakang udah beda Cetakan dengan R25. Buritannya walau bentuknya sama tapi ada lekukannya yang beda ditambah ada Tanduk bocengers. Jadi Yamaha harus membuat dua cetakan Bodi untuk R25 dan MT25.

    Beda halnya Z250 Bodi Tangki dan Bodi Buritan sama persis cuma ada tambahan Shroud seperti Half Fairing memanjang kebawah.

    MT25 dari jargonnya saja adalah “Naked Evolution” jadi memang lebih menonjolkan aura Telanjang mempertontonkan Mesin yang padat dan Bodi berotot sehingga terlihat Simple tapi Kekar dan Macho.

    Sedangkan Kompetitiornya lebih terlihat ke Elegan Streetfighter karena tertutup Shroud Half Fairing, Tapi karena Aura mesinnya tidak terlihat jadi sedikit kurang Jantan, Untungnya ketolong lampu sangar dari hibahan Z800.

    Tapi itulah Yamaha seperti di Klan R Series yang satu sama lain selalu beda2 designya, juga berimbas ke MT. Series. Yamaha Ogah menghibahkan Headlamp MT09, MT07 atau MT125 Eropa buat MT25. Sebenarnya Headlamp MT25 ngak jelek2 banget malah terlihat Misteriuss dengan Alis Running Day Light tapi sentuhan tambahan pemakaian modifikasi Angel Eyes pasti terlihat lebih Angkerr.

  9. Waah..ini mah sport asli!!!lirik suspensi blakangnya..jgan cuma passbeam sm cut engine nya aja…hajahahhahahaa

  10. Ada mongtor R25 namanya Ki Ageng Wesibiru di modif atau dituning mesinnya jd 300cc yg katanya import blok mesinnya! tenaganya nyampe 41,58dk katanya! pas ditanya, itu dihitung dr ban apa dr crankcase? ketimbang dijawab, mlh komentnya kena model terasi! ya wiss llaagghh…. mungkin dihitungnya di dlm mimpi saza! gkgkgkgkgkgk…. nge Blog kok modele kaya ngana, piye toch!

  11. Di Triatmono.info tuch org ngeBlog atau ngeBual seehh…. kl ngeBlog modele kaya ngana aku yo iso llaagghh…skrg mlh tembus lbh dr 42dk in wheell katane! ck..ck..ck..

    • Betul itu on wheel bro, di blog leopold juga ada owner R25 yang udah ganti blok R3 malah bisa 45 HP on wheel coba dicek dan dibaca2 karena yang diganti bukan hanya blok R3 tapi ditambah PCV+Injector Racing+Filter+Porting Polish dll

  12. model knalpotnya nggak banget ya.. malah masih bagusan new vixion.. harusnya model knalpotnya di rubah biar kelihatan lebih keren..

  13. wkwkwkwk…. ada org baru belajar baca blog! ga kenal maka ga sayang! tar kl dah kenal tau dah koment yg bgmn yg bakal dijaring sama blogger tertentu! ada yg cuek bebek kaya pertamax7 ada yg sensi jg! kl mang Kobay mah nyantai, slm ga keterlaluan pasti dijawab! jd nyantai aja Bro….

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini