Nmax turing 13

Kobayogas.com – Hola lads.. Yamaha NMax memiliki mesin berteknologi Variable Valve Actuation (VVA) yang siap menyemburkan tenaga tambahan ketika dibutuhkan.. bagaimana jika diajak turing dengan kondisi jalan variatif.. Mampukah?

Ketika ulang tahun Paguyuban Juragan Blogger Jawa Barat (D’Gujubar) yang diselenggarakan di Villa Bintang, tepatnya di area Puncak 2, desa Kebun Danas Bogor, KBY sengaja membawa si Frozen, Yamaha NMax non ABS. Selain dulur D’Gujubar memintanya (biar pada bisa ngetes hehe), KBY juga ingin merasakan performa dari mesin 155 cc berteknologi pengaturan katup dari Yamaha bernama VVA.

Selain performa mesin, tentu KBY juga penasaran akan kenyamanan suspensi Yamaha NMax yang terkenal memiliki bantingan keras akibat rebound nya yang cepat.. Apakah terasa nyaman? pas? Atau justru menyiksa? Nah testing is believing kan?

Jika dibandingkan dengan suspensi milik Sniego, New Honda PCX yang sudah KBY ganti menggunakan shock dari YSS yang lebih keras dan stabil, ternyata ayunan shock milik Yamaha NMax memang masih terasa lebih keras lads.. Jalanan ibukota mungkin masih dibilang dapat mengakomodir ayunannya, karena cenderung mulus meski tidak semuanya.

Nmax turing

Nah, kalau keluar kota kan jalanannya lebih bervariatif, ada mulus, ada yang tidak rata bahkan ada juga lubang plus berbatu.. apalagi Villa Bintang yang sudah disewa oleh Mang Pey peysblogcorner.com terletak di gunung pedesaan dengan melewati jalanan yang sempat mengalami longsor.. nah lohhh…

Berangkat dari TMII setelah menjemput duo blogger Tasik, Mang Asep warungasep.net dan Fery bontot.net yang sudah menunggu di kediaman mang Arif Supriyadi, komentator blog yang kepingin ikut turing.. Ayunan suspensi Yamaha NMax cukup membuai ketika melewati perkotaan hingga daerah Cibubur, lalu Cileungsi dan memasuki area Jonggol. Apalagi KBY berboncengan dengan Mang Asep.

Total bobot pengendara yang diusung NMax adalah 150 kg lads.. tentu membuat ayunan suspensinya menjadi lebih lembut..benarkah? Ternyata tidak juga, mang Asep masih mengeluh terangkat angkat ketika roda Yamaha NMax melewati jalanan tidak rata/ bergelombang.. bagi pengemudi sih mungkin tidak terlalu terasa..hehehe..

Namun yang patut diacungi dua jempol adalah tenaga dari mesin 150 cc plus VVA ini, tidak ada istilah kehabisan nafas lads!! Apalagi trek lurus, putar gas setengah, VVA aktif, Yamaha NMax pun meluncur deras secepat sang pengendara inginkan. Belum lagi ketika masuk ke area kebun Danas tempat tinggal Mang Pey, wah jalanannya penuh tikungan dan tanjakan, menantang!!

Tapi tak ada masalah bagi mesin Yamaha NMax ini, mau start dari berhenti apalagi dalam rolling speed semua tanjakan dilahap dengan rakus.. padahal kami berboncengan.. Yang mencegah NMax melesat lebih kencang lagi adalah banyaknya lubang sepanjang jalan.. alhasil kudu bisa pilah pilih jalanan biar perut dan (maaf) bokong gak sakit kekeke.. Lubangnya sih satu lads, tapi temannya banyak, tidak dalam tapi cukup membuat seluruh badan terguncang.. hadeuhh

Selesai? Belum, ternyata menurut Mang Pey, tanjakan yang menuju ke rumahnya itu belum seberapa, masih ada tanjakan yang lebih tinggi dan panjang dalam perjalanan menuju Villa, ujarnya. Weleeehh.. Benar saja lads, beberapa skutik dan fogging piston Ninja 2 Tak kepayahan ketika harus melewati satu – dua tanjakan yang konon kemiringannya mencapai 45 derajat! Tapi ujian tersebut dapat dilalui oleh Yamaha NMax dengan nilai 10.. sempurna, mau start dari berhenti di tengah-tengah tanjakan juga no problemo lads hehe

SUSPENSI YANG MENGGOYANG TUBUH

Jika mesin Yamaha NMax lolos uji, bagaimana dengan kinerja suspensinya? Seluruh permukaan jalan sih diredam dengan baik lads..tapi tidak dengan efek kepada kenyamanannya, terutama bagi yang dibonceng. Shocknya mentul-mentul ketika melewati jalan bergelombang, dan bergetar ketika menerjang jalanan bopeng.

liat jalanannya, batu2 lads..
liat jalanannya, batu2 lads..

Hanya saja, kualitas ergonomi serta busa joknya patut diacungi jempol, tetap empuk dan nyaman sehingga cukup meredam goncangan yang ditimbulkan oleh suspensi Yamaha NMax. Hanya efek positifnya kurang diterima oleh pembonceng lads.. buktinya Mang Asep yang ‘itunya’ gede dan tebal saja masih mengeluh hehehe.. Kerasnya shock lebih terasa ketika pulangnya KBY sendirian karena mang Asep ikut mobil mbah Cadox, itu (maaf) bokong dibikin empot-empot ayam ketika harus melewati track yang bumpy..

Catatan positif tambahan dari Yamaha NMax ini adalah ketangguhan velgnya, ukuran hanya 13″ sempat dikhawatirkan kurang tangguh ketika terpaksa harus menerjang lubang-lubang yang tak terhindarkan, karena sudah tau lah ya kalau velg milik skutik Yamaha itu cenderung ringkih…Tapi sudah terbukti tuh, no peyang lads, aman!.. juossss..

So menurut KBY pekerjaan rumah terbesar Yamaha untuk NMax adalah suspensinya.. Ingat, Maxi Scoot diciptakan untuk kenyamanan meski dengan embel-embel sport sekalipun..Untuk pasar Eropa mungkin cocok, tapi dari kualitas jalanannya saja sudah berbeda dengan bumi pertiwi ini..

Sekarang pilihannya mau laris di Eropa saja atau Indonesia juga? Hingga saat ini mindset masyarakat terhadap Maxi Scoot alias Skutik besar adalah kenyamanan, jangan sampai citra tersebut hilang akibat suspensi yang tidak nyaman sehingga beralih ke merek lain, belum ada kata terlambat sih untuk berbenah, dan kalau bisa, penggantiannya gratis dong jangan dibebani lagi 🙂

Baca juga artikel lainnya ya lads, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: [email protected]
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
tweetme: @kobayogasblog

106 KOMENTAR

  1. Suspensi Nmax nyamankan buat cornering? buat jln muluz tentunya! buat jln keriting! ya ikut keriting llaagghh…. qe…qe…qe….

  2. Cocok banget mang untuk berkomuter setiap hari / daily use,.. selain motornya gambot stabil di jalanan Indonesia… mantabsss deh jadi kabita :p

    • Yup bener banget nih mang kobay, tadinya ane mau minang nmax tapi setelah disuruh inreyen nmax abs temen selama lima hari jadi pikir2 lagi deh, soalnya suspensinya keras bgt tapi secara performa mesin emang jempolan deh buat nikung miring2 juga asik bener, apalagi rute ane 100km pp yang notabene jalannya kebanyakan rusak, jd nunggu lagi deh motor yg ane butuh, kepengennya sih motor yg enak buat touring macem cb500x tapi versi mininya, coba ahm bikin cb150x 😀

  3. Loh, suspensi keras menurut ane sih bukan PR penting karena itu balik lagi keselera. Buktinya PCX ente sendiri diganti pake yss yang lebih keras kan?

    Mau lebih empuk ya ganti shocknya. Toh yamaha juga udah siapin produknya tinggal beli aja. Hwehwehwe.

    • Hehehe.. Tp rata2 orang beli maxi Scoot itu pengen empuk (nyaman), bukan pengen keras. Kl selera ay kan segelintir aja, lebih ke fashion dan look.. dan keras lembutnya bisa disetel juga si YSS.. Kalau NMax? Pasrah.. Paling keluar duit lagi.. Hehe

      • Wah kalo argumennya begitu ane juga bisa bilang orang beli motor sport ngincer kenceng & sporty tapi kenapa honda bikin motor sport nyaman? Nah loh.

        Shocknya dibuat keras juga bukan tanpa tujuan toh? Kan biar handling mantab & ga bikin limbung. Hwehwehwe.

        • wah kurang relevan sama big scooter sebnarnya, tp gpp ini diskusi oot aja.. menurut ay kalau bikin sport tapi gak kenceng dan gak sporty itu baru salah, tapi kalau bikin sport tetap sporty, tetap bisa kenceng juga walau gak kenceng2 banget tergantung cc tentu hehe, terus dapat kenyamanan…ya nyamannya bonus, imo..

          karena ngomongin Honda, ay kasih contoh CBR K45 aja, sporty, kenceng, tapi masih nyaman.. tujuannya dapet bonusnya (nyaman) dapet…
          Bahkan R25 dan MT25 ay bilang nyamannya dapet, suspensinya enak tuh walau masih dibilang agak terlalu empuk untuk kelasnya.
          Bukti test ride singkat di villa MT25 lebih enak dari yang lain ayunannya hehehe.. tuh sport aja bisa nyaman

      • Oke, kalo gitu anggap aja shock keras itu bonus. Pada akhirnya shock yang stiff juga berpengaruh kehandling yang lebih baik kan? Kecepatan tinggi lebih stabil, buat nikung juga lebih pede. Hwehwehwe. Sama toh tujuannya kan buat kenyamanan berkendara.

        Shock keempukan diganti YSS yang keras, dikasih shock yang keras malah pengen yang empuk. Piye toh. Hwehwehwe.

      • Wah kalo gitu double standard dong mang. Hwehwehwe.
        Shock keras, engga nyaman tapi handling oke = point minus
        Shock empuk, nyaman tapi handling ancur = point plus

      • Mayoritas matic honda (beat fi, scoopy, vario 110,dll) shock memang empuk. Buat jalan rusak emang nyaman, tapi dibawa ngebut berasa melayang. Belokpun limbung. Nah loh, yang kayak gini kenapa jarang disebut sama blogger2 ya. Yang digembar gemborin cuma shock yamaha keras aja. Hwehwehwe.

      • seru juga liat argumennya.satu pertanyaan..gan haha user nmax bukan?atau cuma ngebelain doang :mrgreen:
        kalau saya sih iya, dan sepaham sama jeung kobay..mayoritas usernya setahu saya sih gitu juga :mrgreen:

    • Wekawekawekawekawekawekaweka

      Bijimanpun juga FBYKERE kagak terima nemexx dijelek2in

      Emang kenytaan nya shocknya kayak batu

      Ngeles nya biar stabil klo kenceng n gak limbu ng..jd semakin keras semakin bagus handlingnya …yah copot aja tuh PER nya biar makin keras dan makin stabil buat nikung n ngebutttt…….

      • Woh ada FBH kere otak dongo nih.
        Emang gw ada bilang shock makin keras makin bagus?
        Point gw shock stiff ato soft itu ada +- masing2. Ngerti? Ato saking miskinnya otak lo kurang gizi jadi ga bisa cerna omongan gw? Hwehwehwe.

    • ..berfikir positif itu memank perlu bro, tp Mank Kobay memberikan penilaian shock keras bkn tanpa alasan.. coba aja tengok di group nmax owner, rata2 pada ngeluh thdp shock nmax ini & ga sedikit yg mengganti shock dgn parts aftermarket.. yg jelas memank jadi PR YIMM kedepan..Handling memank perlu tapi kenyamanan sulit utk ditolak..

      • testing is believing dah paling bener… ay juga gak komplen soal kerasnya shock utk dalam kota can take it lah… malah di awal merasa lebih empuk daripada yang ABS..
        tapi seiring sering dipakai plus tes langsung luar kota, ya memang abnormal kerasnya… kalau ketemu jalan variatif..

        Jalan Indonesia gak semua mulus, tapi gak semua rusak juga.. Kalau tinggal di jalan yang lebih banyak rusaknya, ay sih kurang rekomen kecuali gak jadi masalah buat ownernya.

      • Ga masalah sih sama penilaiannya. Lagipula itu sifatnya subjektif tiap orang pasti beda2. YIMM bikin shock keras juga bukan tanpa alasan kan? Cuma biar lebih fair coba liat dari 2 perspektif. Jangan cuma bilang shock keras kagak nyaman. Kok performa handling yang lebih baik kagak disebut? Padahal bilangnya jalanan diindonesia variatif, kenapa fokusnya cuma performa shock dijalanan rusak? Hwehwehwe.

        • Kenapa? Karena ga perlu diperdebatkan kalau di jalan mulus, kecuali shock mati/ rusak hehee, plus soal handling sudah pernah dibahas di artikel artikel NMax yg ay buat sebelumnya.

          Artikel ini memang difokuskan saat pengalaman dibawa keluar kota dimana jalannya variatif. Coba deh baca lengkap artikelnya, dibiasain kek gitu, jadi asik semuanya dpt ga cuma sepotong sepotong hehehe..

  4. nanya om kobay….

    kalo jalan berlubang, pelampungnya om kobay getar ga?

    hehehe….
    #isenggodainomkobay

    salam susah netral

  5. seru pisan touringnya .. standar samping ga dibahas kang ? kan insiden gabruk asoy si frozen bukan cuma kesalahan rider, rata2 medan tempur Indonesia emang perlu memperhatikan kedigdayaan standar samping, meski disamping jangan dikesampingkan..hehe..

  6. “Hingga saat ini mindset masyarakat terhadap Maxi Scoot alias Skutik besar adalah kenyamanan, jangan sampai citra tersebut hilang akibat suspensi yang tidak nyaman sehingga beralih ke merek lain”

    setuju kang, masa harus nunggu forza keluar dulu baru berbenah..

  7. Pas lg cornering bannya sering selip ga? Apalagi pas cornering di jalan berpasir? Terus handling pas corneringnya gimana? Kan “Katanya” shock keras enak buat cornering.

  8. Mio 150 ehh Nmax mantap… tapi yg dibonceng ripuh(tersiksa..) pegel plus gk nyaman(khusus buat yh di bonceng 😥 ) mungkin karena terlalu lebar…. 😀

    #nmaxku_kapan_dikirim_ya

  9. Sampai sejauh ini sih saya merasa blm keganggu amat ama shock blkgnya N-Max. Semenjak plat nomor turun, baru 3 hari saya pake buat pp kerja, dan dgn yakin saya ksh statement: kaga nyesel beli N-Max! Saya bener2 menikmati dan merasa nikmat saat riding dgn N-Max. Mau akselerasi cepet tinggal betot gas, mau nikung tinggal mereng doang, mau meliuk2 tinggal liuk2in badan ngikutin irama si N-Max. Satu kata: puas…! gak ada penyesalan sedikit pun boyong N-Max.

  10. Tapi lg rame keluhin ono ini nmax kang di fesbuk…tapi kuping dah ketutup ama realtime usenya gk nyesel pokoknya enak bgt..haha

    • kelemahannya cuma segelintir, masih banyak menangnya kok.. hanya tentu preferensi orang berbeda. Ada yang memang jadi masalah besar buat sebagian orang…

  11. Mang itu boncengan sampe 150 kg mesin nmax masih mantep emang beban maksimal nmax brp kg? Motor ane dipake boncengan kurleb 140 kg sb mentok terus sama power lumayan terkebiri. Pas baca buku manual ternyata beban maksimalnya cuman 122 kg

  12. Yup bener banget nih mang kobay, tadinya ane mau minang nmax tapi setelah disuruh inreyen nmax abs temen selama lima hari jadi pikir2 lagi deh, soalnya suspensinya keras bgt tapi secara performa mesin emang jempolan deh buat nikung miring2 juga asik bener, apalagi rute ane 100km pp yang notabene jalannya kebanyakan rusak, jd nunggu lagi deh motor yg ane butuh, kepengennya sih motor yg enak buat touring macem cb500x tapi versi mininya, coba ahm bikin cb150x 😀

  13. Yaahh sama aja kerasnya…
    Kalo untuk sekelas nmax harusnya suspensi dibuat senyaman mgkn, tp podo wae mau sport smpe matik tetep keras. (Mungkin sudah ciri khas)
    Big bikenya keras jg mgkn ya

    • MT25 dan R25 empuk loh untuk ukuran sport dibanding Ninja dan Z250FI. Entahlah BigBikenya lom pernah tes, yang punya jarang banget hehe..
      eh TMax empuk kok.. tapi begitu dibawa kenceng dia langsung stiff, maklum suspensi kelas atas punya hehe..

  14. Wekawekawekawekawekawekaweka
    Wekawekawekawekawekawekaweka
    Bijimanpun juga FBYKERE kagak terima nemexx ada minusnya…….

    Emang kenytaan nya shocknya kayak batu

    Ngeles nya biar stabil klo kenceng n gak limbung..jd semakin keras semakin bagus handlingnya …yah copot aja tuh PER nya biar makin keras dan makin stabil buat nikung n ngebutttt…….

  15. berarti nunggu nMax facelift ya, yg dah ganti shock belakang yang nyaman tp stabil seperti punya pulsar series n getar getar di rpm rendah di nMax non abs 😀

  16. Om, ergonomi perjalan buat jarak jauh gmna..? Putaran mesin d saat berhnti n d gas bergetar ga y seperti matic yamaha yg laen…..
    Pengn beli soale buat kbutuban sehari2…..heheh
    Mohon pencerahan’a….

  17. setelah baca review kang kobay ane malah kebalikan kang.
    minggu kemaren bawa touring nmax abs dari tasik – jkt sendirian.
    jalanan jauh malah lebih enak tu sb apalagi setelah ganti angin pake nitrogen di jalanan bandung, malah 2 hari ini dipake jalanan jkt baru kerasa nih badan sakit gara-gara sb keras 😀

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini