Oli vespa

Kobayogas.com – Hola lads, Alamat alias Agar Lads Makin Tahu kali ini akan membahas mitos seputar pengisian oli pada motor baru yang berkembang di mindset para bikers, benarkah hanya diisi setengah oleh pabrikan? Atau hanya sekedar Mitos?

Pada Motor Plus (M+) beberapa edisi lalu yang KBY baca, kebetulan membahas seputar informasi ini. Yuks sama sama kita ketahui faktanya, apa benar motor baru hanya diisi pelumas sedikit atau setengah saja dari pabriknya?

Kabar ini tersiar di kalangan biker akibat munculnya bau sangit atau sesuatu seperti benda terbakar pada motor atau kendaraan baru. Akibatnya motor baru harus segera diservis alias ganti oli agar tidak lekas rusak. Hingga muncullah mindset seperti itu, bau sangit diakibatkan karena pabrikan hanya mengisi oli mesin hanya setengah saja!

M+ pada satu kesempatan menanyakan kepada Slamet Kasianom, Intruktur Yamaha Technical Academy dari YIMM, akan kebenaran dari kabar yang beredar tersebut.

“Tentu tidaklah benar, semua motor baru diberikan pelumas sesuai kapasitas serta kebutuhan dari mesin itu sendiri. Sesuai prosedur, tidak ditambah ataupun dikurangi”, jawabnya.

“Oli yang kurang memang dapat menimbulkan bau yang tidak sedap (sangit), namun pada motor baru bukan akibat kurangnya pelumas, melainkan karena mesin baru, masih ada lapisan anti karat dan juga bau knalpot yang terbakar (panas). Dan itu normal saja”.. Tambahnya.

Selain indikasi bau sangit, ada hal lain yang membuat kabar pelumas mesin diisi setengah makin santer saja beredar di kalangan bikers, yakni pendeknya interval servis pertama pada motor baru dimana 500km (beberapa motor 1000 km) sudah harus masuk bengkel dan diganti pelumas mesinnya… “Itu akibat olinya cuma setengah tuh” begitu kabar yang tersiar.

mesin bau sangit

“Motor baru memiliki nilai gesek yang tinggi, namanya juga part-part nya belum bekerja sempurna, seringkali meninggalkan gram-gram halus yang diakibatkan gesekan antar metal tersebut. Itu kenapa 500 km dianjurkan masuk bengkel untuk mengganti pelumas” lanjut Slamet.

Itoe betoel adanja lads, namanya mesin baru, gesekan antar partsnya masih seret seperti malam pertama #eh – IYKWIM, so gesekan yang terjadi di dalam jeroan mesin tersebut biasanya menghasilkan butiran-butiran besi halus (gram) yang pastinya ikut tersirkulasi bersama pelumas.

Gram tersebut jika dibiarkan tentunya akan ikut terangkat dan menempel pada piston misalnya, sehingga membuat baret-baret pada dinding silinder… itu kenapa 500-1000 kilometer adalah servis paling krusial menurut KBY. So, bau sangit pada motor baru akibat pelumas diisi setengah? Ah Mitos itu mah lads…

SPG 3
Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Contact me at…

email me: [email protected]
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

KobaYogas from WordPress for Android

57 KOMENTAR

  1. tidak benar itu.namanya barang baru masih seret semua atau belum matching sehalus apapun hasil bubutan pasti perlu waktu juga agar tiap komponen bisa benar2 pas

  2. Untuk pembuktian kita harus ber Eksperimen, motor baru diantar dr dealer sampe rumah jangan langsung di geber dulu, kita cek dengan cara me ngeTap Olinya , coba ditakar klo memang kurang dari spesifikasi mesin kita bisa minta ganti rugi. Semoga Produsen Yg Nakal Begitu di tinggalin konsumen aja. Udah untung banyak kurang apa lagi???

  3. Menurut ane gak mungkin deh, dari pabrikan ngasih oli cuma setengah.
    Bagaimanapun, berkaitan dengan warranty deh. Mana mungkin pabrikan berani ngasih jaminan mesin sekian tahun/sekian km kalo baru beli aja oli-nya malah dikurangi sendiri. Artinya kan malah ngerugiin diri sendiri.
    Ane setuju kalo bau sangit itu kemungkinan adalah bau dari oli/komponen yang kena panas saat pertama kali. Mungkin memang oli terbakar (oli yang diberikan utk proteksi saat penyimpanan, dll).
    Kan pasti tiap pabrikan punya QA/QC department yang tugas-nya adalah memastikan kualitas produknya standar/OKE.

  4. baru denger dah mitos ini, kalau ada beres yg teknisinya lupa ngisi oli pas lagi service mah iya temen ane pernah ngalamin, kalau sampai oli di korting mah amit2….kalau bensin mah iya maklum bbm mahal 😀

  5. Setau saya malam pertama malah licin mang, belum ada yg masukin soalnya, klo malam berikutnya udh seret gores2 gr2 keseringan.

    Liat aja pemeran JAV. Rata2 klo berhub. sama yang udh sering, di olesin minyak dulu biar ga seret. Klo yg blum pernah alias masih kinyis2 yaa.. Tancep gass

  6. yoi coy. suatu urusan, kalo pelicinnya setengah2 ya ogah2an dong. coba deh tanya si neng bonus tea. mana mau dia kalo resikonya jalan aja sambil meringis. hihi.

  7. Jaman sekarang kalo mau rasain seret gak cuma bisa di malam pertama aja kok Mas.. :))

  8. selain lapisan anti karat, juga sealant di knalpot yang memanas/terbakar dan menyebabkan bau sangit.
    kalau Sabina dari awal baunya harum, suka makan lalap2an, jadinya wangi dan rapet..

  9. Yg pasti sih motor baru, isi tanki bensinnya cuman dikit (rata2 seliter kurang). Ini bukan mitos.. 😀 😀

  10. Oia.. klo mobil gimana ya?
    Pernah ambil mobil baru merk Tyt Avanz.. Oli dari pabrikan pasti dah ada dan keisi sesuai spek. Tapiii pas ditanyakan ke sales dan mekanik dealer, interval ganti olinya itu 10rb km kemudian.. Lah? Saya tercengang..

    • ini memang debatbale… tapi pihak toyota pasti sudah ada hasil tes mengapa interval ganti olinya bisa 10K, itu kembali ke rasa aman pemilik… percaya buku manual dan rekomendasi silakan, karena memang seperti itu kenyataannya.

      Mau ganti setiap 5K juga gak salah kalau gak yakin olinya kuat 10K…

  11. mau komen dikit aja,
    saya baru beli motor, memang benar setelah saya cek olinya kurang lalu saya tambahin dengan oli yg di kluarin oleh pabrikan yang sama dengan motor saya, kurang lebih saya isi 300ml hingga hampir full di dipstik. sbetulnya ga yakin juga olinya sama ato ga dengan bawaan motor dr diler ini,rencananya setelah 200 km saya mau ganti oli aja sendiri.
    tks

  12. disesuaikan aja sama anjuran pabrikan, tapi kalo masalah olinya ane malah gak pak eyang pabrikan, pakenya malah federal oil min hehehe

Yuk Tinggalin Jejak Lads..