spyshot-Yamaha-9

Kobayogas.com – Hola lads.. Sepertinya prediksi bahwa tahun 2015 nanti akan menjadi puncak hingar bingar beragam produk otomotif roda dua tidak akan meleset… Salah satu penyebabnya adalah spy shot terbaru dari skutik gambot Yamaha ini…

Setelah sempat disuguhi spy shot dari skutik Yamaha kelas 125 cc berteknologi mesin blue core, yang digadang gadang akan mengisi line up dari Mio Series, kini muncul lagi yang lebih masif dari sisi dimensi dan lebih mewah dari sisi desain…

Setelah melihat beberapa kali foto yang disodorkan lek IWB dalam artikelnya, KBY cukup yakin bahwa Yamaha tidak akan main-main di sektor ini, alias menatap serius satu produk yang masuk kategori luxury. Meski Mio series benar benar butuh penyegaran baru dan mesin teknologi blue core sedang dipersiapkan begitu pula desain Mio series yang terbaru, tapi KBY beropini bahwa skutik Yamaha yang satu ini akan berbeda.

Tanpa bermaksud menyepelekan Mio series, namun dengan bisa dikatakan suksesnya mengusung tema We R Different pada R Seriesnya, sudah seharusnya Yamaha (YIMM) juga menyeriusi lahan Maxi Scoot entry level. Praktis saat ini Maxi Scoot entry level berkubikasi 150 cc hanya diisi oleh Honda New PCX sendirian, dan dengan sudah menancapnya nama PCX sebagai skutik premium entry level di masyarakat maka bukan perkara mudah bagi Yamaha untuk mengganggunya.

Berkaca Dari R25

Namun berkaca kepada opini KBY terhadap Yamaha R25 bahwa R25 akan sukses, bisa juga terjadi di skutik yang KBY sebut R-Max ini (biar beda aja sih sama kang Haji hehe). Mengapa dapat mendulang sukses? R25 dapat sukses karena pencinta Yamaha akhirnya mempunyai sport 250 cc 2 silinder, mereka yang dahulu hanya punya 1 opsi yakni Kawasaki Ninja, kini dapat kembali ke fitrahnya, Yamaha R25. Begitu juga dengan skutik R-Max ini, mereka yang mempunyai atau memilih PCX diantaranya pasti ada pencinta merek Yamaha.

Nah mereka lah yang seharusnya dibidik oleh Yamaha, meski memang PCX bukanlah Ninja dan pencinta Honda jauh lebih banyak dari Kawasaki, namun asa tersebut tetap ada… Apabila R-Max ini nanti katakanlah selevel dengan Vario 150 dari sisi mana pun, maka Vario 150 harus berhati-hati dan PCX dapat bernafas lega. Namun apabila ternyata nantinya R-Max dibenturkan dengan PCX, maka duel fitur dan gimmick lah yang akan menentukan pemenangnya…

spyshot-Yamaha-6

Fitur, Harga dan Pelayanan Bisa Menentukan

Membahas foto R-Max, desain buritannya bukanlah selera semua orang, tidak masalah, PCX pun demikian kok…Hanya jika dilihat dari kaki-kaki, sepertinya R-Max memang telak disini, ban dan velg lebih lebar, dan yang menarik ternyata sudah menganut dobel cakram depan dan belakang, sebagaimana halnya Vespa GTS Super…bahkan dikabarkan tersedia versi ABS pula.

Jika bagian buritan sudah terlihat menggunakan lampu LED, sisi facia masih gelap, apakah bohlam biasa? projector atau LED? Jika head lamp Mazped yang misterius ternyata milik R-Max, maka bisa dipastikan R-Max akan tampil dengan Full LED depan belakang. Tinggal kita tunggu fitur lainnya, apakah dibawah PCX? Sama atau bahkan di atasnya? Jika sama atau di atasnya, maka sudah bisa dipastikan R-Max dibuat untuk melawan PCX bukan Vario 150. Perkara harga, jika benar R-Max diproduksi di Indonesia, seharusnya harganya bisa 2-3 juta di bawah PCX yang dari Vietnam.

Yamaha belajar banyak di R Series dengan memberikan servis yang sangat mumpuni bagi customernya meski masih butuh perbaikan sana sini, jika R-Max ini dimasukkan ke dalam kategori R Series dan memberikan pelayanan yang sama, maka Honda harus siaga…karena pada level ini pelayanan juga menjadi pertimbangan bagi konsumen.. Jika harga R-Max mirip dengan PCX, sudah bisa dipastikan pelayanan R-Max akan seperti R series sebagai kompensasi dari harganya.

Tapi sepertinya PCX cukup aman, menelisik desain R-Max, dia lebih mengacu konsep sporty instead of elegant, so sepertinya tidak akan 100% head to head …

All New PCX
Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing…

email me: [email protected]
path me: Yogas Kobayogas.com

KobaYogas from WordPress for Android

72 KOMENTAR

  1. kalos sasarannya PCX secara pricing..berat. atau mungkin kali ini kebalik yamaha yg mengandalkan kapasitas produksi alias indent ga separah PCX?
    kalo bandrol kurang lebih sama sih, tetep PCX lah :mrgreen:

      • subyektif sih..selera saya yg aliran elegan buat matic. kynya masih kurang maksimal gitu matic sporty 😛
        emang masterpiece d nih produk satu dari honda. pas segalanya.. ga terlalu bongsor,ga kecil. stang cakep, lekukan bodi yahud,ga terlalu tajam & ga ndut :mrgreen:

  2. Komen gw.. Desainnya jelek.. Mau gaya tmax tapi nanggung… Depannya terlalu pesek sementara maxi scoot enaknya agak panjang

  3. Kalau lihat kaki-kakinya + dobel cakram mantep banget, kayaknya peleknya palang 6. Tapi spionnya gak banget, kayak bebek jupiter. Stangnya saya lebih suka PCX yang telanjang. Kalau kubikasinya 150cc prediksi saya mepet 30jt, biar PCX jadi overprice ntar biar ada potongan harga kayak cbr150 cbu. Tapi teknologi senyapnya ACG stater PCX + ISS belum ada saingannya.

  4. kok cakep ini ya kang kobay!!??? hehe.,.
    kasihan kang kobay dah beli pcx neh….
    kabur ah…takut…..!!!!!

  5. om kobays, mungkin YIMM siapin ini motor untuk bersaing dengan vario150 tapi gak kalah fitur sama PCX. Design setara PCX namun rakitan di Indonesia (ngeliat common part spion) memungkinkan banget buat membenturkan harga dengan vario. Fiturnya yang ditambahin kali itu om. mungkin ada carjer device sama remotee? sisa yamaha yang belum ppunya fitur ini. bisa jadi sekalian motor ini diturunin dengan segudang fitur yang udah dianut pabrikan lain tapi yamaha belom biar imagenya yamaha sekali motor baru fiturnya seabreg haha

  6. Yang penting kalo sudah muncul mesti pake upping kalo cash gak…..:-) Dalam rangka koleksi PCX, Burgman dan R-Max biar pas….:-P

  7. kalo memang mau diadu sama pcx 150 (produk global), maka YIMM “nyontek” strategi AHM -> CBR150 lokal utk melawan R15 global (tapi lokal).

    dan kalau strategi ini berhasil, maka AHM tetap akan “kecolongan”, meskipun ada vario 150 (lokal) dg price position yg mengisi gap antara vario 125 ke pcx 150.

    apakah vario 150 mampu menutupi kerugian akibat MS pcx150 yg melorot pasca release R-Max nanti?
    time will tell……….. 😀

  8. kalu liat modelnya lebih ke lawan vario 15o, bukan lawan pcx

    matic premium itu yg pake biasanya dah ngak mikiri nmodel sporty,

    tapi elegan

  9. ……. kalo head to head dgn vario150 dan vario150 cm ganti mesin dr vario125 ya menang Rmax………tp kalo Rmax hrgnya 11-12 dgn pcx, saya pilih pcx…….

  10. Kirain S-max 150 monoshock ( bentuk modl stang telanjang, mirip PCX) yg mau mnjadi pesaing PCX 150. Model dpan Rmax mirip X-max 250/125.. (Nah kalo yg ini pesaing Honda Forza 125, kalo dari model)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini