Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Kemarin lalu KBY sudah menginfokan kesuksesan mengganti sokbreker sendiri si Raras Nex II dengan suspensi aftermarket dari KYB. Nah sudah hampir seminggu nih dicobain termasuk ke kantor, sengaja cari trek jauhan biar dapat kontur jalan yang variatif. Berikut review KYB Zeto Tabung alias sub tank di Suzuki Nex II, termasuk harganya tentu, cekidot dan scroll ke bawah yes..

Buat yang belum baca cara mengganti sendiri sokbreker Suzuki Nex II, silakan itu diklik aja kalimat yang berwarna. Jangan lupa diklik juga iklannya wkwkwkkw…

Okey (wah kaya nama salah satu komentator setia nih), langsung kita lanjut ke pembahasan dari shock tunggal KYB Zeto Tabung dengan kode produk KY0S ZT1110W dengan panjang keseluruhan 305mm. Menurut Astra Oto Parts selaku ATPM KYB, tipe ini untuk all matik.

Di instagram ada juga yang komen kalau panjangnya bisa masuk ke Yamaha Aerox. Tapi karena Aerox itu shocknya dobel, kayaknya KBY kurang rekomen kalau membeli shock ini secara terpisah alias bukan yang paketan. Soalnya secara teori sih spring rate nya pasti berbeda.. Meski kalau maksa ya pengaruhnya mungkin gakan terlalu signifikan kali ya..

DESAIN/ MATERIAL

Jangan dibandingkan dengan Ohlins yes, KYB Zeto Tabung ini berada di level yang berbeda, di bawahnya maksudnya hehe.. Dari kehalusan pembuatan juga cukup jauh, kalau solihin sih rapi dan halus banget lah. Mungkin dari sisi finishing bisa disamakan dengan DBS, RCB, YSS dan lainnya yang tipenya kurang lebih berada di rentang harga yang sama. Pun begitu oke punya lah finishingnya pas dengan harganya..

Oia KBY pilih warna putih, KYB Zeto single shock tabung ini punya dua warna, merah dan putih untuk ulir pernya. Sengaja pilih warna putih agar jatuhnya kontras dengan si Raras yang berwarna biru gelap.. Tuh liat, cakep kaaan ekekeke.. kata yang punya..

 

Cara pemasangan gakan KBY ulang ya, kan udah ada di artikel sebelumnya.

REVIEW KYB ZETO TABUNG DI SUZUKI NEX II

Setelah terpasang dan memastikan baut kencang semua, di awal KBY pake muter muter jalan depan rumah. Efeknya sih langsung terasa, bantingannya beda. Menjelang sorean dipake lah ke rumah sekretaris RT (namanya doang sekretaris, tapi cowok hiks), sekalian ada urusan..

Karena rumahnya di komplek, jalanannya cenderung mulus tapi banyak polisi bangun eh tidur, jadi dicobain lewatin dengan dua cara, pelan pelan dan sekaligus. Ternyata fix empuk! Reboundnya cepat dengan redaman yang baik!.. Kalau standarnya Nex II itu cenderung empuk dan rebound cepat tapi bikin mental terutama saat melewati poldur dengan cepat..

Efek dari kinerja KYB Zeto tabung tersebut membuat jok Nex II yang kecil dan tipis terasa lebih nyaman. Tapi agak curiga, kayaknya tekanan ban belakang agak sedikit kurang, empuknya gak biasa soalnya.. Bener juga begitu di tes boncengan, baru deh keliatan.

NYAMAN DENGAN HANDLING MANTAP

Setelah diisi dulu anginnya sesuai dengan tekanan ban standar Nex II, 29psi depan dan 33psi belakang, kemudian dipakai boncengan oleh Nyonya dan si sulung. Testimoninya fix nyaman kata Nyonya, begitu juga kata si sulung yang diboncengin. Wah jadi gak sabar mau dipake ke kantor nih.

Nah Rabu kemarin kebetulan ada keperluan ke kantor meski minggu ini jatahnya WFH, alesan sih padahal mah pengen nyobain kinerja shock KYB Zeto tabung di Nex II Raras wkwkwk.. Oia tidak ada penyetelan yang KBY lakukan ya, masih nyobain bawaan buka dus aja.. Penyetelannya sendiri hanya ada dua, keras atau lembut.

Baru jalan 3km udah minggir, ada yang aneh dengan bantingannya, terlalu keras! Nyonya mungkin gak ngerasain karena boncengan wkwkwk.. Bannya juga udah gak standar sih, pake Aspira Premio Sportivo yang karakternya memang terasa sedikit lebih keras karena selain tubeless, juga efek tapak yang lebih lebar meski pada dasarnya berukuran serupa dengan standarnya (baca: Review Ban Aspira Premio Sportivo di Suzuki Nex II).

Setelah dikurangin dengan feeling wkwkw, jalan lagi, daaan.. ini dia baru passs.. baru terasa deh perbedaannya. Ini yang KBY rasakan setelah melewati berbagai kontur jalan lads:

  1. Motor terasa lebih stabil – terutama di atas 80km/jam
  2. Handling meningkat, lurus, nikung, zig zag, asoy bener
  3. Nyaman karena bantingan terasa lebih soft, seperti ganti jok dengan latex loh wkwkwkw.. Biasanya ke kantor aja bawa Nex II pantat udah lumayan pegel, ini sih enak enak aja.

HARGA KYB ZETO TABUNG SUB-TANK

Selain punya penampilan menarik yang mampu mendongkrak tampilan motor secara keseluruhan, harga KYB Zeto tabung menurut KBY masih masuk akal sih, yaitu Rp. 960 ribu. Untuk menghindari penipuan dan mendapatkan keaslian dari KYB Zeto series, lads bisa membelinya melalui situs astraotoshop.com, juga bisa mendapatkan diskon menarik yang lumayan lah..

Untuk tipe apa saja yang tersedia, silakan dikunjungi situsnya ya.. Semoga review KYB Zeto Tabung di Nex II ini bermanfaat…

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog

16 KOMENTAR

  1. ” lads bisa membelinya melalui situs astraotoshop.com, juga bisa mendapatkan diskon menarik yang lumayan lah ” …
    pake kode ‘ KBYCH47MN6 ‘

  2. Om kobay suspensi belakang bawaan nex sama lexi lebih soft mana?

    Kalo lebih soft nex dan kyb zeto malah lebih soft lagi fix mau beli kyb zeto ah

  3. Nex 2 nya konsumsi BBM dapet 1 banding berapa mang?
    Sama si Samehada rata2 tembus berapa? Saya GSX S sering ngukur full to full dengan range 100km lebih dapet 1:35 (paling boros) sampe 1:40 (paling irit), daerah Jakarta, sering meleset 2-3 km dari layar speedometer, odometer udah 18000an, oli Meditran SX. Normal lah ya? Hehe.

  4. Pernah punya yg kyb zeto non sub tank buat soul gt, buset kerasnya sama kaya shock bawaan pabrik alhasil balik lagi pake shock xride travelnya panjang jadi serasa naik spader AP4,, huahaha

  5. jadi ini lebih stiff, tapi reboundnya lebi bagus ya?
    kalau di setel paling soft, tetep lebih stiff dari nex2?

Yuk Tinggalin Jejak Lads..