banner

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Mungkin sudah cukup banyak yang tau – mungkin juga tidak kalau Kawasaki di luar Indonesia itu juga memiliki line up skutik. Namun jangan dibayangkan skutik kecil laiknya Beat, Mio atau Nex II ya, karena skutik Kawasaki itu dimensinya sebesar Kymco Downtown series, alias besar dan premium punya, namanya J series. Nah tempo hari sempat tersiar kabar yang meyakinkan kalau Kawasaki Motor Indonesia siap menghadirkan skutik J series (bisa J125 atau J300), namun pada akhirnya batal. Mengapa demikian? Cekidot dulu kuy…

Berita akan hadirnya skutik Kawasaki J Series (125 atau 300, karena tidak ada 150, 200 atau 250) pernah KBY buat di artikel berikut: Kawasaki Indonesia siap hadirkan skutik J Series, skutiknya Ninja! Saat itu kemungkinan terbesarnya adalah Kawasaki J125 dengan pertimbangan harga jual dan menghindari pajak barang mewah untuk mesin berkepasitas lebih dari 250cc.

Dan sesuai info yang KBY ambil dari om Komeng saat itu, Kawasaki berniat “mencegah” konsumen setianya untuk melakukan brand switching, bagi mereka yang sudah punya Ninja dan ingin nambah skutik, atau yang beralih dari Ninja karena capek dan ingin menggunakan skutik, ini loh Kawasaki juga punya, jangan merek lain ya..

Kemungkinannya saat itu sangat sangat besar, di atas 90% si Kawasaki J125 akan hadir di Indonesia, lantas seiring waktu mengapa batal? Nah ini dia informasi yang KBY dapatkan dari informan yang bisa dipegang bocorannya.

KEBIJAKAN KYMCO

Seperti pada link artikel di atas, Kawasaki J125 bukan merupakan “produk asli” Kawasaki, melainkan hasil kerjasama dengan Kymco Taiwan – pabrikan yang bisa dibilang jagonya skutik karena lebih terkenal produk skutiknya dibanding non skutik.

Kawasaki J series dibangun dengan menggunakan platform dari Kymco Downtown dengan perbedaan di beberapa bagian sesuai dengan keinginan Kawasaki – misal bentuk lampu depan, speedometer dan lampu rem. Sementara mesin dan kaki kaki plek plek menggunakan Downtown series.

 

Lads juga mungkin sudah tahu kalau Kymco dalam 2 tahun belakangan ini bangkit lagi di Indonesia dengan bendera PT Smart Motor Indonesia yang merupakan anak perusahaan langsung dari Kymco Taiwan. Nah ternyata ini penyebabnya Kawasaki J125 batal hadir hehe..

Karena merupakan hasil kerjasama Kymco Kawasaki, J125 series “dilarang” untuk hadir di Indonesia karena sangat besar kemungkinannya mengancam atau overlapping penjualan skutik Kymco di Indonesia – terutama tipe Downtown.

Namanya kerjasama, adalah hal yang sangat wajar jika terdapat ketentuan yang harus dipatuhi kedua belah pihak, dan salah satunya sih dari sisi penjualan – meski informan tidak menyebutkan dengan detail, namun opini KBY adalah Kymco memiliki kewenangan untuk mengatur dimana Kawasaki boleh menjual skutik J seriesnya – dan untuk Indonesia, larangan berlaku untuk Kawasaki.

Semoga bermanfaat lads…

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog

39 KOMENTAR

  1. Ini baru pengamat, kasih penjelasan yg detail dan masuk akal, hasil analisis berdasarkan data. Ga kya yg sebelah, dikasih alasan normatif sama pabrikan iya2 aja, 5W nya ga jalan.

  2. Kawasaki itu suka bikin terobosan yg membuat rival kewalahan,sebagai contoh keberhasilan ZX25R dengan mesin 250 cc 4 silinder meski sudah ada tahun 90 an

    mengingat pasar sport 150 cc harga menyentuh angka 35 – 40 jutaan bukan ngga mungkin kawak ngeracik sport 150 cc twin silinder,istilahnya mahal tapi dapet mesin yg ok

    • tanpa mengurangi rasa hormat kepada Kawasaki…

      Sebenarnya terobosan yang dilakukan lebih kepada kondisi yang ada yang membuat mereka terpaksa melakukan terobosan biar bisa survive..

      Kayaknya sih sudah hukumnya yang kecil wajib/dipaksa kreatif

      tapi di sisi lain ini menjadi keuntungan bagi konsumen juga

  3. Sebenernya kl fokusnya mengenalkan produk, kondisi overlapping bs menguntungkan jg. Kayak avxen yg penetrasinya cepet Lalu ditiru exp-liv. Toh nantinya sharing cost jg. Tp balik lg rule of games Dan “keyakinan” pabrikan sih.

  4. Gen ZX adalah motor kencang, semoga ngeluarin ZX130 versi 2 silinder kwkwkw

  5. Yg kecil juga bisa tumbuh menjadi besar yaitu Samsung Mobile, dan yang besar juga bisa bangkrut yaitu Nokia ?

  6. Fbk mana nih ? ?

    @Yudi ,
    mungkin pernah baca kata ” Pelarian ” dari komen2 gua?
    Nah…First mover atau Blue Ocean itu adalah ” Pelarian ” karena jadi Korban2 Hnd ?

    @Ratchet ,
    Gak usah jauh2 ke korea..yang kecil jadi besar disini ada.. Tuh si Mbeat ?

  7. Kang K0bay selamat pagi,
    Inyong sejak tanggal 2 ora bisa akses warung’e Kang K0bay,
    Wah jan huasyem tenan, ra reti karena apa.
    Tapi pagi ini wis iso akses Kang.

  8. Emg bener sih biar tetep survive kudu kreatif…
    Tp yg bikin jengkel dr pabrikan 1 ini knp kreatifnya pas dlm kondisi kepepet, harusnya kan saat kondisi jaya2nya mrk bisa ekspansi pasar lebih leluasa, selama masih punya fans base yg kuat kasih lebih banyak pilihan produk gak usah membatasi diri dgn “emblem” premium atau cm jualan sport aj kalo ujung2nya empot2an buat survive
    Strategi yg Mang Kobay bilang bahkan sudah 90% untuk membetengi fans basenya pindah merk harusnya bisa melenggang mulus kalau Kawasaki mau ngembangin matiknya sendiri, untuk ngreborn ZX-25R yg pasarnya aj “belum ada” mereka “memaksakan” untuk berani dan bisa lo, mosok bikin matik sendiri yg jelas2 pasarnya terus berkembang mrk gak mampu sih…

  9. mungkin next day kaoskaki mau bikin matic 150cc twin silinder dohc (mesin zx25R di ambil separo). harga harus dibawah 50jt pastinya..

  10. Nah sekarang banyak cowok pke lipstik dan bedak bay. Dulu COWOK pke handbody aja dibilang bencez, sekarang pke lipstik udah lumrah.
    PERCAYADEH MA EIKE!!

  11. @nom nom, banyak yang pake skinker sekarang.
    tapi hati2 yang macho2 tanpa skinker pun banyak pake banget yang demen cowo skinkeran.


    buat kawasaki ga berani masukin metik mah wajar, terlepas dari dilema sama kymco, matic sultan udah banyak banget sekarang, trs ada pridenya ga beli matic kawasaki?

  12. Tetep ada pride lah aplg produk Kawasaki sendiri, lagian gak usahlah pake istilah sultan2, ky berasa gak kejangkau gt, pabrikan manapun pasti bakal punya pesaing buat tiap produknya, Ninja H2 pun besok2 jg bakal ada produk pesaingnya dan H2 jg motor “sultan”

  13. kawasaki juga sudah raksasa dari awal mang, kawasaki heavy industry itu raksasa jepang dibidang alat berat, kapal, dan kendaraan militer kapal perang, jet tempur jepang itu ya kawasaki. Hanya saja karna embargo dan sanksi dari amerika buat jepang setelah perang dunia II perkembangan militer jepang dibatasi sampai sekarang.

    Nah yg dibilang kecil itu kan divisi motor nya, jadi ya mirip samsung. Samsung memang raksasa dibidang elektronik dan alat rumah tangga namun di divisi mobile nya saat itu bukanlah apa apa dibanding nokia. Nyatanya bisa tuh berjaya itu samsung. Bahkan kalau saat ini kita ketik kata samsung di google yg muncul justru produk smartphone nya ?, barulah kalau kita scroll kebawah – bawah ada tv, kulkas, ac dll ???

    • Nah perbedaannya disitu, Motor divisi kecil banget dari KHI.. sementara Samsung Electric lebih ke sinergi all division.. makanya mobile nya bisa melesat karena full support..

  14. Samsung mobilr bisa besar karena punya uang buat ngembangin produk dari hasik jual layar ke Iphone, dan bersama itu sansung buat tablet, di mana saat itu lagi booming ipad.

    Semenjak itu divisi mobile dan branfd samsung di mobile .menjadi besar dan menjadi besar

    Dan memang samsung produsen panel amoled terbesar didunia.

    Tapi tetap saja supply chip hp dari dari Jepang.

  15. Ketikan gua gak nongol, maka ngetik lagi ?
    First mover atau Blue Ocean itu adalah ” Pelarian ” karena jadi Korban2 Hnd , mau dijabarkan atau dijabarkan sendiri?
    Udah gua bilang, kecil jadi besar gak usah jauh2 ambil contoh ke Korea , disini ada si MBEAT ?

    Mengenai pencarian yang ada digugel..itu si gugel akan bekerja secara auto atas peringkat apa yang sering dibutuhkan dalam kata Pencarian tsb , kenapa sampe samsung ( HP ) yang keluar paling atas ? Karena itulah aktivitas yang terbanyak dilakukan – dicari konsumen.
    Contoh lain silahkan dicoba :
    Ada jalan Merdeka ,sebutlah di RT 30.
    nah jika semua warga di RT tsb mengganti nama jalan ( alamat ) sept jalan Pherawan..dan melakukan segala aktifitas by Gugel online dsb dengan Nama jalan Pherawan…maka secara Auto nama jalan tsb akan berubah jadi jalan Pherawan ?

    Intinya ? Semua akan berubah dan berada paling atas sesuai dengan apa yang banyak dicari dan diketik ?

  16. sebetulnya kawasaki saat ini juga bukan perusahaan kecil. motor cm bagian dari kawasaki heavy industries yg merupakan perusahaan kuat di jepang

  17. “Karena Matic Buat Yang Pake Lipstik”

    Keren nih dijadiin stiker. Lebih nampol dari “Real Men Use 3 Pedals” haha

  18. Jual pride resikonya over price rasanya gak bijak apalagi kalau performance biasa2 saza, contohnya W175 atau estrella 250. Lumayan lah ada parts nya jadi sembako modif. Bahan tetep Tigi atau Pio. Kawak oh Kawak.

  19. @ anonymous, jaman dulu matic masih mio-nya tessa kaunang sama vario karbu sih masih cocok, matic yang make rata2 emang emak2. Sekarang bapak2, om om sampe binaragawan yang macho2 aja rata2 pasti punya motor matic dirumah wkwkwk.

  20. Gua mah menikmati riding pake kawak 4 cyl ,
    Uopsss sorry….motornya masih inden ?
    Hari ini gua nyimak siyutup…belum ada tuh yang tembussss top speed 190 kmh sikawak 4 cyl .
    Mungkin besok bisa ada yang nambah ? ( Mulaaaai ) ?

  21. Karena kawasaki itu hanya membuat motor kelas sultan & mengutamakan pride ( ceunah mah )
    Maka untuk menghindari anggapan sbg follower nya kymco..mending ga jadi jual matic rebranding dah.
    Gengsi dong

  22. Berarti Yamaha sudah cukup survive ya mang Kobay? Jadinya ga perlu ngeluarin R25 versi 3 ataupun 4 silinder

    • Nah ini pertanyaan yang sangat menarik…

      Kelas niche ini kalau buat Kawasaki adalah ranah bertahan, jualan, pelarian dari pabrikan laen sekaligus pamer kemampuan..

      Bagi Honda, lebih ke pamer gw juga punya dan bisa lebih baik…

      Yamaha? Waktu R25 awal mungkin sama kaya Honda, saat ini? Kalau gw jadi yamaha di kondisi sekarang pun ah bodo amaaaat.. fokus jualan dulu aaah.. menjaga yang laris manis biar konsisten…

      Suzuki… Hah? Kalian bikin 4 silinder 250cc? ?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini