banner

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Mungkin kita saat ini belum punya moge, tapi namanya rejeki siapa tau yes? Nah andai kita punya moge dan lagi sial terjatuh, baik dari keadaan diam atau riding pelan, gak usah panik meski sendirian, karena KBY dapat tips cara mendirikan atau membangunkan moge dari posisi jatuh atau tidur. Cara ini disebut aman dan tepat untuk menghindari cidera susulan, misal tangan atau pundak terkilir maupun pinggang kecetit gegara mau diriin sang moge wkwkkw.. Cekidot..

Pengguna motor gede (moge) atau big bike wajib mengetahui bagaimana cara mengantisipasi sepeda motor jika tergeletak atau terjatuh khususnya saat di jalan raya. Mengapa demikian, karena rata-rata motor berkapasitas mesin diatas 400cc memiliki bobot jauh lebih berat dibanding motor sport yang hanya berkapasitas mesin 150cc.

Tentunya jika pemilik kendaraan motor berkapasitas mesin besar atau diatas 400cc tidak mengetahui cara mendirikan sepeda motor ketika terjatuh dapat membahayakan dirinya sendiri dan dampak terberat mengalami cedera pada otot punggung. Bikers wajib tahu cara atau teknik khusus untuk mendirikan motor gede untuk meminimalisir mengalami cidera yang dapat berbahaya bagi diri sendiri.

Bagi sebagian pengguna sepeda motor, cara mendirikan motor gede biasanya hanya mengandalkan kedua otot tangan dan yang terbesarnya itu menggunakan otot punggung. Namun sebenernya porsi otot yang paling besar pada saat mendirikan motor yang memiliki beban yang sangat berat yaitu menumpu di kedua otot paha.

“Sangat berbahaya apabila kita lebih besar menggunakan otot punggung, ini bisa menyebabkan cedera pada bagian punggung. Sedangkan seharusnya otot tangan hanya untuk membantu saja,” ujar Ludhy Kusuma selaku Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora.

Hal pertama yang dilakukan adalah pengendara harus tetap tenang, lalu memastikan kunci kontak dalam keadaan off dan apabila sepeda motor terjatuh di tengah jalan pastikan motor benar-benar aman dahulu dari lalu lalang pengendara lain.

Jika sepeda motor terjatuh ke sebelah kanan pengendara, turunkan standar samping dahulu yang berada di sebelah kiri sebagai tumpuan ketika mendirikan sepeda motor sudah dalam keadaan posisi 90 derajat dan selanjutnya masukan gigi satu untuk mencegah motor tidak bergerak atau bergulir. Jika motor tersebut jenis fairing, posisi setang motor ditekuk ke arah kanan dimana handle bar atau throttle bar melekat ke tangki.

Saat akan mendirikan motor, bagian punggung bawah menempel ke jok pengendara dalam posisi jongkok. “Punggung pada bagian bawah ini hanya berfungsi untuk menyandar jok bukan digunakan untuk mendorong. Bila punggung bagian bawah sudah merapat ke jok, posisikan tubuh kita dalam setengah jongkok dan mata kita harus sejajar eyes level atau garis mata,” kata Ludhy.

Pastikan tangan kiri memegang handle bar dan tangan kanan mencari sisi jok belakang yang kuat, serta kedua siku tangan ditekuk kurang lebih sekitar 160 derajat dan mata pada posisi eyes level. Kemudian dirikan motor secara perlahan, kekuatan saat mendirikan sepeda motor harus dirasakan dari kedua otot paha. Menjelang 90 derajat motor mulai berdiri, titik 90 derajat motor rebahkan ke sisi kiri. Posisi kita sebagai pengangkat langsung berbalik memegang motor, dan melepaskan motor secara bertahap supaya motor bertumpu dengan standar yang ada di kiri, lalu stang motor kita ditekuk ke kiri ke arah gravitasi.

“Apabila sepeda motor terjatuh ke bagian sebelah kiri, secara garis besar sama dengan langkah sebelumnya. Hanya saja menjelang arah 90 derajat, posisi tubuh kita berputar balik dan bobot motor ditahan paha kanan. Pada saat putar kaki kiri mengungkit standar kiri,” tutup Ludhy.

Selain tips di atas, KBY juga dapat tambahan dari mimin mania, komentator yang sering nongol di blog mbah Sattar ini juga follower sejati KBY, tidak jarang dia ikutan komen. Biasanya komennya kocak, tapi kali ini beliau yang memang sohib lord satar di komunitas moge memberikan tips serius pada salah satu postingan KBY di instagram.. Begini katanya.. Semoga bermanfaat lads.

https://www.instagram.com/p/CCXiNdwnJfM/

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog

13 KOMENTAR

  1. Owh begitu ….mirip2 negakIn lemari gede ?
    Mang kobay , kriteria untuk disebut moge apa sajah? …mana tau ntar punya , tapi saat ditanya moge itu apa kan lucu gk bisa jawab ?
    Apakah dari bobot…cc…hp….harga ? Trimsss

  2. Awal2 dulu, pernah rebah pas putbal. Bediriin sendiri, manusia di sekitar pada bantu dengan doa masing2. Malah ada yg lewat bilangin, “mas2 pinggirin dulu di belakang banyak mobil…” Ingin rasanya kusumpal mulutnya dengan balaclava…

  3. Kang K0bay,
    apakah ada tips cara dapetin moge dari posisi jatuh (bangkrut) agar terhindar dari DC?
    Terus, inyong njaluk ngapura ya Kang (aku minta maaf),
    Video terakhir aku ulang-ulang terus,
    semoga tidak tambah rusak itu motor,hehe

  4. Syukurlah tidak pernah jatuh di tempat yg masyarakatnya anti sosial. Selalu ada yg membantu bahkan pernah ada yg memberi teh manis hangat (ketika jatuh di depan warung makan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini