Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Panas panas panas.. wkwkwk.. Kehadiran Kawasaki Ninja ZX25R ini ternyata membuat spekulasi panas di luar sana lads.. Tak hanya Honda yang digosipkan sudah mempersiapkan kelahiran CBR250RR 4 silinder, pabrikan berlogo garpu tala Yamaha juga tercium gelagatnya untuk ikutan terjun di kelas 250cc 4 silinder.. hot gosipnya, Yamaha sedang mempersiapkan YZF-R25M 4 silinder! Sejauh apa sih persiapannya? Kepoin kuy!

YAMAHA YZF-R25M 4 SILINDER?

Mengutip kabar dari Rideapart, kabar soal Yamaha akan menetaskan motor 250cc bermesin 4-silinder ramai diperbincangkan di Eropa. Motor ini pun disebut akan menjadi pesaing berat Kawasaki ZX-25R yang saat ini sedang menikmati pasar sendirian.

Tentu dengan mengusung embel-embel ‘M’ R25M 4-silinder akan memiliki DNA yang sama dengan motor supersport 1000cc Yamaha R1M. Kabar menyebutkan, Yamaha sedang merancang YZF-R25M di pabriknya di Iwata Jepang. Kendati demikian, belum ada informasi resmi dari pihak Yamaha Jepang terkait hal ini.

Bahkan riderapart sendiri belum yakin terkait hal ini, disebutkan meski gosipnya berasal dari Asia tapi rumornya belum jelas dari mana dan menyebutkan “It’s unclear what the source of the rumor is but it’s spreading like wildfire across all platforms”.

Meski merupakan jawaban diplomatis dari seorang petinggi, namun jawaban dari Manager Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro seakan mengiyakan ketidakjelasan dari hot gosip tersebut, dirinya mengatakan untuk saat ini pihaknya masih percaya diri dengan R25 2-silinder.

“Produk itu kan masih ada, dan kalau itu masih kita jual berarti kita masih percaya dengan yang ada, apalagi ada Yamaha MT-25 juga,” kata Anton beberapa waktu lalu saat diwawancarai oleh Kumparan pada satu kesempatan.

Anton melanjutkan, banyak hal yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan dalam membuat sebuah produk. Salah satunya peluang motor itu akan diterima oleh pasar.
“Terutama di kategori 250 cc itu sangat-sangat segmented, kita enggak bisa, sana bikin dan kita juga ikutan bikin. Harus melihat kedepannya, percuma sudah bikin tapi enggak diterima oleh pasar,” paparnya.

PELUANG KEHADIRAN YAMAHA R25M 50:50

Menurut KBY pribadi, namanya hot gosip artinya masih 50-50, setengahnya benar, setengahnya belum tentu salah, eh belum tentu betul. Yang membuat kabarnya gak (belum benar) adalah informan KBY, sang sumber mengatakan saat ini fokus Yamaha (setidaknya YIMM) bukan ke pasar atau kelas sport, mereka bisa dibilang hanya lebih ke memelihara kalau produk sport mereka sekedar ada (di luar moge yes).

Fokus YIMM saat ini pada produk produk yang memang menjadi ATM bagi mereka, yaitu keluarga maxi Yamaha alias skutik maxi mereka. Tidak ada yang salah dengan keputusan ini lads, namanya bisnis ya cari cuan dulu, apalagi di masa pandemi ini, menjaga market share saja mungkin sudah sulit, alih alih mau nambah pusing bikin produk baru yang pangsanya bersifat “niche”. 

Lah itu Kawasaki bisa kang? Wah ini mungkin yang kelewat dari pantauan lads sekalian, tahu sendiri memangnya Kawasaki ada produk andalan di penjualan selain sport? Hidup mati mereka (setidaknya di Indonesia) hanya dari sport, kalau mereka tidak menciptakan gebrakan dan hanya mengandalkan penjualan dari Ninja 250 series doang, bisa kolaps loh.

Kedua, versi yang setengahnya benar, karena R25 itu merupakan produk global yang dibuat di Indonesia, maka bukanlah keputusan YIMM untuk menciptakan produk lawan dari Ninja ZX25R. Tidak seperti Honda (AHM) yang berani menciptakan produk regional doang, pabrikan lain menciptakan produk tertentu/ spesial itu harus bersifat global, gak bisa YIMM bikin R25M trus dijual kaya CBR250RR di segelintir negara doang. Bukan gak bisa sih, tapi gada benefitnya.

Nah kalau Yamaha Jepang merasa panas dan menggelontorkan dana untuk melayani Kawasaki, maka 80% sudah pasti Yamaha R25M akan lahir dari Indonesia seperti halnya Aerox, NMax, Lexi, R15, MT-15, MT25/03, R25/R3 dll.. Dalam situasi begini, YZF-R25M 4 silinder bukan lagi sekedar gosip, maka nantinya akan ada YZF-R3M bahkan MT25M dan MT03M.

MESIN TIDAK AKAN CROSSPLANE?

Ada lagi info, kalaupun Yamaha membuat YZF-R25M, meski ada tapi kecil kemungkinannya kalau sport 250/300cc tersebut akan menggunakan mesin bertipe CrossPlane 3 silinder alih alih 4 silinder. Alasannya? CP series itu teknologi mahal, part-nya juga kudu mumpuni.. Andai diciptakan, mau dijual berapa? Bisa 130-150 juta loh jatuhnya. Itu mengapa MT-07 CP2 belum upside down tapi harganya lumayan tinggi, mesinnya yang mahal lads..

Kemudian, sesuai ucapan Antonius Widiantoro di atas, apakah akan sesuai dengan target penjualannya? Jadi bicara cost benefit, mesin 4 silinder in-line adalah yang paling masuk akal untuk diciptakan..

Pertanyaan selanjutnya, secepat apa respon Yamaha? Ini yang belum diketahui. Silakan lads mau pegang versi 1 atau versi 2, toh ini masih bersifat hot gosip semata. Kalau Honda kang? Nah si sayap kepak ini infonya lebih banyak dan cukup akurat, tinggal tunggu tanggal mainnya aja si CBR250RR SP 4 silinder, cepat atau lambat? Belum tau hehehe..

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog

21 KOMENTAR

  1. mestinya sihhh … kudu disiapin dan matengin konsep mesin dan desain fisiknya … loncing jelang akhir tahun

    power dan fitur kudu bejaban sama Ninja ZX25R, kalo lebih malah tambah keren toh

    knapa ? … selagi ada momentum Yamaha (kayaknya) bakal juara dunia MotoGP 2020 nih … kuy lah

  2. 2 silinder vs 2 silinder saja KALAH power KALAH jualan. kalaupun bakal ada R25M 4 silinder, apa yg mau ditonjolkan dlm jualan ?

  3. Kemungkinan hadirnya r25m cuma 0,00001% kyknya wjwjwj, soalnya kelas 250cc cuma di beberapa negara saza, untuk pasar global 300cc up, kecuali bikin yzf-r4 400 4cylinder untuk kelas pemula, itu juga diluar sana harganya pasti mepet r6, ya mending r6 zekalian,

    #cuma ngayal ieu mah

  4. Yg paling siap 250cc 4 silinder itu Honda cbr250rr 4 silinder. Klo Yamaha Mungkin Masih kecil utk mengeluarkan 250cc 4 silinder.

  5. Melihat tren xsr155 yg cukup positif kayaknya Xsr250 dulu sih yg bakal hadir, pasti keren dan cocok buat dimodif. pilihan buat yg pingin tampil retro dan macho, dan bisa jadi mungkin xsr ini akan lebih diminati dikelas sport 250 2silinder

  6. Daripada bikin YZR 25M , alangkah baiknya major facelift XMAX 250 dahulu, di upgrade fitur² kekinian toh pasar Global juga ada XMAX , kaloau fokus ke maxy Scooter
    Atau malah bikin Aerox 250CC belum ada tuh kelas Sport maxy Scotter 250CC, biar terjadi shifting demand, heheheh

  7. Yap xsr250 bodi dan jok dibikin mirip xsr700 yg sedikit nungging biar tetap sporty.. dan xmax dibikin 2 silinder aja sekalian biar menggebrak

  8. Nama nya Pasar bro… Kadang Kita diatas kadang kita dibawah… So setiap Perusahaan bakalan Menciptakan hal baru sob… For now Yamaha masih jauh di kelas 250 Sama Pesaing nya… But Next ? Ke depan nya ? Suprise Diatas angin… Kan gak tahu…

  9. Klo development motor jenis baru itu akan makan waktu lama, apalagi kena standar euro, jangan2 motor udah jadi kompetitor lain bikin jenis motor baru lagi, kan repot.

  10. Dan yang paling penting, waktu survey untuk R & D harus melibatkan orang yang naik Innova, Pajero, Fortuner… Biasanya potensial beli, coba cuma masukan fansboy yang cuma naik motor entry level???? Jasa Jess josss iya, beli kagak… Kan repot 😆😆

Yuk Tinggalin Jejak Lads..