banner

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Nani? Sodesu ka? Yare yare.. Indonesia sebagai pembuatnya malah keduluan oleh Honda Jepang dalam merilis CBR250RR facelift 2020-2021 41PS! Yak, Honda Jepang sudah merilis versi yang lebih powerful untuk CBR 250 2 silinder lads.. dan tak hanya modal kenaikan tenaga saja, beberapa fitur baru untuk motor sport fairing ini juga ikut tertanam. Benarkah CBR250RR versi Indonesia bisa lebih tinggi lagi tenaganya? Cekidot kuy..

Akhirnya Honda menjawab tantangan Kawasaki Ninja ZX25R.. eh gak menjawab juga sih karena tetap gak head to head wkwkw.. Tapi yang jelas, Honda memberikan sentuhan anyar terhadap mesin jagoan ARRC ini, tenaga Honda CBR250RR versi 2020-2021 melonjak naik sebanyak 3PS!

Selain itu, pabrikan sayap kepak ini juga menambahkan fitur baru berupa assist slipper clutch dan quick shifter dua arah! Tapi dari sisi desain gada ubahan apa apa lads.. murni jeroan dan fitur elektronik.

FITUR CBR250RR 2020 TERBARU

Bicara quick shifter dua arah, artinya ini persis serupa dengan yang dimiliki oleh Ninja ZX25R, hanya saja tinggal pengoperasiannya saja, apakah benar benar layaknya sang ZX25R yang tinggal gas full dan kaki kiri ungkit atau injak? Atau tetap harus menurunkan throttle?

Ada quick shifter biasanya ada Assist Slipper Clutch, keduanya seakan dibuat untuk menjadi satu paket kesatuan, dan memang terbukti, kinerja keduanya sangat mendukung terutama untuk penggunaan di sirkuit! (baca: Full Review Kawasaki Ninja ZX25R).

Selain kedua fitur di atas, Honda juga menambahkan adanya kunci immobilizer – harusnya sih namanya HISS ya, immobilizer khas Honda, dengan demikian artinya kunci ala keyless batal dilakukan. Sekarang kita menuju ke spesifikasi yang membuatnya mengalami kenaikan tenaga dan juga torsi..

SPESIFIKASI HONDA CBR250RR 2020-2021

Sudah dijelaskan, Honda Jepang membuat CBR250RR terbaru kini memiliki tenaga yang lebih powerful! Versi Jepang sendiri diklaim memiliki tenaga sebesar 41PS (30kw), jika dibandingkan dengan versi sebelumnya untuk pasar Jepang maka kenaikannya adalah sebanyak 3PS dari 38ps menjadi 41ps (baca: Tenaga CBR250RR, R25 dan Ninja Versi Jepang Lebih Kecil).

VERSI INDONESIA LEBIH POWERFUL?

Begitu juga dengan torsi, naik 2Nm dari 23Nm menjadi 25Nm. Sementara versi Indonesia sendiri memang lebih powerful dibandingkan versi Jepang. CBR250RR lokal bertenaga 38,7ps dan torsi 23.3Nm, jika kita pukul rata semua kenaikannya yaitu 3ps dan 2Nm maka tenaga CBR domestik menjadi 41.7ps dan 25.3Nm.. Lumayan!!

Mengapa bisa lumayan gitu kenaikan tenaganya? Ini dia rahasianya.. Pertama, rasio kompresi di Honda CBR250RR 2021 meningkat dari 11,5 : 1 menjadi 12,1 :1, kenaikan tersebut terjadi akibat adanya perubahan pada sektor mesinnya yaitu :

  • Mengubah bentuk piston
  • Diameter poros penyeimbang yang lebih kecil untuk meningkatkan putaran maksimum
  • Optimalisasi beban pegas katup
  • Menambahkan kandungan teflon pada piston untuk mengurangi beban gesek
  • Mengoptimalkan bagian-bagian sistem intake
  • Mengubah struktur internal muffler

Selain ubahan di atas, respon tenaga juga meningkat berkat adanya peningkatan di sektor elektronik ”Throttle By Wire”. Jadi penasaran, seresponsif apa kira kira..

Sementara untuk sektor handling yang terkait dengan kinerja suspensi, sektor suspensi depan dari showa terkena improvement berupa pengurangan gesekan, mengoptimalkan kekuatan redaman dan kemampuan untuk menyesuaikan di berbagai kondisi jalan.

Meski bobot tetap yaitu 168kg, namun berkat adanya peningkatan tenaga dan torsi maka otomatis Power to Weight Ratio-nya ikutan membaik. Ini tentunya menjadi ancaman bagi kompetitornya di ajang ARRC, sekarang saja CBR250RR MC51 ini sudah meraja, Ninja 250 2 silinder yang sudah makin mumpuni bisa tercecer jika tidak ada ubahan di sektor tenaga.

Spesifikasi NEW CBR250RR
Nama / model mobil Honda 2BK-MC51
Jenis mesin DOHC 4-katup 4-silinder liquid cooled
Total pemindahan (cm 3 ) 249
Diameter dalam x stroke (mm) 62.0 x 41.3
Rasio kompresi  12.1
Output maksimum (kW [PS] / rpm) 30 [41] / 13.000
Torsi maksimum (N ・ m [kgf ・ m] / rpm) 25 [2.5] / 11.000
Total panjang (mm) 2,065
Lebar (mm) 725
Tinggi keseluruhan (mm) 1.095
Jarak Sumbu roda (mm) 1,390
Ground clearance (mm)  145
Tinggi kursi (mm)  790
Berat kendaraan (kg) 168
Kapasitas Kursi (orang) 2
Radius putar minimum (m) 2.9
Jenis perangkat suplai bahan bakar Elektronik <Perangkat injeksi bahan bakar yang dikendalikan secara elektronik (PGM-FI)>
Starter Electric
Kapasitas tangki bahan bakar (L) 14
Format kopling  Jenis pegas koil multi-pelat basah
Jenis gearbox Pengembalian 6 langkah dengan jaring konstan
Sudut kastor (derajat)  24 ° 30 ′
Jumlah jejak (mm)  92
ban Depan 110 / 70R17M / C 54H
belakang 140 / 70R17M / C 66H
Jenis rem Depan Cakram hidrolik
belakang Cakram hidrolik
Sistem suspensi Depan Jenis teleskopik (suspensi terbalik)
belakang Jenis lengan ayun (Prolink)
Frame Diamond

Harga CBR250RR 2020

Honda CBR250RR MY 2020 dipasarkan di Jepang dengan harga 821.700 YEN (Rp 112 jutaan – kurs Rp. 136.37) untuk warna Matt Gun Powder Black Metallic,Pearl Crystal White dan Grand Prix Red. Sementara untuk yang warna Grand Prix Red White Blue khas warna HRC dipasarkan lebih mahal dengan harga 854.700 Yen (Rp 116 jutaan).

Sayangnya, fitur Quick Shifter sendiri dijual sebagai aksesoris resmi lads, harganya dibanderol 25.300 Yen atau setara Rp 3,4 jutaan. Tidak disebutkan untuk fitur ASC-nya, berarti fitur pengurang engine brake tersebut menjadi standar. Indonesia kapan ya? Gegara Covid19 sih semuanya jadi kacau balau…

 

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog

23 KOMENTAR

  1. Kompresi 12,1:1 butuh bahan bakar spesial tuh. Apa keawetan material bukannya jadi turun? Apalagi pake Pertamax biasa lebih2 pertalite?

  2. eh ga boleh nyalahin covid mang …. ntar ada orang elite global nyamar jadi tukang siomay di depan rumah … loh

  3. klo punya motor sport ya pake pertamax lah,, masa pertalite wkwkwkwk
    gua yg new cb150r aja dari awal beli ga pernah negak pertalite, alhasil mesin ga pernah trouble dan selalu powerfull tnpa drop., malah sebulan 2x pake pertamax turbo setengah tangki buat bersihin ruang mesin.

    • wkwkwk gw juga ogah pake ron rendah, si zeref kalaupun pake 92 karena lagi nyoba booster aja sampe habis botolnya.

      Sisanya kalau gak 95 ya turbo…

      ini kita bicara kelakuan +62 yang laen mang, yang udah kebeli motor mahal/ demand ron tinggi tapi duitnya pas pasan buat beli bensin bagus 😀

  4. btw indonesia untuk motor sudah EURO berapa sih mang??
    itu yg Jepang Standar emisinya pake yg berapa??
    andai kata Jepang pake euro 4 dan indo masih 3, ya otomatis kenaikannya bisa 1-2 ps di indo.

    klo di jepang pake euro 5 dan indonesia euro 3 atau sudah 4, bisa” tembus 43-45 ps. tinggal ganti Knalpot, PWR lebih tinggi dari zx25r

  5. untuk quick shifter yang bisa up&down itu namanya auto blipper. auto blipper aktif pas shift down, klo pas shift up ya quick shifter aja yang jalan. ada penjelasannya kok. baik quick shifter maupun auto blipper ga perlu turunin gas (kayaknya auto blipper cuman bisa ada di motor yang pakai ride-by-wire karena terkait dengan cara kerjanya)

    @Qwerty
    saya pernah modif kompresi motor apache saya dulu jadi 14.7:1, diisi premium (dulu belum ada pertalite) sih ga kenapa² tuh. bolak-balik jakarta-bogor, jakarta-bandung beberapa kali (odometer terakhir hampir 60rb km, modif sejak sekitar 22rb km) aman² aja.

  6. sayang oktan 95 malah di hapus ?….prtamax 92 dah ngk layak utk kompresi diatas 11 ,…. malah ada 98 ketinggian oli jd rusak fd

  7. Kang K0bay,
    kayane inyong wis di’blacklist’ sama Kang 1wan Webeh,
    Beberapa waktu iki wis ora komen di sana.
    Terakhir komen pas inyong ngomong tentang Kawak ‘kesuwen’/kelamaaen launching si ZX, abis tu komen dah gak iso. hehe
    Tapi ora popo,
    Ijih ono warung e Kang K0bay,
    tempat untuk lihat eSPeGeh dan ploduk-ploduk motor n mobil.

    Untuk 250RR versi sini akan lebih tinggi dikit Kang,
    Juga nanti yang (CBR) 250RR-R akan lebih tinggi dari (ZX) 25R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini