Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Lads, masih ingat gak cerita seputar helm lokal Thailand yang fenomenal hingga penjualannya ludes dan konsumen rela antri untuk mendapatkan unitnya? Helm Bimola mereknya, mungkin biasa saja, tapi konsep dan ide jualannya luar biasa yaitu menggunakan nama Gundam pada beberapa seri helm-nya hingga menjadi nama Bilmola Replicon Gundam.. hasilnya? Dahsyat! Nah menurut KBY, helm lokal Indonesia bisa tiru cara mereka tuh lads.. diskusi kuy

Melihat suksesnya helm merek lokal asal Thailand tersebut membuat KBY berpikir, bisa jadi belum pernah terpikirkan oleh para pabrikan helm lokal di Indonesia untuk bekerjasama resmi dengan Bandai yang memegang lisensi Gundam. Mungkin juga sudah tapi tidak direalisasikan, karena dianggapnya Gundam tidak atau kurang menarik dan kurang diminati bikers. Atau tidak menemukan titik temu dari sisi biaya gono gini.. 

baca juga: Helm Bilmola Gundam Laris Manis Ludes!

Tapi intinya, dengan nama atau brand helm lokal Indonesia yang sejauh KBY tahu lebih baik dan terkenal dibanding helm lokal negara ASEAN – contohnya KYT dan subsidiary-nya lah ya, cara ini bisa ditiru ke depannya. 

Indonesia sendiri memiliki cukup banyak merek helm, dari KYT dan anak buahnya (INK, MDS, BMC, HIU), NHK, NJS, Cargloss (ada lagi gak?) dan kualitasnya pun cukup mumpuni terutama KYT dan NHK yang sudah go internasional bahkan hadir di ajang balap dunia. 

baca juga: Mengena Helm Bilmola Gundam Asal Thailand

Manapun yang akan beraksi dari merek merek di atas, KBY rasa apa yang dilakukan Bilmola dengan memproduksi Bilmola Gundam bisa dicontoh. Misal saja ini mah, Bilmola kontrak dengan Bandai untuk membuat helm Gundam adalah 7500 unit, artinya selepas jumlah itu habis, ada kesempatan untuk menjadi “duta Gundam” berikutnya kan? Itu yang pertama.

Yang kedua, jika ogah ngikut ngikut Gundam, maka pabrikan helm lokal Indonesia bisa melirik franchise lain, kalau Marvel series sepertinya masih dimiliki oleh HJC ya? Jadi pabrikan harus pintar mencari franchise yang bakal booming. Bagaimana kalau helm mobile legend? KBY gak terlalu paham sebesar apa efeknya game tersebut di dunia nyata -soalnya gak mainin juga sih wkwkwk, kalau Gundam atau Marvel kan dari mulai kaos, robot, kartu dlsb. 

Atau helm manga/ anime one piece? Sepertinya pecintanya juga banyak banget terhadap manga yang hampir mencapai 1000 chapter tersebut, Dragon Ball juga kalah kayaknya ya? Final Fantasy? DC Comics? Bisa sih tapi superhero nya terbatas yang familiar, Superman, Batman, Teen Titans, Wonder Woman.. 

Intinya sih memang gak mudah juga, karena kudu pintar pintar mencari franchise yang beneran memiliki die harder laiknya Gunpla.. Kalau menurut lads seri seperti apa yang cocok untuk helm lokal Indonesia dan memiliki efek sebesar helm Gundam Bimola? 

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog

32 KOMENTAR

  1. Lah kan udah ada helm Saitama alias One Puch Man lwt honda dgn helm sukro legendary trx mang. Makasih honda…

  2. bisa collabs sama tim kreatif nya Semesta Gundala Mang … superhero lokal yg lagi naik daun

    cuman biasanya … gak lama bakalan muncul barang kw nya sih hehehehehe

  3. nah setuju sm babeh umar … problem kita adalah banyaknya helm2 kw yg beredar …. lagian klo game di jadikan franchise saya ga yakin bakalan booming …. orang indonesia cuma latah kok …. ngikutin tren dr luar bukan menciptakan tren itu sendiri … cmiiw

  4. Selamat pagi Kang K0bay,
    Urun rembug saja, Franchise yang lariz di Indo tercintah mungkin:
    – helm TikTok
    – helm spongebob, squidward, patric, mr crab
    – helm adit sopo jarwo
    – helm corona
    – helm upin ipin
    – helm gorengan (tahu isi-tahu brontak, bakwan, cireng, cilok, mendoan, dll)
    – helm bakso pentol, cimol, cemol dll
    – helm sukro (sudah ada, si sukro legend, hehe)
    – helm dora
    – helm doraemon, dorayaki
    – helm ultraman, kamenrider, power ranger
    – helm saru
    – dll
    Ngono Kang, suwun

  5. Gimana kalo ambil lisence nya transformer, kayaknya jg lumayan ada basefan nya, walo mungkin ga se die hard gundam

  6. Gk terlalu ngerti helm2 ginian ,tapi intinya kayak di pred cikken2 gitu kan ya.. beli jualannya ,dapet hadiah mainannya 😂
    Au ah

  7. Ga usah pake lisensi segala mang.
    Jual aja motif yg udah viral seperti ceret dan tabung gas 3kg itu.

    😆

  8. mobile legend yang main bocah2 alay doang kalo disini . . . . susah cari yang dompetnya tebel.
    —-
    NHK dulu pernah pake franchise DC comic kalo ga salah.
    —-
    kenapa juga ga ngikutin bilmola, kerjasama pake franchise gundam, setau saya gundam franchise ga exclusive buat 1 merk doang deh.
    contoh franchise apparelnya gundam, ada yg dipake uniqlo (untuk kalangan orang biasa), ada juga merk cospa (untuk kalangan sultan)

  9. Basis konsumennya tetap harus dari pengendara motor harian, lalu cari irisan dg segmen penggemar karakter animasi.
    Bikin limited Qty sebatas populasi hasil riset market tadi

  10. Guwe berani prediksi gak akan laku Om.
    Bilmola laku karena kekuatan GUNDAM fans, harus diakui itu.

    kalau mau pakai mobile legends dst, lakukah? laku sih laku!!! tapi gak akan segitunya. Gak bakalan juga ludes diantre dan harga bisa membubung tinggi kaya franchise gundam.

    Mau Pake DC , Marvel Juga gak bakalan memiliki “Gendam Effect!!!” Only Gundam yg bisa begitu.

    Tapi kalau pabrikan helm lokal itungannya cuman cost / unit sales. Maunya ambil franchise , bayar dan ketika jualan bisa untung dr jualan. Biaya ambil franchise harus tertutupi margin jualan helm edisi khusus ini. Ya lokal gak bakalan ambil ini franchise yang muaaahalll banget. Gue udah pernah tanya harga franchisenya xxxxjt gitu untuk per kontrak kecil.

    Kalau Bilmola gue rasa hitungannya brand impact jangka panjang. Hampir semua ujung bumi sekarang ngerti Bilmola khan!!! Bukan cari untung dari penjualan edisi khusus limited edition Gundam ini!!! bukan cost / unit sales.

    • Tu dia, harus yang punya gendam effect juga..

      Gw rasa lokal pernah nyoba (Gundam) tapi mundur karena lisensi yg tinggi.. mungkin ya..

      Surprise banget nih Bilmola.. ajib

  11. gak bakalan memiliki “Gendam Efect!!!” seperti GUNDAM franchise licence ini. paling paling ntar jual murah diskon lagi ujung ujungnya kalau ngotot pakai karakter animasi biasa-biasa.

  12. Menarik nih bahasannya, Kalau franchise gak laku, mungkin ciptakan character sendiri, buat ig sendiri untuk brand awarness dan lebih dket ke konsumen be trend creator not follower.. mungkin gak instan, tapi bisa jadi komunikasi 2 arah ke konsumen

  13. Evangelion aja, kan sama2 anime robot2 gitu wkwkwk, plus warnanya juga khas per karakternya. Kalo ga salah honda civic ada yg iklannya pake evangelion (gatau ada edisi khusus atau murni cm iklan aja), pernah liat iklannya di youtube.

  14. Mobile legend mah ga exclusive..mainan rakyat jelata sampe kalangan atas.. susah dicari pride nya kalo make aksesories resmi ML.

    Mingkin bisa kerjasama dengan JAV,,kayanya laris 😁😁😁

  15. Kayaknya kalau lisensi motif game mobile rada riskan, karena memang user mereka banyak tapi fanatisme mereka rada kurang dan mayoritas mereka adalah pemain kasual yang numpang WiFi. UPSs 🤭

    Mungkin bisa lisensi motif Scuderia Ferarri (karena nama Ferarri lebih besar daripada kompetisi yang diikutinya), atau motif dari franchise yang memang fansnya nggak segan ngeluarin kocek yang nauzubillah. 🤣

  16. Gundam effect itu benar dan nyata om. fansnya rela ngeluarin kocek dalem2 buat item koleksinya (gak selalu gunpla) apalagi yg limited spt helm licensed. Diluar itu bisa jadi Bilmola jg sebetulnya gak ambil untung banyak krn mahalnya franchise bandai tsb. Atau bisa dibilang bakar duit demi brand awareness. btw keknya gw sering liat GM / bmc pakai grafis disney tapi ga tau itu icense atau nggak haha

  17. COC gak pake K, maybe? Kan mantap tuh helm ala ala barbarian king atau helm P.E.K.K.A wkwkwkwkwk

  18. Mobel entot mah banyak Hero yg plagiat karakter Laen,fans nya jg gak yakin banyak yg se fanatik fanchise Gundam,orang pada maen jg ikut2an doang biar kayak atlet esport 😆
    Mending helm karakter arknights :v

Yuk Tinggalin Jejak Lads..