Kobayogas.com – Hola lads, Salam geberrrrr.. Sudah hampir sebulan kayaknya gak bahas hot gosip ya? Wkwkw.. Terakhir itu gosip Yamaha MT-07 dan MX King VVA ya? Nah kali ini kabar kabari datang dari segmen roda empat alias mobil. Tentu lads masih ingat satu sosok mobil warna hijau genjreng yang sedang tes jalan dan emblemnya ditutupi? Saat itu tebakannya adalah Daihatsu Tanto, tapi sebenarnya adalah Daihatsu Thor, yah nyaris setali tiga uang jadi harap maklum kalau salah duga wkwkw.. Nah hot gosipnya, Daihatsu Thor yang akan hadir di Indonesia loh.. gosok dulu kuy biar makin sip..

Sebentar kang, nyebut Daihatsu Thor sebagai CUV, gak salah? Kan modelnya MPV kecil kayak karimun gitu.. Pertanyaan ciamik! Karena saat dapat informasi ini KBY pun menanyakan hal yang sama, kenapa CUV? Memangnya dia bisa berlaku sebagai mobil crossover juga?

CUV menurut si mbah google, merupakan kepanjangan dari Crossover Utility Vehicle, nah si Thor saudara Tanto ini merupakan Crossover MPV, mungkin kalau dari sisi desain dan konsep-nya bisa kita bayangin laiknya Mitsubishi Delica, MPV yang punya tampang tangguh yang bermain barengan Toyota Voxy. 

Informan KBY juga tidak bisa menjawab tuntas, entah mengapa Daihatsu sendiri yang mengatakan kalau Daihatsu Thor merupakan sebuah CUV alih alih MPV wkwkw, yah mungkin biar terkesan beda kali ya dengan Tanto yang pure MPV.

Oke kembali ke gosip, Thor ini terendus sedang dipelajari untuk masuk ke Indonesia, kodenya sih D74A, berplatform DNGA A-Segment bergenre CUV. Nah di kelas ini yang genrenya paling mendekati adalah si Thor lads. 

SIAPA SAJA LAWAN DAIHATSU THOR?

Sebagai bahan untuk dibayangin, dimensi Daihatsu Thor sendiri adalah 3.755 mm, lebar 1.670 mm, dan 1.735 mm. Mobil ini disematkan mesin 996 cc, tiga silinder dengan transmisi CVT. Mesin mampu menghasilkan 67 hp dan 90 Nm. Daihatsu Thor disebut cocok untuk bermanuver di jalan-jalan perkotaan. Selain itu mobil ini juga diklaim memiliki kabin yang luas dengan konfigurasi 5 penumpang.

Dengan spesifikasi itu, untuk pasar Indonesia yang mendekati dari sisi desain yang boxy serta dimensi adalah Suzuki Wagon R. Adapun dimensi Wagon R, panjang 3.635 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.670 mm. Untuk mesin, Wagon R dilengkapi mesin 998 cc tiga silinder dengan dua model transmisi yakni manual dan Auto Gear Shift (AGS). Mesin ini sanggup menyemburkan tenaga 68ps dan torsi 90 Nm. Sama dengan Daihatsu Thor, Suzuki Wagon R juga memiliki 5 kursi penumpang.

Di kelas yang kurang lebih sama, mobil-mobil yang akan berhadapan langsung dengan Daihatsu Thor antara lain, Suzuki Karimun Wagon R, Renault KWID dan Renault Triber. Selain itu ada juga mobil segmen LCGC lainnya dengan kapasitas mesin di atas 1.000 cc, ada Datsun GO, Datsun GO Plus yang sudah awarahum, Honda Brio Satya, dan lain-lain. Calya dan Sigra ga masuk karena sudah 3 baris seatnya. 

Pun demikian, seperti pada artikel spy shot Daihatsu Thor sebelumnya, sejauh ini Astra Daihatsu Indonesia (ADM) masih berujar bahwa jika ditemukan baik Tanto atau Thor dijalanan (dengan emblem tertutup) itu hanya sekedar cek mesin 1.000 cc aja untuk mengetahui performanya di jalan Indonesia. Juga dikatakan bahwa pengujian Thor/ Tanto bukan atas perintah dari prinsipal di Jepang. Melainkan dari tim Research dan Development ADM. Ah bisa aje wkwkwk.. 

Tapi untuk kali ini masih sebatas hot gosip lads, kodenya sih ada dan nyata, tapi apakah dalam perkembangannya akan berubah atau tetap, itu yang belum dapat diketahui lebih lanjut. Jadi stay tune aja yes… 

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog

20 KOMENTAR

  1. Mungkin ditambah antene berbentuk pegangan palu di atasnya… bukan model hiu…bisa kayak palunya thor….

  2. Lucu euyyyyy!!!! Klo orang dr jauh ngeliat apalagi malem2 baik depan apa belakang pasti disangka kembaran voxy versi daihatsu, pas udah deket barulah sadar kok mobilnya kuntet wkwkwkwkwk

    Jujur aja klo bentuknya mirip gambar (yg putih) menurut selera pribadi ay ni LCGC dengan desain paling yahud and masculin heheheheh

    Beliin ah buat bini klo ada dimari

    #alasanPinginCoba wkwkwkwkwkwkwk

  3. Designer : how big grille area you want to put on this car’s fascia?
    Daihatsu executive : yes

  4. Numpang tanya Mang…..
    Artikel diatas apa ada kaitannya sm artikel nyang ini : Toyota Daihatsu Terendus Siapkan Ultra Low Car MPV, Model All New, Mesin Dari Sigra?

  5. Berarti udah dua produk berbeda dong….?Lalu Thor (ato apapun namanya nnti) diposisikan dmn Mang?
    Jadi tambah penisirin nih Mang…😁

  6. platform mesin ex ayla kah? kyny kl liat foto kei car di jalanan jepang sana kesannya lucu . pas bgt. jalannya kecil tapi rapih, bangunannya jg kotak2 rapih2 juga. nah pas liat foto test diatas kok ky ngga klop hahaha

Yuk Tinggalin Jejak Lads..