Kobayogas.com – Hola lads, Salam geberrr..  Biasanya kalau melakukan modifikasi sebuah motor yang asalnya dua roda menjadi tiga roda itu bagian belakang yang ketambahan satu buah ban lagi. Tapi tidak untuk modifikasi Yamaha Freego Roda Tiga asal Bali yang satu ini, modifikasinya terinspirasi dari motor skutik 3 roda Yamaha yakni Tricity.. Seperti apa hasilnya? Mengapa pilihannya jatuh kepada Freego bukan skutik Yamaha lainnya? Cekidot..

Yamaha setidaknya memiliki dua motor yang menggunakan tiga roda, Yamaha Tricity merupakan sebuah skutik tiga roda terkecil di produk Yamaha dengan kapasitas mesin 125cc, sementara versi mogenya yang menggunakan mesin MT09 hadir di Yamaha Niken.

Perbedaannya, Tricity adalah sebuah skutik, sementara Niken merupakan motor sport murni. Nah Bli Nyoman Sujana, konsumen Yamaha asal Ubud, Bali, memilih untuk memodifikasi Yamaha Freego miliknya sehingga tampil layaknya Yamaha Tricity dengan adanya tambahan 1 ban di bagian depan motor.

Iyes, biasanya modifikasi dilakukan dengan menambah 1 roda di belakang dan itu sudah umum (baca: Modifikasi Suzuki GSX-R150 Jadi Roda Tiga). Jarang modifikasi tiga roda yang menambah ban di depan karena pastinya lebih rumit dan dari sisi dana juga lebih mahal.

Saat tim Yamaha DDS Bali mengunjungi Nyoman pada Rabu (6/5), di wilayah Sayan, Ubud, Bali, ia menjelaskan bahwa penambahan satu roda di bagian depan motor tidak hanya membuat tampilan motor menjadi unik dan menyerupai Yamaha Tricity, tetapi, juga membuat motor tersebut menjadi ramah untuk dikendarai oleh penyandang difabel yang memiliki keterbatasan.

Modifikasi pada motor sendiri dilakukan langsung setelah Nyoman melakukan pembelian dari dealer Yamaha di workshop Bola Custom Garage. Adapun lama proses pengerjaannya memakan waktu kurang lebih 3 bulan.

Lantas, ketika ditanya alasan mengapa memilih Yamaha Freego sebagai motor yang dijadikan bahan untuk dimodifikasi, Nyoman mengaku karena Yamaha Freego memiliki beragam fitur yang praktis sehingga memudahkannya dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

“Saya memilih Yamaha Freego karena sangat praktis ya, isi bensinnya tidak perlu buka jok. Bagasi juga luas dan deknya bisa untuk membawa barang”, ungkap Nyoman.

Selain itu menurut KBY pribadi, ada kesamaan tampang alias desain antara Yamaha Freego dengan Tricity, jadi paling cocok juga sih merubah Freego jadi tiga roda laiknya Tricity.

mirip freego juga kan?

Nyoman juga mengaku bahwa Freego bukanlah motor Yamaha pertamanya. Dia dan keluarga memang telah lama menjadi konsumen setia produk-produk Yamaha seperti Nmax dan Lexi. Dahulu, Nyoman juga pernah memiliki Yamaha Mio yang kemudian ia modifikasi menjadi 3 roda.

“Kita memang keluarga Yamaha ya, saya ada Lexi, Nmax, dan sekarang Freego. Sebelumnya juga saya menggunakan Mio yang di modif jadi 3 roda, sekarang ganti jadi Freego”, tutup Nyoman sembari tersenyum.

Sayangnya, Bli Nyoman tidak menyebutkan berapa dana yang dihabiskan untuk merubah alias modifikasi Yamaha Freego menjadi tiga roda tersebut.. Kira kira berapaan ya lads?

sumber: Monkeymotoblog

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog

10 KOMENTAR

  1. Menyiasati tricity125 yang bisa sampe 20 bahkan 15 km per liter dengan yang agak irit ? Boleh juga.
    Atau ini Simbol perlawanan… Kenapa tricity125 jadi produk gagal…sekalipun ditempat kelahirannya sendiri ? 😂

  2. Bahaya ini mang kalo diajak ngebut. Secara kalo belok mekanisme rodanya kayaknya gak bisa miring kayak niken

Yuk Tinggalin Jejak Lads..