Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Kawasaki Ninja 250 4 silinder bernama ZX25R belum juga mateng, masih dalam tahap digoreng terus oleh banyak pihak seperti media, vlogger juga blogger.. Memang nih gara gara corona virus banyak hal yang mundur dan tidak jelas. Dan apa berita terbaru dari sang Ninja? Adalah powernya yang sudah terkuak melalui hasil dyno test, dan gak main main, powernya menunjuk di angka 42hp on wheel! Ini sih edan ya! Itu kondisi standar loh, bagaimana kalau dipasang knalpot aftermarket Akrapovic?

Ada dua sumber yang didapatkan terkait terkuaknya tenaga dari Kawasaki 250 4 silinder ini, yang pertama dari TMC Blog yang ternyata beliau menemukan sebuah hasil tes dynojet ZX25R dari web resmi Akrapovic sehingga diketahui jika power on wheel motor sport 250cc 4 silinder ini mencapai 42 Hp yang didapat pada putaran mesin 15350 Rpm.

Untuk angka segitu yaitu 42hp on wheel jelas besar, apalagi angka tersebut didapatkan dalam kondisi standar, artinya power delivery-nya sangat baik, loss dari mesin, transmisi ke roda minimum. Jika spesifikasi resmi mengatakan tenaga sang Ninja 4 silinder tersebut 45-47 maka lossnya hanya sekitar 3-5hp saja, tidak buruk malah baik sih.

baca juga: Hasil Dyno CBR250RR Pakai Knalpot Full System RX8

Nah ketika menggunakan knalpot alias exhaust Akravopic yang ternyata diproduksi khusus untuk ZX25R dengan seri Akrapovic S-K2R1-ZC, powernya naik sekitar 1,3 Hp menjadi 43,3 Hp pada putaran 15.450 Rpm, naik hanya 100rpm dari standar, oke banget nih! Ini sumber kedua, yaitu dari Layz motor yang seakan mengamini adanya exhaust PnP untuk sang ZX25R, fotonya di bawah ini: Untuk torsinya juga meningkat dari versi stock atau setandar 20,8 Nm menjadi 21,5 Nm pada putaran 12500 Rpm. Peningkatan power dan torsi ini juga disebabkan oleh faktor weight reduction berkat bobot knalpot yang ringan, bobot knalpot standar itu 8,9 Kg, sementara Akrapovic hanya setengahnya yaitu 4,5 kg saja.

Tapi harap dicatat, bukan bermaksud membuat jatuh harapan konsumen apalagi para FBK nih.. mesin dyno itu cukup banyak jenis dan tipenya, ada yang menghasilkan angka kecil, ada yang diklaim real, ada juga yang menunjukkan angka besar.

Nah infonya, dyno test Ninja 250 4 silinder alias ZX25R itu pakai mesin dynojet, afaik mesin tersebut cukup banyak digunakan dan angkanya dapat dipercaya. Jadi mari kita berbaik sangka dulu, karena berburuk sangka itu sangatlah mudah kekeke.. anggap saja tenaga 42hp on wheel dalam keadaan standar dan 43,3hp setelah pakai knalpot akrapovic tersebut adalah angka real alias yang sesungguhnya.. Jadi, tenaganya memang bukan bualan lads.. !

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com Facebook : @kobayogas Twitter : @kobayogasblog Instagram: Kobayogasblog

26 KOMENTAR

  1. Wajib dilakukan setelah dibeli : Ganti knalpot, ganti ban standar dgn ban n velg moge, copot atau tutupi sticker 25R

  2. Biasa saja sih kalo 42 hp , gak wah..
    Untuk tenaga segitu masih bisa dijabani 250RR 38 hp kayaknya. Gk usah dulu deh facelift 250RR 41 Hp yang setara 45 Hp.
    Jadi … Dengan duit 100 jt an, Sah sudah bagi yang minat beli Suara 😂

  3. Cbr 250rr dengan 38 hp itu diukur on crank masbroo.. kalo di dyno paling jg cuma sekitar 33-34 hp.

    Membandingkannya harus apple to apple.

  4. halah sales di layani bro…. , apalagi yang satu itu cenderung kearah fitnah melulu hobynya ( mungkin bagi dia fitnah itu dapat pahala….)
    rugi waktu ngelayani dia

  5. @tak ada yang bisa

    Bener bro mending CBR250RR ke mana”,, maksudnya mending di jual sekarang,, wkwkwk

    Ga berlaku buat mang kobay karna beliau pasti nambah bukan jual,, pisss

  6. Gak bakal gua jual ,kecuali facelift 250RR 41 Hp brojol mungkin jadi pertimbangan 😂 tak perlu terlalu ngurusin Hp…karena top Speed yang 38+ Hp saja Guanaaaaaasssssss eeediiaaaaannn 😂
    Ingat ,selagi masih dibawah 200 kmh by Gps tuh si 4 cyl kawak… Masih sejaban dg 38 Hp gua 😂

  7. Klo onwheel CBR250RR kan sekitar 32-33hp. Naekin ke 42hp ya perlu kerja keras lah. Diblog sebelah digampang2in. Modalin naek segitu ya perlu diatas 30-50jt an. CBR250RR AHRT emang sampai 50hp an. Cm ya harga motornya bisa 1M an bahkan lebih. Wong Jupiter Z1 IRS aja bisa 1M kok harganya.

    Klo emang nyari power sih ya Ninja 650 lngs dpt 65hp diban belakang.

  8. transmission loss itu plg baik juga cuma 15%. kalau cuma loss 15%, power on cranknya bisa 49hp ke atas.

  9. @Mang Kobay

    Lha iya, rem depan nya kan punya M1. Belom biaya modif ini itu. Kita yg maen drag liar aja bisa habis 30jt an yang lu tau lah kenceng nya seberapa sih?

    “Bukan maniaknya motor maniakmotor.com jika tak bisa ungkap proyek miliyaran rupiah per satu uni Z1 Racing tersebut. Yamaha Indonesia punya 6 unit.”

    Milyaran mang… cari aja beritanya di Internet. itu motor tembus 14.400rpm. Asal ada duid mah, Tornado GS aja bisa lebih kenceng drpd CBR250RR.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..