Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Terkait dengan artikel KBY sebelumnya tentang motor lawas impian, ternyata seru juga membaca komen komen dari para pengunjung blog ini dan tidak sedikit yang menyuarakan andai pihak pabrikan sepeda motor mau memproduksi kembali model model yang legendaris dan pernah jaya di masanya. Menarik juga ya, tapi kira kira mungkin gak ya mereka mau membuatnya lagi?

Sebenarnya kalau bicara tentang produk produk reborn, sepertinya semua pabrikan sudah melakukannya ya? Hanya saja label reborn ini tidak berarti plek ketiplek sama banget dengan produk versi jadulnya, ada pembaharuan dan sentuhan modernisasi serta fitur kekinian. Ya contoh paling mudahnya adalah moge Suzuki Katana 1000 deh, dari sisi bentuk sih mirip banget dengan versi lawasnya.

Atau bisa juga Honda Super cub C125 yang pada dasarnya mengadopsi desain motor bebek legendari mereka di tahun 70-an, si Honda C70. Tapi ya itu tadi, modelnya terkena sentuhan modern, bukan memproduksi kembali seperti asal.

Naah yang diinginkan sebagian (atau jangan jangan banyak) orang adalah, para pabrikan benar benar memproduksi lagi produk lawas mereka, mungkin gak semua produk, tapi yang dianggap legendaris atau fenomenal di eranya.

Kembali lagi, sebenarnya Kawasaki dan Yamaha sempat loh mempertahankan produk lawas mereka, masih ingat Kawasaki Ninja 150R yang baru dua tahun ini selesai masa baktinya? Begitu juga dengan RX King kan? Distop produksinya bukan karena demand menjauh, tetap ada pasarnya tapi lebih kepada tuntutan teknologi.

Kawasaki juga pernah ingin mempertahankan model ayago mereka agar pecintanya teringat pada Kawasaki Leo Star pada sosok Athlete 125, sayang cuma modelnya doang yang keren.. tidak diiringi dengan performa yang maknyus. KBY sempat tertarik punya loh..

Tapi bicara legenda atau lawas, mungkin dua produk itu masih kurang jadul, kurang unik atau kurang hi-tech, laaah maunya yang gimana sih wkwkkw.. Jadi kalau KBY tangkap, maunya sih yang masuk kategori rare dan fenomenal. Misal NSR 150R/SP, Nova Dash, Suzuki RG Sport, Yamaha TZM, RGR, RK Cool, Leo Star dan sejenisnya. Dua tak semua kayaknya? Persis! Memang itu yang dimaksud wkwk..

Bagaimana dengan 4 tak? Coba aja kira kira apa yang pantas diproduksi ulang lads?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com Facebook : @kobayogas Twitter : @kobayogasblog Instagram: Kobayogasblog

33 KOMENTAR

  1. Kalo plek ketiplek..

    Ya gak bisa..itu karena udah hak paten masing” desainer dan ketika suatu produk sudah jadi bagian dari historis suatu pabrikan…haram bg pabrikan utk mengambil plek ketiplek dari masa lalu..itu namanya pabrikan gak move on..dan memalukan di kancah dunia industri.

    Ya maksimal cuma reborn dgn sentuhan masa kini..tapi bagiamanapun juga rasa , sensasi tidak akan pernah sama dgn pendahulunya..

    Produk reborn itu ibarat pabrikan memberikan angin segar kpd segelintir orang yg kangen akan masa lalu.

  2. Kalo plek ketiplek yg di maksud mungkin mirip sijuki katana kali ya mang, dg sentuhan fitur kekinian di versi barunya

    Sejauh ini yg mendekati konsep produksi ulang belom ada mang di entry level, lebih banyak main di retro model aja dg status produk baru.

    Sekarang cuma pake namanya aja yg di jadiin basic produk baru. Contoh: Sonic, CB, Satria 2 tak ke 4 tak dll.

  3. klo 4 tak jadul di produksi kembali dengan design dan fitur terkini tapi tetap dgn konsep asli yg lawas sih pengen nya honda dengan tiger nya, yamaha dengan scorpio nya, kawasaki dengan kz 200 nya dan suzuki dengan thunder nya(klo bisa jgn yg 125cc) 😋

  4. Yang punya sejarah reborn ya cuma H .
    Supercub 60 jeti saja 3 x lipat vixong lakunya 😂

  5. Klo kobay reborn jadi member TTS !
    Klo mmg ada produk reborn pinginnya sih KAZE-R reborn, motor pertama kali belajar pake kaze soalnya

  6. Kang K0bay, aku duwe Honda C800,
    Mentok gigi 3 dan mentok 40km perjam. Tapi bensi/bbm irit bukan main,hehe
    Kadang was-was saat sama anak isteri (sendiri) pas nyalip kendaraan lain,hehe
    Hati berdebar-debar, mbatin sanggup gak “si tua” mendahului.
    Motor kesayangan Kang.

    Oh ya Kang K0bay, aja kelalen PR ttg ZX250R 42 HP dikeluarin,hehe
    itung2 mbantu, biar tetep ‘wow’ dan ditunggu-tunggu,he

  7. Dari sisi pabrikan, tetep bisa kok.
    Mau plek ketiplek atau ada sentuhan baru.
    Paling dibikin limited qty, misal 1000 unit.
    Nanti beban investasi dan biaya produksi dibebankan ke 1000 unit itu saja.
    Harganya bakal mahal doong?
    Yg beli kan cuma 1000 orang die harder itu saja.

  8. Dari sisi design : mungkin Jupiter Z Burhan, dan NJMX 135
    Dari sisi nama brand : Shogun series ( berharap designya ambil basic Satria RU )
    Kalo honda : Honda Win aja pakai cakram rem nya

  9. Vote buat Honda win100, mungkin jadi win125 kali ya, body work dimirip2in tapi lampu LED semua, rem cakram depan belakang.

    Soalnya saya ga diijinin beli win100 sama istri 🤣🤣🤣

  10. Thunder bisa pake mesin dan rangka GSX-R150 yg dikasih desain Thunder tapi dengan sedikit sentuhan modern, buang dah tuh Bandit 150

  11. Thunder 250..secara ergonomi, balance dan torsi terbaik di kelasnya, tapi versi ane Mang..wakakak

  12. tinggal pesan ke perusahaan home industri di cina … mau merk dan type apaan juga bakal dibikinin dgn harga ekonomis

    tapi jangan ngarep kualitas dan durabilitas yak … khan sekedar buat obat kangen doang hahahahahaha

  13. Ninja RR, nyesel gw jual waktu itu.. nyesel bgt.. liat punya temen cuma bisa mewek diiringi suara cemprengnya.. gak usah diproduksi ulang tapi balikin waktu ke masa itu boleh gak mang..

  14. Kawasaki Athlete mang yang monoshock tidurannya bikin lain daripada yang lain, tapi pake mesin RR Mono biar makin unik

  15. hehehehe…mantap nih mang Kobay, akhirnya dibikin juga artikel motor Rare diproduksi lagi sama pabrikan….., agak mustahil bin mustahal ya mang, tapi siapa tahu tuh pabrikan pada khilaf semua….tahu-tahu Honda brojolin NSR SP dan Nova Dash, Suzuki brojolin RK Cool dan RGR, Yamaha brojolin TZM, Tiara, 125Z dan RX King, Kawasaki brojolin Ninja 150 RR Old dan Leo Star, eh ngemeng-ngemeng Yamaha Malaysia kan masih produksi 125Z mang…usul ke YIMM suruh masukin ke INDONESIA, pasti laris manis…..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..