Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Sepertinya sudah rahasia umum kalau negara Cina memang sudah menjelma menjadi raksasa dunia, bahkan opa Trump pun bergidik dibuatnya. Nyaris di segala sektor salah satunya otomotif, tidak ada yang tidak bisa dilakukan oleh Tiongkok ini. Kalau roda dua dan roda empat sudah biasa mendengar dan melihat banyak brand yang hadir dari negara legenda Three Kingdoms ini, tapi bagaimana kalau mereka membuat motor bermesin 4 silinder dengan brand QJMotor Q600RR? Di sini kejutannya, mocin 4 silinder? Moge dong? Bisa apa?

Yah ucapan “bisa apa” sebenarnya gak salah amat juga, terutama kalau kita mau melihat ke belakang, jaman motor Cina menjiplak habis habisan motor bebek yang laris manis di Indonesia. Karena ukurannya harga yang murah, bukan kualitas, yang terjebak membeli bisa dibilang beli rongsokan, dipakai gak lama, rusak, dijual nyaris gada harganya wkwkw..

Tapi itu dulu, dan dapat dikatakan hanya sebagian kecil yang melakukannya, pabrikan besar lainnya sih bisa dibilang punya kualitas mendekati pabrikan Jepang, tergantung juga, Cina dikenal sebagai industri palugada, apa lu mau, gua ada.. mau dibikin kualitas kayak gimana, tergantung bujet.

Okey, skip, kita lanjut ke pembahasan, jadi Mocin alias Motor Cina apa yang bikin moge? HaoJue? KeeWay? LongJia? Ternyata bukan lads. Adalah ada dua motor asal Tiongkok yang menggunakan mesin empat silinder. QJMotor adalah pabrikannya, alias QianJiang – pabrikan yang bertahun tahun lalu mengakuisisi merek asal Italia yang sudah kolaps, Benelli.

Untuk variannya sendiri, bakalan ada dua, yakni QJ Motor Q600RR dan SRK600. Untuk model Q600RR adalah motor sport fairing, sedangkan SRK600 adalah motor nakedbike atau roadster.

Model naked bike, SRK600

Atas hubungan dengan Benelli itulah tidak sedikit yang memprediksi jika motor ini adalah calon produk Benelli, padahal tidak terlihat adanya emblem “singa” khas Benelli, yang ada malah emblem Q yang merupakan logo QJMotor, brand baru mereka. Terlihat di dalam foto, cekidot.

Menurut info, mocin bermesin 4 silinder ini sama dengan yang dipakai oleh salah satu produk Benelli yaitu Benelli TNT600 2020 (bukan BN600), bahkan beberapa bagian seperti frame, suspensi depan upside down dan juga swing armnya, sama dengan TNT600. Spek calon Sport bike mocin baru ini pun sudah mulai terkuak walaupun sebenarnya belum dirilis secara resmi, yakni mesin 600cc 4 silinder yang punya power 60 Kw.

Hanya saja dari sisi desain, menurut mang Asep ahli mocin berkata, desainnya mirip dengan snack Taro, eh motor Taro, produk Tiongkok juga. Ada kemungkinan kerjasama sih, namanya satu negara kekekke.. eh tapi Jepang gak juga deng ya? wkwkkw..

Satu pertanyaan sudah terjawab, ternyata Cina juga mampu membuat moge bermesin 600cc 4 silinder, meski bisa dibilang terlambat sih, padahal perusahaan mereka sendiri si Benelli punya mesin gede gede, tinggal ambil selesai.. Pelan pelan kali ya.

Nah pertanyaan kedua, bisa apa? Maksudnya, kalau dijual di Indonesia, bisa laris? Kalau laku sih mungkin, 10 unit setahun kayaknya udah bagus.. Yah tapi buat KBY sendiri sih, beli yang jelas jelas aja dah.. Maklum gak punya pohon duit 😀

QJ Q600RR

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog

18 KOMENTAR

  1. kayaknya gak bakal dirilis di market Indonesia deh Mang … secara penjualan Benelli juga gak terlalu rame (laku) padahal ada model ato type yg mayan keren macam Leoncino dan TRK

  2. Jangan kaget kalo 10-15 thn lagi ada pabrik di China yg merakit dan mensupply engine utk Moto2 pegang kontrak utk 3 thn dg Dorna.
    Lalu gak lama setelah itu mereka punya tim MotoGP dg motor prototype hasil design dan produksi mereka sendiri

  3. Situ kayaknya bakalan bikin jargon baru mang “moGcin”. Ay yakin klo motor2 cina membombardir pasar indonesia, pasti d bursa moge second pas lagi nyari2 barang ntar ada yg nanya kek gini “ini Moge apa MoGcin”??? Wkwkwkwkwkw

  4. Betul industri palugada. Katakanlah beli alat tertentu, lu mau spek sama dgn kualitas wkwkwk atw mw yg high quality? Tapi ya itu …. harga alat nyaris sama dgn produk amerika. Mending sekalian beli produk amerika atw jerman atw jepang. Jelas merknya (walaupun bisa jadi itu dibuat di china juga)

  5. Ya mirip India lah, Perkembangan otomotif Maindland China , But, CF Moto lumayan bagus build quality nd harganya juga reasonable Wak,
    Mereka (CFMoto) sudah buka dealer di tetangga kita Australia nd beberapa negara Amerika latin,,
    kalo dijual di sini juga kayaknya ada yg beli, karna build quality diatas Beneli , thats true,,

  6. Mudah2an aja segera masuk Indo, tar Tiongkok lobi2 tu biar pajak 250 ke atas cukup 10%.

  7. Kasihan negara +62 ngga bisa bikin motor dari dulu, kalah sama thailand dan china apalagia india… Hanya hobi ngeledek motor indiahe, mocin lah tapi ngga mampu bikin motor dan mesin motor.. Tapi untung ada Gesit.

    • Keknya nanti Esemka merambah ke motor mang…

      Indonesia bisa, tapi kalau dilulusin pejabatnya gak dapet cipratan dari Jepang mang wkwkwkwk…

Yuk Tinggalin Jejak Lads..