banner

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Meski artikel ini lebih cocok untuk pembaca KBY yang berusia 35 tahun ke atas, tapi bagi yang umurnya di bawah itu sah sah aja kepoin, biar (nambah) tahu memangnya dulu itu ada motor apa saja sih sehingga sampai saat ini masih ada saja yang diburu atau ingin dibeli. Sebelum batas emisi merajalela seperti saat ini, banyak banget motor lawas alias jadul yang selain punya spesifikasi ajib, desainnya juga timeless, sehingga tidak aneh kalau masih diburu atau setidaknya diimpikan untuk dimiliki hingga sekarang.

Kalau bicara global tentunya terlalu luas, sangat luas, makanya kita batasi yang ada atau dijual di Indonesia saja ya..

Jaman dulu, saat era dua tak masih meraja, banyak banget motor yang dapat dikatakan eksotis – dalam hal ini selain harganya mahal, bentuknya keren (setidaknya di eranya), performanya juga kenceng bukan bualan dah!

KBY cerita versi sendiri aja dulu yes, silakan nanti direspon melalui kolom komentar jika ada impian atau sedang berburu motor lawas yang memang jadi incaran.

Waktu SMP menjelang SMA, orang tua menjanjikan membelikan motor sendiri, saat itu kepengen KBY adalah Yamaha Champ, meski saat ini penampilannya mungkin sudah kurang keren, tapi di masanya Yamaha Champ itu ayago yang asik banget deh buat anak muda. Sayangnya dibeliinnya malah Alfa IIR wkwkkw..

Sebenarnya di era Champ itu juga banyak yang lebih ajib – lebih ke produk CBU sih, sayangnya KBY tidak terlalu hapal banyak, mungkin Suzuki RC Sprinter dan Crystal satu angkatan, Honda Nova sepertinya juga.. versi lawas, tapi seingat KBY sih gak dijual AHM (Federal Honda saat itu namanya). Silakan ditambahin yes kalau ada yang kurang.

Ngomongin 4 taknya juga ada sih, yaitu Honda Astrea Prima, keren aja gitu, dan waktu SMP ada teman orang Betawi si Nanang anak juragan tanah, baru juga iklan seminggu di koran, dah dipake aja maen ke rumah.. bangke emang, pamer wkwkkw..

Era kuliah, dibeliin Tiger 2000, meski sebenarnya impian itu kalau gak NSR 150 (versi AHM juga gak apa apa) atau yang lagi heboh saat itu, Suzuki RGR 150! Wah pake Tiger aja cewek udah melotot, apalagi bawa RGR wkwkkw.. Ada 1 teman kuliah yang bawa warna hitam, udah ganteng, tinggi, motornya keren pula.. sayang hancur ringsek dipinjem teman tukang mabok, yang pinjam sendiri tewas di tempat.. hiiii.

Di era 90-an awal itu, selain Tiger, RGR dan NSR, sebenarnya RX King juga gak kalah merajanya sih, begitu juga Ninja 150. Tapi gak tau kenapa, di mata KBY paling keren itu RGR dan NSR, Ninja terlihat biasa saja dibanding 2 model itu. Yamaha juga punya versi CBU-nya yaitu TZM, tapi gaungnya gak sehebat yang dua.

Makanya waktu beberapa tahun lalu masuk ke garasi sobat yang tinggal di Bandung dan melihat koleksi 2 taknya, bikin merinding, karena motor yang ada bisa dibilang motor impian semua.. Honda Nova Dash, NSR 150R SP, NSR 250R, Aprilia RS125, RS250, Suzuki RGV 250R Gamma, Kawasaki Leo Star 120SSR dan masih banyak lagi.

Hingga kini, yang sempat terbeli cuma Yamaha F1ZR Caltex Edition, itu juga sudah seneng banget karena akhirnya punya motor yang selevel dengan Yamaha Champ meski jenisnya berbeda wkwkwkw.. Kalau lads sendiri gimana?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog

80 KOMENTAR

  1. Alhamdulillah di penghujung tahun 2019 kemarin sanggup meminang motor impian sejak SMA. Honda CBR150 Thailand (dapet taun 2008), walaupun bukan edisi Repsol nya tapi udah bersyukur banget..

  2. Motor impian ngga ada soalnya dulu beli motor pikir panjang harus punya sim,ketemu polisi di jalan,ngga tau cara perawatan,ngga bisa bawa motor

  3. Pengin bgt yamaha 125z, desainnya everlasting, jaman kuliah dulu harganya sdh 20 jtan, nggak mampu.. he he

  4. kepengen banget sama nova dash, karena fans ayago sih mang, hehehe
    dulu skitaran tahun 2011-2012 prnah nemu di kaskus ada yg jual nova dash, mau dilepas 16 jutaan, tp karena wktu itu blm brpenghasilan akhirnya cuma bisa ngeces melototin lapaknya smpai bbrapa hari kmudian sold ?

  5. Cerita dikit ya mang, skrg umur mah baru 22 tp dr awal sma (2016) selalu kesengsem kalo ketemu satria hiu, nsr, rx-king, tiger old yg kondisinya rapih.. dr jaman itu udah kepikiran someday harus punya deh karena waktu itu harganya masih wajar2 aja.. ehh ternyata 2019-2020 ini harganya meledak semua wkwk? mobil pun jg sama, dr awal sma kesengsem sama e46 325i yg warnanya telor asin, karena waktu itu ada temen deket saya yg bawa itu dan pasti jadi pusat perhatian apalagi itu mobil full acc Ac-schnitzer dr velg, bodykit, emblem, spoiler dan printilan interiornya jg yg bisa dibilang cukup jarang aliran tunernya dibanding M style.. ehh sama halnya dengan motor, harga mobil ini dr 2019-2020 meledakk juga harganya wkwk alhasil dipending dulu deh semua impiannya

  6. seueur mang, hehehe
    satria hiu, ninja ss, kepikiran astrea grand atau supra x first edition, terakhir bebek sultan 125z

  7. Di garasi baru ada ninja rr buat fogging mang.
    Lg ngincer yamaha tiara atau satria lscm harganya msh tinggi. Btw itu fiser caltex dijual kaga mang? Hehe

  8. Dulu jaman sd aku kesengsem sama Honda Astrea Grand, tampangnya bersahaja banget. Lanjut naksir sama F1ZR yang behel led, behelnya bener-bener memukau. Terus sempet liat Suzuki Satria hiu lumayan keren juga.

    Kalau sekarang sih motor jadul idaman gak ada, mungkin Yamaha 125ZR Movistar tapi itu gak bener-bener jadul. Kalau motor baru idaman lagi kesengsem sama New MT-25.

  9. Lagi nabung buat mobil ketiga, impian jaman kuliah, tapi tetep kayanya berat buat kesampaian karena harganya melejit gak kira2.
    1. Honda civic estillo, 1992-1996? tiga tahunan kemaren harga masih 120an, eh sekarang udah 180an up bisa dimaklumi sih rata2 udah heavily modified. Gara2 estillo inilah angka kehamilan diluar nikah mendadak melejit.
    2. Toyota land cruiser fj80 my 1995-1999, tiga tahunan kmrn searching harga mulai di 220an, eh kurang ajar sekarang udah jadi 380an up aja.
    3. Bmw x5 e53, first gen inilah x5 dengan desain paling ganteng, tak lekang oleh waktu, 150an udah dapet, tapi setelah mengetahui operasional dan maintenance nya, mundur tidak teratur, saya bukan (atau belum atau tidak akan pernah masuk) segmen konsumennya. Apadaya die cast 1:18 scale pun jadi pelipur lara.

    Eh initeh lagi ngomongin nostalgia crush motorcycle ya?

  10. kepengen nsr 150sp …. cuma harganya blm masuk
    apalagi sering di blow up blogger2 papan atas termasuk blog ini ….
    skrg lgi ngumpulin bwt beli roda empat pertama …
    ada saran mang under 100jt
    (eks taksi termasuk target)

  11. Dulu jaman SMA pengen bgt punya F1ZR caltex kaya di foto itu mang, gara2 para senior banyak yg punya. Tapi kalo hari ini yg paling bikin pengen adalah satria hiu.
    Ntah kenapa daridulu lebih seneng bebek super daripada sport atau matic.

  12. CB400 superfour
    NSR, RR maupun SP gapapa
    Y125z

    Ga suka ayago. Itu gw liatnya kayak motor belum selesai dibuat

  13. Kenangan masa SMA mang…tiap hari wara-wiri pakai motor punya sahabat secara dia anak sultan pada masanya (125Z, Tiara), RK Cool sempet pakai punya temen juga tapi cuma sebentar, sempat punya Yamaha Force 1 thn 1996 hadiah dari salah satu Bank BUMN, sampai sekarang ane pecinta 2tak mang Kobay, tarikannya ngejambak oii…mirip tarikan janda mang hahhahaha….,kenangan SMA ga bisa dihilangkan, sekarangdi rumah masih ternak RX King 2003, Ninja 150 RR old 2010, sama Raider 125 thn 2003 (4tak) CBU Thailand, dan motor impian…NSR 150 SP dan Nova Dash, tapi harganya udah gila…Mang Kobay usul gih ke pabrikan supaya produksi motor edisi kenangan….

  14. klo dari Suzuki : RGR gen 1, FXR , Satria Hiu, dan Tornado,
    klo dari Yamaha : RZR, RXZ dan RX King plus Scorpio tangki kotak
    klo dari Honda : NSR
    klo dari Kawasaki : ZX 130 Baby Ninja
    klo dari Kymco : Trend SR dan Spike RR

    yahh … sekedar kepengin punya tapi daya beli belum mendukung hahahahah

  15. Kalo impian jaman SMA selain motor2 dua tak nan eksotis adalah motor GSX yang jadi motor dinasnya Polisi Militer.

    Dulu SMP mimpi Tiger, udh pernah punya dua Kali pas udah kerja.
    juga pernah mimpi Ninja 150R, udah pernah nyobain punya adek. Dah gitu aja.

  16. F1Z ( bukan R ) special edition , warna nya biru dongker, striping nya F1Z segede gaban , back hold nya ( begel ) mirip FiZR ada led nya, saat itu tertarik cuma sebatas melihat designya , sama belum bisa pakai kopling
    Kalau matic pengen nya Lexam , penasaran aja naik matic body bebek ( Honda juga ada kayaknya Revo matic )
    CMIIW

  17. Ay sukanya dr dulu sampe sekarang motor yg beda sendiri, dulu pengen punya cbr 250rr fireblade 4silinder. (klo aja ada unit sehat terawat mesin n rangka+kaki2nya ay mau nyari2 body costum pnp yg bisa bikin body n mukanya berubah total jd kayak cbr250rr sekarang ato jd body cbr650r)
    #klo kebeli itu jg
    Wkwkwkwkwkwkwkwwk

  18. Honda LS125 cbu thailand, keren abis waktu era awal thn 2000an, kayaknya kang yogas gak pernah liat langsung nih motor yah? hehehe

  19. Kenapa sih banyak youtuber, vloger dll belakangan ini suka nge goreng harga mobil dan motor yg rare nan eksotik di masanya. Ga di goreng aja udah mahal apalagi sekarang. Hiks

  20. Honda : NSR150SP, Nova RS Dash, RVF750 RC45 john kocinski.

    Yamaha: RZR marlboro, TZM kuning abu2, dan RXZ ungu

    Suzuki : RGR sprinter biru putih, dan bandit

    Kawasaki : binter AR125

    Kenangan masalah-lu

  21. Honda: Tiger gen-1, CBR150R (karbu repsol & fi gundam gen-1), CBR250R (K33 merah), NSR150SP, NSR250SP, CB400SF

    Yamaha: Scorpio 2004 (biru), YZF-R1 2004

    Suzuki: FXR150 2001 (silver), FU 2005, GSX-R750 K8

    Kawasaki: Estrella 250

  22. Suzuki RG-Sport.
    Cikal bakal satria 120.
    Sering menangan kalau dibawa sama ahmad jayadi.
    Saingannya hendriansyah jagoan yamaha

  23. wow rame …
    rata2 nsr 150sp ya … hampir lebih 70%
    terbukti emg sp tuh design dan power paling yahud …
    btw klo suruh pilih etios liva eks taksi sm corolla twin cam pilih mana mang …

    • twin cam dong, asal bisa dapat yang sehat asik banget itu loh mobil … Pastiin semuanya sehat mang.. spare part juga gak terlalu mahal sih..

      cuma ya tua aja, 89-92 hehe.. ambil yang 91 lampu sein putih ya.. di bawah itu jelek wkwkkw

  24. Digarasi ada satria one fifty thn 2008 yg taat pajak odometer kisaran 35k…45k lupa dah.
    perawatan cuman bersihin karbu + ganti kawat clutch …..mirisnya keadaan sdh terstandar tengah +-5taon & debu setebal sekian centimeter ( andai ada biji jagung nempel … Mungkin tumbuh subur tuh jagung)

    #based on true story

  25. Dari tamat SMA sekitar tahun 2000an sy kepengen sekali punya Yamaha Touch atau Yamaha Tiara.
    Namun waktu itu cuma mampu pakai tornado GS,hingga akhirnya upgrade Shogun SP tahun 2005(tanpa elektrik starter)
    Klo sekarang masih kepingin punya Yamaha Touch/Yamaha Tiara.kalo matic nya kepingin punya Nouvo Z

  26. SMA d Jatim 95-98.. k sekolah jalan kaki ato naek sepeda onthel ..
    Pingin naek NSR (walo cuma parkir)..hanya orang sangat kaya yg punya.. sekota mungkin cuma kurang dr 5 biji.. d tempat les, malah gak masuk kelas coz ngeliatin NSR d parkiran.. Ya Alloh..?

  27. Kalo ane lg kesemsem Honda Win karena dirumah ada cuma motor dinasnya bapak, pengin dilegalkan atas nama sendiri, bang :v
    Sama pengin memburu Vixion Old punya sendiri yg udah kejual ke orang lain wkwkwk

  28. kepengin tzm ngiler atas bawah,,, trus yz 125 SE, maen garuk garuk gunung, sama 1 lagi. aprilia rs 250 ngeng ngeng trenteng teng…

  29. Umur 27 mang…
    Sampe sekarang kepengen banget nsr atau rgr gara2 waktu smp kelas 1 diajak temen main ke rumah sodaranya… walau udah punya gsx s150, tapi tetep aja hokcay liat nsr atau rgr.. mana kemaren maleh ketemu dijalan dengan kondisi mulus lagi… wuiiiidiiiihhh

  30. Sepeda impianQ y duet ayago dr thailand mang….nova sonic rs sama nova dash….sayang cma sebatas angan2 aja mang

  31. Dulu waktu beli shogun eh liat FXR dan di bayanganku ni motor kenceng karena shogun yg 9hp an ,FXR udah 21 dan cuma kebayang kalau dia gak pake fairing pasti kueeeren kalau pakai lampu bulet

  32. pengen beli yamaha alfa 2r mang. soalnya bunyi seinnya ngegemesin; titit titit titit titit, gitu mang.. bikin degdeg serrr ????

  33. Pengen..Yamaha RD350twin, pertama kali belajar motor sama motor ini and Suzuki GS500E,
    Kalo sekarang ngidam banget sama TZM150 wakakakwa buat diliat2 aja, berhubung udah aki2

  34. waktu SMP pengen sijuki RGR mang, liat rangka kotak sama monoshocknya keren sekali saat itu.
    saat SMU pilihan berubah ke Honda Tiger 2000 (sampe sekarang sih)…?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini