Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Saat Honda menciptakan teknologi injeksi pertamanya, namanya tetap konsisten digunakan pada produk baik motor maupun mobil mereka, yaitu Programmed Fuel Injection alias PGM-FI. Andai Toyota punya motor dan Yamaha punya mobil, mungkin juga namanya akan sama, EFI dan YMJet-FI kali ya.. Kali ini kita akan bahas motor injeksi Honda yang pertama kali di dunia dalam sosok Honda CX500 Turbo, udah injection plus turbo pula, seperti apa spesifikasinya ya.. yuk kepoin

Suzuki juga punya teknologi injeksinya, kalau di mobilnya dinamakan EPI (Electronic Petrol Injection), tapi gak disebutin hal yang sama di motornya, jadi menurut KBY sejauh ini yang konsisten penamaannya ya Honda, tetap PGM-FI mau di mobil atau motor buatan mereka.

Kita akan mengetahui seputar motor yang menggunakan teknologi injeksi pertama kali di dunia untuk motor Honda, namanya Honda CX500 Turbo, dan dengan bangganya, hampir setiap launching motor injeksi Honda terutama sport, AHM sering menyinggung motor ini, jadi bisa disebut ini lah motor dengan PGM-FI pertama di dunia.

Spesifikasi yang menarik bukan hanya teknologi injection, tapi juga pengaplikasian pasokan udara paksa yang dikenal dengan Turbocharger! Turbocharger tersebut ditempelkan pada mesin V2 aka V-twin 500cc yang diklaim mampu membangkitkan power puncak hingga 80,32HP! Gede loh untuk sebuah motor dengan mesin 500cc jadul.

Seharusnya motor ini pasti ada di museum Honda di Twin Ring Motegi, tapi karena tempo hari waktunya mepet, KBY gak sempat lihat ini motor, hanya sampai lantai dasar saja.

HONDA CX500 TURBO

Moge ini diperkenalkan pada tahun 1982 lads, Honda CX500 Turbo adalah salah satu motor paling futuristik yang pernah dibuat terutama di eranya. Sistem turbocharger tak hanya menyuntikkan campuran bbm dan udara tambahan ke dalam mesin namun juga sekaligus kontrol komputer dari turbo, injeksi bahan bakar, pengapian dan berbagai fitur canggih lainnya. Sebuah prestasi teknologi yang dikemas dengan apik oleh Honda.

Honda CX500 Turbo merupakan sebuah respon Honda langsung kepada arus trend sepeda motor awal 1980-an yang mana saat itu pabrikan Jepang saling bertanding teknologi satu sama lain dan terlahirlah motor Honda CX500CT turbo ini.

Honda menempatkan CX500 Turbo pada layar besar di 1980 International Motorcycle Show dan kemudian memamerkannya di Pusat Penelitian dan Pengembangan Honda di Tokyo.

Moge ini salah satu yang memiliki power besar di zamannya berkat penerapan turbocharger, namun karena bobotnya lumayan berat dan teknologi lawas, motor ini meskipun kencang tapi dikenal dengan turbo lagnya terlebih saat keluar tikungan. Ya belum ketemu teknologi VGT atau VNT lah hehe.

SPESIFIKASI HONDA CX500 TURBO

Untuk jamannya, dapat dikatakan motor sport yang punya desain mirip dengan Honda CB500X dan Suzuki Katana 1100 ini memang advance lads, berikut spesifikasinya.. cekidot

Model:                        Honda CX 500TC Turbo
Year1982
EngineFour stroke, Turbo charged, longitudinal 800 V-twin cylinder, camshaft nestles at the base of the V between the cylinders. ,OHV, 4 valves per cylinder operated by pushrods
Capacity498 cc / 30.3 cu-in
Bore x Stroke78 x 53 mm
Compression Ratio7.2:1
InductionElectronic  fuel injection
IgnitionCDI
StartingElectric
Max Power80,32722 HP / 59.9 kW pada 8000 rpm
Max Torque79 Nm / 58.2 lb-ft pada 5000 rpm
ClutchWet, multi-plate, 5-speed
Transmission5 Speed
Final DriveShaft
Front Suspension37mm Showa, adjustments for TRAC anti-dive and air pressure
Front Wheel Travel130 mm / 5.1 in
Rear SuspensionHonda Pro-Link, one Showa damper, adjustment for air pressure and rebound damping
Rear Wheel Travel104 mm / 4.1 in
Front Brakes2x 280mm discs
Rear BrakesSingle 300mm disc
Front Tyre100/90 V18
Rear Tyre120/90 V17
Dry Weight220 kg / 485 lbs
wet-Weight263 kg / 579.8 lbs
Fuel Capacity20 Litres / 5.2 US gal
Consumption Average47 mpg
Braking 60 – 0 / 100 – 0–  / 13.5 m
Standing ¼ Mile12.3 sec  / 106 mph
Top Speed206 km/h / 128 mph

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog

13 KOMENTAR

  1. Itu gasket/packingnya bro….sobek, kemungkinan itu ada cover pipe comp exhaustnya tapi sudah dibuka jadi kelihatan bagian sobek dari gasket/packingnya

  2. Kasihan orang jaman dulu..motor modelnya bikin il fill.. motor sekarang mah pada sexi dan mengundang..😬

  3. yamlehoy dengan banggangya menciptakan motor injeksi tahun 2007 (kalo ga salah) pada motor pigson..
    Honda kemudian menirunya pada tahun 1982 pada motor CX500 Turbo ini…
    Dasar tukang ngekoor…

  4. Honda skrng ga pernah koar koar wkwkwk, Fansboy merk sebelah selalu bilang Honda Ngekor, faktanya Honda duluan yg selalu menciptakan teknologi yg nyeleneh” saat itu yg skrng dibilang Standar dalam hal teknologi.

    bayangin aja motor pertama injeksinya tapi langsung di jejelin turbo, sedangkan Fansboy kawak bangga bilang Ninja Supercharger :v walau beda memang turbo dan supercharger, beda dikit penerapannya tpi fungsinya sama.

    honda jg yg bkin v5 engine dengan power luar biasa. disaat rivalnya masih kekeh dengan konfigurasi engine yg sudah biasa.

    4 tak jg Honda yg CIptakan ( pioneer )

    btw Honda Cx500 turbo ini Powernya lebih besar dri cbr500r wkwkwk
    torsinya jg lebih besar dripada cbr500r bahkan cbr650r.

    Kenapa ga di lanjutin ya mesin turbonya?
    seandainya di lanjutin pengembangannya, dengan teknologi skrng yg bisa bkin Body dan rangka Motor ringan,, bisa jadi Motor ini di papas hingga menjadi 180 kg
    dan turbonya pake sistem skrng klo bisa ada hybrid”nya dikit untuk membantu anti lag nya biar kaya EQ boost di Mercy..

    idaman dah itu motor pasti jd motor Sport Touring, posisi duduk nyawan, mesin enak, torsi ga usah pusing wkwkwk

Yuk Tinggalin Jejak Lads..