Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Kekurangan motor jenis sport tulen itu biasanya tidak memiliki standar ganda, eh maksudnya standar tengah yang bisa menopang si motor berdiri tegak. Makanya ada alat bantu yang namanya paddock stand, atau orang biasanya nyebut paddock motor saja sih. Untuk membantu paddock bekerja menegakkan motor, umumnya dibutuhkan jalu, biasanya cukup di belakang meski di depan juga ada, moge biasanya pakai depan belakang nih. Mengapa pemakaian jalu dianggap lebih aman untuk swing arm? Nah ini alasannya lads..

Di beberapa jenis motor sport, termasuk CBR250RR si Zeref, tidak disertai dengan lubang yang biasanya disediakan untuk memasang jalu, jalu disini fungsinya bukan untuk boncengan, ya kali dianggap sepeda, tapi untuk membantu paddock menegakkan si motor.

Sebenarnya gak masalah kalau disimpan dengan kondisi standar samping juga, tapi biasanya untuk jangka lama kurang baik untuk kaki-kaki lads, kasusnya biasanya shock breaker depan ada yang bocor.

Dulu waktu punya si Shiro Kawasaki Z250FI, membeli jalunya gampang banget, dari mulai pakai baut biasa hingga aksesoris berbagai merek dan bentuk ada. Ini karena sudah ada alur di swing arm yang tinggal menancapkan saja jalu di ulir tersebut, selesai. Kondisi ini juga cukup kuat asal gak sering sering dinaikin aja, apalagi sambil lompat..

jadi inget si shiro dulu

Karena ada jalunya, paddocknya pun punya, modelnya pun mudah ditemukan karena rata rata paddock ya bentuk ujungnya seperti penyangga berbentuk huruf U. Tapi begitu punya CBR250RR, si paddock gak kepake lagi! Samehada sih gak perlu karena dulu lebih sering dipake, ribet kalau harus turun naikkin paddock wkwkwk.. Yes, paddock stand lebih cocok dipakai untuk motor yang jarang ngaspal.

Akhirnya paddock stand U yang dimiliki sejak 2014 (bused udah lama yes) kudu nganggur lebih lama lagi sejak 2017 karena gak kepake oleh CBR. Nah KBY beli yang merek Honda, modelnya huruf L, bisa untuk CBR sekaligus si GSX-R150, menggunakan arm sebagai media penyangganya. Awalnya sih aman, tapi lama lama ngerusak arm euy!

Kendala atau kekurangan paddock motor model arm ini (kita sebut aja begitu ya), menopangnya langsung ke arm, besi L nya dilapisi karet biar arm gak baret. Nah yang pertama, lama lama karetnya getas dan sering meleset dari dudukan, yang kedua karena modelnya knock down alias bukan besi las paten, jaraknya gampang banget berubah, alhasil si motor terlihat miring ke kanan, kan ngeri liatnya wkwkkw..

 

Akibat jarak sering berubah dan karetnya sudah sobek dan getas, kadang suka meleset bikin baret si arm.. kan sayang, tuh penampakan baretnya di bawah. Belum lagi kalau ke bengkel, pake paddock model arm belum tentu mekaniknya hati hati, makin baret dah..

Akhirnya, karena di musim pandemi covid corona virus ini si Zeref sangat jarang digunakan, sementara KBY ngeri kalau pakai paddock yang ada, takut gubrak gitu, akhirnya memutuskan beli lagi 1, model besi paten dari layz motor. Bentuknya seperti paddock motor moge pada umumnya tapi tentu penampilannya gak semewah untuk moge beneran hehe..

Karena paddocknya model U seperti yang dulu pernah KBY punya, jadilah dibutuhkan jalu untuk menopangnya. Karena CBR250RR tidak punya dudukan jalu yang umum, jadi harus ada jalu khusus. Sebenarnya kalau liat di internet sih ada ulir kecil yang bisa dibuat dudukan jalu, tapi kok KBY gak merasa aman kalau pake lubang itu. Kaya ringkih gitu.

Akhirnya terpilih jalu paddock merek WR3, buatan lokal yang kualitasnya gak kalah dengan yang branded. Cara pasangnya memang ribet, karena harus masuk ke poros roda belakang (nama lainnya apa ya daritadi mikir gak nemu wkwkwk). Jadi poros roda CBR kudu dilepas, baru si jalu WR3 bisa masuk, penampakannya di bawah ini ya. Baru kali ini buka sendiri, keringetan juga hahaha.. semoga bermanfaat.

Oia harga paddocknya sih murah, 300 ribu, jalunya yang kurang ajar, 800 ribu! Buat yang nanya trus paddock Honda-nya dikemanain? udah diambil sama Vandra MMBlog wkwkkw.. Sekarang nyuci, ngelap, poles, sama kasih chain lube lebih nyaman dah 😀

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog

 

 

29 KOMENTAR

  1. suka geser? bukannya ada baut buat kencenginnya ya?
    trus kenapa kalau sama2 pakai U, ga pakai yang dulu aja? biar hemat gitu

  2. apa ga ngaruh sm setelan rante klo jangka panjang … mang
    secara ada benda asing dlm susunan baut as roda

  3. Klo punya sy modelnya mirip yg merah pipa bulat itu tp pas dipake berat bgt, salah konstruksi ? Pdhl cm motor kecil

  4. liat foto terakhir jadi ngebayangin tu motor dalam kondisi idup, terus gasnya ditarik sekenceng kencengnya, terus muka om kobay kena semburan kenalpotnya

  5. Kalo si Samehada pasangin aja standar tengah punya GSX S mang, kan sama tuh dudukannya, tinggal plek, jadi gak perlu pake paddock lagi.
    Tapi jadi agak tercederai sih desainnya. Motor fairing kok ada standar tengahnya? Wkwkwk.

  6. woww baru nyadar klo velgnya ganti warna kekinian gold , wkwkwk emang lg hits banget warna kyk gtu skr , tp sy lebih prefer goldnya Nmax lbh kalem gt Goldnya, selera sih, btw brapa abis ngecat velg mang?

  7. Spool paddock GSX gua di rumah pake yg murmer mang dari RCB dan dari awal emang gak rekomen pake yg langsung ke swing arm karna ngerusak swingarm dan rawan ambruk.

    Di bengkel resmi dan bengkel2 gede jg pake yang model U.

  8. Kalo ada jalu gitu trus ketemu ayam jago kira2 diajak berantem ga ya mang si serep…?

  9. Buset mahal ya 800 ribu, keknya yg bikin mahal itu besi mountingnya mang, ane beli jalunya doang buat R25 harganya 250K ,WR3 juga

  10. Berarti motor gak standar 😁 harusnya motor harus muat Paddock stand umumnya 😁 koq motor gak punya kick starter dan standar tengah ya seperti CB 150R???

  11. Anaknya mang kobay pake baju Daus mini, tinggal naek vespa, celana pendek, kaos oblong sama sepatu vans. Fiks jadi fakboy kaya bapaknya. Mmuehehee ✌️

  12. Kayanya bannya dah ga center. Telapaknya itrmnya ga balance kiri kanan? Udah agak narik kanan ya om kobay?

Yuk Tinggalin Jejak Lads..