Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Kali ini kita akan bahas moge – motor gede, tepatnya skutik moge dengan isi silinder 2 buah.. iyes, tidak terlalu banyak skutik yang menggunakan dual silinder atau lebih, salah satunya adalah SYM MAXSYM TL500 2020. Skutik buatan Taiwan ini merupakan produk global dan sebenarnya sudah ada sejak dua tahun lalu di Eropa, nah mumpung ada versi terbaru, kuy kepoin Moge Skutiknya SYM ini lebih lengkap.

Sejauh yang KBY tau, di kelas 500cc lebih sedikit, skutik moge yang punya mesin 2 silinder setidaknya ada dua (silakan tambahin kalau ada lagi ya), yaitu Yamaha TMax (sekarang T-Max DX) dan Kymco AK550. Ketiganya memiliki kesamaan, yaitu desain yang sama sama sangat enak dilihat! Ganteng, gagah, berotot dan eklusif, serta gak murah tentunya hehe.

Untuk Yamaha TMax dan Kymco AK550 sudah pernah KBY bahas lengkap, tuh link-nya ada di atas, tinggal klik aja yes…

Kembali ke SYM Maxsym TL (ga tau kenapa motor Taiwan itu seneng banget pake nama yang susah diinget orang wkwkwk). Seperti sudah disebut di atas, skutik ini hadir di segmen skutik gambot bermesin setengah liter lebih yang selain memiliki tampang modern ganteng serta pastinya ketambahan fitur fitur kekinian.

Salah satunya adalah, Maxsym TL500 ini tidak menggunakan penggerak seperti motik (moge skutik) pada umumnya yang pakai belt CVT konvensional, tapi memakai penggerak rantai! Jadi mirip mirip Vultus atau Afrika Twin ya? Bedanya mereka mah bukan skutik tapi motor sport tulen yang bertransmisi non CVT tapi otomatis dengan nama Dual Clutch Transmission (DCT).

Well ada kemiripan dengan TMax yang pakai V-belt juga AK550. Bicara mirip, sepertinya ada kerjasama nih antara SYM dengan Kymco, soalnya suspensi belakangnya juga berada di sisi kiri swing arm alias tidak center seperti motor monoshock pada umumnya lads.

Sisanya seperti moge skutik mewah pada umumnya, lampu All LED, panel speedometer full digital, adjustable windscreen, suspensi depan Upside down dengan double triple clamp, rem depan dan belakang cakram ABS, namun sayang terlihat belum pakai teknologi Keyless nih.

Kalau head to head fitur, sayangnya tidak diinfokan lebih lanjut detailnya, beda dengan Kymco AK550 kebetulan waktu di pameran KBY dikasih bookletnya yang lumayan tebal hehe..

Sekarang kita menuju sektor dapur pacu, seperti kompetitor lainnya, Maxsym TL ini sudah ditenagai silinder dobel alias 2 silinder. Mengusung mesin 465cc inline twin cylinder DOHC berpendingin cairan, masih pakai regulasi emisi gas buang Euro-4 skutik ini mampu mencapai power maximum diangka 30 kw / 6750 rpm dan torsinya 42.5 Nm / 6250 rpm.

Ngomongin spesifikasi, dengan kapasitas mesin tidak sampai 500cc, Maxsym TL500 ini jelas paling boyo diantara dua lainnya. Bandingkan dengan AK550 aja deh, tenaganya 30kw vs 38,9kw, torsi 42,5 Nm vs 54Nm.

Dengan spesifikasi yang ada, skutik ini diklaim bisa mencapai top speed hingga 136 km per jam – sebenarnya lemot nih jatuhnya ya, tapi bobotnya memang lumayan berat yaitu 223 kg, kapasitas tanki 12,5 liter dan ukuran ban gambot 120 / 70 untuk depan dan 160 / 60 untuk belakang dengan lingkar velg 15 inch dikeduanya.

Sayangnya tidak ada rilis harga resmi, tapi jika pun hadir, silakan dibandingkan dengan harga TMax DX dan Kymco AK550 yang di sini dijual 300 jutaan, ya kurang lebih sama lah jatuhnya meski bisa lebih murah..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog

11 KOMENTAR

  1. Semoga future x-adv pakai model mesin kayak gini, seperti yg didambakan Wak haji dan banyak orang lainnya

  2. Harusnya sih lebih murah di Indonesia dibanding kymco yg 550cc atw tmax Yang 530cc.
    Kan besaran pajak nya beda antara 250<X<500 vs diatas 500cc.

    Harusnya sih bedanya lumayan jauh tuh, kaya Honda 500 series lawan Kawasaki 650

  3. Klo liat penampakan, ai lebih vote ini drpada TMAX, tp stelah melihat harga mending TMAX kemana2 jika bicara aftersales n servicenya
    #pendapat Orang g pernah punya moge hihihihhhihihihi

Yuk Tinggalin Jejak Lads..