Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Di dunia fana ini, ceileeehh.. yakin deh ada fans boy masing masing nyaris untuk segala hal, dari handphone, elektronik, apparel, makanan instan hingga ke kendaraan. Nah artikel ringan kali ini akan bercerita tentang kisah dari seorang sobat ambyar di Surabaya sana, seorang blogger yang juga fotographer. Seseorang yang bisa disebut FBY banget, alias fans boy motor Yamaha.. Pasti ada penyebab dan asal usulnya, jadi kalau penasaran silakan scroll ke atas eh ke bawah yess..

Kalau ngomongin merek Honda, sudahlah ya, pemerhati motor manapun di Indonesia tau sang raja market share, jadi sebenarnya gak aneh kalau membahas FBH alias Fans Boy Honda mah hehe.. Lebih menarik membahas pihak perjuangan, lah kok perjuangan? Ya dengan jarak angka market share terpaut jauh, menjadikan pabrikan berlogo garputala ini masuk kategori minoritas, meskipun dibanding Suzuki, Kawasaki atau TVS ya masih jauh di atas mereka sih. 

Alrite, lets cut the crap, sobat ambyar ini berdomisili di Surabaya, namanya cak John, kalau penasaran blognya, bisa sambangin iseng iseng john of mars di google yes.. awas kaget ngah ngah ngahhh.. Di bawah ini adalah ceritanya beliau kepada KBY.

==============================

  1. Pertama kali suka yamaha sejak lahirnya vixion di 2007, pionir motor sport anak muda saat itu. Sebelum lahir vixion sukanya sih suzuki.
  2. Pertama bisa naik motor ya SMP, tahun 2003 motor belum jadi hal yang utama jadi ya tetep naik sepeda saat itu.
  3. Pertama kali beli motor ya vixion itu di 2008, dengan cara menyicil, aku serasa anak muda paling ganteng sendiri di masa itu. Tapi ekonomi berkata lain, setelah lunas motornya dijual. Setelah ekonomi membaik dan pekerjaan bergaji cukup, terbelilah byson sebagai pengganti luka atas kehilangan. Byson ditebus pada tahun 2011.

Kerja kesana kemari kok ga enak ya kalo byson dibuat mobilitas, akhirnya beli matic soul gt di tahun 2014. Sampe sekarang unitnya masih ada, tak rawat.

Saat ekonomi makin membaik, hasrat ingin punya 2 silinder, kali ini pingin barang baru alias ga mau seken, tapi tetap Yamaha, carilah yang murah aja yaitu MT25. Ga cari speed, ga cari power, cuma cari suara aja dengan ganti knalpot, dan itu aja udah bikin bahagia. MT25 dibeli gres tahun 2017.

Kemudian beli lexi di 2018, agak aneh sebenarnya, soalnya alasannya ga jelas, ga tau deh ini belinya asal beli aja. Cuma tergoda mesin yang VVA dengan harga murah, dan bener ternyata mesinnya mantap.

BUKAN DARI KELUARGA YAMAHA

Ada juga Nmax, tapi itu beliin buat bokap, bokap justru sukanya honda, bisa dilihat dari histori motor yang beliau beli. Karisma 2004, revo 2007, beat 2012, vario 2015. Prinsipnya bokap jual beli ya, jual dulu yang lama baru beli yang baru, bukan ditumpuk semua.

Cerita lucunya, bokap tak racunin Yamaha dengan cara tak beliin NMax. Jadi tahun 2018 kok beliau pingin ganti PCX dengan menjual varionya. Aku tidak mau hal itu terjadi, akhirnya Varionya aku jual lalu aku tambahin buat beli nmax. Aku harus berkorban biar beliau mau ganti yamaha, dan akhirnya suka juga dengan yamaha. Rencana di 2021 ganti new nmax biar genap 3 tahun dulu usia motornya terus dijual.

Sementara F1ZR itu beli seken, mengkomplitkan koleksi biar ada 2 tak juga ceritanya. FizR full clutch 2004 beli seken di 2019.

Freego beli di 2020, motor buat ancur2an aja, motor perang lah, kaya buat beli air galon, beli beras, beli belanjaan, buat beli apapun lah pokoknya motor angkutan. Karena selama ini si soul gt yang mengemban tugas tersebut, udah kasian.

Ini jawaban cak John saat KBY tanya, apa ada saran atau masukkan untuk Yamaha? 

Saran buat yamaha sih ga ada kayaknya. Yamaha pasti sudah punya tim terbaik di struktur kabinetnya. Cuma ya yamaha di indonesia itu kalah di mindset masyarakat aja. Apapun yg diperbuat yamaha itu ya aku rasa sudah yg terbaik.

Nah itu cerita cak John yang seorang FBY, next time KBY mau cari yang FBS atau FBK aahh.. 

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog

61 KOMENTAR

  1. Ya beli motor yg perjuangan jgan yg mayoritas biar ada persaingan….biar gk mandek dan biar kita nnti yang diuntungkan

  2. Montorku msh ninja treng teng teng…. njogrog dipanasin seminggu sekali buat fogging garasi ngusir nyamuk.

  3. Waktu kecil (SD dan SMP) saya termasuk fbh loh , tahulah dulu ada dogma dan saya pun ikut – ikutan bilang ;

    “motor honda semakin panas semakin banterr dan motor yamaha kalau panas tarikan ngempos”

    saat ini pun masih ada orang anak-anak kurang pengetahuan yang bilang seperti itu, yah karna hanya berasal dari mulut ke mulut tanpa pernah mencari benar tidaknya kali ya (efek dogma) 🐒

    • wkwkkw iya ada dogma seperti itu dan memang jaman dulu terbukti sih.. dulu waktu SMA dibeliin motor gak pengen punya motor Honda, alasannya gak trendy aja dan gak mau sama ama yang di rumah. Pilihan pengen Yamaha Champ, tapi dibeliinnya Alfa IIR hiks..

      Nah sering dipake keluar kota kalau liburan kuliah (dipake sampe kuliah semester 1) dari Bandung ke Tasik, rumah kakek nenek, itu di jalan bisa dua kali mati overheat.. Tunggu 5 menitan ya nyala lagi. Intinya terbukti di kasus gw memang kalau panas ngempos dan bisa mati, sekarang sih era modern gak ya.

  4. Jupiter z sikomeng awal mula saya suka yamaha, feel vibrasi mesin jupiter z dan new vega r yang unik juga tidak akan ditemui dimotor lain, makin digas makin enak dan ngacir…

  5. dr segitu banyaknya motor cuma f1zr yg saya acungin jempol …. two thumbs up !!
    yg laen masih jempol kebawah …

  6. Jangan mikirin motor mulu,inget kalo punya penghasilan lebih di sarankan menikah,lebih bagus duitnya buat hidup sama istri apalagi punya anak lebih terasa hidup berumah tangga & di situlah rezeki pasti datang

  7. Saya doakan cak john bisa istiqomah, karena ujian sesungguhnya nanti sesudah menikah, punya anak, dan penghasilan sudah mapan, ingin beli mobil..proyek mobil yamaha dicancel loh, jadi pasti agak susah kendaraan merk yamaha semua ya

    Kalo fans sebelah mungkin ada yg bisa ya kendaraan (motor&mobil) 1 merek

  8. bwahahahaha …. ternyatah si John nganu yang jadi narsum Mang Kobay kali inih, kirain mah mau wawancarain si PT ato Juragan Rondo sebagai die hard FBY

    Next buat FBS coba dicolek ituh Oom Ikhsan Jumaris yah Mang .. request nih yak

  9. Jadi FBH & FBY tuh masih masuk akal.
    Tapi kalo FBS tuh gimana gitu.
    Bahkan di anime bakuon aja FBS di bully mulu.

  10. Memang perlu mengangkat Martabat kasta2 bawah mang 😂 agar mereka sedikit merasa dihargai…… Sebelum keInjek lagi 😂 pisssss

  11. Saya jadi FBS baru mulai dari 2010, dan baru 2 S yg saya punya
    Krn sebelum nya jadi penjahat leasing mang
    Bosen atau unit rusak lebih awal, Langsung balikin ke leasing,,,
    Hahaha,,,,
    Tp gegara merk Y n H yg rusak lebih awal sebelum lunas,, maka nya saya balikin
    Hehehe,,,

  12. @babeh umar
    Kan Mang Kobay mau ceritain Fansboy nya, bukan Media Vendor nya…
    Yg satu sumber income, yg satu lagi sumber expenses…

  13. Udah pake Moge Bodong, masih ngotot banget pengen masuk Tol. Jadi pengen banget tuh orang Simi Bacok.

  14. pada dasarnya sih klo ane lebih suka honda & suzuki. ane pake yamaha setelah kecewa dengan body plastik honda (produksi ahm). padahal dulu motor bokap merk honda, dan ane jual karena ane ganti tvs. setelah pakai tvs jadi prihatin lihat plastiknya honda yang ternyata begitu kualitasnya, jadinya lirik merk lain deh. dulu ane pikir yamaha tarikannya bakal galak (pengalaman cobain f1zr, rx-king, scorpio-z, jupiter) ternyata sekarang yamaha itu kemayu. cuman memang yamaha vibrasinya ga halus kayak honda, sepertinya soal mesin honda tetep lebih oke, kalau plastik ane lebih pilih tvs aja deh.

  15. gw juga lebih suka yamaha,, abis ga ada sih kibord sm gitar merk honda suzuki aplg kawasaki

  16. Dari cerita nya sih ya karena kenangan pertama aja bukan masalah tehnis tapi memang kebetulan pas viksion pertama keluar itu ya cuanggih bgt dibanding tiger kalau masalah bentuk, ukuran, chassisnya dll. 👍

  17. Kayanya ga jelasin kenapa bisa jadi FBY, Cuma gara2 fiksyen aja.

    Emang fiksyen pendobrak yamaha di Indonesia, tapi kalo cuma gara2 fiksyen gen pertama terus ngerasa yamaha tetep yang terbaik Kayanya agak aneh,

    Soalnya saya punya temen FBY yang bahkan kecewa sama produk yamaha beberapa tahun kebelakang ini.

  18. Buat Yang komen, beli motor yang perjuangan jangan Yang mayoritas, jangan lupa beli merk Suzuki dan TVS juga.

    Eh kok mirip2 sama prinsip nya Zuragan sebelah berpuluh2 tahun yang lalu waktu beliau beli Suzuki hayate ya? Eh kok sekarang ga beli Suzuki lagi ya beliau?

  19. Yamaha ana byson dan lexi, Honda masih std terawat Black Astrea dan GL, Suzuki ada skywave …..?……di Syukuri aja klw dijual jg jatoh harga nya ……nikmatin selagi bisa jgn picik dgn motor orang lain suka ….kito orang barsaudara

  20. Ane jg fanatik merk utk motor dan laptop. Kalo motor harus Yamaha, laptop harus dell. Bljr bw motor pake suzuki a100 dan yamaha rx special. Motor pertama ane F1zr full clutch. Habis itu pake honda revo 100cc gen 2 (motor kantor) sambil msh pake F1zr juga. Lalu ganti mx 135 kopling otomatis. Lalu pake xeon (motor kantor). Kemudian pake vario 150 (punya teman tapi serasa milik pribadi, hehe) kira2 2th. Lalu ganti Byson. Sempat pake mx 135 5speed (punya adik) sambil pake byson. Sekarang pake soul-gt 125 (pertama kali beli motor seken). Mudah2an kedepan bisa beli new Nmax.
    Knpa suka yamaha? Krna ada keyboardnya jg, hallaaahhh..

  21. Sebenarnya naikin yamaha sih seneng, cuma 1 aja yg bikin senep, harga jualnya jatuhnya gak kira2. Apalagi matic cc kecilnya

  22. Meskipun bukan FBY, tapi dari dulu tunggangan saya selalu Yamaha mulu.
    Dari jaman SMA pake Alfa bapak, kemudian Mio Sporty 2008, lanjut Vixion 2011, X-Ride 2013, dan sampe sekarang Aerox 2017.
    Pernah rencana mau minang Vario 150, tapi dipersulit sama oknum dealernya, alhasil berpalinglah ke Aerox.

  23. Kirain ada alesan objektifnya knapa, karna engine kah ato apa gitu..
    Ehh gara2 vixion doang, emotional interest

  24. Sy belajar bawa motor dari bebek Honda dan berapa kali ganti motor bebek Honda. Skarang ada juga bebek Shogun 125 gen 1( beli bekas). Trus ada gsx Bandit beli baru. 1 pesan moral sy tentang fanatik sama 1 merk. Kalau Anda memakai 1 mindset gaya berkendara maka selalu ada kecewa dengan 1 merk. Setelah lama agak kecewa dengan rasa Shogun dan Bandit( karena feel bawa bebek Honda begitu membekas) sy lalu mengerti bahwa bkn motornya harus berubah tp sy lah yg harus mengerti bagaimana cara senang dengan merk lain. Dan perlahan sy mulai mengerti dan asyik dengan Shogun dan gsx Bandit sy..

  25. Kebetulan sempat pake Supra X antara 2006-2011, tapi memang selang seling sama Mio. Xixixixixi….

Yuk Tinggalin Jejak Lads..