Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Beberapa kali kita mengetahui penjualan seputar sepeda motor terutama di Indonesia yang memang faktanya mengalami penurunan karena terpengaruh oleh efek pandemi Covid 19. Bagaimana dengan roda empat alias mobil? Ternyata memang benar adanya sama sama ambrol! Daihatsu sebagai salah satu pabrikan mobil terlaris di Indonesia terkena dampaknya, penjualan Daihatsu ambyar hingga 52 persen, bahkan salah satu mesin uangnya yaitu Xenia juga anjlok!

Dilansir dari detik oto, Daihatsu Indonesia melaporkan terjadi penurunan penjualan ritel (distribusi dealer ke konsumen) di bulan April 2020 yang menukik tajam dibandingkan bulan Maret. Bahkan angka retail sales Daihatsu tersebut ambruk hingga separuhnya dibandingkan bulan sebelumnya! Gila.

Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International Tbk Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso menyampaikan bahwa ritel sales mengalami penurunan di semua merek. Artinya gak cuma Daihatsu doang lads..

ini yang Tanto Custom

Secara kumulatif pasar otomotif (semua merek) pada April 2020, hanya terjual pada angka sekitar 24.300 unit atau turun sebesar 59,8 persen dibandingkan Maret 2020 yang mencapai angka sekitar 60.400 unit terjual. Sementara untuk Daihatsu sendiri pada April 2020 ini hanya membukukan penjualan sebanyak 5.200 unit atau turun 52,9 persen dibandingkan Maret 2020. Lebih dari setengahnya euy!

“Kita lihat yang paling banyak mengalami penurunan memang adalah Xenia, market LMPV di pasar Indonesia menurut catatan saya adalah juga yang paling besar di Indonesia. Penurunan market low MPV adalah sekitar 35 persen, sehingga wajar Xenia yang ada di kelas LMPV mengalami penurunan yang besar juga,” ujar Hendrayadi saat media briefing virtual, Kamis (14/5/2020).

Sayangnya beliau tidak merinci jumlah penurunan terhadap Daihatsu Xenia yang selama ini memang menjadi salah satu andalan penjualan Daihatsu Indonesia.

Hendrayadi melanjutkan, meski pasar tengah lesu, namun pangsa pasar Daihatsu di bulan April mengalami kenaikan menjadi 21,3 persen yang berada di bawah sang kakak Toyota sebesar 35 persen dari volume retail sales nasional sebesar 243.634 unit. Lesu, turun tapi naik, unik juga sih..

Secara total, penjualan Daihatsu dari Januari – April 2020 mencapai sekitar 44.300 unit atau turun sebanyak 26,9 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2019 yang mencapai 60.000-an unit. Tetapi Daihatsu mengalami kenaikan pangsa pasar dari 17,8 persen menjadi 18,2 persen dari volume retail sales nasional 243.634 unit.

Dan tahukah lads kalau Daihatsu Xenia hanya salah satu andalan penjualan? Bahkan hanya menempati posisi ke 5 dari seluruh line up sepanjang 4 bulan ini. Lantas tipe apa yang benar benar menjadi best sellernya? Nah dapat kita ketahui dari model yang paling laris selama 4 bulan terakhir.

Berdasarkan data penjualan retail sales Daihatsu Sigra tetap mendominasi dengan torehan 12.868 unit dan berkontribusi sebesar 29 persen, lalu diikuti oleh Gran Max (PU) 8.805 unit (19,9 persen), dan Terios 7.131 unit (16,1 persen). Selanjutnya, Ayla menyusul dengan angka 5.332 unit (12,0 persen), Xenia 5.092 unit (11,5 persen), dan Gran Max (MB) 3.911 unit (8,8 persen). Untuk model Daihatsu lainnya, yakni Luxio dan Sirion mencapai 1.207 unit (2,7 persen).

Ternyata Sigra menjadi yang terdepan, penjualan Xenia bahkan kalah oleh Terios dan Ayla lads.. Hmm coba KBY cari tahu merek lain deh..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog

6 KOMENTAR

  1. Penjualan Daihatsu susah berkembang kalo masih di ketek Toyota, cuma di anggap ampasnya Toyota walaupun beda fitur doang. Gak kayak dulu yang mayoritas beda mobil walaupun satu segmen.

  2. Ngomong enggak berkembng tp mereka nomer 2 terbesar setelah toyota….jd pengin tau se ambyar apa expander (yg petingginya songgong itu) dan yg lainya

Yuk Tinggalin Jejak Lads..