Kobayogas.com – Hola lads, Salam gebeerrrr.. Sudah pada tahu pastinya kalau pandemi corona ini membuat ekonomi jadi lesu, bahkan hampir semua terkena dampaknya. Di industri otomotif roda dua di Indonesia juga setali tiga uang, terjadi penurunan lads. Namun lain negara lain pula efeknya, uniknya di negara lain justru penjualan sepeda motor meningkat cukup signifikan loh, mengapa bisa begitu? Kenapa di Indonesia malah tidak bisa? Kuy cekibrot heula ah..

Seperti pada artikel data aisi triwulan pertama di tahun 2020 dari Januari hingga Maret 2020 (baca: Data Aisi Januari Maret 2020), disebutkan kenaikan penjualan atau tepatnya distribusi sepeda motor hanya terjadi di bulan Januari saja, sementara dua bulan berikutnya malah menurun. 

Yang unik, malah sektor ekspor mengalami kenaikan (baca: Data Aisi Ekspor Januari Maret 2020). Artinya ini ada benang merah atau nyambung dengan kondisi saat yang tepat untuk membeli sepeda motor justru di era pembatasan sosial di banyak negara. 

Menurut nara sumber KBY di beberapa justru saat diberlakukan pembatasan sosial atau social distancing, penjualan sepeda motor meningkat di beberapa negara, mohon maaf sebelumnya karena KBY tidak memegang data sahih laiknya Data Aisi untuk info ini, hanya berbekal info dari nara sumber saja.

Negara yang mengalami kenaikan ini merupakan negara yang dapat dikatakan demand terhadap sepeda motornya cukup tinggi dan juga menjadi negara pembuat sepeda motor sendiri, kecuali Jepang ya (baca: Penjualan Sepeda Motor awal 2020 Turun). 

Negara yang KBY jadikan contoh ini adalah Taiwan, menurut narasumber KBY sih justru penjualan sepeda motor terutama Kymco mengalami kenaikan. Kok bisa? Karena justru saat pemberlakuan social distancing mereka membutuhkan alat transportasi yang ringkas karena menghindari pemakaian transportasi umum. 

Dikatakan sepeda motor yang laris manis memang tipe small bike, di bawah 125cc, dan Kymco serta SYM memiliki banyak line up untuk tipe ini, tidak aneh jika penjualan mereka mengalami kenaikan. 

Selain itu, tidak dapat disamakan dengan Indonesia dimana secara ekonomi juga kalah sih. Di Taiwan pendapatannya tinggi, jadi saat Social Distancing berlaku, mereka punya duit tinggal beli motor. Di Indonesia? Motor tak hanya sebagai alat transportasi belaka lads, tapi juga sebagai alat pencari nafkah. Yang ada malah bisa bisa dijual untuk menyambung hidup.. 

Semoga pandemi covid19 ini segera berlalu ya.. aamiin

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

15 KOMENTAR

  1. Sebenarnya bagi orang yang keduitan atau keuangannya masih terjamin dimasa korona ini… Maka masih tepat jika mau beli kendaraan sekarang terkhususnya motor .
    Gimana tidak…harga jeblok semua .
    250 cc sebagai contoh .
    Cbr 50 jt dapet ,goyang2 lagi bisa dapet 45 jt
    Kawak 35 – 40 jt dapet.
    R25 bahkan ada dibawah 20 jt
    😂

  2. Iya lebih baik beli cash seken, selisih dengan harga barunya lumayan. Tinggal didandanin, gak mikirin cicilan yg bunganya gak masuk akal.

  3. di sini malahan di jual2in mang ….
    yg ada semua di jualin saat PSBB …. kulkas tv perhiasan bwt nyambung hidup …
    bersyukur Alhamdulillah profesi saya tdk kena imbas covid ini … masih bisa kerja terima thr …. bwt yg lain semoga di berikan kekuatan kesabaran dlm ujian ini … yg di rumahkan/phk semoga dpt kerjaan baru atau bisa wirausaha … aamiin
    yg bikin sebel bantuan pemerintah ga tepat sasaran … saya yg ya alhamdulillah msh bs di bilang cukup eh dpt bantuan … tetangga kiri kanan yg ga mampu malah ga terdaftar …. bantuan tetap saya ambil tp saya kasih ke tetangga kanan kiri drpd nti malah ga kebagian sm sekali …. rumah saya sampe di pasangin stiker keluarga penerima bantuan …. hadeuh (curhat nih jadinya)

  4. @iian

    Awas nanti rumahnya difoto & dimasukin ke medsos.. jaman sekarang orang lebih suka langsung nge-judge yang penting viral.

  5. Betul mang ,motor mobil banyak. Yang murah malah…banyak yang gak berpenghasilan sekarang..miris dan kasihan , apa yang dimiliki terpaksa dijual. Tapi.. Walau banyak yang murah
    yang beli juga nahan2 diri.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..