Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Jaman SMA hingga kuliah dulu, entah kenapa selalu tertarik dengan yang namanya Yamaha V-Max, pokoknya gagah dan laki banget gitu, apalagi kapasitas mesinnya juga besar, kayaknya puter dikit gas bisa koprol wkwkw.. Nah ternyata moge cruiser berotot tersebut punya adik seperguruan yang gak kalah maskulin namun dengan sosok dan kapasitas mesin yang lebih kecil, namanya Yamaha Bolt V Twin 2020 yang belum lama ini rilis di Jepang. Kita cek harga dan spesifikasi terbarunya kuy…

Apakah sekarang masih suka dengan Yamaha V-Max kang? Kalau suka sih masih, dikasih apalagi gakan mau gw, gakan mau nolak wkwkwk.. Tapi makin ke sini kan makin banyak moge yang lebih cakep, ganteng dan modern yes, jadi sosok V-Max pun ya lama lama terlupakan. Moge tersebut jarang terlihat di jalan, pernah liat sekali di Bandung, warna hitam, sangar!

V-Max 1984
VMax 2009

Okey, cukup bahas V-Max nya karena kita akan menuju ke saudara kecilnya bernama Yamaha Bolt yang punya mesin 2 silinder berkonfigurasi V alias V Twin!

YAMAHA BOLT V-TWIN 2020

MoGe Cruiser mungkin identik dengan motor asal Paman Sam Amerika, Mang Harley DaHonda eh Davidson karena banyak yang suka maka pabrikan lainnya termasuk Jepang juga membuat dan memiliki banyak line up produk yang punya ciri khas posisi riding selonjoran kaya skutik Maxi dan bergaya heritage ini.

Gak percaya? Sebut saja Kawasaki dengan Vulcan series, Honda punya Phantom dan Honda Rebel series, Suzuki punya Intruder, bahkan mocin pun seperti Benelli/Motobi memiliki Patagonian Eagle.

Bagaimana dengan pabrikan garpu tala Yamaha? Ya pasti punya juga lah! Seperti yang sudah dibahas di atas, ada Yamaha Vmax yang sempat dijual secara resmi di Indonesia, selain itu, di versi lebih jinaknya Yamaha juga punya produk serupa yang tak kalah kerennya yaitu Yamaha Bolt yang edisi tahun 2020 sudah resmi dirilis di negeri Sakura Jepang belum lama ini.

Seperti kakaknya dan kompetitor lainnya, Yamaha Bolt ini berbentuk cruiser dengan posisi riding yang khas yaitu santai, posisi stang tinggi, kaki selonjoran kedepan dan jok yang rendah. Mesinnya sama seperti motor Imiriki yaitu V engine 2 silinder dan berpendingin udara! Lha kok? Wah gak tau sih apa pertimbangannya, tapi yang jelas fiturnya tetap kekinian alias modern.

Sayangnya, fiturnya agak nanggung, di era LED ini Yamaha masih memberikan lampu depan model bohlam untuk si BOLT, mungkin pertimbangannya agar nuansa dan citarasa heritagenya gak hilang kali ya? Bagusnya demi keamanan, lampu rem sudah LED begitu juga DRL-nya (ya kali DRL bohlam wkwkw). Panel speedometernya sudah full digital, rem ABS dan di bagian suspensi belakang pakai model sub-tank suspension.

Bicara positioning, di kelas motor jenis heritage alias classic, Bolt berada dibawah VMax tapi diatas Yamaha XSR-900, mengusung mesin 941cc 2 silinder V Twin, power maksimumnya mencapai 40kW atau setara 54PS pada putaran 5,500 rpm dan torsi 80N・m pada putaran rendah yakni di angka 3000 rpm, punya bobot 252 kg, kapasitas tanki 13 liter dan ukuran ban 100/90-19 inch untuk depan dan 150/80-16 inch untuk belakang.

Ada 2 tipe Yamaha Bolt yang dijual di Jepang yakni versi standar pakai velg spoke wheel dan ada Bolt R version yang pakai cast wheel.

Masing-masing tipe hanya ada 1 pilihan warna, warna hitam untuk versi std dan warna biru gelap untuk versi R. Harganya sendiri di Jepang sekitar Rp 146 jutaan untuk versi R, yang standar dibandrol lebih murah yaitu 979.000 Yen, berikut foto studionya :

Sebenarnya KBY sudah tertarik motor model beginian, tapi daya tariknya masih tetap kalah sama 4 silinder euy.. duh kapan yah punya moge 4 silinder.. 🙁

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

28 KOMENTAR

  1. ane pernah liat 1 unit ngejogrok gak keurus di parkiran dalam kantor aparat, mungkin itu barang bukti ato sitaan soale ada juga Suzy Intruder, Suzy Bandit dan moge lainnya …

  2. “Harganya sendiri di Jepang sekitar Rp 146 jutaan untuk versi R, yang standar dibandrol lebih murah yaitu 979.000 Yen …. ”

    kenapa harganya beda ….
    yg satu rupiah sedangkan yg satu lgi yen …. mang

  3. “Mesinnya sama seperti motor Imiriki yaitu V engine 2 silinder dan berpendingin udara! Lha kok? Wah gak tau sih apa pertimbangannya”

    Alasannya ya krn Bolt 900 ini memang kiblatnya adalah Sportster 883, coba aj perhatikan garis desainnya yg Sportster bngt, belum lg konsep dasar rancang bangunnya yaitu simple midsize cruiser, bodi yg simpel dgn kapasitas mesin yg ‘cukup’

    Setidaknya ada 3 motor yg bisa dibilang “Sportser wanna be” :
    1. Honda Shadow RS , bahkan sampai disebut Honda Sportster krn desainnya yg mirip Sportster
    2. Bolt 900 ini
    3. Royal Enfield Meteor 350
    Ketiganya memang “meniru” Sportster…cmiw

  4. Sebagai gambaran, harley street 500 itu harga aslinya sekitar $6000 atau sekitar 90jt,
    Eh masuk sini jadi rp 327jt,
    Kira2 jadi berapa start bolt ini kalo masuk indonesia ya?
    Setahu aku star motorcycle itu merk tersendiri terpisah dari yamaha kalo di amerika

  5. Kang K0bay,
    Kalau pengin 4 silinder, beli aja Kawasaki ZX-25R
    Kalua bisa beli 2 biji malah bisa 8 silinder Kang, hehe
    Semoga aku disit sing tuku Kawasaki ZX-25R
    Abis itu baru Kang K0bay (aamiin). xixi

  6. Gak nanya2 Om Vandra mang kalo pengen 4 silinder? Eh pengennya baru apa second mang? Kalo Om Vandra kan spesialis second yak.

  7. Pilihan 4 silinder terbaik ada dua, yaitu new R6 dan ZX636r ( CBR600 sudah disuntik mati ) klo ada uang lebih ya pilih new R6 sebagai jawara WSS600, ARRC, dll, ditambah desain nya yg anti mainstream 🐈🐒

    • Wkwkwk.. nah ini, lebih mengerucut kalau 4 sil suka fairing, ga tau kenapa.. idealnya ya, tapi kalau duitnya cukup Z900/MT09 sih okey juga wkkwkwkk

Yuk Tinggalin Jejak Lads..